7 Contoh Produk Makanan Gagal di Pasaran Serta Penyebabnya

Produk makanan adalah salah satu hasil produksi yang memiliki pangsa pasar cukup potensial. Sektor kuliner adalah juga menjadi bidang bisnis dengan permintaan cukup tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan pokok para pembeli itu sendiri. Akibatnya, banyak perusahaan besar di sektor makanan yang berlomba-lomba membuat produk terbaiknya. Namun, tidak semua produk yang dibuat tersebut dapat diterima oleh konsumen. Ada banyak produk makanan gagal di pasaran dengan berbagai penyebab.

Sebenarnya, masalah produk makanan gagal di pasaran bisa dialami oleh siapa saja, entah itu perusahaan besar ataupun pengusaha kecil sekalipun. Kebanyakan produk yang gagal disebabkan oleh riset yang kurang valid dan juga persiapan produksi yang tidak matang. Memang sih, untuk dapat terus bertahan ditengah persaingan pasar yang sangat ketat, seorang pengusaha harus terus berinovasi terhadap produk yang dijual. Namun, kadang faktor terburu-buru yang akhirnya membuat produk menghilang dari pasaran.

Contoh Produk Makanan Gagal Dari Indonesia

Di Indonesia sendiri, ternyata ada beberapa perusahaan besar yang sempat mengalami masalah produk makanan gagal di pasaran yang akhirnya tidak diproduksi kembali. Beberapa diantara kamu mungkin sudah pernah melihatnya atau bahkan membelinya beberapa kali. Namun pada akhirnya produk tersebut lenyap seketika. Lalu apa saja produk makanan yang gagal dari dalam negeri? Berikut ini penjelasannya.

Air Mineral Rasa Buah

Contoh Produk Makanan Gagal: Air Mineral Rasa Buah
Buat kamu yang suka jajan di tahun 2000-an, pasti tidak asing dengan produk pada gambar diatas. Ya, pada kisaran tahun 2002-2004, salah satu produsen air mineral terbesar di Indonesia yaitu AQUA, meluncurkan sebuah produk inovatif yaitu sebuah air mineral dalam kemasan dengan berbagai rasa buah seperti strawberi, jeruk, anggur dan lain sebagainya. Namun sayang, peredaran produk ini dipasaran tidak terlalu lama. Produk ini dianggap gagal karena kurang diterima di masyarakat.

Minumal Soda Dalam Sachet

Contoh Produk Makanan Gagal: Minumal Soda Dalam Sachet
Kemudian produk gagal kedua yang ada di Indonesia adalah minuman soda kemasan sachet seperti pada gambar. Buat anak-anak yang suka jajan pada rentang tahun 2003-2005an pasti tidak asing dengan produk diatas. Produk ini bisa juga disebut sebagai soda KW. Harganya yang murah sangat memanjakan anak-anak kecil dan remaja dalam melepas dahaga. Produk ini sempat jadi primadona selama beberapa tahun beredar. Namun produk ini gagal di pasaran karena kalah bersaing dengan minuman soda kemasan botol.

Mie Instan Goreng Kuah

Contoh Produk Makanan Gagal: Mie Instan Goreng Kuah
Salah satu makanan instan paling laris di dunia adalah Mie Instan. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis serta varian rasa dari mie instan. Tak mau kalah bersaing, beberapa produsen mie instan melakukan berbagai terobosan dengan membuat mie goreng aneka rasa seperti soto, bakso, kari dan lain sebagainya. Namun pada akhirnya, produk-produk mie instan dengan rasa ini mulai hilang dari pasaran. Hal ini tidak lain karena produk makanan ini dianggap gagal di pasaran karena tidak begitu laku.

Nasi Goreng Instan

Contoh Produk Makanan Gagal: Nasi Goreng Instan
Selain mie instan, ada satu lagi produk makanan yang dulu sempat beredar di pasaran yaitu Nasi Goreng Instan. Pada awal peluncurannya, iklan produk ini sangat menggugah selera sehingga banyak orang yang penasaran. Namun pada kenyataanya, jumlah penjualan dari produk ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ini adalah salah satu "produk percobaan" yang sempat bisa dirasakan anak-anak pada kisaran tahun 2000-an. Ya, produk dianggap gagal karena tidak diterima oleh konsumen.

Contoh Produk Makanan Gagal Dari Luar Negeri

Diatas sudah kita bahas beberapa produk gagal di pasaran dari perusahaan besar yang ada di Indonesia. Nah, sekarang kita beralih untuk membahas apa saja produk-produk yang mengalami kegagalan di luar negeri. Ternyata di negara-negara yang terkenal maju sekalipun, perusahaan disana juga tidak luput dari kegagalan dalam mengembangkan produk sehingga tidak dapat dijual di pasaran. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

Susu Formula di China

Contoh Produk Makanan Gagal: Susu Formula di China
Untuk produk makanan gagal di pasaran datang dari negara Tiongkok. Isu ini sempat heboh di media, salah satu produsen susu terbesar di China menarik produk susu formula-nya yang sudah beredar di pasaran seberat 8 ton. Hal ini disebabkan adanya kasus seorang anak meninggal serta 50 anak lainnya mengalami gangguan fungsi hati setelah mengkonsumsi susu ini. Disinyalir, susu formula ini mengandung melamin yang tidak baik untuk kesehatan. Akibat kejadian ini, dua orang yang tidak bertanggung jawab telah dihukum mati.

Selai Kacang Amerika

Contoh Produk Makanan Gagal: Selai Kacang Amerika
Setelah dari China, kita menuju Amerika Serikat untuk membahas produk makanan gagal di pasaran selanjutnya. Produk ini adalah selai kacang yang datang dari Peanut Corp. of Amerika dengan pabrik yang berlokasi di Barkley. Selai kacang ini dianggap gagal dan ditarik dari pasaran secara masal akibat terkontaminasi Salmonela. Salmonela adalah sebuah bakteri yang dapat membuat orang yang terkontaminasi menjadi demam tifoid atau paratipus karena keracunan.

Baca Juga:

  1. Penyebab Dan Cara Mengatasi Produk Yang Gagal
  2. Agar Produk Usahamu Cepat Dikenal Konsumen, Lakukan 8 Cara Ini
  3. 7 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Kita


Produk Gagal McDonal's

Contoh Produk Makanan Gagal: Produk Gagal McDonal's
Siapa sih yang tidak tahu dengan McDonal's. Adalah salah satu perusahaan franchise yang paling populer di dunia. Gerainya dapat ditemukan diberbagai negara di penjuru dunia. Meski jadi salah satu bisnis kuliner top dunia, namun McDonals's ternyata memiliki beberapa produk makanan yang gagal di pasaran sehingga tidak produksi lagi.

Beberapa daftar produk gagal tersebut antara lain McAfrica yang jadi isu sensitif di Norwegia, McLobster karena kemahalan, McPizza gagal karena proses pembuatannya terlalu lama, McDLT yang gagal karena isu penggunaan kemasan stirofoam berbahaya, McLean Deluxe yang gagal karena dianggap tidak sehat dengan kandungan lemak sebanyak 91%.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa produk makanan gagal di pasaran dan juga penyebabnya. Mungkin buat kamu yang baru lahir di tahun 2000-an masih asing dengan produk tersebut. Tapi buat kalian yang lahir di tahun 90-an pasti pernah membeli salah satu produk tersebut. Beberapa produk gagal diatas dapat kamu gunakan sebagai pengetahuan sekaligus bahan pembelajaran dalam menciptakan produk.

7 Contoh Produk Makanan Gagal di Pasaran Serta Penyebabnya