8 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer Di Indonesia

Banyak sekali jenis ikan hias yang dikenal oleh pecinta ikan hias di Indonesia. Salah satunya adalah ikan mas koki. Diantara jenis-jenis ikan hias yang ada di Indonesia, ikan mas koki tergolong ikan yang sangat mudah sekali dikenali. Bentuk fisiknya yang bulat dan warnanya yang mencolok membuat para pecinta ikan hias mudah membedakan dengan ikan hias jenis lain. Karena ikan ini cukup populer, untuk mendapatkannya pun tidak susah. Hampir disetiap toko ikan hias pasti menjual ikan jenis ini.

Dihabitat aslinya, ikan mas koki merupakan ikan herbivora atau ikan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Pada saat dewasa, ikan ini terkdang juga memakan ikan-ikan lain yang ukurannya jauh lebih kecil. Ikan mas koki dewasa mampu tumbuh mencapai ukuran 20 cm bahkan lebih. Untuk ikan mas koki yang memiliki ukuran diatas 20 cm biasanya disebut Super Jumbo dikalangan breeder dan mas koki lover.

Ikan mas koki adalah ikan yang sangat indah karena memiliki ekor lebar yang berkibar-kibar didalam air layaknya penari yang memakai gaun pada saat berenang.  Keindahan ikan mas koki ini tidak hanya pada ekornya dan bentuk tubuhnya saja, namun gaya renangnya pun juga tidak luput dari menghipnotis mata yang melihatnya. Gerakan berenang yang meliuk-liuk dari ujung kepala hingga pangkal ekor bak penari balet yang sedang pentas. Karena kecantikannya, jika ikanmas koki dipelihara dalam akuarium, maka dapat memberi energi positif bagi yang melihatnya.

Selain dinikmati keindahannya, ikan mas koki juga dipercaya oleh orang-orang tionghoa sebagai ikan yang membawa hoki atau keberuntungan. Menurut orang tionghoa, ikan mas koki dapat membawa hoki karena adanya ajaran fengshui. Ajaran tersebut mempercayai jika ikan mas koki yang berjumlah 9 ekor dipelihara pada satu tempat yang terdiri dari 8 ekor berwarna merah dan 1 ekor berwarna hitam, maka menurut fengshui tersebut formasi ini dapat membuang sial. Selain itu 2 ekor ikan mas  koki yang dipelihara pada satu tempat, dipercaya dapat memberi efek keseimbangan dalam hubungan pasangan.

Inilah Kedelapan Jenis Ikan Mas Koki Yang Terkenal Di Indonesia

Dibalik populernya ikan mas koki dikalangan ikan hias, ternyata ikan ini memiliki banyak jenis. Ada skitar 7 jenis yang sangat populer dan dikenal di Indonesia. Tujuh jenis ikan mas koki tersebut antaralain adalah Oranda, Ranchu, Ryukin, Demekin, Tosakin, Mutiara dan Black Moor. Bagi anda pecinta ikan mas koki, akan terasa kurang lengkap jika anda tidak mengenal ketujuh jenis tersebut. Untuk itu mari kita mengenal satu-persatu 7 jenis ikan mas koki yang sangat popupler di indonesia.

1. Ikan Mas Koki Oranda

Jenis Ikan Mas Koki Oranda

Ikan mas koki Oranda adalah jenis ikan mas koki yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Ciri utama dari ikan mas koki ini adalah badannya bulat sedikit memanjang. Kepala yang memiliki jambul lebat seperti buah cheri yang menggerombil. Mempunyai dorsal fin atau sirip atas yang tegak. Memiliki sepasang sirip renang yang lurus. Sepasang sirip dayung yang simetris. Mempunyai sepasang anal fin atau sirip anal yang letaknya di dekat anus. Serta mempunyai ekor yang menjuntai panjang dan terbelah menjadi dua dibagian atasnya.

Ikan mas koki Oranda masih kelompokkan kedalam beberapa jenis berdasarkan warnanya. Ada ikan mas koki Oranda RW, singkatan dari red and white. Sesuai namanya ikan oranda ini mempunyai corak warna merah dan putih di tubuhnya. Lalu ada ikan mas koki Oranda Sakura. Maksud dari sakura itu sendiri adalah ikan oranda jenis initidak memiliki sisik metalik, melainkan sisik transparan atau sakura. Biasanya ikan Oranda sakuran memiliki warna merah dan putih tetapi tidak memiliki sisik metalik seperti halnya ikan Oranda RW.

Lanjut ke Black Oranda. Mendengar namanya saja pasti sudah bisa ditebak. Benar sekali, sesuai namanya Black Oranda adalah jenis ikan mas koki oranda yang mempunyai warna hitam pekat mulai dari kepala sampai ujung ekor. Kemudian ada ikan mas koki Oranda Apache, ikan Oranda jenis ini memiliki perpaduan warna hitam dan jingga cerah. Biasanya warna hitamnya mendominasi bagian tubuh atas dan warna jingga cerah mendominasi tubuh bagian bawah.

Terakhir ada jenis ikan mas koki Oranda Calico. Ikan Oranda Calico memiliki corak waran-warni dalam artian ditubuhikan memiliki beragam warna lebih dari 3 warna. Biasanya ikan oranda jenis ini memiliki warna merah, putih, hitam, kuning ataupun biru dalam satu tubuh. Ikan ini tergolong unik dan langka sehingga nilai jualnya yang cukup mahal.

2. Ikan Mas Koki Ranchu

Jenis Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan mas koki jenis Ranchu memiliki tubuh yang hampir sama dengan mas koki Oranda. Hanya saja mas koki Ranchu tidak memiliki Dorsal Fin atau sirip atas. Jadi bagian punggungnya menyerupai curva melengkung dari pangkal kepala sampai pangkal ekor.

Ciri-ciri umum dari ikan mas koki Ranchu antara lain adalah bentuk badan yang bulat namun agak melengkung ke bagian belakang, Memiliki jambul kepala yang lebat bahkan bisa sampai menutupi matanya. Gerakan renang yang lambat. Memiliki sepasang sirip renang. Tidak memiliki Dorsal Fin atau sirip atas. Memiliki sepasang sirip dayung dan sirip anal yang pendek. Ekor dari ikan Ranchu biasanya tidak terlalu panjang dan terbelah menjadi dua dibagian atasnya.

Berdasarkan warnanya, ikan mas koki Ranchu juga dibedakan kedalam beberapa jenis. Ada ikan Ranchu RW, yaitu ikan koki jenis Ranchu yang mempunyai corak warna merah dan putih dalam tubuhnya. Lalu Red Ranchu, seperti namanya Red artinya merah, ikan Red Ranchu mempunyaicorak warna merah polos dari kepala sampai ujung ekornya.

Lanjut ke ikan mas koki Ranchu Calico. Ikan koki Ranchu Calico memiliki corak warna lebih 3 macam. Warna-warna tersebut antara lain merah, kuning, hitam, putih di tubuhnya mulai dari kepala sampai ekor. Terakhir ada ikan mas koki Ranchu Blue Base. Disebut Blue Base karena corak warna dasarnya yang berwarna putih kebiruan dengan kombinasi warna lain. Ikan Ranchu jenis ini tergolong ikan langka, oleh sebab itu ikan Ranchu Blue Base dihargai dengan nominal tinggi.

3. Ikan Mas Koki Red Cap

Jenis Ikan Mas Koki Red Cap

Ikan mas koki Red Cap pada dasarnya secara fisik berjenis sama dengan ikan mas koki Oranda. Hanya saja ada ciri khusus yang membedakannya. Red Cap adalah sebutan dari jambul kepala ikan koki itu sendiri sehingga terlihat seperti memiliki baret merah diatas kepalanya layaknya seorang tentara. Sebenarnya yang terlihat seperti baret tersebut adalah jambul berwarna merah yang tumbuh diatas kepalanya.

Ciri-ciri ikan mas koki Red Cap sebenarnya hampir sama dengan ikan mas koki Oranda. Ciri-ciri tersebut antara lain, memiliki badan yang bulat agak panjang dan berwarna putih. Mempunyai sepasang sirip renang berwarna putih. Memiliki dorsal fin atau sirip atas yang berwarna putih. Mempunya sirip dayung dan sirip anal yang juga berwarna putih. Ekor yang agakpanjang dan berwarna putih juga. Ciri yang paling mencolok adalah bagian jambul kepalanya berwarna merah layaknya baret tentara.

4. Ikan Mas Koki Ryukin

Jenis Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan mas koki jenis Ryukin memiliki ciri khas yang sangat mencolok dibanding ikan mas koki jenis lain yaitu punuk dibagias atas tubuh yang menjulang tinggi. Ciri-ciri lain pada ikan mas koki Ryukin adalah kepalanya yang berbentuk mengerucut ke depan dan tidak memiliki jambul. Badannya pendek dan berbentuk membulat mirip seperti sebuah telur. Mempunyai sirip yang lengkap seperti sirip renang, sirip dayung dan sirip anal. Ukuran siripnya relatif pendek termasuk ekornya juga tidak terlalu panjang.

Berdasarkan warnanya, ikan mas koki Ryukin dapat dibedeakan kedalam beberapa jenis. Ada ikan Ryukin RW. RW berarti Red and White. Seperti namanya, ikan ini memiliki corak warna merah dan putih dibagian tubuhnya. Lalu ikan Ryukin Calico, disebut Calico karena ikan Ryukin jenis ini memiiki corak warna lebih dari 3 macam. Warna-warna tersebut antara lain merah, putih, kuning, dan hitam. Terakhir adalah ikan Red Ryukin. Seperti namanya ikan ini memiliki corak warna merah polos diseluruh tubuhnya mulai dari kepala sampai ujung ekor.

5. Ikan Mas Koki Demekin

Jenis Ikan Mas Koki Demekin

Jika dilihat secara sekilas, ikan mas koki jenis Demekin memiliki bentuk fisik yang mirip dengan ikan mas koki jenis Ryukin, namun ada satu ciri khusus mencolok yang membedakan. Ciri khusus tersebut ada pada bagian matanya. Mata ikan mas koki Demekin memiliki mata yang yang berukuran besar sehingga terlihat seperti melotot. Di dunia ikan hias, ini juga sering disebut sebagai teleskop. Ikan Demekin juga memiliki punuk dibagian punggung seperti halnya Ryukin.

Ciri-ciri ikan mas koki Demekin pada dasarnya mirip seperti ikan Ryukin yaitu kepala yang mengerucut ke depan dan tidak mempunyai jampul. Badan yang pendek dan membulat seperti sebuah telur. Mempunyai sirip yang lengkap mulai dari sirip atas, sirip renang, siripdayung dan juga sirip anal. Ekornya pun juga tidak terlalu panjang. Ikan mas koki Demekin memiliki mata yang berukuran besar seperti melotot yang mencolok sehingga membedakan dengan jenis ikan Ryukin.

Berdasarkan warnaya ikan ini juga dikelompkkan kedalam beberapa jenis yaitu Demekin RW. RW berarti Red and White. Seperti namanya, ikan ini memiliki corak warna merah dan putih dibagian tubuhnya. Lalu ikan Demekin Calico, disebut Calico karena ikan Demekin jenis ini memiiki corak warna lebih dari 3 macam. Warna-warna tersebut antara lain merah, putih, kuning, dan hitam. Terakhir adalah ikan Red Demekin. Seperti namanya ikan ini memiliki corak warna merah polos diseluruh tubuhnya mulai dari kepala sampai ujung ekor.

6. Ikan Mas koki Tosakin

Jenis Ikan Mas Koki Tosakin

Ikan mas koki jenis Tosakin secara bentuk tubuh mirip dengan ikan mas koki Ryukin atau Demekin. Namuk ikan Tosakin tidak memiliki punuk dan juga mata besar seperti teleskop. Ikan mas koki Tosakin sebenarnya adalah jenis ikan mas koki Top View. Seperti istilahnya, Top View yang artinya adalah Pemandangan Atas, Ikan Tosakain adalah ikan ikan yang cara menikmati keindahannya adalah dilihat dari atas. Bukan dari samping seperti halnya ikan mas koki jenis lain. Karena cara menikmati keindahannya dilihat dari atas, biasanya ikan Tosakin dipelihara didalam kolam.

Baca Juga:
  1. Cara Mudah Mengatasi Halaman Login Wifi ID Tidak Muncul (Tanpa Setting)
  2. Cara Mudah Buka Situs Diblokir di HP Android Tanpa Aplikasi 
  3. Apa Saja Sih Fitur-fitur WhatsApp Bisnis Itu? Yuk Cari Tahu

Keindahan ikan Tosakin terletak pada ekornya yang terurai panjang dan terbelah dibagian atasnya. Jika dilihat dari atas, pada saat sendang berenang, ekor ikan ini menyerupai seekor kupu-kupu yang sedang terbang. Oleh sebab itu ikan Tosakin sering disebut sebagai Butterfly. Untuk melihat keindahan ekornya tersebut, ikan Tosakain harus dipelihara di dalam kolam.

7. Ikan Mas Koki Mutiara

Jenis Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan koki jenis ini disebut Mutiara karena sisik-sisiknya yang menonjol keluar seperti gerombolan mutiara. Itulah ciri khasnya yang tidak akan ditemukan pada ikan koki jenis lain. Selain itu ikan ini juga memiliki ciri khusus lain  yaitu perut ikan yang menggembung seperti ikan buntal pasa saat mengembangkan tubuhnya. Ikan ini tidak boleh dicampur dengan ikan mas koki jenis lain dalam satu wadah karena rawan diserang. Sisinya yang seperti mutiara menarik perhatian ikan koki jenis lain untuk menyerang karena dikira makanan.

Ciri-ciri yang umum pada ikan ini adalah memiliki jambul untuk jenis mutiara jambul dan tidak memiliki jambul untuk jenis mutiara tikus. Badan yang bulat dan menggembung terutama dibagian perut. Sisik mutiara yang tersusun rapi mulai dari belakang kepala sampai pangkal ekor. Memiliki sirip yang lengkap mulai dari, sirip atas, sirip renang, sirip dayung dan juga sirip anal. Ikan mas koki Mutiara memiliki ekor yang cukup panjang dan lebar.

8. Ikan Mas Koki Black Moor

Jenis Ikan Mas Koki Black Moor

Seperti namanya, untuk mengenali ikan maskoki jenis ini dapat dilihat dari warnaya yaitu hitam. Ikan ini juga sering disebut sebagai ikan koki lowo/kelelawar karena badannya yang hitam dan ekornya yang lebar mirip seperti kelelawar. Selain badannya yang hitam ikan ini juga memiliki ciri khusus berupa mata yang besar melotot seperti halnya ikan Demekin. Keindahan ikan Black Moor  dapat dinikmati baik itu side view maupun top view. Untuk itu ikan ini sangat cocok untuk dipelihara di akuarium maupun di dalam kolam.

Ciri-ciri umum mas koki ikan Black Moor adalah badannya yang bulat memanajang dan berwarna hitam pekat. Seluruh tubuh ikan berwarna hitam gelam pekat. Mempunyai mata besar seperti sedang melotot atau disebut sebagai teleskop. Mempunyai sirip yang lengkap mulai dari sirip atas, sirip renang, sirip dayung dan juga sirip anal. Ekor ikan Black Moor biasanya lumayan panjang dan berkibar pada saat berenang dengan warna hitam pekat yang dominan.

Penutup

Itulah penjelasan mengeni 8 jenis ikan mas koki yang paling populer di Indonesia. bagi anda pecinta ikan hias pasti tidak asing dengan ikan diatas. Ternyata di Indonesia jenis ikan mas koki itu sendiri sangat beragam. Bagaimana? Apakah anda berminat untuk menjadikan salah satu diantara ikan mas koki tersebut sebagai peliharaan?

8 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer Di Indonesia