-->

Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan

Mas koki adalah salah satu ikan yang banyak dipelihara karena postur tubuh serta gaya renang yang menggemaskan. Ikan bertubuh gemuk ini juga dikenal sebagai perenang aktif sehingga cocok dipelihara dalam akuarium. Namun tahukah kamu, ternyata dalam memeliharanya tidak semudah yang kita bayangkan apalagi jika belum berpengalaman. Apabila salah dalam merawat, bisa-bisa ikan mas koki jadi sakit yang ditandai dengan diam saja dan tidak mau makan.

Ikan mas koki diam saja dan tidak mau makan adalah satu dari sekian banyak ciri yang menunjukkan kesehatan ikan tersebut sedang terganggu. Maka dari itu, jika kondisi ini sedang dialami oleh ikan peliharaanmu, maka jangan didiamkan saja karena bisa menyebabkan kematian. Tidak hanya pada ikan yang sakit tersebut, namun juga bisa menular ke mas koki yang lainnya didalam akuarium.

Mengatasi Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan

Ketika ikan mas koki diam saja dan tidak mau makan dalam kurun waktu 1-2 hari, maka sebaiknya kamu melakukan tindakan untuk mengatasinya seperti yang akan kita bahas pada artikel ini. Semakin cepat penanganan yang kamu lakukan maka akan semakin cepat pula nyawa ikan mas koki kesayanganmu terselamatkan. Namun sebelum mencari tahu apa saja tindakan yang perlu dilakukan, sebaiknya kamu pelajari dulu apa penyebabnya.

Penyebab Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan

Buat kamu yang saat ini sedang mengalami masalah ikan mas koki diam saja dan tidak mau makan, maka sebaiknya kamu pelajari apa saja penyebabnya seperti berikut ini. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu akan lebih mudah dalam melakukan penanganan sehingga ikan kamu jadi sehat dan aktif lagi seperti semula. Berikut ini beberapa penjelasannya.

Ikan Mas Koki Sedang Sakit

Kemungkinan pertama kenapa ikan mas koki diam saja dan tidak mau makan adalah karena sedang sakit. Ikan apapun apabila sedang mengalami gangguan kesehatan maka ia akan murung serta kehilangan nafsu makan. Pada ikan mas koki yang sakit, terkadang disertai oleh parasit baik itu berupa jamur atau kutu yang menempel pada tubuh ikan. Kondisi ini disebabkan oleh kualitas air atau pakan yang buruk.

Ikan Mas Koki Mengalami Stres

Penyebab yang lainnya kenapa ikan mas koki diam dan tidak mau makan adalah stres. Ikan mas koki yang stres dikarenakan banyak faktor. Pertama karena adanya perubahan suhu air yang drastis, kedua bisa karena kandungan air yang tidak baik, ketiga adalah pemberian pakan yang berlebihan. Keempat bisa karena di bully oleh ikan-ikan lain yang ada di akuarium.

Kondisi Air Yang Buruk Bagi Ikan

Penyebab selanjutnya adalah kondisi air yang ada didalam akuarium atau kolam ikan mas koki itu sendiri. Kondisi PH air yang tinggi, kadar amoniak yang berlebihan, suhu air yang terlalu dingin dan juga oksigen terlarut dalam air yang minim. Beberapa hal tersebut sangat menentukan kondisi kesehatan ikan. Apabila parameter air buruk seperti yang disebutkan tadi terjadi, maka ikan mas koki akan diam saja dan tidak mau makan.

Kurangnya Kadar Oksigen Dalam Air

Ketika kadar oksigen yang terlarut dalam air rendah, hal ini juga akan mengakibatkan ikan mas koki diam dan tidak mau makan dikarenakan ia harus beradaptasi dengan lingkungan yang tidak baik. Ikan yang berada pada kondisi minim oksigen akan cenderung pasif bahkan sangat sedikit melakukan pergerakan. Terlebih mas koki adalah tipe ikan yang memerlukan banyak kandungan oksigen didalam air.

Perubahan Suhu Pada Air Yang Drastis

Penyebab terakhir kenapa ikan mas koki diam dan tidak mau makan adalah perubahan suhu yang drastis. Biasanya kondisi ini terjadi ketika memasuki musim penghujan dimana sinar matahari minim karena tertutup awal tebal. Apalagi ketika pancaroba (panas-hujan) yang akan membuat suhu siang dan malam jauh berbeda. Ikan mas koki memang tidak begitu tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrem seperti ini.

Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan

Ikan mas koki yang diam saja dan tidak mau makan bisa saja terjadi karena kondisi kesehatan yang menurun sehingga membuat nafsu makan ikan berkurang drastis. Oleh karena itu, kamu harus segera melakukan langkah antisipasi secepat mungkin supaya kondisi ikan tidak semakin parah yang berujung dengan kematian. Lalu apa saja langkah yang harus kamu lakukan apabila masalah ini kamu alami? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Lakukan Karantina Pada Ikan

Langkah pertama yang harus segera kamu lakukan apabila mendapati ikan mas koki diam dan tidak mau makan adalah melakukan karantina. Tak hanya sekedar memisahkan ikan dari tank utama, namun juga mengobati ikan supaya sehat dan fit kembali. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak beberapa langkah dalam mengobati ikan sakit dan juga stres seperti berikut ini.

  • Pertama, siapkan wadah yang tidak terlalu besar. Kurang lebih bisa menampung air sebanyak 4 Liter.
  • Kedua, isi wadah tersebut dengan air sumur sebanyak 4 Liter. (Apabila air PDAM harus diendapkan semalaman)
  • Ketiga, tambahkan garam ikan sebanyak satu sendok makan penuh serta tambahkan Methylene Blue cair sebanyak 8 tetes.
  • Keempat, beri aerator atau pompa udara dan biarkan selama 10-15 menit hingga semua "ramuan" diatas tercampur semua.
  • Kelima, masukkan ikan mas koki yang diam dan tidak mau makan tersebut kedalam wadah yang sudah disiapkan.
  • Keenam, biarkan selama 24 jam. Apabila kondisi belum membaik, kuras air lalu ulangi langkah kedua hingga kelima.
  • Ketujuh, apabila kondisi ikan sudah aktif kembali, cobalah memberinya makan sedikit demi sedikit.

Pelihara Kondisi Air Didalam Tank Agar Tetap Baik

Supaya kejadian  ikan mas koki diam dan tidak mau makan tidak terulang kembali, maka peliharalah kondisi airnya. Siapkan sistem filter yang baik untuk menjaga kondisi air tetap sehat. Untuk mas koki sendiri, sebaiknya perkuat sistem filter biologi. Kamu bisa memakai media filter bilogis yang tersedia di toko ikan hias seperti bioball, keramik ring, bio ring, lava rock, batu apung dan sebagainya. Untuk mematangkan sistem filtrasi itu sendiri  memerlukan waktu setidaknya 4-7 minggu. Kamu juga bisa menambahkan bakteri starter untuk mempercepat pematangan filter.

Tambahkan Aerator Didalam Tank

Sistem filter yang baik kadang belum cukup. Kamu bisa menambahkan aerator atau pompa udara yang menghasilkan gelembung agar terhindar dari masalah ikan mas koki diam dan tidak mau makan lagi. Aerator akan membantu memberikan suplai oksigen yang cukup bagi ikan. Semakin kecil gelembung oksigen yang dihasilkan aorator maka akan semakin bagus. Artinya kadar oksigen yang terlarut dalam air akan semakin melimpah.

Gunakan Heater Untuk Akuarium

Water heater atau pemanas air khusus akuarium sangat berguna untuk mencegah masalah ikan mas koki diam dan tidak mau makan. Heater berfungsi untuk menyetabilkan suhu air agar tidak turun secara drastis. Kamu bisa memakai heater ini ketika musim hujan mulai melanda. Kamu juga bisa mengatur suhu ke angka 28-29 derajat celcius agar ikan mas koki tetap dalam kondisi prima. Selain mencegah stres, cara ini juga ampuh untuk mempertahankan nafsu makan ikan supaya tetap rakus.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi ikan mas koki diam dan tidak mau makan. Apabila kamu mengalami masalah ini, sebaiknya segera lakukan tindakan awal dan pencegahan supaya kondisi ikan tidak semakin parah. Semakin cepat langkah penanganan yang kamu lakukan maka akan semakin baik untuk mengembalikan kondisi ikan menjadi seperti semula.

Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan