21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis

Membangun dan memiliki sebuah bisnis adalah impian setiap orang. Apalagi jika bisnis tersebut bisa mapan dan terus maju serta berkembang. Ada banyak alasan kenapa kita harus memiliki bisnis, namun kebanyakan orang belum sadar dengan hal tersebut. Kurangnya edukasi sejak dini terhadap bidang wirausaha membuat bisnis bukan menjadi prioritas utama dan lebih dikesampingkan oleh banyak orang.

Mayoritas dari orang-orang Indonesia memiliki mindset untuk bermain aman dengan memilih bekerja untuk mendapatkan penghasilan ketimbang berbisnis. Hanya sebagian kecil saja dari penduduk negara ini yang memiliki otak bisnis untuk berwirausaha. Bekerja apalagi di kantoran masih menjadi pilihan favorit masyarakat karena orang-orangnya masih menganggap bahwa bekerja dikantor adalah sebuah kebanggaan. Inilah yang menyebabkan mengapa jumlah pelaku usaha di indonesia jumlahnya hanya sedikit.

Gambar 21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis

21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis


Berbisnis adalah sebuah kegiatan yang memiliki potensi sangat menjanjikan bagi siapa saja yang terjun didalamnya. Namun kebanyakan orang masih belum sadar akan hal itu. Berbagai macam ketakutan yang ada dipikirkan membuat banyak orang tidak mau membangun usaha. Padahal disisi lain, dunia usaha dapat memberikan masa depan yang lebih baik dibanding dengan orang yang bekerja. Inilah penjelasan terkait 21 alasan kenapa kita harus memiliki bisnis.

Lapangan Kerja Yang Semakin Sempit

Semakin hari lapangan pekerjaan yang tersedia semakin habis. Hal ini disebabkan oleh kurangnya orang yang menciptakan lapangan pekerjaan dan banyaknya orang yang mencari pekerjaan. Ketidak seimbangan inilah yang membuat banyak orang tidak bisa memperoleh pekerjaan.  Jika hanya mengandalkan lapangan kerja, maka kemungkinan orang akan menganggur sangat tinggi. Oleh sebab itu, kita harus mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia bisnis.

Penghasilan Tak Terbatas

Orang yang bekerja akan mendapatkan upah atau gaji yang tetap setiap bulannya. Meskipun kondisi ekonomi sedang fluktuatif, gaji yang didapat tidak akan berubah jumlahnya. Ditambah lagi mereka tidak perlu lagi mengeluarkan modal uang. Namun disisi lain, orang yang berwirausaha memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan yang jumlahnya tidak terbatas dan bisa mencapai angka ratusan juta, milyaran, ratusan milyar bahkan bisa mencapai angka trilyun dalam waktu satu bulan.

Kekayaan Berlimpah

Seorang wirasuaha tidak perlu menunggu hitungan bulan untuk mendapatkan penghasilan. Uang bisa datang kapan saja baik itu setiap hari maupun setiap minggu sehingga jika diakumulatifkan akan mencapai jumlah yang banyak. Ditambah lagi dengan jumlah penghasilan yang relatif besar membuat orang yang berwirausaha memiliki kekayaan yang berlimpah. Itulah sebabnya rata-rata orang yang menekuni dunia bisnis kaya raya.

Bekerja Dengan Cara Sendiri

Berbeda halnya dengan orang bekerja yang dalam tugasnya harus melakukan pekerjaan sesuai perintah, orang yang berwirausaha cenderung bisa bekerja dengan cara mereka mereka sendiri. Tidak adanya tekanan dan tuntutan dari siapapun, membuat mereka merasa asyik dalam melakukannya. Ditambah lagi jika bidang yang ditekuni adalah hobi dan sesuai dengan passion, maka mereka bisa bekerja dengan menyenangkan dan mengasyikkan.

Bisa Menjadi Bos

Seberapa kecil bisnis yang dirintis, maka ia kan tetap menjadi bos. Menjadi bos berarti memiliki kedudukan paling tinggi sehingga tidak ada lagi pimpinan yang selalu memerintah. Ada dua kemungkinan yang dapat dicapai oleh wirausahawan dalam menjadi bos. Yaitu memimpin dirinya sendiri dan memimpin orang lain dalam satu perusahaan. Ia harus memimpin dirinya sendiri agar melakukan yang terbaik dan mengatur orang lain supaya bekerja dengan baik ketika sudah memiliki karyawan.

Menambah Aset dan Investasi

Melakukan bisnis berarti melakukan perputaran uang secara terus menerus. Dalam proses berputarnya uang tersebut pasti melakukan proses belanja baik itu peralatan dan bangunan untuk menunjang proses usaha. Dengan bertambahnya aset secara tidak langsung seorang wirausahawan juga sudah berinvestasi. Nilai aset dan investasi tersebut masih berpotensi untuk terus bertambah jumlahnya seiring berjalannya waktu.

Memiliki Brand Sendiri

Orang yang melakukan bisnis pasti memiliki brand atau merk dagangnya sendiri. Terkadang, brand yang ia ciptakan malah lebih dikenal oleh masyarakat luas ketimbang orang yang menciptakan brand itu sendiri. Seorang wirausahawan yang memiliki brand sendiri tidak hanya diuntungkan oleh popularitas, namun brand yang sudah terkenal juga memiliki nilai jual dengan harga fantastis. Hanya sebuah nama, namun bisa mendapatkan uang dengan jumlah besar ketika dijual.

Menciptakan Lapangan Kerja

Seorang wirausahawan pasti akan membutuhkan tenaga tambahan untuk membantu proses berjalannya bisnis yang ia tekuni. Dengan membuka lowongan kerja, maka ia juga sudah menciptakan lapangan kerja yang bermanfaat sekali bagi orang banyak. Hal ini seakan memberikan angin segar untuk para pencari kerja karena semakin sempitnya lapangan kerja dari waktu ke waktu.

Ikut Memajukan Negara

Dengan terjun ke dunia bisnis dan mendirikan usaha, seseorang telah berpartisispasi secara tidak langsung untuk ikut memajukan negara. Pertama, seorang wirausaha telah menggerakkan roda perekonomian. Kedua, memberikan lapangan kerja kepada banyak orang sehingga dapat mengurangi pengangguran. Ketiga, pajak yang dibayarkan setiap sektornya dapat menambah pemasukan APBD atau APBN. Keempat, sebagai penguat devisa negara dari kegiatan eksport yang dilakukan.

Menentukan Waktu Kerja Sendiri

Seorang wirausaha tidak memiliki waktu kerja yang terikat dan teratur. Mereka memiliki waktu kerja yang fleksibel sehingga bisa menentukan waktu kerjanya sendiri. Tidak ada jadwal khusus yang harus mereka jalani dalam bekerja. Tanpa mengesampingkan efektifitas waktu kerja, mereka juga dapat membuat jadwal waktu kerja dan libur sesuai dengan yang dikehendakinya.

Tidak Ada Peraturan Yang Mengikat

Selain waktu kerja yang fleksibel, kelebihan dari seorang wirausaha dalam menjalankan bisnis adalah tidak adanya peraturan yang mengikat dari dan oleh pihak manapun. Satu-satunya peraturan yang mengikat mereka adalah kontrak kerja sama dengan pihak lain itupun jika ada. Namun dari segi peraturan formal, mereka tidak memiliki aturan yang terikat seperti halnya karyawan dan pegawai.

Tidak Ada Yang Memerintah

Seseorang yang mendirikan usaha, berarti dia adalah pemilik sekaligus pendirinya. Ia memiliki kedudukan paling tinggi diperusahaan dan tidak ada yang memerintahnya. Justru malah kebalikannya, karena menjadi seorang pemimpin, maka ia yang harus memerintah dan mengatur anak buahnya agar dapat bekerja sesuai dengan tugasnya masing. Ia juga dapat memegang kendali dari seluruh karyawannya.

Baca Juga:
  1. Penyebab Kenapa Jumlah Pebisnis di Indoneisa Sedikit 
  2. Bisnis! Solusi Untuk Anda Yang Sulit Dapat Pekerjaan 
  3. 20 Rahasia Bisnis Orang Cina Yang Selalu Sukses Dalam Berdagang

Menemukan Banyak Hal Baru

Selama berproses dalam mengarungi kerasnya dunia bisnis, seorang wirausahawan pasti menemukan hal-hal baru yang tidak pernah ia jumpai sebelumnya. Ia akan terus mengalami masa-masa belajar ketika proses usaha terus berjalan. Semakin jauh ia melangkah, maka semakin banyak pengetahuan baru yang didapat. Ini akan menjadi bekal yang baik untuk dirinya kedepan.

Banyak Ilmu dan Pengalaman

Seseorang yang sudah pernah menekuni dan terjun langsung didunia usaha pasti memiliki banyak ilmu dan pengalaman. Keduanya ia dapatkan dari proses belajar ketika mendapatkan tantangan baru dan berbagai masalah yang dihadapi ketika menjalankan roda bisnis. Selain itu, pebisnis selalu memiliki banyak kolega sebagai partner untuk berbagi wawasan sehingga ilmu dan pengalaman yang didapat semakin banyak.

Meningkatkan Skill Dan Kemampuan

Dengan banyaknya ilmu dan pengalaman yang diperoleh pada saat proses menjalankan bisnis, secara otomatis skill dan kemampuan pebisnis juga meningkat. Keduanya masih berpotensi untuk terus mengalami peningkatan karena terasah secara terus menerus selama menjalani proses berbisnis. Dengan begini, seorang wirausahawan akan semakin cakap dan memiliki kapasitas untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Go Public

Go public memiliki makna tampil didepan umum. Berarti seorang pebisnis akan mudah dikenal oleh masyarakat luas. Dengan kesuksesan yang diraihnya, seorang wirausahawan banyak dicari oleh orang untuk sekedar mengisi sebuah acara sebagai pemateri untuk menularkan ilmu yang dimilikinya. Seorang pebisnis sukses pasti sudah pernah memakan asam garam dan juga memiliki kemampuan serta kapasitas yang mumpuni untuk diajarkan ke orang lain.

Tempat Kerja Bebas

Dalam bekerja, tempat yang digunakan oleh seorang wirausaha tidak terpaku pada satu tempat namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginannya tanpa mengurangi efektifitas dari pekerjaan. Ia dapat memilih dan membuat sendiri konsep seperti apa tempat yang akan ia gunakan untuk bekerja dan menghasilkan uang.

Waktu Luang Lebih Banyak

Ketika sudah berhasil menjalankan sebuah bisnis, seorang wirausaha lebih banyak memilki waktu luang karena bisnis sudah dikelola dengan tenaga kerja yang terstruktur dan tersusun dengan baik mulai dari tingkat atas hingga kebawah. Ia hanya menjalankan fungsinya sebagai pengawasan terhadap tanggung jawab kerja yang dilakukan oleh para karyawannya sehingga tidak perlu terjun dan melakukan pekerjaan secara langsung.

Memiliki Warisan Yang Berharga

Orang yang bekerja, ketika pensiun hanya bisa mewariskan harta benda berupa materi kepada anak cucunya. Berbeda halnya dengan seorang pebisnis yang dapat menurunkan usaha yang telah ia bangun kepada anak cucunya sebagai bekal penting untuk menyambung hidup. Selain itu, wirausahawan juga dapat  menurunkan semua pengalaman dan kemampuan dalam mengelola bisnisyang dimilikinya kepada para keturunannya. Ilmu tersebut sangat penting untuk menjaga keberlangsungan usaha agar tetap terus berjalan.

Mendapatkan Kepuasan dan Kebanggan Tersendiri

Menjadi seorang wirausahawan sukses pasti akan mendapatkan kepuasaan dan kebanggaan tersendiri. Asam garam yang sudah ia telan selama mengarungi bisnis menyisakan berbagai macam pengalaman dan kisah hebat yang dapat ia ceritakan kepada anak cucunya. Terlebih seorang pengusaha yang sukses selalu mendapat tempat dihati masyarakat dan menjadi figur yang banyak dicontoh.

Menginspirasi banyak orang

Dengan segala keberhasilan yang diraihnya, seorang wirausaha pasti menjadi role model bagi para pebisnis-pebisnis pemula. Pelaku usaha yang sudah sukses sudah pasti menjadi sumber inspirasi untuk pebisnis lain supaya dapat meraih keberhasilan dalam berbisnis. Ketika melihat wirausahawan yang sudah sukses, setiap orang pasti terkagum-kagum dan ingin mengikuti jejak kesuksesannya. Mereka akan meniru dan mempelajari ilmu-ilmu yang membuat seseorang bisa suskses.

Penutup
Dengan mengetahui berbagai macam alasan kenapa kita harus memiliki bisnis seperti yang sudah dijelaskan diatas, diharapkan banyak orang terinspirasi untuk menjadi seorang pebisnis. Terlebih lagi bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan agar tidak putus asa dalam menyambung hidup. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Semakin dini mempelajariilmu bisnis, maka akan semakin baik pula untuk persiapan menghadapi ketidakpastian hidup dimasa yang akan datang. Minimal, bisa mengantisipasi jika memang sudah tidak ada lagi lapangan kerja yang tersedia  dimasa yang akan datang.

21 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Bisnis