Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube

Youtube saat ini sedang menjadi platform sosial sharing yang banyak digandrungi seluruh elemen masyarakat. Dengan membuka Youtube, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi serta pengetahuan yang disajikan dalam bentuk visual video. Selain sebagai sarana edukasi, nonton Youtube juga bisa membuat kita merasa terhibur dengan berbagai kontennya yang menarik.

Meski banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari nonton Youtube, namun disisi lain ada masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna yaitu banyaknya paket data yang terpakai sehingga menyebabkan kuota internet cepat habis. Alih-alih ingin hemat kuota, paket data justru cepat habis ketika digunakan untuk membuka Youtube. Maka dari itu, para pengguna Youtube harus mampu mensiasati hal tersebut agar lebih irit kuota saat berselancar di media sosial berlogo merah itu.

Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube

Sebagai pengguna internet yang bijak, kita juga harus memperhatikan konsumsi paket data yang sudah dihabiskan saat menonton video di Youtube. Hal ini dilakukan supaya kita bisa lebih hemat kuota internet untuk menekan pengeluaran belanja paket data. Memanfaatkan platform seperti Youtube untuk mencari informasi itu sah-sah saja dilakukan, namun kita juga tidak boleh terlalu boros dalam melakukannya.

Menyiasati Nonton Youtube Lebih Irit Paket Data dan Kuota Internet

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa konten yang dimuat di Youtube seluruhnya adalah video. Sedangkan ukuran file dari sebuah video itu sendiri cukup besar, makanya kita sering kehabisan paket data saat menontonnya secara streaming. Agar lebih hemat kuota internet saat nonton Youtube kita dapat menyiasatinya dengan beberapa cara berikut ini:

Manfaatkan Bonus Dari Provider

Beberapa provider jaringan yang ada di Indonesia saat ini tengah memberikan berbagai penawaran menarik terhadap para konsumennya berupa bonus kuota internet dengan besaran tertentu yang dikhususkan untuk berselancar di Youtube. Bahkan di salah satu provider berani menjamin nonton Youtube tanpa kuota. Manfaatkan promo semacam ini agar lebih irit paket data saat nonton Youtube.

Gunakan Aplikasi Youtube Go

Google telah merilis sebuah aplikasi yang merupakan anak dari aplikasi Youtube itu sendiri yaitu Youtube Go yang bisa anda unduh di Playstore. Aplikasi Youtube Go ini sangat mirip dengan aplikasi Youtube biasa dari segi fitur, namun lebih ringan dan lebih kecil kapasitarnya. Dengan menggunkan aplikasi ini anda dapat nonton Youtube lebih irit paket data karena fiturnya yang dirancang relatif rendah dalam pemakaian kuota internet.

Pratinjau Video Sebelum Ditonton

Salah satu fitur unik yang hanya ada di aplikasi Youtube Go adalah "Pratinjau". Dengan fitur ini anda dapat meninjau terlebih dahulu video yang akan ditonton secara thumbnail. Agar lebih hemat kuota internet dan irit paket data, anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk meninjau apakah video sudah sesuai dengan yang dimaksud atau tidak. Melihat video yang tidak kita kehendaki hanya akan membut kouta internet terbuang percuma.

Putar Video Dengan Kualitas Rendah

Cara lain yang bisa kita gunakan untuk menyiasati agar lebih hemat kuota internet saat nonton Youtube adalah dengan memutar video yang kualitasnya lebih rendah. Video dengan kualitas rendah memiliki kapasitas lebih kecil sehingga konsumsi paket data lebih sedikit. Pada aplikasi Youtube Go kita akan dimudahkan untuk melihat video dengan kualitas rendah karena saat sebelum video di putar kita akan disajikan pilihan kualitas dengan tingkatan rendah, sedang, dan tinggi.

Tonton Video Dengan Durasi Relatif Pendek

Jika anda sedang mencari informasi atau referensi di Youtube, sebaiknya pilih video yang pembahasannya singkat padat dan jelas. Usahakan untuk menghindari video yang banyak melakukan intermezo sehingga durasinya menjadi lebih panjang. Melihat video dengan durasi pendek dapat membuat anda lebih hemat kuota internet dan paket data karena konsumsinya lebih sedikit.

Baca Juga:
  1. 21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis
  2. Penyebab Kenapa Jumlah Pebisnis di Indoneisa Sedikit 
  3. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang

Simpan Offline Video Yang Ditonton

Jika anda membuka Youtube melalui aplikasi di smartphone, maka anda dapat menyimpan video yang anda putar secara offline. Hal ini ditujukan agar ketika ingin menontonnya kembali, anda tidak perlu memuatnya lagi dengan paket data. Cara ini bisa membuat kita lebih hemat kuota internet jika ingin nonton video yang sama berkali-kali.

Beli Paket Data Dengan Tarif Termurah

Hingga saat ini para penyedia jaringan telekomunikasi seluler di Indonesia masih sering terlibat perang tarif terutama pada harga kuota internet. Merka berlomba-lomba memberikan tarif paket data rendah untuk menarik minat konsumen. Pada saat inilah kita bisa memanfaatkannya untuk mendapat kuota internet dengan harga murah. Jangan pernah segan membandingkan tarif antar provider untuk mendapatkan harga terbaik.

Penutup
Sebagai orang yang hidup di era milenial, kita memang tidak bisa menolak kemajuan teknologi yang semakin memudahkan seperti halnya Youtube sebagai sosial sharing. Menggunakan Youtube untuk mendapatkan informasi dan wawasan pun boleh dilakukan asal masih mempertimbangkan kondisi keuangan dengan menghemat kuota seefektif mungkin. Berusaha Irit Paket data dapat membantu anda menekan anggaran pengeluaran.

Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube