7 Kebutuhan Setelah Menikah Yang Wajib Kamu Persiapkan

Menikah adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh semua pasangan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan jika seorang pasangan ingin melanjutkan hubungan serius ke jenjang pernikahan. Tak hanya persiapan sebelum menggelar hajatan pernikahan, namun juga kebutuhan setelah menikah juga wajib direncanakan dengan baik. Dengan mempersiapkan dan membuat perencanaan kebutuhan setelah menikah, seorang pasangan akan lebih matang dalam menjalani kehidupan barunya.

Selama ini, masih banyak pasangan yang hanya melakukan persiapan pra nikah saja, hingga mereka jarang memikirkan kebutuhan setelah menikah yang sebenarnya sangat jauh lebih penting. Padahal dikehidupan baru yang akan mereka jalani banyak sekali hal-hal terkait rumah tangga yang harus dipenuhi. Euforia pra nikah biasanya membuat para pasangan yang hendak menikah kurang memikirkan berbagai kebutuhan pasca menikah yang mungkin tidak mereka duga.

7 Kebutuhan Setelah Menikah Yang Wajib Kamu Persiapkan

Mempersiapkan kebutuhan setelah menikah dapat kamu lakukan sejak jauh-jauh hari sebelum pesta pernikahan digelar. Berdiskusi dengan pasangan terkait kebutuhan setelah menikah yang wajib dipersiapkan merupakan ide yang sangat baik. Semakin banyak diskusi yang di gelar, maka akan semakin mudah seorang pasangan saling mengerti serta memahami apa saja kebutuhan setelah menikah tersebut sehingga dapat meminimalisir pertengkaran.

Inilah Kebutuhan Setelah Menikah Yang Wajib Kamu Persiapkan

Bagi kamu yang baru akan merencanakan pernikahan pasti akan bertanya-tanya kira-kira bagaimana yang kehidupan setelah menikah itu. Tidak usah takut dan risau akan hal tersebut, jika kamu dan pasangan sama-sama mau belajar mengenai apa saja kebutuhan setelah menikah yang wajib dipersiapkan dapat membuat hubungan kalian jadi lebih matang. Berikut ini adalah 7 kebutuhan setelah menikah yang harus kamu pelajari.

Memiliki Tempat Tinggal

Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan rumah sebagai tempat tinggal. Memiliki rumah sendiri pasti akan lebih membanggakan. Terlebih jika bertempat tinggal sendiri dan terpisah dengan orang tua akan membuat seorang pasangan suami istri menjadi lebih leluasa menjalani rumah tangganya sendiri. Jadi sedikit demi sedikit persiapkanlah dana untuk membeli atau membangun rumah sendiri. Memiliki tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan yang memakan anggaran besar.

Biaya Persalinan Istri

Biaya persalinan istri merupakan kebutuhan setelah menikah yang juga wajib dipersiapkan. Setiap pasangan menikah pasti ingin memiliki buah hati untuk melengkapi anggota keluarga. Biaya persalinan tidak hanya pada saat istri melahirkan saja, namun ketika masa kehamilan dimulai akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan seperti pemeriksaan kandungan, USG, pemenuhan gizi janin dan lain sebagainya.

Kebutuhan Hidup Sehari-hari

Kebutuhan hidup sehari-hari menjadi hal yang sangat mendasar bagi setiap pasangan menikah. Biaya untuk makan, minum, membeli peralatan mandi dan lainnya sudah jadi hal lumrah yang harus dikeluarkan. Kelola pemasukanmu dengan baik agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi. Banyak atau sedikitnya biaya hidup sehari-hari itu relatif. Tergantung bagaimana kamu dan pasangan membuat pengelolaan agar tercukupi.

Membeli Perabotan dan Peralatan Rumah Tangga

Keinginan untuk memiliki tempat tinggal sendiri pasti juga akan dibarengi dengan pembelian isi rumah mulai dari perabotan hingga peralatan rumah tangga. Banyaknya perlengkapan yang harus dibeli membuat biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Kebutuhan setelah menikah yang satu ini sebenarnya bisa ditekan dengan membelinya secara bertahap. Akan tetapi, kamu juga harus mempertimbangkan masa guna dan umur barang tersebut.

Baca Juga:
  1. Kenali 11 Tanda Cowok Kamu Sudah Mulai Bosan Menjalin Hubungan
  2. Inilah 9 Tanda Cowok Kamu Tidak Serius Menjalin Hubungan 
  3. 8 Tips Untuk Menghadapi Tetangga Yang Suka Nyinyir

Membeli Kendaraan Bersama

Kebutuhan lain setelah menikah yang juga sering di dambakan oleh para pasangan adalah kendaraan seperti mobil atau motor. Membeli kendaraan itu sendiri juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Saat ini kendaraan sudah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam keluarga. Oleh karena itu kamu dan pasangan harus mulai mempersiapkan tabungan untuk membeli kendaraan sendiri mulai sejak dini.

Persiapan Pengeluaran Bulanan

Selain menyiapkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari, kamu dan pasangan juga harus menyiapkan biaya untuk pengeluaran bulanan seperti pembayaran listrik, pembayaran air, pembayaran televisi, servis kendaraan dan lain sebagainya. Terkadang ada juga pengeluaran bulanan tak terduga yang harus dibayarkan. Mulailah memasukkan pengeluaran tak terduga tersebut ke dalam rencana pengelolaan anggaran rumah tangga kamu.

Persiapan Tabungan Kesehatan

Setiap orang pasti akan mengalami yang namanya gangguan kesehatan. Kita tidak pernah tahu kapan sebuah penyakit menyerang sehingga menyebabkan gangguan pada kesehatan. Pada saat itulah beban finansial kita diuji. Setiap penyakit memiliki penanganan yang berbeda sesuai dengan tingkat keparahannya. Semakin parah sebuah penyakit maka penanganannya semakin berat yang berarti biaya berobatnya juga semakin tinggi.

Persiapan Biaya Pendidikan Anak

Ini adalah hal paling penting yang harus dipersiapkan dengan sangat matang setelah menikah. Kebutuhan biaya pendidikan anak tidak bisa diabaikan terlebih jika dihilangkan dari rencana anggaran rumah tangga. Bagaimanapun juga orang tua pasti ingin melihat anaknya berilmu dengan menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Dengan biaya pendidikan yang semakin lama semakin tinggi, kamu dan pasangan wajib menyiapkan tabungan khusus pendidikan anak setelah menikah.

Penutup

Itulah beberapa kebutuhan setelah menikah yang wajib kamu persiapkan dengan sangat baik bersama pasanganmu. Kebutuhan setelah menikah itu ternyata juga jauh lebih banyak memakan anggaran finasial daripada proses penikahannya. Agar tidak kaget dan kesulitan kamu wajib merencanakannya. Meski terlihat begitu banyak biaya yang harus dikeluarkan, dengan pengelolaan serta perencanaan yang baik bukan tidak mungkin semua itu dapat dicapai.

7 Kebutuhan Setelah Menikah Yang Wajib Kamu Persiapkan