14 Ciri Online Shop Terpercaya (Olshop Asli dan Jujur)

Berbelanja online saat ini menjadi salah satu alternatif cara untuk membeli baran-barang tertentu mulai kebutuhan primer hingga kebutuhan tersier. Semakin hari jumlah pembeli online semakin naik karena akses internet dan pembayaran yang semakin mudah pula. Namun agar transaksi aman, pembeli harus berbelanja pada online shop terpercaya. Karena saat ini olshop asli dan jujur sudah sulit dibedakan dengan penipu yang berkedok jualan online.

Ciri-ciri online shop terpercaya sebenarnya dapat dengan mudah kita kenali dengan memperhatikan berbagai macam aspek penting terkait track record pelayanannya terhadap pelanggan. Pasalnya, saat ini banyak oknum-oknum pedagang online yang memanfaatkan ramainya transaksi digital untuk mencari mangsa. Jika kamu lengah, buka tidak mungkin kamu juga akan termasuk jadi salah dari korban berikutnya. Meskipun terkadang nilai transaksinya tidak begitu besar, namun kita wajib waspada.

14 Ciri Online Shop Terpercaya (Olshop Asli dan Jujur)

Ciri-ciri Online Shop Terpercaya Pada Umumnya

Ketika melakukan transaksi online, sebaiknya pelajari dulu apakah online shop tempat kamu belanja benar-benar kredibel atau tidak. Terlebih jika kamu baru pertama kali melakukan transaksi kepada olshop tersebut. Maka kewaspadaan harus lebih ekstra supaya terhindar dari penipuan. Lalu apa saja ciri-ciri online shop terpercaya pada umumnya? Simak penjelasan berikut ini.

Nomor Rekening Tidak Bermasalah

Pertama, online shop terpercaya biasanya memiliki track record nomor rekening yang baik. Ini bisa kamu cek melalui beberapa situs web laporan nomor rekening seperti cekrekening.com atau kredibel.co.id yang bisa kamu akses lewat smartphone atau PC. Jika nomor rekening tidak masuk daftar laporan penipuan, maka bisa dipastikan keamanannya untuk transaksi.

Menyediakan Rekening Bank Nasional

Salah satu fasilitas dasar yang disediakan oleh olshop dalam memudahkan transaksi adalah menyediakan rekening bank nasional. Biasanya online shop terpercaya memakai bank-bank nasional seperti BRI, BNI, BCA, Mandiri dan sejenisnya untuk transaksi karena banyak digunakan di Indonesia. Namun jika ia memakai rekening bank yang asing bagimu, sebaiknya kamu berhati-hati.

Banyak Review Baik Dari Pembeli

Ciri-ciri selanjutnya dari online shop terpercaya pasti mendapatkan banyak testimoni atau review yang baik dari para pembeli. Review ini bisa kamu temukan dalam berbagai macam bentuk entah itu screenshoot chat, komentar, atau tag postingan. Namun jangan asal percaya, kamu harus teliti terlebih dahulu karena kadang penipu memakai testimoni palsu.

Memiliki Banyak Langganan

Online shop terpercaya pada umumnya memiliki banyak sekali pelanggan. Hal ini disebabkan oleh pelayanan, kualitas produk, dan juga transaksi yang baik sehingga banyak pembeli yang cocok dan kembali lagi. Bagaimanapun juga, pelanggan adalah salah satu tolak ukur bagaimana kita mengukur kredibilitas sebuah olshop.

Lokasi Toko Yang Transparan

Olshop yang benar-benar melakukan transaksi jual beli pasti tidak segan untuk memberikan lokasi toko yang transparan kepada para konsumen. Bahkan menyampaikan alamatnya secara detail. Walaupun pada dasarnya sebuah toko online tidak perlu memiliki toko fisik, namun minimal penjual melakukan transparansi terhadap lokasi rumahnya kepada pembeli.

Harga Produk Masuk Akal

Harga produk juga bisa jadi tolak ukur apakah itu penipuan atau tidak. Kebanyakan online shop terpercaya menjual barang dengan harga tidak jauh dari pasaran. Meski terkadang jauh lebih murah ketika ada diskon. Sedangkan penipu online kebanyakan menjual barang dengan harga murah hingga tidak masuk akal. Tujuannya untuk menarik perhatian pembeli. Malah kadang juga pakai modus diskon. Jadi hati-hati dengan produk harga murah ya.

Ciri Lain Online Shop Terpercaya di Instagram dan Facebook

Setelah membahas beberapa ciri online shop terpercaya secara umum. Sekarang kita akan membahas ciri-ciri olshop asli dan jujur secara lebih spesifik yaitu yang berjualan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Seperti yang kita tahu bahwa kedua sosmed ini sekarang tidak hanya dimanfaatkan untuk komunikasi saja, namun juga untuk promosi. Lalu apa saja ciri-cirinya?

Sering Melakukan Video Review Produk

Ciri online shop terpercaya di Facebook atau Instagram adalah penjual yang sering melakukan review terhadap produk yang ia jual. Review ini biasanya berupa video yang sengaja dibuat untuk menunjukkan keistimewaan produk tersebut. Tidak hanya satu atau dua produk saja, namun dengan banyak produk. Review produk menunjukkan bahwa pedadang tersebut memiliki dagangan sendiri.

Sesekali Melakukan Live Broadcast

Selain review produk, online shop terpercaya juga sesekali melakukan live broadcast atau siaran langsung. Isinya beragam, mulai dari barang-barang baru yang datang, jumlah orderan dari pembeli, hingga aktivitas packing. Jika olshop tersebut sering berbagi terkait aktivitas jual belinya, maka bisa dipastikan bahwa kamu melakukan transaksi ditempat yang aman.

Banyak di Tag Oleh Konsumen

Facebook dan Instagram adalah sosial media yang memiliki fasilitas tag dimana satu pengguna dan lainnya bisa saling terhubung melalui labeling. Fitur ini juga bisa jadi indikator online shop terpercaya jika banyak konsumen yang melakukan tag pada toko tersebut. Biasanya, aktivitas tag dilakukan pembeli pada produk yang pernah ia beli ke toko tersebut.

Interaksi Yang Aktif

Aktivitas komunikasi yang aktif dengan pelanggan juga bisa jadi ciri-ciri sebuah online shop terpercaya. Komunikasi ini bisa lewat komentar atau mention di Facebook dan Instagram. Karena pada dasarnya, olshop penipu akan cenderung menghindari terhadap interaksi dari luar suapaya tidak dicurigai oleh para calon korbannya. Selain itu juga untuk menghindari banyaknya komplain dan respon negatif daru para korban.

Ciri Lain Olshop Terpercaya di Marketplace (Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak)

Setelah membahas ciri-ciri online shop terpercaya di sosial media seperti Facebook dan Instagram yang banyak digunakan untuk jualan, kini kita beralih ke marketplace populer seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak. Ciri-ciri olshop yang jujur ditempat ini dapat dikenai dengan ciri yang berbeda lagi. Seperti apa ciri-cirinya? Berikut ini penjelasannya.

Toko Dapat Predikat Star Seller

Predikat Star seller atau sejenisnya yang ada di marketplace bukanlah tanpa alasan, hal ini bertujuan untuk membedakan antara pedagang terbaik dan yang biasa saja. Untuk mendapat predikat star seller saja penjual harus memenuhi berbagai macam syarat sepertinya respon chat, waktu pengiriman, tingkat pembatalan dan sebagainya. Maka dari itu star seller bisa jadi ciri online shop terpercaya di marketplace.

Baca Juga:
  1. 7 Cara Agar Tidak Tertipu Belanja Online Shop di Instagram
  2. Inilah 9 Cara Belanja di Shopee Agar Aman dan Menguntungkan
  3. 10 Cara Aman Belanja Online di Instagram

Penilaian Produk Yang Baik Dari Pembeli

Di marketplace khususnya, setiap pembeli yang sudah selesai transaksi dapat melakukan penilaian terhadap produk yang dibelinya. Fasilitas ini berfungsi supaya pembeli berikutnya tahu bagaimana kualitas produk yang dijual. Nah, sebagai pembeli kamu dapat gunakan penilaian produk serta komentar dari para pembeli lain untuk mengukur apakah online shop terpercaya atau tidak. Jika banyak penilaian positif, artinya aman untuk transaksi.

Waktu Pengemasan Produk Cepat

Selain dari segi penilaian, waktu pengemasan produk yang cepat juga bisa jadi pertanda bahwa online shop terpercaya. Produk yang segera dikemas menunjukkan kredibilitas dari penjual dalam melayani pembelinya. Ini juga bisa jadi indikator bahwa barang yang dijual benar-benar ada di tangan penjual yang sewaktu-waktu bisa dikirim jika ada yang membeli.

Respon Chat Dalam Hitungan Menit

Terakhir, ciri online shop terpercaya di marketplace adalah respon chat yang cepat seperti halnya pengemasan produk. Namun ini bukan ciri mutlak karena jika sebuah olshop memiliki banyak pelanggan, maka respon chat jauh lebih lama karena harus antri dibalas admin. Jadi meskipun dibalas lama, jika chatmu direspon dengan baik, maka olshop tersebut bisa dikategorikan aman untuk transaksi.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai berbagai macam ciri-ciri online shop terpercaya pada umumnya dan diberbagai macam platform seperti sosial media ataupun tempat jual beli resmi seperti marketplace. Dengan mengetahui ciri dari olshop asli dan jujur, diharapkan kami benar-benar selektif terhadap toko online agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih jika nilai transaksi yang akan dilakukan cukup besar, maka perlu adanya kewaspadaan lebih terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

14 Ciri Online Shop Terpercaya (Olshop Asli dan Jujur)