Cara Transfer Uang/Bayar Online Tanpa Menggunakan ATM

Belanja online kini menjadi salah satu tren yang sedang naik daun di Indonesia. Berkembangnya era digital membuat kegiatan konvensional salah satunya transaksi jual beli mulai beralih ke sektor digital. Fakta ini dikuatkan dengan terus bertambahnya jumlah online shop. Mau tidak mau, hal ini memicu para konsumen untuk mulai merambah mengikuti era digital dengan berbelanja online. Kemudahan dan kemurahan yang ditawarkan dari sistem belanja online membuat banyak konsumen menyukainya.

Transaksi online tidak hanya mencakup jual beli saja, metode pembayaran pun juga dilakukan menggunakan sistem online. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa transfer bank. Bagi konsumen yang menjadi nasabah dari sebuah bank tentu ini bukan menjadi masalah yang berarti karena pembayaran dapat dilakukan dengan cara m-Banking melalui gadget maupun transfer melalui ATM. Lalu bagaimana dengan konsumen yang bukan merupakan nasabah sebuah bank atau dari kalangan menengah kebawah dengan saldo yang dimilikinya sudah kosong? Biasanya masyarakat menengah kebawah lebih banyak memegang uang cash daripada saldo di rekening bank.

Tidak hanya itu, pembayaran menggunakan sistem online juga masih menyisakan beberapa masalah bagi masyarakat pinggiran. Salah satunya adalah sulit ditemukannya ATM yang ada di pelosok Indonesia. Di daerah kota-kota kecil dan pelosok wilayah Indonesia keberadaan ATM terkadang masih sulit untuk dijumpai. Hanya ada cabang bank atau teras bank kecil saja dengan berbagai keterbatasannya.

Cara Melakukan Transfer Uang atau Bayar Online Tanpa Menggunakan ATM


Namun itu semua tidak lagi menjadi kendala yang berarti bagi anda yang tidak memiliki ATM atau berada jauh dari mesin ATM. Anda dapat membayar belanja/tagihan online dengan cara transfer melalui teller bank. Ini merupakan solosi tepat untuk memudahkan transaksi yang anda lakukan.  Untuk memahami lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Apa Maksud Dari Transfer Melalui Teller Bank?

Sebelum membahas lebih lanjut, ketahui dahulu siapa itu teller bank. Teller bank merupakan petugas bank yang tugasnya melayani transaksi keluar masuknya uang kepada bank dari nasabah maupun masyarakat umum yang menggunakan jasa bank tersebut. Jika dilihat dari sudut pandang awam teller ini hampir mirip dengan kasir. Namun transaksi yang dilakukan berbeda.
 

Kepada teller inilah kita dapat melakukan transfer uang tunai tanpa melalui ATM. Jadi transfer melalui teller adalah kegiatan mengirim uang tunai dengan jumlah tertentu kepada nomer rekening  yang dimiliki seorang nasabah bank melalui pelayanan teller bank. Transfer uang tunai melalui teller bank sangatlah mudah dan praktis.

Setelah memahami pengertian diatas. Sekarang saatnya anda melakukan transfer atau pengiriman kepada nomor rekening yang akan anda tuju. Simak penjelasan berikut ini agar anda tidak kebingungan ketika akan melakukan transfer melalui teller bank.

Cara Transfer Melalui Teller Bank:

1. Siapkan uang yang akan anda kirim untuk membayar online sesuai dengan nominal transaksi yang sudah disepakati. Misalnya anda membeli sebuah sepatu dengan harga dan ongkos kirim yang jumlahnya Rp. 145.00,-. Jadi siapkan uang tunai sebesar nominal tersebut sebelum berangkat ke bank.

2. Datang ke bank yang ada di daerah anda. Sebisa mungkin pilih bank yang sama dengan bank penerima supaya bebas biaya administrasi. Misalkan anda akan mentransfer uang Rp. 145.000,- kepada penjual A yang menggunakan bank X, sebaiknya anda melakukan transfer ke bank X juga. Dengan demikian anda tidak akan dikenakan biaya administrasi tambahan.

3. Sesampai di bank, ambil nomor antrian teller, bukan customer service. Setelah itu, isi slip pengiriman/transfer atau penyetoran yang sudah tersedia. Biasanya slip tersebut tertulis nomor rekening yang dituju, nama penerima, nama anda dan nominal uang yang akan dikirim. Jika kesulitan mengisi slip, silahkan meminta bantuan satpam bank untuk membimbing. Setelah mengisi slip, teliti kembali nomor rekening dan nama penerima. Pastikan benar dan sesuai karena ini akan menentukan tepat atau tidaknya tujuan uang yang anda kirim.

4. Tunggu giliran anda ditempat duduk yang sudah disediakan. Anda dapat melihat nomor antrian berapa yang sedang dilayani teller melalui layar yang disediakan. Ketika tiba giliran anda, teller bank akan memanggil sesuai nomor yang anda pegang.

5. Sesampai diteller katakan keperluan anda yaitu transfer uang. Serahkan slip yang tadi sudah anda isi beserta uang tunai sesuai dengan nominal yang tertulis di slip kepada teller bank. Tunggu beberapa saat, uang anda akan diproses untuk ditransfer ke rekening tujuan oleh teller tersebut. Jika sudah sampai ke tujuan dan diterima. Anda akan mendapatkan slip bukti transfer dari bank yang bersangkutan. Disana tertera nama pengirim, jumlah uang dikirim dan juga nama penerima.  Simpan slip tersebut sebagai bukti transfer.

6. Ambil foto dari slip bukti transfer tersebut lalu kirim kepada penjual atau toko online tempat anda membeli barang. Ini digunakan sebagai bukti pengiriman uang yang sah kepada penerimanya.

7. Selesai. Transaksi jual beli sudah anda lakukan dengan baik.

Cara Transfer Uang/Bayar Online Tanpa Menggunakan ATM