Inilah 9 Cara Belanja di Shopee Agar Aman dan Menguntungkan

Kehadiran marketplace ditengah maraknya berbagai kasus penipuan yang berkedok jual beli online seakan memberikan angin segar kepada para masyarakat khususnya para pembeli online. Hadirnya marketplace dapat menjadi sebuah alternatif tempat belanja di internet yang lebih aman dan terpercaya. Salah satu marketplace yang kini sedang naik daun adalah Shopee.

Shopee menjadi marketplace yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat karena berbagai penawaran menarik yang mereka sediakan. Tak heran jika e-commerce dengan logo keranjang belanja berwarna orange ini menjadi salah satu tempat belanja online favorit khususnya masyarakat Di indonesia. Agar lebih aman dan menguntungkan, belanja di shop dapat dilakukan dengan beberapa cara yang baik dan benar tentunya.

Gambar Inilah 9 Cara Belanja di Shopee Agar Aman dan Menguntungkan

Belanja di shope agar aman dan menguntungkan selalu dilakukan oleh mereka yang masih pemula dan sedang mencoba untuk membeli barang secara online. Ini adalah hal wajar mengingat konsumen memiliki hak yang untuk mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Akan tetapi hal itu bukanlah menjadi sebuah masalah lagi karena marketplace ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang memudahkan setiap pembeli yang berkunjung.

Cara Belanja Aman dan Menguntungkan di Shopee Bagi Pemula

Setiap pembeli online pasti menginginkan sebuah transaksi yang aman serta menginginkan belanja yang lebih menguntungkan dimanapun tempatnya. Termasuk mereka yang memilih Shopee sebagai tempat berbelanja secara online. Karena belanja online jauh berbeda dengan belanja offline, maka kehati-hatian tetap menjadi prioritas utama.  Berikut ini adalah 9 cara yang dapat dilakukan ketika belanja di Shopee agar aman dan menguntungkan.

Gunakan Kolom Pencarian

Ketika belanja di Shopee sedangkan anda tidak mengetahui dimana letak barang yang dibutuhkan, anda dapat menggunakan kolom pencarian dibagian atas halaman untuk mencari barang yang dibutuhkan. Caranya tinggal ketikan saja nama barang yang ingin anda cari kemudian tekan enter. Disitu akan akan muncul berbagai produk yang relevan dengan kata kunci yang anda ketikan pada kolom pencarian.

Manfaatkan Fitur Filter

Jika hasil pencarian masih kurang spesifik, maka anda dapat memanfaatkan fitur filter yang sudah disediakan oleh Shopee untuk menyaring produk sesuai dengan kebutuhan. Disitu anda dapat menyaring produk yang muncul berdasarkan kategori, asal pengiriman, jasa pengiriman, tipe penjual, penilaian, program promosi, hingga batas harga. Fitur tersebut dapat anda manfaatkan untuk menemukan barang yang dicari secara lebih detail.

Perhatikan Reputasi Pedagang

Saat anda belanja di Shopee agar lebih aman dan menguntungkan, coba perhatikan reputasi pedagang yang menjual produk tersebut. Memang disana terdapat banyak produk yang sama namun dengan penjual yang berbeda-beda. Nah, tugas anda disini adalah memilih penjual terbaik dari sisi pelayanan, ketersediaan barang, ongkir dan lain-lain. Usahakan untuk memilih pedagang dengan predikat star seller atau yang memiliki nilai bagus.

Pilih Barang Dengan Harga Terbaik

Memilih barang dengan harga terbaik merupakan satu cara belanja di Shopee agar aman dan menguntungkan. Belilah produk dengan harga yang paling murah namun tetap dengan mempertimbangkan reputasi penjualnya. Memilih barang dengan harga murah ketika belanja di Shopee tidak masalah, yang penting anda harus tetap memastikan bahwa penjual tersebut memiliki ulasan baik serta nilai yang bagus.

Baca Deskripsi Produk Dengan Teliti

Melakukan belanja online seperti di Shopee memang sangat jauh berbeda dengan berbelanja di toko. Anda tidak dapat melihat barang yang akan anda beli secara langsung serta memperhatikan kualitasnya dengan seksama. Disana hanya disediakan beberapa deskripsi sebagai informasi tambahan yang dapat anda jadikan pegangan. Maka dari itu, bacalah deskripsi produk tersebut dengan teliti agar anda mengenal betul produk tersebut.

Baca Juga:
  1. Daftar Gratis Ongkir Shopee Selalu Gagal? Ini Cara Mudah Untuk Mengatasi
  2. 10 Cara Menghemat Uang Belanja Supaya Tidak Boros 
  3. 10 Cara Aman Belanja Online di Instagram

Utamakan Barang Yang Gratis Ongkir

Satu lagi fitur yang membuat Shopee menjadi favorit para pembeli online adalah adanya program gratis ongkir. Manfaatkan dengan baik program gratis ongkir dari Shopee ini ketika belanja. Biasanya untuk mendapatkan penawaran gratis ongkir, anda dikenakan batas minimum pembelian yaitu antara 70-120 ribu. Jika anda akan membeli barang yang harganya diatas nilai tersebut, pilihlah barang yang gratis ongkir agar lebih menguntungkan.

Tanyakan Informasi Yang Kurang Jelas

Cara lain yang tidak boleh anda lewatkan ketika belanja di Shopee agar aman dan menguntungkan yakni menanyakan informasi yang kurang jelas kepada penjual terlebih dahulu. Anda dapat bertanya dan menggali informasi yang tidak tertera pada deskripsi produk yang dibuat oleh penjual. Ini adalah hal yang sangat penting agar anda lebih mengenal kualitas barang yang akan dibeli. Jangan sungkan mengajukan pertanyaan kepada penjual melalui fitur chat yang tersedia.

Pertimbangkan Ulasan Pembeli Lain

Meski sudah memenuhi berbagai langkah diatas, jangan langsung memutuskan untuk membeli barang yang sudah anda dapatkan. Satu lagi pertimbangan yang harus anda lakukan adalah dengan melihat berbagai ulasan pembeli lain. Pastikan penjual yang anda percaya memiliki banyak ulasan positif dan tidak pernah memiliki masalah baik itu dari barang yang dijual maupun proses pengiriman.

Pilih Metode Pembayaran Paling Mudah

Pembayaran biasanya menjadi hal yang rumit bagi mereka yang masih pemula. Mudah atau sulit itu relatif tergantung dari pengetahuan yang dimiliki. Biasanya Shopee telah menyediakan berbagai cara pembayaran seperti melalui kartu kredit, melalui indomaret, transfer bank dan lain-lain. Pilihlah satu metode pembayaran yang anda anggap paling gampang. Ini akan memudahkan anda dalam menyelesaikan proses transaksi.

Penutup
Memang sudah sepantasnya seorang pembeli sangat teliti ketika berbelanja online. Bagaimanapun juga, tempat belanja online paling aman adalah marketplace seperti Shopee. Meski bisa dibilang mudah, namun jangan terlalu ceroboh ketika melakukan jual beli di Shopee. Anda dapat melakukan 9 cara belanja di Shopee agar aman dan menguntungkan seperti yang sudah disebutkan diatas sebagai upaya untuk mendapatkan kepuasan dalam transaksi online.

Inilah 9 Cara Belanja di Shopee Agar Aman dan Menguntungkan