Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon IP2770 Sering Bergaris Putus-putus

Printer canon ip2770 bisa dikatakan sebagai printer sejuta umat karena banyaknya orang yang menggunakan dan memiliki printer ini. Harganya yang sangat murah dan terjangkau membuat banyak orang mampu membelinya. Karena harganya yang murah, tak heran jika printer canon ip2770 ini sering mengalami masalah saat digunakan untuk mencetak. Salah satu masalah yang sering timbul adalah hasil cetak yang bergaris atau putus-putus.

Hasil cetak yang sering bergaris putus-putus pada printer canon ip2770 banyak dikeluhkan oleh penggunanya. Kondisi ini memang sangat mengganggu karena menyebabkan hasil cetak yang kurang bagus. Tidak hanya pada tinta hitam, hasil cetak yang putus-putus juga terjadi pada tinta berwarna seperti tinta biru, tinta merah maupun tinta kuning. Akibatnya, huruf, angka dan gambar pada kertas hasil cetak menjadi tidak jelas.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon IP2770 Sering Bergaris Putus-putus

Dipasaran sendiri printer canon ip2770 dijual dengan dua versi yang berbeda. Versi yang pertama adalah versi asli dimana printer tidak memakai sistem infus alias tinta diisi secara manual menggunakan suntikan. Lalu versi yang kedua adalah printer yang sudah dimodifikasi dengan sistem infus. Meski versinya berbeda, namun keduanya tetap saja sering mengalami masalah yang sama yaitu hasil cetak bergaris putus-putus.

Penyebab Hasil Cetak Printer Canon IP2770 Sering Bergaris Putus-putus

Sebagian besar pengguna printer canon ip2770 pasti sering mengalami yang namanya hasil cetak bergaris putus-putus. Umumnya, masalah ini terjadi pada catridge printer itu sendiri. Bagi yang masih awam, pasti kebingungan untuk mencari cara mengatasi masalah ini. Tapi sebelum membahas mengenai cara mengatasi hasil cetak printer canon ip2770 sering bergaris putus-putus, sebaiknya cari tahu dulu beberapa penyebabnya sebagai berikut.

  1. Adanya kotoran pada encouder. Bagi yang belum tahu, encouder adalah bagian printer yang ada dibelakang catridge. Fungsinya adalah sebagai sensor yang mengatur bagaimana tinta tersebut disemprotkan.
  2. Kualitas tinta yang tidak baik. Tanpa kita sadari, terkadang ada tinta yang kotor atau menggumpal sehingga dapat menyebabkan terhambatnya mulut semprot pada catridge.
  3. Kepala catridge tersumbat. Letak kepala catridge berada dibagian bawah, yang memiliki tugas menyemprotkan tinta ke kertas. Saat printer tidak digunakan dalam waktu lama, kepala catridge dapat tersumbat akibat gumpalan tinta.
  4. Tinta yang tidak mengalir pada selang infus. Kondisi ini hanya dialami oleh printer yang memakai sistem infus. Penyebabnya biasanya adalah selang yang tersumbat hingga aliran tinta menuju catridge menjadi tidak lancar.
  5. Kepala catridge yang sudah lemah sehingga membuat hasil cetak tidak maksimal. Komponen ini adalah bagian yang paling sering bermasalah pada printer canon IP2770 yang membuat hasil cetak menjadi bergaris putus-putus.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Hasil Cetak Printer Canon IP2770 Sering Bergaris Putus-putus

Setelah memahami penjelasan mengenai penyebabnya diatas, sekarang kita bahas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serta memperbaiki hasil cetak printer canon ip2770 yang bergaris putus-putus. Langkah ini dapat anda lakukan sebagai upaya awal agar printer anda berfungsi kembali seperti sedia kala. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk membawanya ke tukang servis.

1. Bersihkan Encouder Pada Catridge Printer

Sebelum membersihkannya, cari tahu dulu dimana letaknya. Lalu dimanakah letak encouder? Encouder adalah alat yang berbentuk seperti mika membentang panjang dibagian belakang cartridge. Komponen ini memiliki fungsi sebagai sensor yang mengatur kerja catridge dalam menyemprotkan tinta. Jika encouder printer canon ip2770 anda kotor akibat cipratan tinta, maka bisa saja membuat hasil cetak menjadi bergaris putus-putus

Untuk membersihkan encouder caranya cukup mudah. Hal pertama yang anda lakukan adalah mengeluarkan catridge dari rumahnya. Lalu bersihkan encouder menggunakan kertas tisu kering. Jika perlu, tambahkan sedikit alkohol pada tisu untuk mengelapnya. Jika tahu tekniknya, anda bisa merendam encouder di air hangat hingga  kotoran dapat dibersihkan. Sebelum memasangnya kembali, pastikan sudah dalam keadaan kering.

2. Rendam Kepala Catridge Printer Dengan Air Hangat/Alkohol

Untuk mengatasi hasil cetak printer canon ip2770 bergaris putus-putus, anda juga bisa merendam kepala catridge dengan air hangat atau cairan alkohol. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengghilangakan tinta yang menggumpal sehingga dapat menyebabkan penyumbatan. Kasus ini kebanyakan terjadi akibat printer yang lama tidak digunakan. Untuk mencegahnya, banyak teknisi menyarankan agar printer digunakan minimal dua hari sekali untuk mencetak satu halaman.

Merendam kepala catridge printer dengan air hangat atau alkohol tidak bisa dilakukan sembarang karena dapat memicu kerusakan permanen, jadi berhati-hatilah. Caranya adalah siapkan dahulu air hangat atau alkohol pada cawan. Jangan terlalu banyak, tingginya kira-kira sampai membuat kepala cartridge terendam saja. Keluarkan catridge lalu letakkan kepalanya diatas cawan lalu tunggu beberapa menit. Cairan akan berubah gelap karena sisa tinta uang mengalir.

Setelah beberapa saat, angkat catridge lalu keringkan. Jangan dijemur atau dilap dengan kain kering. Tetapi cukup tempelkan kepala catridge pada kertas tisu sebanyak beberapa kali hingga kering. Pastikan kepala catridge printer canon ip2770 anda benar-benar kering sebelum memasangnya kembali. Jika dilakukan dengan benar, cara ini dapat mengurangi masalah hasil cetak pada printer canon ip2770 bergaris putus-putus.

3. Menguras Tinta Pada Catridge Printer

Cara yang ketiga ini merupakan tindak lanjut dari cara kedua diatas, dimana masalah yang perlu diselesaikan masih sama, yaitu mengurangi penggumpalan tinta yang dapat mengakibatkan penyumbatan. Namun cara ini berguna untuk mendukung cara kedua agar lebih efektif. Caranya adalah dengan mengosongkan catridge printer canon ip2770 anda.

Untuk menguras tinta pada catridge, anda dapat menggunakan alat bantu berupa suntikan atau penyedot khusus (modifikasi dari suntikan). Anda bisa mulai menyedot tinta dengan memasukkan ujung suntikan kedalam lubang tinta catridge yang berada dibagian atas. Mulai sedot hingga tinta keluar dari catridge dan masuk kedalam tabung suntikan. Cara ini bertujuan agar penggumpalan hilang sehingga hasil cetak printer canon ip2770 anda tidak lagi bergaris putus-putus.

4. Pastikan Aliran Tinta Pada Selang Lancar

Cara keempat ini hanya dikhususkan bagi mereka yang memakai printer yang sudah dimodifikasi dengan sistem infus. Selang pada sistem infus ini berfungsi untuk mengalirkan tinta dari tabung penampungan ke catridge. Sistem ini sering bermasalah terutama penyumbatan pada bagian selang sehingga membuat hasil cetak printer canon ip2770 sering bergaris putus-putus. Untuk itu, pastikan aliran tinta lancar. Jika tersumbat bersihkan selang atau ganti dengan yang baru.

5. Bersihkan Juga Kepala Catridge-nya

Untuk mengatasi hasil cetak printer canon ip2770 bergaris putus-putus juga bisa dilakukan dengan membersihkan kepala catridge menggunakan tisu. Anda dapat melakukan pembersihan ini secara rutin minimal seminggu sekali. Jika printer sering digunakan, maka pembersihan juga harus dilakukan lebih sering. Ingat, jangan sekali-sekali menggosok kepala catridge-nya, cukup dengan ditempelkan pada tisu dan dilap secara perlahan.

Baca Juga:
  1. 7 Faktor Penyebab Printer Canon IP2770 Cepat Rusak dan Tidak Awet
  2. Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya 
  3. Salah Kaprah! Cara Isi Tinta Printer Thermal

6. Ubah Pengaturan Kualitas Cetak

Selain perbaikan secara fisik, perbaikan non-fisik juga sangat berpengaruh. Maksudnya adalah melakukan perbaikan pada perangkat lunak dengan cara mengubah pengaturan kualitas cetak dari standar ke kualitas yang lebih tinggi. Pengaturan standar biasanya lebih mementingkan kecepatan pencetakan daripada kualitasnya. Dengan mengubahnya ke kualitas tinggi printer akan bekerja lebih baik sehingga hasil cetak printer canon ip2770 bergaris putus-putus bisa diminimalisir.

7. Pastikan Tinta Selalu Terisi

Jika ingin menjaga performa printer anda, pastikan tinta pada catridge ataupun infus selalu terisi. Kehabisan tinta juga berpengaruh terhadap performa catridge sehingga dapat menyebabkan hasil cetak printer canon ip2770 sering bergaris putus-putus. Maka dari itu, rajinlah melakukan cek isi tinta. Pastikan selalu terisi. Jika hampir habis, segera lakukan isi ulang tinta printer anda.

8. Ganti Catridge Printer Anda

Terkadang, hasil cetak printer canon ip2770 sering bergaris putus-putus disebabkan oleh catridge yang sudah melemah. Penyebabnya tenti saja faktor umur, apalagi jika anda sudah menggunakannya selama bertahun-tahun. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Jaminan 100% bahwa printer anda kinerjanya akan kembali seperi baru.

9. Panggil Tukang Servis Terdekat

Cara ini adalah pilihan terakhir ketika hasil cetak printer canom ip2770 yang sering bergaris putus-putus sudah tidak bisa anda tangani sendiri. Memanggil tukang servis adalah pilihan tepat jika memang kondisi sudah tidak memungkinkan sedangkan anda membutuhkan printer tersebut. Sebelum di servis, anda bisa sedikit meelakukan konsultasi mengenai masalah pada printer anda tersebut.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi hasil cetak printer canon ip2770 bergaris putus-putus. Jadi jangan panik ketika hasil cetak tidak sesuai harapan, coba lakukan cara-cara diatas sebagai upaya perbaikan supaya printer bisa kembali bekerja secara normal. Jika anda memiliki tips sendiri yang belum disebutkan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini sebagai info tambahan untuk pembaca yang lain.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Canon IP2770 Sering Bergaris Putus-putus