8 Cara Baikan Dengan Suami Atau Istri Setelah Bertengkar

Menjalin hubungan rumah tangga dengan pasangan tidak selamanya mulus dan bahagia. Ditengah jalan pasti pernah sesekali terjadi konflik atau pertengkaran karena adanya suatu masalah. Namun kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena dapat menimbulkan perpecahan. Agar suasana kembali cair, alangkah baiknya segera baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar. Cara ini akan membuat hubungan lebih bertahan lama.

8 Cara Baikan Dengan Suami Atau Istri Setelah Bertengkar

Untuk mereka yang sudah menikah, melakukan adaptasi dengan banyak hal baru termasuk lingkungan dan juga kebiasaan pasangan bukanlah hal yang mudah. Terkadang kondisi inilah yang bisa menimbulkan konflik. Akan tetapi hal ini bersifat sementara, lama-lama akan terbiasa dan bisa saling menyesuaikan. Begitu juga saat terjadi konflik, maka akan terbiasa menyelesaikannya. Baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar bukanlah hal yang sulit lagi.

Lalu Bagaimana Cara Baikan Dengan Suami Atau Istri Setelah Bertengkar?

Berbicara mengenai cara baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar, tidak bisa terlepas dari ego masing-masing pasangan yang harus saling dikendalikan. Setelah terjadi konflik, biasanya antara satu dan lainnya pasti gengsi untuk baikan duluan. Nah, kebiasaan buruk inilah yang harus dihilangkan supaya hubungan selalu terjaga dengan baik. Agar kamu dan pasangan segera baikan, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini setelah terjadi pertengkaran.

Jangan Mengeluarkan Kalimat Apapun

Langkah pertama yang bisa dilakukan agar baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar adalah dengan tidak berbicara. Usahakan untuk menahan apapun yang ingin dikatakan meskipun bersifat pembelaan. Mengalah bukan berarti kalah. Karena jika semakin banyak perdebatan maka pertengkaran semakin tidak berujung. Tidak mengeluarkan kalimat apapun akan membuat kondisi menjadi lebih baik lagi. Diam jadi langkah terbaik dalam menyelesaikan konflik dengan pasangan.

Tunggu Hingga Tenang Terlebih Dahulu

Setelah kamu berhasil diam, maka langkah selanjutnya agar bisa baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar adalah menunggu semuanya menjadi tenang terlebih dahulu. Dengan kondisi tenang, maka pasangan dapat berpikir lebih jernih sehingga setiap kalimat yang diucapkannya tidak terbawa oleh emosi. Kamu bisa menunggu kondisi jadi lebih tenang dengan saling berdiam diri sementara waktu serta melakukan aktivitas tertentu yang bisa membuat lebih tenang.

Peluk atau Cium Dengan Mesra

Jika semua dirasa sudah cukup tenang baik dari emosi maupun suasana, cobalah untuk mulai memeluk atau mencium pasanganmu dengan mesra. Ini adalah langkah paling berat ketika akan baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar. Namun dengan begini, biasanya suasana akan mulai lebih mencair. Sebuah perlakuan mesra akan membuat pasangan sama-sama merasa adem. Percayalah meski sederhana, pelukan dan ciuman menjadi senjata terbaik untuk meredakan konflik apapaun dalam rumah tangga.

Ajak Melakukan Aktivitas Berdua

Jika kamu dan pasangan mulai membaik, sebaiknya lakukan aktivitas berdua seperti makan bersama, merapikan kamar bersama, nonton bersama, atau tidur bersama. Sambil melakukan aktivitas berdua, cobalah sesekali untuk menatap wajah pasangan kamu. Terlebih jika kamu mau melakukan sedikit nakal seperti mencubit pipi atau mengusap kepalanya. Dengan begini biasanya pasangan akan bereaksi lebih dingin bahkan mungkin juga tersenyum. Intinya jangan malu atau gengsi untuk melakukan hal yang menyenangkan berdua.

Mulai Berbicara Sedikit-sedikit

Jika kamu berdua sudah mulai bersikap dingin, langkah selanjutnya agar cepat baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar adalah memulai bicara sedikit-sedikit. Ingat, jangan pernah untuk membicarakan masalah yang menimbulkan konflik terlebih dahulu. Bicarakan topik lain seperti hobinya, film kesukaannya, makanan favoritnya, dan lain sebagainya. Intinya jangan pernah menyinggung masalah yang sudah menimbulkan konflik terlebih dahulu. Memulai sedikit bicara akan membuat suasana jauh lebih baik.

Baca Juga:
  1. 7 Kebutuhan Setelah Menikah Yang Wajib Kamu Persiapkan
  2. Kenali 11 Tanda Cowok Kamu Sudah Mulai Bosan Menjalin Hubungan
  3. Pria Harus Tau! Ini Yang Diinginkan Wanita Saat PMS

Cari Waktu Yang Tepat Untuk Membicarakan Masalah

Jika kalian berdua sudah menjalin komunikasi dengan baik yang ditandai sudah saling berbicara dan ngobrol, maka segera cari waktu yang tepat untuk membicarakan inti permasalahan yang menimbulkan konflik tersebut. Bukan untuk mengungkit, namun cara ini berguna untuk mendapatkan solusi bersama. Jika sudah baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar, bukan berarti melupakan masalah. Namun harus dicari penyelesaiannya agar tidak kembali terulang di kemudian hari.

Diskusikan Solusi Secara Baik-baik

Temukan waktu dan tempat yang tepat untuk diskusi masalah. Biasanya waktu makan berdua atau menjelang tidur sangat tepat digunakan dalam berdiskusi masalah serta mencari solusinya bersama. Dalam diskusi untuk mencari solusi jangan pernah memakai nada tinggi. Ajar pasangan berbicara pelan-pelan namun tetap relevan. Berikan pasangan untuk berpendapat, begitu juga kamu. Cari titik tengah dari kedua pendapat tersebut untuk memperoleh solusi terbaik untuk kalian berdua

Lakukan Hal Yang Menyenangkan Berdua

Langkah terakhir untuk baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar adalah melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti jalan-jalan, makan, belanja atau bercinta. Pilihlah mana yang menurut kamu dan pasangan sangat menyenangkan. Cara ini berguna untuk merekatkan kembali hubungan yang sempat memanas pasca konflik. Cara ini juga dapat membuat suami dan istri menjadi lupa dengan masalah yang sudah terjadi.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara baikan dengan suami atau istri setelah bertengkar. Bagaimanapun juga, yang namanya konflik dengan pasangan ketika sudah menikah memang tidak bisa dihindari. Namun masalah seperti ini jangan dibiarkan berlarut-larut demi keutuhan rumah tangga. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya jika dibicarakan dan didiskusikan dengan baik. Satu hal yang perlu diingat bahwa jangan pernah menyelesaikan konflik saat kedua belah pihak sedang emosi.

8 Cara Baikan Dengan Suami Atau Istri Setelah Bertengkar