Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya

Charger Laptop adalah bagian utama dari laptop iti sendiri yang keberadaannya tidak dapat terpisahkan. Charger sendiri merupakan penghidupan bagi beberapa alat elektronik maupun gadged seperti notebook, netbook ataupun smartphone. Keberadaan charger atau yang sering disebut cas memang sangat penting sebagai sarana penghubung untuk mengisi daya baterai dari alat-alat tersebut.

Lalu bagaimana jika charger laptop yang kita miliki terkena air atau basah secara tidak sengaja. Masalah seperti ini pasti pernah dialami oleh banyak orang terutama mereka yang setiap harinya tidak bisa terlepas dari yang namanya laptop. Ketika mengetahui bahwa charger lapotop yang kita miliki mulai terkena air dan basah, rasanya dunia ini seperti akan berakhir serta adrenalin memuncak.

Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya

Berbagai rasa ketakutan menghantui pemilik charger tersebut karena charger laptop yang terkena air dan basah dapat menyebabkan konslet hingga yang paling parah adalah kerusakan yang mengakibatkan mati total sehingga tidak dapat digunakan lagi. Jika tidak segera ditangani, maka charger yang terkena air dan basah tersebut dapat rusak secara permanen.

Ciri-Ciri Charger Laptop Yang Terkena Air dan Basah

Pada saat charger laptop terkena air, bisa jadi kita tidak mengetahuinya secara langsung sehingga tidak ketahuan. Nah pada saat inilah yang paling berbahaya, karena ketidaktahuan tersebut bisa saja kita langsung mencolokkannya ke arus listrik yang dapa menyebabkan konslet. Maka dari itu sebisa mungkin kita harus mengetahui seperti apa ciri charger laptop yang terkena air dan basah seperti berikut ini.

1. Ada Bekas Air Disekitar Charger

Tanda-tanda yang paling mudah dilihat adalah adanya air yang terdapat disekitar tempat charher laptop tersebut disimpan. Bekas air tersebut bisa berupa tetesan air ataupun bintik-bintik air seperti embun. Biasanya bekas air ini sangat halus sehingga untuk bisa mengetahui, anda harus menyentuhnya terlebih dahulu.

2. Charger Laptop Terasa Sangat Dingin

Saat terkena air, suhu pada kepala atau adaptor charger laptop biasanya terasa lebih dingin dari biasanya ketika di pegang. Jika sudah terkena air dengan rentang waktu cukup lama, pada bagian charger laptop akan berembun sehingga akan menjadi dingin meski bahan luarnya terbuat dari plastik. Suhu dingin disebabkan oleh air yang menempel pada bagian dalam adaptor yang belum kering.

3. Charger Laptop Lebih Lembab

Bagian luar yang terlihat kering tidak menjadi jaminan bahwa charger laptop anda baik-baik saja. Pasalnya, pada adaptor charger terdapat banyak sekali komponen yang kompleks sehingga air bisa saja masuk di sela-selanya. Jika adaptor charger laptop yang anda pegang terasa sangat lembab meski luarnya kering, maka anda perlu melakukan cek terlebih dahulu untuk memastikan ada atau tidaknya air didalamnya.

Cara Menangani Charger Laptop Yang Terkena Air atau Basah

Jika anda menemukan ciri-ciri seperti penjelasan diatas pada charger laptop anda, atau anda melihat adaptor charger terkena air secara langsung, maka jangan langsung panik. Tenangkan diri anda terlebih dahulu karena kepanikan hanya akan membuat kita tidak dapat berpikir secara jernih. Daripada panik dan melakukan hal yang tidak-tidak, alangkah lebih baik jika anda melakukan beberapa cara menangani charger laptop yang terkena air atau basah berikut ini.

1. Jangan Pernah Dicolokkan ke Arus Listrik

Langkah pertama yang harus anda ingat adalah jangan pernah mencolokkan charger laptop ke arus listrik. Hal ini sangat perlu anda ingat karena beberapa orang yang mengalami masalah seperti ini sering melakukan tindakan bodoh yaitu mencoba mencolokkan charger laptopnya ke listrik hanya untuk memastikan bahwa chargernya  baik-baik saja.

Tindakan ini kemungkinan berhasilnya hanya 5% sedangkan 95% yang lain sudah bisa dipastikan bahwa akan terjadi konsleting arus listrik pada charger laptop karena adanya komponen yang basah. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-sekali melakukan tindakan ini jika tidak ingin terjadi kerusakan permanen pada charger laptop anda.

2. Lap Dengan Kain Kering atau Tisu

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengelapnya dengan menggunakan media kering yang dapat menyerap air dengan cepat seperti tisu, kain kering, kanebo dan lain sejenisnya. Hal ini ditujukan supaya kadar air dan kelembaban berkurang sehingga tidak menyebabkan kondisi basah yang parah. Paling tidak, bagian luar charger laptop yang terkena air bisa kering terlebih dahulu sehingga tidak merambat ke komponen bagian dalam.

3. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Langkah selanjutnya yang sangat efektif adalah dengan menjemur charger laptop terutama pada bagian adaptor dibawah terik matahari. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sinar matahari adalah energi alternatif yang sangat efektif untuk mengeringkan berbagai macam benda. Letakkan adaptor charger dibawah terik matahari selama beberapa jam sambil di bolak-balik beberapa kali.

Baca Juga:
  1. Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube 
  2. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Youtube Go Untuk HP Android 
  3. Salah Kaprah! Cara Isi Tinta Printer Thermal

Jika dengan dijemur beberapa jam anda masih ragu kalau charger laptop belum kering, maka anda dapat memperpanjang durasinya menjadi beberapa hari. Semakin lama durasi menjemur, maka akan sangat baik untuk kondisi laptop anda karena komponen bagian dalam adaptor akan menjadi semakin kering.

4. Gunakan Hair Dryer

Hair dryer dapat menjadi alternatif alat yang bisa anda gunakan saat tidak ada sinar matahari seperti saat malam hari, saat mendung, atau saat hujan tiba. Meski penggunaan hair dryer tidak seefektif menjemur dibawah sinar matahari, namun paling tidak, alat ini bisa mencegah terjadinya kondisi lembab yang berkepanjangan pada adaptor charger laptop. Anda bisa mengeringkan adaptor dengan hair dryer selama beberapa jam sampai kondisinya menjadi lebih kering.

5. Memasukkan Charger Laptop ke Dalam Beras

Bagi sebagian anda yang membaca artikel ini pasti akan merasa aneh dengan langkah nomor 5 ini. Bahkan mungkin ada beberapa diantara anda yang tertawa geli. Akan tetapi percayalah, cara ini adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk mengeringkan charger laptop yang basah karena air.

Beras memang dikenal ampuh untuk mengeringkan alat elektronik berukuran kecil yang basah karena air. Beras sendiri memiliki sifat absorben yang berarti dapat menyerap kelembaban udara. Sifat ini akan membuat partikel air yang ada di charger laptop anda lebih mudah berubah menjadi uap air yang nantinya akan diserap oleh bulir beras sehingga proses pengeringan menjadi lebih cepat dan efektif.

6. Simpan Charger Laptop di Tempat Kering

Setelah langkah 1 sampai dengan 5 diatas sudah anda lakukan, maka anda dapat menyimpan charger laptop tersebut di tempat yang kering. Jika masih ragu dan takut terjadi kerusakan, anda dapat menyimpannya terlebih dahulu selama 1-2 minggu dengan sesekali melakukan salah satu langkah pengeringan diatas untuk memastikan bahwa charger laptop benar-benar kering sebelum digunakan kembali seperti biasanya.

Penutup

Itulah penjelasa mengenai ciri-ciri dan cara menangani charger laptop yang terkena air dan basah. Jangan pernah berfikir bahwa charger laptop yang terkena air akan langsung rusak. Anggapan iti tidak selamanya benar, asalkan langkah-langkah penanganannya tepat, maka kemungkinan besar charger laptop tersbut akan baik-baik saja dan dapat digunakan seperti sedia kala. Yang penting jangan langsung panik ketika charger laptop anda basah, namun coba langkah diatas.

Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya