6 Cara Menguras Aquarium Mas Koki Tanpa Memindahkan Ikan

Memiliki aquarium dirumah itu sangat menyenangkan. Terlebih jika memelihara ikan yang lucu dan bikin gemas seperti ikan mas koki. Agar dapat selalu menikmati keindahan ikan beserta lingkungan didalamnya, maka aquarium harus selalu nampak bersih. Jika sudah kotor, maka perlu dibersihkan dengan cara dikuras. Nah pada proses menguras inilah yang banyak dikeluhkan karena harus memindah ikan. Padahal kamu dapat menguras aquarium tanpa harus memindahkan ikan.

6 Cara Menguras Aquarium Mas Koki Tanpa Memindahkan Ikan

Menguras aquarium sebenarnya tidak perlu dilakukan secara sering. Tergantung seberapa lama kejernihan didalamnya dapat terjaga. Biasanya sebuah aquarium perlu dibersihkan total selama 1-2 bulan sekali jika sudah banyak ditumbuhi lumut dan alga yang membuat air berwarna hijau. Selain mengurangi estetika, kondisi ini juga bisa memberi dampak buruk pada kesehatan ikan. Sebenarnya teknik menguras aquarium mas koki tanpa harus memindahkan ikan bisa dilakukan asalkan caranya benar.

Alat-alat Yang Diperlukan Untuk Menguras Aquarium

Sebelum langsung praktek teknik menguras aquarium mas koki tanpa harus memindahkan ikan, sebaiknya kamu mempersiapkan segala peralatan yang pasti akan kamu butuhkan. Semua peralatan ini bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Jika tidak ada, kamu bisa membelinya di toko dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut ini adalah alat-alat yang kamu butuhkan dalam membersihkan aquarium.

Selang Berukuran Sedang

Sediakan sebuah selang dengan panjang sesuai dengan kebutuhan. Jika ukuran aquarium besar, sebaiknya sediakan selang yang panjangnya bisa menjangkau keluar rumah. Jadi nanti air aquarium bisa langsung dibuang keluar rumah. Namun jika ukuran aquarium kecil, bisa kamu menampung air kotornya di ember kemudian baru dibuang.

Kain Dengan Serat Kasar

Sediakan sebuah kain dengan serat kasar seperti serbet atau kain katun. Fungsinya adalah untuk menggosok bagian dalam kaca aquarium agar semua lumut yang menempel dapat mengelupas. Karena pada dasarnya lumutlah yang membuat aquarium nampak kotor dan keruh.

Sikat Bulu Halus

Selanjutnya kamu juga butuh satu alat yang berfungsi untuk menghilangkan lumut bandel. Kamu bisa menggunakan sikat dengan bulu halus. Sediakan sebuah sikat yang bulunya halus sehingga tidak menggores kaca aquarium. Sebuah sikat gigi bekas nampaknya bisa kamu manfaatkan daripada tidak terpakai. Tapi dibersihkan dulu ya.

Ember atau Bak Besar

Alat terakhir yang perlu kamu siapkan adalah ember atau bak besar. Ini akan berfungsi untuk membawa air bersih yang baru atau bisa juga untuk menampung air kotor dari akuarium. Yang jelas, bak atau ember besar pasti sangat dibutuhkan.


Begini Cara Menguras Aquarium Mas Koki Tanpa Menindahkan Ikan

Setelah kamu menyiapkan berbagai peralatan yang berguna untuk menguras aquarium mas koki tanpa harus memindahkan ikan, kini saatnya kita bahas langkah-langkahnya. Sebenarnya ini tidak susah kok. Selain membuat prosesnya menjadi lebih mudah dan cepat, cara ini juga akan membuat ikan tetap berada didalam aquarium. Simak langkah-langkahnya seperti berikut ini.

Jangan Memberi Makan Ikan 3 Jam Sebelum Dikuras

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menguras aquarium adalah dengan tidak memberi makan ikan minimal 3 jam sebelum dikuras. Alasannya adalah, supaya tidak ada sisa-sisa makanan yang tertinggal didalam aquarium. Selain itu, ikan akan menjadi lebih mudah dalam beradaptasi dengan air yang baru. Perubahan suhu dan juga kandungan air membuat ikan harus beradaptasi terlebih dahulu.

Bersihkan Filter Aquarium Terlebih Dahulu

Langkah kedua yang harus kamu lakukan sebelum menguras aquarium bagian dalam adalah membersihkan filternya terlebih dahulu. Kenapa harus filter dulu? Jadi gini, filter itu adalah bagian paling kotor dalam aquarium karena berfungsi sebagai pengurai kotoran. Jika dibersihkan diawal, maka kotorannya tidak akan mengotori aquarium yang sudah dibersihkan. Sebaliknya, jika dibersihkan di akhir, maka kotoran yang ada didalamnya bisa-bisa malah masuk ke aquarium yang sudah bersih.

Kurangi Sedikit Debit Air Dalam Aquarium

Sekarang saat masuk ke proses menguras aquarium tanpa harus memindahkan ikan. Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah sedikit mengurangi debit airnya kurang lebih sebanyak 20-25% dari total keseluruhan air. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kamu dalam membersihkan dinding kaca aquarium bagian dalam. Selai itu, mengurangi debit air juga akan membuatnya tidak muncrat dan tumpah kemana-mana ketika kamu menggosok-gosok kaca bagian dalamnya.

Baca Juga:
  1. Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Aquarium Cepat Berlumut
  2. Warna Ikan Mas Koki Pudar di Akuarium? Ini Penyebab dan Solusinya
  3. Cara Menjaga Kaca Akuarium Agar Tetap Bening dan Jernih

Gosok Seluruh Permukaan Kaca Bagian Dalam

Langkah selanjutnya adalah menggosok kaca bagian dalam secara menyeluruh. Karena pada dasarnya lumut dan alga tumbuh diseluruh bagian bahkan di sela-sela kecil sekalipun. Agar seluruh bagian bisa bersih, maka gosok semuanya. Cara menggosoknya juga tidak asal-asalan. Lakukan dengan pelan dan jangan ditekan terlalu keras. Gosok dengan kain serat kasar terlebih dahulu seluruhnya. Kemudian jika ada bagian lumut yang bandel, silahkan gosong menggunakan sikat halus hingga bersih. Lakukan cara ini hingga kaca bagian dalam benar-benar bersih.

Kurangi Air Hingga Setinggi Ikan Mas Koki

Jika seluruh dinding kaca bagian dalam sudah bersih, teknik menguras aquarium tanpa harus memindahkan ikan selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuang air kotor secara keseluruhan. Ingat! Bukan dibuang hingga habis, namun sisakan sampai ikan masih bisa berenang. Buang air menggunakan selang. Bisa langsung dibuang keluar rumah atau kamu tampung dengan ember terlebih dahulu. Selama proses membuang air, arahkan juga ujung selang ke bagian-bagian yang dipenuhi kotoran supaya ikut terbawa air yang keluar.

Isi Air Hingga Penuh atau Sesuai Keinginan

Proses terakhir dalam menguras aquarium tanpa harus memindahkan ikan adalah mengisi air. Isi kembali air didalam aquarium kamu dengan yang baru. Penulis sarankan untuk memakai air sumur. Jika pakai air PDAM sebaiknya endapkan dulu semalaman didalam ember. Jika langsung dimasukkan aquarium maka air PDAM dapat membunuh ikan. Cara memasukkan airnya juga harus perlahan agar ikan tidak kaget dan malah jadi strees. Tuangkan air dari selang atau ember kedalam aquarium sedikit demi sedikit hingga penuh.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menguras aquarium mas koki tanpa harus memindahkan ikan. Teknik membersihkan akuarium ini jauh lebih praktis dan mudah daripada kamu harus memindahkan ikan lalu menguras aquarium. Namun ada satu hal yang perlu dicatat, dalam menjaga kebersihan aquarium, sebaiknya jangan menunggu hingga sangat kotor. Selain itu, agar ikan didalamnya selalu sehat, ganti air selama 3-5 hari sekali maksimal sebanyak 50% saja, hal ini akan membuat kandungan air selalu terjaga.

6 Cara Menguras Aquarium Mas Koki Tanpa Memindahkan Ikan