Tips Membeli Laptop Second! Perhatikan 11 Hal Ini

Membeli laptop bekas atau second bukanlah sebuah ide buruk. Meski selama ini membeli barang second dianggap sebagai sesuatu yang beresiko, namun membeli laptop dalam keadaan second tidak seburuk yang dibayangkan banyak orang. Kamu bisa dapat laptop second dengan kondisi yang masih bagus asalkan jeli dalam membeli.

Memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kondisi laptop bekas memang sangat penting. Penyebab banyaknya orang yang mendapat laptop second berkualitas buruk tidak lepas dari kesalahan mereka saat membeli. Namun meski dibeli dalam keadaan bekas, laptop second bisa saja kondisinya masih sangat baik. Faktanya banyak juga orang yang membeli laptop second namun tidak ada masalah apapun.

Tips Membeli Laptop Second! Perhatikan 11 Hal Ini

Membeli laptop second memang sangat beresiko bagi kamu yang kurang paham dengan seluk beluk laptop itu sendiri. Bisa saja kamu tertipu oleh penjual jika memperhatikan laptop second hanya dari tampilan luarnya saja. Tampilan luar laptop second yang masih mulus memang tidak menjamin kondisinya masih sangat baik. Banyak komponen yang perlu diperiksa supaya laptop second yang dibeli sesuai harapan.

11 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Second

Membeli laptop bekas pakai sangat cocok bagi kamu yang butuh komputer portable namun dengan budget terbatas. Tapi sayangnya banyak yang kurang yakin dengan kondisi laptop second karena bisa saja terjadi berbagai macam kemungkinan yang tidak diinginkan. Agar lebih aman dan sesuai harapan, coba perhatikan 6 hal berikut saat kamu membeli laptop second.

Periksa Kelengkapan Laptop

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika akan membeli laptop second adalah mengecek perlengkapannya termasuk charger dan baterai. Pastikan keduanya masih bekerja secara normal. Terlebih pada charger laptop bekas yang kondisinya harus dipastikan baik. Charger memiliki posisi yang krusial mengingat fungsinya sebagai sumber energi untuk laptop dan berpengaruh langsung pada main board.

Cek Fisik Laptop Secara Keseluruhan

Setelah memeriksa perlengkapan, hal selanjutnya yang harus kamu saat membeli laptop second adalah melakukan cek fisik. Periksa fisik laptop bekas yang akan dibeli secara keseluruhan. Perhatikan apakah ada goresan atau bekas benturan yang dapat mengakibatkan kerusakan. Cek juga segel sekrup apakah masih utuh atau sudah rusak. Segel sekrup dapat mengindikasikan apakah laptop tersebut pernah dibongkar atau tidak.

Periksa Kondisi Monitor Laptop

Salah satu hal yang paling sensitif dari laptop second adalah kondisi monitornya. Monitor adalah komponen yang paling mudah mengalami masalah jika laptop bekas sudah lama digunakan. Pastikan monitor laptop second tidak cacat seperti bergaris dan juga dead pixel. Masalah seperti sangat sering terjadi di monitor laptop yang terkadang sifatnya permanen

Pastikan Keyboard Laptop Berfungsi

Seperti yang kita tahu bahwa salah komponen paling penting dari sebuah laptop adalah keyboard. Sebagai input untuk memasukkan perintah angka, huruf atau simbol, pastika keyboard laptop berfungsi dengan baik. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk test tombol-tombol keyboard yang bisa kamu cari di Google. Pastikan semua tombol keyboard laptop second tersebut bekerja normal.

Periksa Juga Speaker Laptop

Hardware lain yang juga tidak kalah penting adalah speaker. Pastikan laptop second yang akan kamu beli memiliki speaker yang masih bisa mengeluarkan suara. Jika laptop bekas tersebut memiliki dua speaker, pastikan  keduanya masih berfungsi. Kamu bisa cek speaker dengan memutar lagu atau video yang memiliki audio.

Cari Tahu Kinerja Baterai Laptop

Saat akan membeli laptop second, hal wajib yang harus kamu cari tahu adalah kinerja baterainya. Tanpa baterai, laptop akan sulit dioperasikan saat dibawa di suatu tempat. Pasti kamu tidak mau lah ya jika laptop yang dimiliki baterainya gampang drop. Meski laptop second kinerja baterainya cenderung menurun, namun pastikan  penurunannya masih dalam batas wajar.

Baca Juga:
  1. Baterai Laptop Cepat Habis Padahal Masih Baru? Ini Penyebabnya
  2. 7 Tanda Laptop Anda Minta Di Install Ulang, Apa Saja? 
  3. Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya

Pastikan Fitur Pendukung Berkerja Normal

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa laptop juga memiliki fitur pendukung seperti Wi-Fi, Bluetooth, webcam dan juga touchpad. Fitur-fitur tersebut sangat penting untuk mempermudah pekerjaan. Pastikan fitur tersebut masih bekerja normal di laptop second yang akan kamu beli. Terutama pada touchpad yang memiliki fungsi sangat penting untuk menggerakkan kursor.

Periksa Socket Laptop Secara Menyeluruh

Di laptop sendiri banyak sekali socket yang memiliki fungsi berbeda-beda. Beberapa socket tersebut diantaranya adalah port USB, HDMI, jack jack audio, SD Card dan juga LAN. Pastikan semuanya masih bekerja dengan baik. Caranya adalah dengan memasukkan perangkat pada masing-masing sokcet tersebut. Jika salah satu socket tidak berfungsi, sebaiknya jangan beli laptop second tersebut.

Pastikan Hardisk Tidak Badsector

Salah satu perangkat keras paling penting dari laptop adalah hardisk. Perannya memang sangat penting dimana seluruh data termasuk software tersimpan didalamnya. Namun hardisk memiliki masalah klasik yang sering menghampiri yaitu badsector. Cara untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan software dan juga memindahkan sebuah file ke dalam hardisk laptop second yang akan kami beli.

Cek Spesifikasi Laptop

Satu hal yang tidak kalah penting dan tidak boleh terlupakan adalah mengecek spesifikasi dari laptop second itu sendiri. Pastikan spesifikasi yang tertera pada laptop sama persis dengan yang ada didalam laptop itu sendiri. Hal ini dilakukan guna menghindari adanya penggantian pada komponen laptop yang membuat spesifikasinya jadi turun.

Lakukan Stress Test

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan untuk memastikan laptop second layak dibeli adalah dengan melakukan stress test. Cara ini digunakan untuk mengetahui apakah hardware laptop seperti VGA bermasalah atau tidak. Selain itu stress test juga berguna untuk mencari tahu apakah laptop second tersebut overheat atau tidak. Stress test dapat dilakukan dengan bantuan passmark burn it test atau furmark.

Penutup

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membeli laptop bekas. Terapkan sebelas tips membeli laptop second diatas saat kamu akan membeli laptop dalam kondisi tidak baru. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerusakan yang tidak diinginkan agar kamu tidak rugi dan menyesal dikemudian hari. Karena membeli laptop second lebih beresiko, maka saat melakukan periksaan sebaiknya lakukan dengan sangat teliti.

Tips Membeli Laptop Second! Perhatikan 11 Hal Ini