7 Tanda Laptop Anda Minta Di Install Ulang, Apa Saja?

Laptop adalah perangkat komputer portable yang bisa dibawa kemana-mana. Bisa dibilang, laptop adalah bentuk ringkas dari komputer. Fungsi dari laptop sendiri pada dasarnya sama persis dengan komputer. Bedanya, semua hardware bisa jadi satu kesatuan mulai dari monitor, keyboard, mouse, dan CPU. Hampir setiap orang memiliki laptop yang digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti perkantoran, bisnis, grafis, dan lain-lain.

Sama seperti komputer, agar bisa beroperasi, laptop juga perlu di install sistem operasi. Umumnya, sistem operasi yang digunakan oleh masyarakat awam adalah Windows yang memiliki beberapa versi mulai dari XP, Vista, Windows 7, 8 hingga yang terbaru adalah windows 10. Melakukan install sistem operasi pada laptop dapat dilakukan sendiri jika paham caranya. Namun jika tidak bisa, kita tinggal membawa laptop ke tukang servis terdekat untuk menginstallnya.

Tanda-tanda Laptop Anda Minta Di Install Ulang

Meskipun laptop dikenal sebagai teknologi canggih, namun terkadang ada beberapa hal yang membuat laptop jadi menurun kinerjanya. Biasanya, setelah muncul tanda-tanda tertentu yang membuat tidak nyaman, maka seorang pemilik laptop memilih melakukan install ulang agar kinerjanya kembali seperti semula. Install ulang laptop dianggap sebagai pilihan tepat di saat komputer portabel tersebut sudah tidak bisa diajak kompromi.

Lalu, Apa Tanda-tanda Laptop Minta Di Install Ulang?

Beberapa pengguna laptop masih belum tau kapan waktu yang tepat untuk melakukan install ulang agar perangkat mereka terasa segar kembali. Sementara yang lain justru memilih untuk melakukan install ulang setelah adanya tanda-tanda tertentu pada laptop mereka. Melakukan install ulang terhadap laptop sebenarnya boleh dilakukan kapan saja dengan alasan tertentu. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika install ulang pada laptop dilakuan setelah adanya tanda-tanda sebagai berikut ini.

Booting Laptop Jadi Lambat

Apa itu booting? Booting adalah proses dimana sebuah laptop atau komputer mempersiapkan sistem operasi kedalam memori komputer sehingga seluruh hardware bekerja. Singkatnya, booting itu adalah proses laptop anda dihidupkan sampai masuk ke desktop. Jika proses ini memakan waktu lama, maka anda harus memeriksanya. Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya beberapa program yang otomatis berjalan. Ini merupakan tanda-tanda awal laptop anda minta di install ulang.

Proses Loading Laptop Lemot

Tanda-tanda selanjutnya laptop anda minta di install ulang adalah terjadinya proses loading yang sangat lemot. Lamanya proses loading ini terjadi diberbagai hal seperti saat membuka sebuah aplikasi, saat sebuah aplikasi memuat beberapa file atau saat membuka file explorer. Hal ini terjadi akibat banyaknya program yang sedang bekerja dimana anda tidak mengetahui apa saja program tersebut. Memilih untuk melakukan install ulang pada laptop adalah pilihan terbaik ketika kondisi ini terjadi.

Sering Terjadi Not Responding Pada Laptop

Pernahkah anda menemukan munculnya pemberitahuan "Not Responding" ketika akan membuka sebuah program atau software. Jika iya, ini adalah salah satu tanda laptop anda minta di install ulang sistem operasinya. Notifikasi not responding biasanya tidak hanya terjadi pada saat akan membuka sebuah program, namun juga ketika anda akan install program baru. Kondisi ini memang sangat mengganggu jika terlalu lama dibiarkan begitu saja.

Sering Ada Aplikasi Yang Terbuka Sendiri

Kasus ini sering membuat bingung para pengguna laptop. Selain sangat mengganggu, kasus ini juga membuat jengkel. Tanpa kita buka, sebuah aplikasi terbuka dan berjalan dengan sendirinya. Pada beberapa kasus, hal ini bisa saja disebabkan oleh adanya malware yang menyusup ke sistem operasi sehingga membuat autorun pada program yang bahkan kita tidak pernah tau. Jika sulit diatasi secara manual, ini bisa saja menjadi tanda-tanda bahwa laptop anda minta di install ulang.

Baca Juga:
  1. Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube
  2. Mouse Nyala Tapi Tidak Berfungsi, Kursor Tidak Bergerak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya 
  3. Cara Mudah Buka Situs Diblokir di HP Android Tanpa Aplikasi

Aplikasi Laptop Menutup Sendiri Saat Dijalankan

Selain membuka aplikasi yang bahkan tidak kita kenal secara otomatis seperti yang dijelaskan diatas, tanda-tanda lain jika laptop anda minta di install ulang adalah adanya aplikasi atau program yang menutup sendiri saat sedang dipakai (force close). Hal ini bisa disebabkan oleh RAM penuh karena banyaknya program yang dijalankan secara otomatis oleh sistem operasi. Akibatnya, memori RAM akan menjadi penuh sehingga program yang sedang berjalan menutup dengan sendirinya.

Laptop Sering Restart Dengan Sendirinya

Laptop yang sering melakukan restart dengan sendirinya memang disebabkan oleh banyak faktor. Pada beberapa kasus, penyebabnya memang sangat sulit sekali untuk dideteksi. Namun yang pasti jika ada gangguan pada sistem operasi, maka laptop tersebut akan melakukan restart dengan sendirinya. Biasanya, masalah ini bisa terselesaikan dengan melakukan install ulang pada laptop. Sistem operasi yang baru terpasang kinerjanya akan bisa lebih stabil.

Laptop Terinfeksi Virus Malware

Tanda-tanda laptop anda minta di install ulang yang terkahir adalah adanya infeksi virus atau malware. Virus pada laptop biasanya menyerang software yang mengakibatkan rusaknya sebuah program sehingga tidak dapat dibuka. Selain itu, virus yang ada pada laptop juga bisa berkembang dan menyerang banyak software. Langkah paling efektif untuk membasminya adalah dengan melakukan install ulang pada laptop dan melakukan scanning hingga bersih.

Penutup

Itulang penjelasan mengenai tanda-tanda laptop anda minta di install ulang sistem operasinya. Install ulang pada laptop sebenarnya memiliki fungsi supaya perangkat anda tersebut lebih segar. Laptop yang baru di install ulang akan terasa seperti baru sehingga kinerjanya sangat baik. Jika laptop anda mengalami salah satu atau beberapa tanda diatas, maka pilihan untuk melakukan install ulang adalah langkah tepat. Apakah tanda-tanda laptop anda minta di install ulang sama dengan penjelasan diatas? Jika tidak, silahkan jelaskan ada kolom komentar dibawah ini.

7 Tanda Laptop Anda Minta Di Install Ulang, Apa Saja?