Cara Menjilid Soft Cover (Nota Pembelian Sendiri) Dengan Alat Sederhana

Sebelum menjilid anda harus paham dulu apa itu jilid Soft Cover. Jilid soft cover adalah salah satu teknik penjilidan lanjut dengan cara merekatkan dokumen dengan sampul secara sambung tanpa putus menggunakan lem khusus yang direkatkan pada bagian punggung dokumen. Teknik jilid ini sering kita jumpai pada dokumen profesional seperti buku, novel, kamus, nota, kwitansi dan lain sebagainya. Yang akan dibahaspada artikel ini adalah cara menjilid nota pembelian yang kita buat sendiri.



Gambar Cara Menjilid Soft Cover (Nota Pembelian Sendiri) Dengan Alat Sederhana

Cara Menjilid Soft Cover (Nota Pembelian Sendiri) Dengan Alat Sederhana

Siapa bilang menjilid Soft Cover harus menggunakan alat khusus seperti press dan lem hot melt. Hanya dengan bermodalkan alat sederhana yang biasa dijumpai dirumah, anda dapat melakukan penjilidan Soft Cover layaknya percetakan profesional. Simak langkah-langkah berikut ini yang dapat anda gunakan sebagai referensi untuk membuat jilid Soft Cover sendiri di rumah. Berikut ini adalah bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat jilid Soft Cover. Bahan-bahan berikut ini mudah anda dapatkan disekitar anda. Simak baik-baik penjelasan berikut ini:

Bahan-Bahan Yang Diperlukan:

1. Nota Yang Akan Dijilid

Gambar  Nota Pembelian Sendiri 
Siapkan terlebih dahulu nota pembelian yang akan anda jilid entah itu berupa buku, novel, kamus, nota, kwitansi dan lain sebagainya. Pada tutorial ini yang digunakan sebagi praktek adalah NOTA PEMBELIAN setebal 40 lembar berukuran A6. Kira-kira ukuran panjang dan lebarnya adalah 14 cm x 10 cm. Siapkan juga sampul/cover yang akan digunakan sebagai muka. Sampul/Cover bisa terbuat dari jenis kertas Ivory 230/260, Duplex, ataupun Manilla. Semakin bagus kertas sampul yang digunakan maka tampilan akan smekain bagus.

2. Lem

Gambar Lem PVAc Jilid Nota
Gunakanlah jenis LEM PVAc. Disini saya menggunakan  lem PVAc merk F*x yang berwarna putih. Jangan menggunakan lem tembak/bakar (yang biasanya diggunakan untuk lem konveksi), lem Water Based (lem yang berbahab dasar air) atau pun lem Latex (jenis lem yang terbuat dari bahan dasar karet).

Ketiga lem yang sudah disebutkan tadi tidak akan mampu untuk merekatkan lembar demi lembar nota pembelian yang akan anda jilid. Justru akan membuat jilidan berantakan dan tidak bisa merekat dengan kuat dan tahan lama. Ketika nota dibuka beberapa kali, maka jilidan akan patah atau putus sehingga membuat rusak penjilidan Soft Cover yang sudah anda buat. Ingat!!! Hanya gunakan LEM jenis PVAc saja. Bukan lem kuning atau lem tembak.

3. Kertas Karton Tebal/Papan Triplek

Gambar Kertas Karton Untuk Jilid Nota

Siapkan 2 lembar kertas karton/papan triplek yang ukurannya sudah disesuikan dengan ukuran nota pembelian yang akan anda jilid baik itu panjang dan lebarnya. Ini nantinya akan berfungsi sebagai sarana untuk menyatukan antar ujung nota yang akan dijilid. Beri solatip pada setiap ujungnya agar lem tidak menempel. Lihat contoh seperti gambar diatas.

Untuk menjilid nota pembelian yang ukurannya besar kira-kira diatas 10 cm, lebih disarankan untuk menggunakan papan triplek. Sifat papan triplek yang kokoh dan tidak gampang bengkok akan membuat hasil jilidan lebih rapi dan lurus. Pilihlah papan triplek yang masih bagus dan lurus. Jika ada bengkok sedikit maka akan berpengaruh pada hasil penjilidan.

4. Penjepit Kertas Binder

Gambar Penjepit Binder Untuk Jilid Nota Sendiri

Siapkan 2 buah penjepit kertas binder seperti gambar diatas. Berfungsi sebagai alat untuk menjepit nota sementara selama penjilidan berlangsung. Usahan menggunakan penjepit kertas binder yang berukuran besar karena cengkeramannya yang lebih kuat sehingga nota tidak mudah berantakan.

Baca Juga:
  1. Cara Transfer Uang/Bayar Online Tanpa Menggunakan ATM
  2. Trik dan Strategi Dagang Supermarket Yang Harus Anda Ketahui
  3. Tips Sukses Berjualan Online Supaya Cepat Laku dan Laris

Jika ingin lebih praktis dan hasil yang lebih baik, penjepit kertas binder ini dapat anda ganti dengan alat press sederhana yang bisa anda buat dari 2 buah papan kayu yang sudah diberi lubang pada setiap ujungnya. Pada lubang tersebut dimasukkan mur dan baut untuk mencengkeram nota pembelian yang akan anda jilid.

Untuk penjilidan nota pembelian yang cukup tebal, sebaiknya anda menggunakan alat ini supaya hasil jilidan memuaskan. Tidak dianjurkan menggunakan penjepit kertas binder jika nota yang akan anda jilid memiliki halaman yang tebal karena dapat membuat hasil jilidan tidak rapi dan bengkok.

Tahapan-tahapan Menjilid Soft Cover:

1. Ratakan Nota Yang Akan Dijilid

 Gambar Nota Yang Diratakan
Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah meratakan dan merapikan lembar per lembar nota pembelian yang akan anda jilid terlebih dahulu. Semua sisi harus tertata dengan rapi. Perhatikan setiap sudutnya, apakah masih ada kertas yang belum rata atau tidak. Tata serapi mungkin untuk mendapatkan hasil yang bagus. Indikator bahwa nota pembelian anda sudah rapi adalah tidak adanya lekukan-lekukan dan sisa kertas yang menonjol disetiap sisi dan sudut nota yang akan anda jilid.

2. Letakkan Karton Tebal/Papan triplek Dikedua Sisi

 Gambar Nota Yang Diberi Karton
Setelah tahap merapikan sudah anda lakukan dengan baik, kini saatnya masu ke tahap berikutnya yaitu meletakkan karton/triplek dikedua sisi nota pembelian. Ini digunakan untuk membantu menjepit nota supaya tidak berantakan dan tidak meleset sehingga memudahkan proses mengelem nantinya.

3. Jepit Dengan Penjepit Binder

 Gambar nota yang dijepit binderuntuk dijilid
Untuk memperkokoh cengkeraman. Jepit nota pembelian dengan penjepit binder. Gunakan penjepit yang paling besar agar cengkeraman kuat. Ini akan mempermudah pekerjaan anda dalam menjilid karena nota tidak akan lepas dan berantakan kembali.

4. Aplikasikan Lem

 Gambar memberi lem untuk jilid nota
Tahap ketiga adalah mengelem nota pembelian. Aplikasikan lem PVAc ke ujung/punggung nota yang igin anda jilid. Lakukan pengeleman beberapa tahap dan beberapa lapis. Semakin tebal nota yang anda jilid maka pengeleman yang anda lakukan juga harus tebal dan berlapis-lapis. Ini ditujuakan agar pada saat lem sudah kering, nota pembelian yang sudah dijilid tidak putus dan rusak meskipun sudah dibuka berkali-kali.

Pada tahap pertama, pengeleman dilakukan dengan cara sedikit agak ditekan ke dalam. Hal ini bertujuan agar lem yang sudah dioleskan akan masuk kedalam sela-sela lembar nota. Pengeleman tahap pertama tidak harus tebal, yang penting rata dan sedikit ditekan kedalam. Tunggu sebentar agar lem PVAc yang anda gunakan menjadi setengah kering.

Pada tahap kedua, anda hanya mengulangi pengolesan lem seperti halnya tahap pertama namun tidak ditekan. Ulangi tahap ini beberapa kali hingga pengolesan lem menjadi beberapa lapis dan tebal. Ketebalan lem bisa anda kira-kira sendiri disesuaikan dengan ketebalan nota pembelian yang anda jilid.

5. Pengeringan

Setelah lapisan lem sudah dirasa cukup, sekarang anda tinggal menuggu hingga kering. Pengeringandapat anda lakukan dengan bantuan sinar matahari langsung. Jemur ujung nota yang sudah diberi lem menghadap ke arah matahari langsung. Terik matahari akan membantu mempercepat lem menjadi kering. Dengan bantuan matahari, proses pengeringan hanya memakan waktu paling lama 30 menti saja.

Jika tidak ada terik matahari. Pada saat mendung atau hujan misalnya. Anda dapat mengeringkan lem dengan alternatif lain. Ada beberapa alternatif cara untuk mempercepat pengeringan lem ketik matahari tidak bersinar terik.

Baca Juga:
  1. Pengertian Psychological Pricing (Harga Psikologi) dan Penetapannya Dalam Transaksi
  2. 5 Tips Menarik Hati Konsumen Agar Menyukai Online Shop Kita
  3. Percantik Produk Usaha Dengan Membuat Label Kemasan Sendiri, Ini Dia Caranya

Yang pertama adalah dengan memanfaatkan panas dari apa kompor. Caranya bukan diletakkan pada apinya, melainkan hanya menggunakan suhu panas yang ada disekiar api yanh dihasilkan oleh kompor. Letakkan saja ujung nota mengarah pada api kompor lalu tunggu beberapa saat hingga lem benar-benar kering.

Yang kedua adalah dengan menggunakan Hair Dryer. Hair dryer dapat anda coba sebagai alternatif pengeringan. Hidupkan hair dryer lalu arahkan ke lem yang akan dikeringkan. Goyang-goyang hair dryer dari ujung hingga ujung lem. Lakukan terus-menerus hinggal lem benar-benar kering.

Yang ketiga adalah dengan diangin-anginkan. Meskipun hanya diangin-anginkan, lem PVAc juga bisa kering tapi mekan waktu yang cukup lama. Berbeda dengan memanfaatkan terik matahari dan dua alternatif cara diatas, dengan cara ini anda harus menunggu waktu yang cukup lama agar lem benar-benar kering sempurna.

6. Pemasangan Sampul/Cover

 Gambar nota yang sudah diberi cover/sampul
Setelah pengeleman pada tahap 3 dan 4 selesai. Sekarang saatnya anda memasang sampul. Caranya adalah dengan mengelem. Oleskan lem pada ujung jilidan tadi. Timpa kembali lem yang sudah kering dengan lem baru. Sebelum lem benar-benar kering, tempelkan kertas sampul yang sudah anda siapkan ke ujung jilidan sehingga menyatu dengan nota pembelian. Tempatkan nota ditengah-tengah sampul. Lakukan penempelan dengan lurus. Jangan sampai bengkok karena akan berpengaruh pada hasil jilidan. Setelah itu lakukan pengeringan seperti halnya tahap 4 tadi.

Cara Menjilid Soft Cover (Nota Pembelian Sendiri) Dengan Alat Sederhana