Warna Ikan Mas Koki Pudar di Akuarium? Ini Penyebab dan Solusinya

Memelihara hewan adalah hal yang sangat menyenangkan. Terlebih jika hewan peliharaan tersebut tergolong jenis yang lucu seperti ikan mas koki misalnya. Hewan air yang identik dengan badan gemuk ini menjadi salah satu peliharaan favorit bagi para pemilik akuarium. Gaya renang yang gemulai serta kibasan ekor yang cantik, membuat ikan mas koki banyak dipelihara karena menggemaskan.

Selain memiliki gaya renang dan sirip yang khas, salah satu daya tarik dari ikan mas koki adalah corak warnanya yang beragam. Meski pada umumnya ikan mas koki berwarna nila cerah, namun sebagian dari jenis ikan ini memiliki warna merah, kuning, hitam, atau calico (kombinasi beberapa warna seperti nila, kuning, merah, dan putih). Namun bagaimana jika warna ikan mas koki tiba-tiba menjadi pudar setelah dimasukkan kedalam akuarium selama beberapa bulan?

Warna Ikan Mas Koki Pudar di Akuarium? Ini Penyebab dan Solusinya

Warna ikan mas koki yang pudar adalah salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pecinta ikan hias. Meski pada saat dibeli warnanya masih sangat cerah, namun setelah masuk kedalam akuarium selama beberapa bulan warna cerah tersebut perlahan mulai pudar. Hal ini tentu membuat si ikan lemah gemulai ini kurang terlihat menarik. Padahal, salah satu daya tarik dari ikan mas koki terletak pada warnanya.

Penyebab Warna Ikan Mas Koki Pudar Setelah Masuk di Akuarium

Kasus pudarnya warna ikan mas koki setelah masuk kedalam akuarium selama waktu tertentu memang banyak dialami oleh pecinta ikan hias. Hal ini tidak terjadi begitu saja, ada banyak penyebab yang tidak pernah diketahui oleh mereka sehingga membuat warna ikan mas koki jadi pudar. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa warna ikan mas koki bisa pudar ketika sudah masuk di dalam akuarium

Ikan Mas Koki Kurang Sinar Matahari

Salah satu penyebab utama kenapa warna ikan mas koki bisa pudar menjadi tidak cerah setelah berada di akuarium selama beberapa bulan adalah kurangnya sinar matahari. Sinar matahari sangat penting terhadap kesehatan sisik ikan mas koki. Ikan mas koki yang masuk kedalam akuarium selama beberapa bulan akan jarang bahkan tidak pernah terkena sinar matahari sama sekali sehingga warnanya lama-kelamaan jadi pudar.

Kualitas Pakan Ikan Mas Koki Yang Buruk

Selain sinar matahari, kualitas pakan yang diberikan kepada ikan mas koki sangat berpengaruh. Pakan ikan mas koki yang baik harus mengandung protein yang tinggi serta memiliki kandungan spirulina cukup. Hal ini penting untuk menambah nutrisi yang dapat mempertahankan warna ikan mas koki. Kualitas pakan yang tidak baik hanya akan membuat warna ikan mas koki semakin memudar selama masuk didalam akuarium.

Pencahayaan Yang Tidak Baik

Pencahayaan yang digunakan untuk penerangan akuarium memiliki peran yang besar terhadap warna ikan mas koki. Biasanya pemilik akuarium hanya menggunakan lampu akuarium biasa sebagai alat penerangan. Namun, hal ini tidak baik diterapkan untuk ikan mas koki. Agar warna ikan mas koki tidak mudah pudar setelah masuk akuarium, kamu harus menggunakan lampu khusus yang mengandung UV agar sisik ikan mas koki mendapatkan nutrisi.

Genetik Ikan Yang Kurang Berkualitas

Selain ketiga faktor diatas, satu hal lain yang dapat menentukan kualitas warna ikan mas koki adalah genetik dari ikan itu sendiri. Ikan yang memiliki genetik dari indukan berkualitas biasanya akan memiliki kualitas warna lebih baik. Begitu pula sebaliknya. Jadi ketika kamu membeli ikan dari indukan biasa saja, kemungkinan warna dari ikan mas koki menjadi pudar setelah masuk akuarium akan semakin besar.

Solusi Agar Warna Ikan Mas Koki Tetap Cerah dan Tidak Pudar

Memiliki ikan mas koki yang berwarna cerah memang menyenangkan karena enak untuk dipandang. Jika tadi kita sudah membahas tentang penyebab kenapa warna ikan mas koki bisa menjadi pudar setelah masuk akuarium, maka kini saatnya kita membahas solusi dan pencegahannya. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan agar warna ikan mas koki tetap cerah dan tidak pudar.

Jemur Ikan Mas Koki Dibawah Sinar Matahari

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi warna ikan mas koki yang pudar adalah dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Kamu bisa memakai akuarium outdor yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu, kamu juga bisa memakai cara kedua yaitu dengan menyiapkan bak diluar ruangan yang terkena sinar matahari langsung (bisa bak fiber atau bak biasa) dengan ukurannya cukup luas. Kamu bisa menjemur ikan mas koki dengan durasi 4-6 jam dalam sehari.

Baca Juga:
  1. Cara Merawat Ikan Mas Koki di Akuarium Agar Tidak Cepat Mati
  2. 8 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer Di Indonesia
  3. 8 Tips Memilih dan Membeli Ikan Hias Yang Baik Untuk Dipelihara


Pilih Pakan Yang Mengandung Spirulina

Dalam dunia ikan hias terutama ikan mas koki spirulina dikenal sebagai salah satu pakan untuk meningkatkan kecerahan warna. Saat ini di Indonesia sudah banyak tersedia pakan berkualitas baik entah itu handmade dari para breeder berpengalaman atau pakan import yang banyak mengandung spirulina. Meskipun harganya agak lebih mahal dari pakan biasa, namun khasiatnya jauh lebih besar untuk warna ikan mas koki kamu.

Beli Ikan Mas Koki Dari Indukan Terbaik

Salah satu cara agar kamu tidak kecewa akibat warna ikan mas koki mudah pudar adalah dengan membeli ikan dari indukan yang berkualitas baik. Biasanya anakan ikan mas koki dari indukan terbaik dijual dengan harga cukup tinggi. Bisa sampai 5-10 kali lipat dari ikan mas koki biasa. Namun bagaimanapun juga, harga akan membawa rupa. Dengan harga yang lebih baik, kamu juga akan mendapatkan ikan mas koki dengan kualitas warna terbaik pula.

Gunakan Lampu Tanning

Cara terakhir untuk mengatasi warna ikan mas koki agar tidak cepat pudar adalah dengan mengganti lampu akuarium biasa ke lampu tanning. Lampu ini biasanya digunakan oleh para penghobi ikan hias untuk ikan arwana. Lampu tanning bisa didapatkan di kios-kios ikan hias terdekat. Lampu ini bisa kamu nyalakan maksimal 6 jam sehari. Selain lampu tanning kamu juga bisa memakai lampu dengan intensitas cahaya tinggi  antara 10.000 hingga 20.000 kevin.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai penyebab dan juga solusi agar warna ikan mas koki tidak mudah pudar ketika masuk kedalam akuarium. Menjaga warna ikan mas koki agar tetap cerah bisa dibilang cukup sulit mengingat genetik dari ikan ini sendiri memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap sibar matahari. Meskipun akuarium tidak terkena sinar matahari, kamu tetap bisa melakukan rekayasa agar warna ikan mas koki tidak pudar.

Warna Ikan Mas Koki Pudar di Akuarium? Ini Penyebab dan Solusinya