Cara Promosi Online Shop Secara Efektif di Facebook

Promosi merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan dalam berjualan. Tujuannya adalah supaya produk bisa dikenali kemudian dibeli oleh calon konsumen. Banyak cara yang dapat digunakan untuk promosi salah satunya adalah dengan menggunakan media promosi. Media promosi yang dapat digunakan antara lain adalah media cetak maupun media elektronik. Promosi yang dilakukan dengan cara yang tepat dan efektif dapat membuat peningkatan penjualan.

Salah satu media elektronik yang dapat kita gunakan dalam memasarkan sebuah produk adalah dengan menggunakan media sosial salah satunya facebook. Di indonesia, facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di semua kalangan mulai remaja hingga orang lanjut usia. Banyaknya masyarakat yang menggunakan facebook menempatkan Indonesia sebagai negara urutan ke 4 dengan jumlah pengguna facebook terbanyak. Hal ini didukung dengan data yang menyebutkan pengguna facebook aktif di Indonesia sebanyak 111 juta lebih.

Gambar Cara Promosi Online Shop Secara Efektif di Facebook

Melihat pengguna facebook di Indonesia yang sangat masif, membuat media sosial yang didirikan Mark Zuckerberg ini menjadi sasaran empuk oleh para pelaku usaha untuk berjualan dan mempromosikan produknya. Semakin banyak pengguna suatu media sosial, berarti semakin luas pula jangkauan promosi produk untuk dikenali masyarakat. Hal ini menyebabkan peluang terbelinya produk tersebut juga semakin tinggi.

Cara Promosi Online Shop Secara Tepat dan Efektif di Facebook

Menggunakan facebook sebagai sarana promosi berjualan produk memang sangat menjanjikan. Selain populer dan banyaknya pengguna sehingga jangkauannya luas, promosi menggunakan media sosial yang identik dengan warna biru ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Hanya bermodalkan jaringan internet dan mendaftar untuk membuat akun, kita dapat promosi dan memasarkan produk secara gratis tanpa dipungut biaya sedikit pun.


Melihat banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari facebook. Berikut ini adalah keuntungan dan keunggulan facebook jika digunakan sebagai media promosi berjualan produk yang sudah dirangkum sebagai berikut ini:
  • Facebook merupakan media sosial yang populer dan banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia sehingga membuat jangakauannya sangat luas.
  • Tidak memerlukan biaya alias gratis untuk bisa melakukan promosi di facebook.
  • Menyediakan berbagai fitur yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan promosi.
  • Tidak ada masa tenggang atau habis waktu dari setiap promosi yang kita posting di akun facebook yang sudah dimiliki.
  • Dapat berinteraksi langsung dengan calon konsumen melalui kolom komentar yang sudah disediakan.
  • Dapat melakukan obrolan secara pribadi dengan calon konsumen melalui fitur pesan atau obrolan sehingga dapat melakukan negosiasi atau tanya jawab secara personal dan pribadi.
  • Bisa menampilkan gambar dan deskripsi sekaligus dalam satu unggahan.
  • Album foto bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga dapat dimanfaatkan untuk membuat galeri produk.

Dengan mengetahui keunggulan yang dimiliki facebook diatas, dapat disimpulkan bahwa sosial media ini mempunyai fitur yang mumpuni untuk mendukung kegiatan promosi. Meskipun mempunyai segudang keunggulan, namun jika promosi yang dilakukan di facebook dengan cara asal-asalan maka hasil yang akan di dapatkan pasti tidak akan sesuai dengan harapan. Untuk itu perlu adanya strategi dengan menerapkan langkah-langkah tertentu untuk mencapai hasil optimal. Berikut ini adalah langkah-langkah promosi berjualan di facebook dengan tepat dan efektif.

1. Buat Akun Khusus

Untuk promosi dan menjual barang dagangan anda, usahakan tidak mencampurnya dengan postingan pribadi. Dalam artian hindarilah promosi produk dengan menggunakan akun facebook pribadi. Buatlah akun khusus yang mewakili toko online atau toko offline anda sehingga jika digunakan sebagai media promosi, yang muncul pada akun tersebut hanyalah semua postingan terkait produk dan dagangan tanpa tercampur postingan pribadi. Hal ini akan membuat toko anda terlihat kurang profesianal.

Konsumen akan kurang nyaman ketika ingin melihat-lihat produk pada timeline/linimasa akun anda yang tercampur dengan postingan pribadi seperti curhatan dan status aktivitas. Anda bisa membayangkan ketika ada konsumen yang ingin melihat promosi produk,kemudian di sela-sela postingan terdapat status “Kemana sih suami. Udah jam segini belum pulang. Mau tidur diteras nih”. Bagaimanakah jika status tersebut dibaca para konsumen anda yang jumlahnya tidak hanya satu, dua, atau tiga?

Sangat penting sekali membedakan antara akun facebook untuk pribadi dan untuk berjualan. Selain memudahkan konsumen dalam melihat produk, keberadaan akun khusus berjualan juga akan meningkatkan nilai jual toko anda terutama dalam hal branding. Seperti yang sedang tren dalam dunia bisnis saat ini, branding adalah kendaraan yang dapat mendongkrak penjualan produk yang anda tawarkan. Semakin dikenal branding toko yang anda buat, maka kepercayaan dari konsumen untuk berbelanja ditempat anda juga semakin meningkat.

2. Lengkapi Profil Akun

Setelah anda membuat akun khusus yang mewakili brand toko anda, langkah kedua adalah melengkapi profil akun yang baru saja anda buat. Setelah registrasi ke facebook, biasanya akun yang sudah kita daftarkan akan berisi informasi kosong yang harus dilengkapi. Melengkapi identitas akun yang anda gunakan untuk berjualan sangatlah penting, karena dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap akun tersebut. Selain itu, fungsi lain dari melengkapi profil akun adalah untuk menunjukkan identitas sebenarnya sehingga tidak ada kecurigaan dari calon konsumen bahwa akun tersebut buak akun penipu.
Isilah identitas akun selengkap mungkin mulai dari nama, alamat, kota asal, nomor telepon dan kontak, akun media sosial lain yang aktif, deskripsi akun dan lain-lain. Pada nama akun, anda bisa menggunakan nama toko anda sebagai branding dari akun tersebut. Pada kolom alamat, isikan alamat toko anda atau alamat rumah anda jika belum mempunyai toko sendiri. Isi kota asal sesuai dengan asal toko dan alamat. Cantumkan kontak untuk menghubungkan konsumen dengan anda, bisa menggunakan nomor telepon, nomor whatsapp, pin bbm atau line. Jika anda menggunakan media sosial lain seperti instagram, anda bisa mencantumkannya dalam akun tersebut supaya saling berkaitan satu sama lain. Tuliskan deskripsi singkat dari informasi toko anda seperti barang yang dijual dan cara pemesanan.

3. Tambahkan Pertemanan Sesuai Target Pasar

Langkah yang ketiga adalah menambahkan pertemanan. Menambahkan pertemanan di akun facebook khusus untuk berjualan tidak boleh dilakukan sembarangan karena akan menyebabkan target pasar sehingga membuat promosi tidak berlangsung secara efektif. Tambahkan pertemanan dengan akun-akun yang sesuai dengan target pasar yang anda tuju. Apa itu target pasar? Adalah orang atau kelompok calon pembeli yang menjadi tujuan dan sasaran penjualan yang sesuai dengan produk yang dijual.

Menentukan target pasar bisa berdasarkan gender, umur, wilayah dan kelas ekonomi. Sebagai contoh sebuah toko menjual baju muslimah dan hijab. Maka target pasar yang  dituju oleh toko tersebut adalah kelompok orang-orang  khususnya wanita yang menggunakan jilbab baik itu remaja maupun orang dewasa. Sehingga dalam menambahkan pertemanan akun facebook yang ditambahkan adalah akun-akun wanita berhijab mulai dari kalangan remaja sampai orang dewasa. Bisa dibayangkan jika toko tersebut menambahkan pertemanan dengan akun-akun pria, pasti promosi yang dilakukan tidak akan berhasil. 

4. Promosi

Setelah target pasar yang ditambahkan melalui pertemanan jumlahnya cukup banyak, anda bisa mulai melakukan promosi dan berjualan. Untuk menambah pengetahuan tentang promosi, anda bisa membaca artikel 8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris dan juga artikel Tips Sukses Berjualan Online Supaya Cepat Laku dan Laris. Lakukan promosi dengan beberapa hal berikut ini.
  • Sajikan gambar yang menarik dan jelas. Tonjolkan apa yang menjadi kelebihan dari produk yang nada jual.
  • Berikan informasi yang jelas. Detail informasi dari produk yang dijual sangat dibutuhkan oleh konsumen untuk mengenali produk tersebut.
  • Tambahkan deskripsi yang bersifat persuasif atau mengajak siapa saja yang membacanya untuk membeli produk yang sedang anda promosikan.
  • Sesekali anda juga bisa memberikan review produk kepada para calon konsumen untuk meyakinkan kulitas produk yang anda jual.
  • Tambahkan video promosi secara berkala jika memungkinkan.

5. Konsisten

Konsisten disini maksudnya adalah melakukan promosi secara berkelanjutan guna menjaga eksistensi akun toko anda dimata para calon konsumen. Selain itu, melakukan promosi dengan konsisten juga membiasakan orang melihat promosi yang anda lakukan sehingga lama kelamaan orang yang melihat akan penasaran dan membeli produk anda. Salah satu kunci suksesnya penjualan yang didapatkan oleh toko-toko online besar adalah promosi yang dilakukan secara terus-menerus dan konsisten.

Penutup
Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk promosi online shop secara efektif di facebook secara tepat. Dengan menggunakan strategi khusus, promosi yang awalnya biasa-biasa saja kini bisa lebih tepat sasaran dan efektif sehingga dapat meningkatkan penjualan. Cara promosi online shop di facebook dengan tepat dan efektif dapat membawa bisnis anda bisa lebih maju dan berkembang untuk kedepannya.

Cara Promosi Online Shop Secara Efektif di Facebook