Bisnis! Solusi Untuk Anda Yang Sulit Dapat Pekerjaan

Apakah anda tak kunjung mendapat pekerjaan? Daripada jadi pengangguran dan tidak memiliki penghasilan, lebih baik mencoba untuk berwirausaha saja. Memang hidup itu adalah sebuah pilihan. Termasuk menentukan arah hidup adalah sebuah pilihan yang harus anda tentukan. Darimana anda akan mendapat penghasilan untuk hidup juga merupakan pilihan. Apakah anda ingin bekerja atau berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan? Kebanyakan orang pasti menjawab lebih memilih bekerja daripada berbisnis.

Memilih untuk kerja atau berbisnis memang bukan sebuah masalah. Tujuan dari keduanya adalah sama, yaitu untuk mendapatkan penghasilan. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa pekerjaan menjadi satu-satunya pegangan hidup utama bagi banyak orang. Bekerja masih dianggap  satu-satunya jalan yang aman untuk menyambung hidup. Gaji tetap dan stabil lah yang membuat orang lebih memilih bekerja sebagai sumber penghasilan utama.

Bisnis Adalah Solusi Ketika Sulit Dapat Pekerjaan

Banyaknya orang yang memilih bekerja membuat jumlah pencari kerja kian hari kian meningkat. Sedangkan orang yang memiliki pikiran untuk menciptakan lapangan kerja dari waktu ke waktu jumlahnya hanya sedikit. Ketidak seimbangan inilah yang menyebabkan habisnya lapangan pekerjaan sehingga menyebabkan pencari kerja tidak mendapat pekerjaan. Minimnya lapangan kerja dan banyaknya pencari kerja menyebabkan jumah pengangguran semakin meningkat. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa orang lebih memilih bekerja daripada berwirausaha.

1. Bekerja dianggap sebagai satu-satunya cara memperoleh penghasilan.

Mind set yang beredar dimasyrakat adalah, untuk mendapat penghasilan kita harus bekerja. Bahkan ini sudah ditanamankan sejak kecil. Pada saat masih kecil kita selalu ditanya “Kalau sudah besar mau jadi apa? Dokter, Guru, Polisi apa tentara?”. Dan tidak pernah sekalipun kita mendengar dan melihat anak kecil yang diberi pertanyaan “Kalau sudah besar mau jadi apa? Pendiri perusahaan, pemilik pabrik, apa pengusaha sukses?”

2. Bekerja adalah jalan yang aman untuk mendapatan penghasilan.

Bekerja adalah jalan yang instan untuk memperoleh penghasilan. Setelah diterima kerja, setiap bulan sudah bisa mendapatkan gaji. Selain itu, orang yang bekerja juga tidak perlu mengeluarkan uang sebagai modal awal. Hanya dengan modal mengajukan lamaran dan melegkapi berkas, setelah diterima meraka sudah bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya. Terlebih lagi, orang yang bekerja juga tidak akan pernah menanggung kerugian atau bangkrut.

3. Bekerja akan mendapatkan penghasilan yang pasti.

Gaji yang diterima oleh orang yang bekerja selalu stabil. Orang yang bekerja tidak akan pernah merasakan defisit penghasilan karena setiap bulan mereka menerima upah dari tempat bekerja. Setiap bulan selalu ada penghasilan yang bisa diharapakan.

4. Bekerja adalah sebuah gengsi.

Dalam kehidupan bermasyarakat, pekerjaan adalah sebuah gengsi. Orang yang bekerja akan lebih dihargai dimasyarakat. Memiliki kesibukan, berangkat pagi pulang sore dan mendapatkan gaji setiap bulannya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.

5. Bekerja dapat meningkatkan strata sosial dimasyarakat.

Orang yang bekerja akan mempunyai kedudukan lebih dimata masyarakat. Apalagi orang tersebut bekerja kantoran atau bekerja sebagai PNS. Kedudukan mereka dimata masayarakat lebih memiliki nilai dan kharisma tersendiri meskipun penghasilan yang mereka dapatkan biasa saja.

Ajakan Berbisnis, Jangan Menjadi Pengangguran

Lalu bagaimanakah dengan orang yang kesulitan dalam memperoleh pekerjaan? Seharusnya hal itu bukanlah hambatan bagi mereka untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu solusi yang dapat anda gunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan berbisnis. Pernahkah anda berpikir saat anda tidak bisa memperoleh lapangan pekerjaan, kenapa tidak anda sendiri yang menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain?

Dengan memulai sebuah bisnis yang suatu saat bisa tumbuh dan berkembang menjadi besar, secara otomatis anda akan menyediakan banyak lapangan pekerjaan dan bermanfaat bagi orang lain. Rejeki setiap orang tidak pernah ada yang tau. Yang mengatur rejeki adalah tuhan, manusia hanya berusaha dan mengupayakan untuk menjemputnya saja. Ketika anda tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, mungkin tuhan ingin menunjukkan jalan lain untuk menjemput rejeki. Salah satu jalan yang bisa anda ambil jika kesulitan untuk mendapat lapangan kerja adalah dengan berbisnis.

Banyak orang yang takut jika kehidupan mereka akan sulit jika memilih menjadi pebisnis. Banyaknya resiko yang akan dihadapi membuat orang meninggalkan dunia bisnis dan memilih mencari pekerjaan. Padahal itu merupakan hal yang kurang tepat. Justru dengan berbisnis anda kan mendapatkan banyak keuntungan daripada orang yang bekerja. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Dari segi penghasilan

Sesorang yang bekerja akan mendapatkan penghasilan dari gaji. Gaji tersebut akan ia dapat setiap waktu tertentu bisa saja mingguan atau bulanan. Gaji  yang didapat oleh orang yang bekerja cenderung relatif satabil. Lalu bagaimana dengan orang yang berbisnis? Orang yang menjalankan sebuah usaha milik sendiri dapat berpeluang mendapatkan penghasilan yang tak terbatas. Pendapatan tersebut bisa datang dari keuntungan yang anda dapatkan dalam berwirausaha. Jika seorang pekerja hanya bisa mendapatkan gaji jutaan hingga puluhan juta sebulan, maka seorang pebisnis dapat berpeluang mendapatkan penghasilan bersih bernilai ratusan hingga milyaran.

2. Dari segi jam kerja

Banyak yang bilang jadi pengusaha itu selalu sibuk, tidak ada waktu luang, dan selalu berurusan dengan bisnis. Itu tidak sepenuhnya benar, lebih tepatnya adalah seorang wirausaha dapat memjadwalkan dan mengatur sendiri jam kerjanya. Tidak terikat waktu seperti halnya orang yang bekerja. Orang yang bekerja biasanya memiliki jam kerja tetap, termasuk kapan dia masuk kerja dan kapan waktunya pulang.

3. Dari Segi Pakaian

Orang yang bekerja biasanya menggunakan seragam tertentu sesuai bidang pekerjaanya. Jika orang yang bekerja kantoraa biasanya menggunakan baju rapi, celana necis dan bersepatu. Berbeda dengan orang yang berbisnis. Mereka bisa menggunakan pakaian apa saja sesuka mereka. Tidak harus berpakaian formal dan rapi namun bisa berpakaian casual yang lebih santai.

4. Dari Segi Pendidikan

Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka semakin mudah pula dalam mendapatkan pekerjaan. Rata-rata orang yang memiliki tingkat pendidikan tinggi lebih berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan ketimbang orang yang memiliki tingkat pendidikan lebih rendah. Hal itu tidak berlaku di dunia bisnis. Siapa saja dan apapun tingkat pendidikannya bisa berbisnis dan menghasilkan uang dari usahanya. Yang lebih diutamakan adalah kerja keras dan pantang menyerah, dari situlah pengalaman dan ilmu akan didapatkan sehingga dapat digunakan untuk memajukan usahanya untuk tumbuh dan terus berkembang.

5. Dari Segi Aturan

Dalam bekerja pasti selalu ada atasan yang mengatur dan memerintah. Jika pekerja melakukan kesalahan yang bersifat merugikan bisanya atasan selalu memarahi bawahannya. Sedangkan pebisnis, akan menjalankan dan mengatur karyawannya dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, yang mengatur pekerjaan dari seorang pebisnis adalah dirinya sendiri. Jika ada kesalahan, yang menanggung kerugian adalah dirinya sendiri dan tidak akan pernah ada yang memarahi.

6. Dari Segi Warisan

Ketika sudah pensiun, pekerja biasanya mendapatkan pesangon dari tempat ia bekerja. Otomatis dia hanya bisa mewariskan materi kepada anaknya kelak. Berbanding terbalik dengan hal itu, seorang wirausahawan akan bisa mewariskan bisnisnya kepada anaknya dan meneruskan bisnis tersebut. Hal ini akan sangat menguntungkan sekali karena dapat ikut mensejahterakan anak cucunya dimasa yang akan datang. Paling tidak dengan mewariskan sebuah usaha kepada anak cucu, bisa membantu mereka dalam mendapatkan penghasilan sebagai pegangan hidup. Tidak hanya bisnis saja yang diwariskan, namun ilmu dan pengalaman dapat diturunkan untuk mengelola bisinis supaya terus maju dan berkembang.

Penutup
Setelah memahami penjelasan diatas, kini sudah tidak ada lagi kata untuk menganggur. Tidak adanya lapangan kerja dan sulitnya mencari pekerjaan bukanlah sebuah halangan bagi anda untuk tidak bisa mendapatkan penghasilan. Dari segi kemapanan hidup, orang yang berbisnis tidak kalah jauh dengan orang yang bekerja bahkan bisa jauh lebih baik. Memulai sebuah bisnis adalah salah satu hal yang patut dicoba jika tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Sekali lagi ditekankan bahwa rejeki tidak akan pernah ada yang tahu. Siapa sangka jika anda akan mendapatkan rejeki yang berlebih dari bidang usaha yang ditekuni. Beranilah mencoba sesuatu yang baru dan beranilah membuat sesuatu yang baru karena keluar dari zona nyaman akan mengajarkan banyak hal yang tidak pernah anda ketahui sebelumnya. Berpikir kreatif dan inovatif akan membawa anda menuju kehidupan yang lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

Bisnis! Solusi Untuk Anda Yang Sulit Dapat Pekerjaan