-->

Manfaat dan Cara Menggunakan Lampu UV Aquarium Yang Benar

Lampu UV atau biasa disebut sebagai UV sterilizer merupakan satu dari sekian banyak alat perlengkapan di dunia aquatic yang berfungsi sebagai salah satu media filter kimiawi. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan penggunaan UV sterilizer ini baik untuk aquarium maupun kolam. Cara pakai lampu UV aquarium dan kolam ini sendiri juga tidak begitu rumit. Hanya saja anda harus tahu penempatan yang baik dan benar agar mendapatkan hasil maksimal dan juga tidak melukai hewan yang ada di dalam aquarium atau kolam.

Lampu UV aquarium itu sendiri bisa anda dapatkan di toko ikan hias atau toko aquatic terdekay dengan kisaran harga mulai dari puluhan rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Harga UV sterilizer itu sendiri tergantung dari besarnya watt yang anda butuhkan. Semakin besar watt ukuran lampu UV aquarium maka akan semakin mahal pula harganya. Selain itu merk dari produsen juga ikut menentukan mahal atau tidaknya harga. Semakin bagus merk-nya maka harganya juga akan semakin mahal.

Lampu UV Aquarium

Manfaat Memakai Lampu UV Sterilizer di Aquarium atau Kolam

Lampu UV aquarium memiliki sistem kerja dengan cara memancarkan sinar radiasi UV untuk membunuh bakteri, jamur ataupun alga dengan cara merusak DNA sehingga akan mati hanya dalam hitungan sepersekian detik saja. Dengan begitu efektifnya cara kerja lampu UV maka jika anda menggunakannya sebagai salah satu media filter baik di kolam maupun di aquarium akan mendapatkan banyak manfaat sebagai berikut ini.

1. Air Aquarium Akan Terlihat Lebih Jernih

Selain kotoran ikan, alga adalah salah satu penyebab air di aquarium berwarna hijau sehingga menjadi cepat terlihat keruh. Salah satu fungsi lampu UV aquarium adalah membunuh alga yang ada didalam air sehingga air akan menjadi terlihat tampak jernih, tidak berkabut dan juga tidak keruh. Pertumbuhan alga pada air akan lebih terkontrol dengan batuan lampu UV tersebut. Apalagi jika aquarium atau kolam anda terkena sinar baik dari matahari atau dari lampu.

2. Membunuh Bakteri, Parasit dan Jamur Yang  Bisa Jadi Penyakit

Manfaat lain lampu UV aquarium adalah membantu meningkatkan kesehatan hewan didalamnya dari serangan berbagai penyakit seperti bakteri, parasit dan jamur yang bisa menimbulkan kematian. Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf diatas bahwa lampu UV sterilizer ini mampu merusak DNA dari bakteri, parasit atau jamur sehingga membuat mereka mati dan mencegahnya berkembang biak didalam aquarium atau kolam anda.

Cara Menggunakan Lampu UV Aquarium Dengan Benar

Lampu UV aquarium atau UV sterilizer ini merupakan salah satu media filter kimiawi yang penggunaannya tidak boleh sembarangan. Apabila digunakan asal-asalan maka lampu UV ini tidak akan bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Selain itu, penggunaan yang salah juga dapat membuat hewan yang ada di aquarium  atau kolam  menjadi terluka. Terlebih jika terkena mata manusia, maka akan menyebabkan bengkak dan juga sakit dalam waktu beberapa lama. Lalu bagaimana cara pakai lampu UV aquarium yang benar? Berikut penjelasannya.

1. Letakkan Lampu UV di Chamber Terkahir

Pertama, anda harus meletakkan lampu UV aquarium di bagian terakhir chamber filter atau ruang filter paling akhir. Jika anda pakai filter talang, silahkan diletakkan dengan posisi tidur di chamber terakhir sebelum lubang output. Sedangkan bagi anda yang pakai sump filter atau filter samping, bisa meletakkannya di chamber terakhir dengan posisi berdiri. Peletakan pada chamber terakhir akan memberikan hasil yang lebih maksimal setelah air melewati sistem filter mekanis dan biologis.

2. Pastikan Berada Pada Tempat Yang Tertutup Rapat

Pastikan lampu UV aquarium berada pada tempat yang tertutup rapat supaya sinar lampu UV tidak keluar. Pada filter talang, silahkan ditutup bagian atasnya dengan rapat agar cahaya tidak tembus keluar. Sedangkan bagi yang pakai sump filter atau filter samping yang terbuat dari bahan kaca, silahkan seluruh sisi chamber terakhir diberi stiker atau ditutup menggunakan talang yang sudah disesuaikan ukurannya dengan chamber. Usahakan cahaya UV sterilizer tidak sampai mengenai chamber biologis.

3. Seluruh Bagian Lampu UV Harus Terendam Air

Terakhir, pastikan seluruh bagian lampu UV aquarium harus terendam air. Kenapa? Agar lampu UV sterilizer tersebut kacanya tidak cepat panas kemudian pecah sehingga membuatnya jadi tidak awet. Selain itu, memastikan lampu UV terendam air seluruhnya juga akan membuat kinerjanya menjadi jauh lebih efektif dalam membunuh parasit, bakteri maupun alga.

Q&A Mengenai Lampu UV Aquarium

Ada banyak pertanyaan seputuran lampu UV aquarium atau UV sterilizer dari para pecinta ikan hias yang sangat membutuhkan jawaban. Terutama bagi mereka yang belum pernah menggunakan filter kimiawi satu ini atau bagi mereka yang masih baru dalam berkecimpung di dunia aquatic. Berikut ini beberapa Q&A yang bisa anda simak. Siapa tahu beberapa pertanyaan dibenak anda bisa tercerahkan dengan membaca Q&A divawah ini.

1. Berapa Lama Lampu UV Dinyalakan Dalam Sehari?

Penggunaan durasi lampu UV dihidupkan sangat relatif tergantung pada kebutuhan karena setiap aquarium atau kolam punya kondisi yang berbeda. Lama atau tidaknya lampu UV dihidupkan sangat bergantung pada beberapa hal berikut ini: Pertama, seberapa besar intensitas cahaya yang mengenai air. Kedua, seberapa besar volume air yang ada pada kolam atau aquarium. Ketiga, seberapa besar Watt lampu UV yang digunakan.

Apabila intensitas cahaya yang masuk besar, seperti terkena sinar matahari dalam waktu yang lama, maka lampu UV dapat dinyalakan 12-18 jam sehari. Apabila tidak terkena sinar matahari dan sumber cahaya hanya dari lampu penerangan, maka menyalakan UV sterilizer 6-12 jam sehari sudah cukup. Apabila anda ingin menyalakan selama 24 jam non-stop juga tidak masalah, hanya saja efeknya lampu akan cepat rusak.

2. Berapa Watt Lampu UV Untuk Kolam Atau Aquarium? 

Besarnya watt lampu UV yang akan digunakan tergantung pada besarnya volume air dan juga kecepatan sirkulasi air pada filter. Lampu UV 5 watt bisa dipakai untuk volume 100-700 liter. 7 watt bisa untuk volume 350-950 liter. 9 watt bisa untuk volume 450-1.250 liter. 11 watt untuk volume air 650-1.500 liter. Jadi silahkan memilih watt lampu UV sterilizer ini sesuai dengan volume air aquarium atau kolam anda dirumah.

Baca Juga:
  1. Pasti Awet! Ini 8 Rekomendasi Merk Heater Aquarium Terbaik
  2. Cara Tepat Menentukan Besaran Pompa Air Aquarium atau Kolam
  3. Pasti Jernih! Ini 13 Susunan Media Filter Aquarium Terbaik

3. Apakah Lampu UV Aquarium Berbahaya Untuk Ikan?

Lampu UV aquariuk akan sangat berbahaya apabila sinarnya terkena mata ikan secara langsung. Efeknya dapay membuat ikan menjadi buta. Maka dari itu wajib hukumnya meletakkan lampu UV pada tempat yang kedap cahaya agar tidak membahayakan ikan. Apabila tempat filter tidak cukup untuk meletakkan lampu UV, anda bisa meletakkan didalam aquarium dengan tempat khusus yang bisa dibeli atau dengan menggunakan pipa paralon yang dimodifikasi agar kedap cahaya.

4. Apakah Lampu UV Aquarium Berbahaya Bagi Mata Manusia?

Jawabannya tentu saja "IYA". Tidak disarankan manusia melihat lampu UV aquarium secara langsung dalam waktu yang lama karena dapat menyebabkan mata bengkak dan sakit. Parahnya juga dapat menyebabkan kebutaan. Jadi usahakan untuk selalu menutup tempat lampu UV agar tidak terlihat oleh mata manusia secara langsung. Akan lebih baik lagi jika tempatnya kedap cahaya sehingga tidak ada sedikitpun cahaya yang keluar.

5. Apakah Lampu UV Membunuh Bakteri Baik?

Lampu UV aquarium tidak akan membunuh bakteri baik atau bakteri pengurai apabila diletakkan pada tempat yang benar. Yakni pada chamber terakhir dengan posisi kedap cahaya sehingga radiasi UV tidak sampai masuk ke chamber sebelumnya atau chamber media biologis. Karena pada dasarnya radiasi UV hanya akan memproses air yang meleeatinya saja. Jadi jagan takut menggunakan lampu UV apabila cara menggunakannya sudah benar.

Penutup

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai manfaat dan cara menggunakan lampu UV aquarium sebagai mendia filter kimiawi untuk tank atau kolam. Pada dasarnya semua peralatan aquarium dibuat guna menciptakan ekosistem buatan yang baik bagi hewan didalamnya. Dengan catatan, apabila anda menggunakannua sesuai aturan dan tidak asal-asalan. Jadi buat kmau yang baru mau pasang lampu UV sterilizer tidak usah khawatir akan bahayanya jika sudah mempelajari cara penggunaannya.

Manfaat dan Cara Menggunakan Lampu UV Aquarium Yang Benar