Daftar Gratis Ongkir Shopee Selalu Gagal? Ini Cara Mudah Untuk Mengatasi

Tak bisa dipungkiri kehadiran marketplace di era digital seperti sekarang ini sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi online. Dengan munculnya marketplace yang menawarkan keamanan dalam berbelanja online membuat kekhawatiran pembeli akan penipuan yang berkedok online shop bisa terhindarkan. Di Indonesia sendiri sudah banyak marketplace yang dikenal oleh masyarakat dan pedagang online salah satunya adalah Shopee.

Shopee adalah salah satu marketplace yang belum lama berdiri. E-commerce berlogo keranjang belanja berwarna orange ini pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 2016. Namun hanya dalam waktu singkat menjadi fenomenal dan dengan cepat mampu merebut hati masyarakat karena fiturnya yang sangat disukai oleh para pembeli online, yaitu gratis ongkos kirim atau biasa disingkat ongkir.

Gambar Cara Mengatasi Daftar Gratis Ongkir Shopee Selalu Gagal

Ongkos kirim atau ongkir adalah salah salah satu bagian dari transaksi online yang harus dibayarkan oleh pembeli sebagai imbalan untuk jasa pengiriman barang. Besarnya tarif ongkir bermacam-macam tergantung pada jarak lokasi antara penjual dan pembeli itu sendiri. Selama ini ongkir kerap menjadi penyebab enggannya orang berbelanja online karena harus mengeluarkan biaya tambahan. Maka dari itu dengan adanya fitur gratis ongkir dari Shopee memiliki pengaruh besar terhadap meningkatnya minat masyarakat terhadap transaksi online.

Fitur gratis ongkir yang ada di Shopee tidak hanya dimanfaatkan dengan baik oleh pembeli, namun juga digunakan secara maksimal oleh penjual untuk menarik minat beli para konsumennya. Tidak heran jika setiap pemilik online shop di Shopee selalu mendaftarkan diri untuk mengikuti program gratis ongkir tersebut.

Namun sayang, untuk mendapatkan fitur ini tidaklah mudah. Meski biasanya langsung mendapat saran untuk mengikuti program gratis ongkir ketika baru membuat toko di Shopee, tapi seorang pemilik online shop tidak serta merta bisa daftar dengan mudah. Rata-rata dari mereka banyak yang mengeluh dan merasa kesulitan karena verifikasi yang dilakukan selalu gagal.

Sebenarnya, untuk mendaftar gratis ongkir di shope agar tidak selalu gagal dapat dihindari. Asalkan kita mengikuti dengan baik petunjuk yang sudah disarankan, maka kita akan bisa mendapatkan fitur gratis ongkir untuk online shop kita. Beberapa orang memang mengaku kesulitan dalam mendaftar sehingga selalu gagal, wajar saja karena mereka melalaikan beberapa hal.

Persyaratan Untuk Mengikuti Program Gratis Ongkir di Shopee

Untuk bisa mendapatkan fitur gratis ongkir di Shopee, seorang penjual online harus memenuhi persyaratan untuk mendaftar. Dari pihak Shopee sendiri tidak memberikan persyaratan yang sulit dan muluk-muluk. Sebagai pedagang, kita memang dimudahkan oleh mereka untuk daftar fitur gratis ongkir tersebut dengan dua syarat mudah. Berikut ini adalah dua persyaratan yang harus kita penuhi ketik daftar gratis ongkir di Shopee.

Nomor KTP

Syarat pertama ketika ingin daftar program gratis ongkir, anda diwajibkan untuk mengisi nomor kartu tanda penduduk (KTP) atau yang biasa tercantum di KTP dengan nama NIK (Nomor Induk Kependudukan). Nomor KTP atau NIK terdiri atas 16 digit angka acak yang menunjukkan nomor dari identitas anda. Setiap KTP memiliki nomor yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Foto Wajah dan KTP

Syarat yang kedua adalah foto wajah beserta KTP. Kita diwajibkan untuk mengambil foto wajah bersamaan dengan KTP dipegang ditangan. Silahkan Lihat contoh yang sudah disediakan pada kolom disebelah kolom upload foto. Pada foto tersebut terlihat seorang wanita yang memegang KTP ditangannya.

Penyebab Daftar Gratis Ongkir di Shopee Selalu Gagal dan Tidak Berhasil

Ketidakberhasilan ketika verifikasi pendaftaran gratis ongkir di Shopee bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa prosedur yang tidak dapat kita penuhi dengan baik sehingga menyebabkan daftar ongkir selalu gagal. Memang jika di pikir-pikir semua persyaratan sudah kita penuhi, namun sebenarnya secara tidak sadar kita melakukan beberapa kelalaian yang tidak pernah kita sadari. Berikut ini adalah beberapa penyebab daftar gratis ongkir di shopee selalu gagal dan tidak berhasil.

Salah Nomor KTP

Ketika anda pertama kali daftar gratis ongkir di Shopee, cobalah untuk meneliti nomor KTP yang anda ketik pada kolom pendaftaran dengan KTP yang terdapat pada foto. Keduanya harus sesuai antara satu sama lain dan tidak ada perbedaan. Salah dalam memasukkan nomor KTP pada kolom pendaftaran merupakan salah satu penyebab daftar gratis ongkir di Shopee gagal dan tidak berhasil. Untuk itu pastikan nomor KTP sama persis dengan foto yang digunakan.

Menggunakan KTP Palsu

Penggunaan KTP palsu juga dapat mempengaruhi gagalnya pendaftaran gratis ongkir di Shopee. Meski kita hanya disuruh untuk mengunggah sebuah foto KTP tapi bukan berarti kita dapat mengelabuhi pihak Shopee dengan menggunakan kartu identitas palsu. Penggunaan KTP palsu akan membuat verifikasi menjadi tidak berhasil dan pastinya akan ditolak mentah-mentah. Jangan sekali-kali menggunakan KTP palsu ketika daftar gratis ongkir di Shopee.

Foto Verifikasi Buram

Mengunggah foto yang buram akan membuat KTP tidak terlihat dengan jelas sehingga akan mempersulit proses verifikasi. Beberapa data yang ada di KTP anda seperti NIK, nama, alamat, pekerjaan, kewarganegaraan dan lain-lain sangat dibutuhkan oleh tim Shopee untuk verifikasi pendaftaran program gratis ongkir yang anda ikuti. Foto yang terlalu silau dan pantulan cahaya juga dapat membuat KTP menjadi tidak jelas.

Resolusi Foto Terlalu Besar

Ini adalah faktor terakhir yang tidak pernah disadari oleh banyak orang. Foto dengan kulitas HD serta resolusi yang tinggi memang sangat bagus. Hasil jepretan kamera seperti ini biasanya akan nampak jelas dan detail. Namun sayang, ketika di upoad di Shopee foto tersebut akan menjadi tidak jelas alias buram. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Baca terus artikel ini hingga selesai.

Baca Juga:
  1. Mudah! Inilah 8 Cara Meyakinkan Pembeli Online Agar Mau Beli
  2. Tips Sukses Berjualan Online Supaya Cepat Laku dan Laris 
  3. Cara Promosi Online Shop Secara Efektif di Facebook

Langkah Mudah Daftar Gratis Ongkir di Shopee Agar Tidak Selalu Gagal

Untuk daftar gratis ongkir di Shopee sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah sekali. Asalkan mengikuti instruksi dengan benar, kita dapat melakukan pendaftaran dan langsung berhasil dalam satu kali percobaan. Pada laman pendaftaran sudah tertera instruksi yang sangat jelas untuk kita iktuti. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk daftar gratis ongkir di Shopee agar tidak selalu gagal.

Isi Nomor KTP Dengan Benar

Pertama, isilah kolom  nomor KTP sesuai dengan nomor NIK yang sudah tertera pada KTP anda. Gunakan nomor NIK yang sama dengan KTP yang akan anda gunakan untuk ambil foto. Pastikan Nomor NIK anda terdiri dari 16 digit. Cek sekali lagi, pastikan sudah benar.

Ambil Foto Wajah Beserta KTP Dalam Satu Frame

Kedua, ambil foto wajah anda beserta KTP dengan cara memegangnya dibagian depan badan anda. Ambil foto dengan cara menfokuskan lensa ke arah NIK pada KTP sehingga nomor tersebut dapat terbaca dengan jelas. Usahakan foto tersebut benar-benar menampilkan seluruh data yang ada di KTP dengan jelas dan tidak buram. Hindari pantulan cahaya berlebihan agar tidak silau.

Perkecil Resolusi Foto Terlebih Dahulu

Jangan terburu-buru mengunggah foto yang baru saja anda ambil. Foto dari kamera smartphone maupun kamera digital memiliki resolusi yang tinggi, biasanya diatas 3000 px. Artinya resolusi foto tersebut terlalu besar sehingga jika langsung di upload akan menjadi pecah yang menyebabkannya terlihat buram. Jika ini terjadi maka anda akan mendapat notifikasi “Pendaftaran Program Gratis Ongkir kamu belum dapat kami proses karena Nomor KTP di Foto Kurang Jelas. Silahkan daftar ulang dengan lampiran info KTP kamu disini”.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, ternyata cara mengatasinya cukup mudah. Anda hanya cukup mengecilkan resolusi foto yang anda ambil tadi ke ukuran yang lebih kecil. Caranya adalah dengan menggunakan berbagai macam aplikasi edit foto yang sudah tersedia di Playstore. Disini anda disarankan untuk mengubah foto ke dalam resolusi berbentuk persegi yaitu 700 x 700 px agar foto tidak pecah.

Sebelum memencet tombol kirim, tinjau dahulu foto tersebut dengan menyentuh foto yang sudah anda unggah kemudian pilih “lihat”. Jika foto yang ditinjau sudah nampak jelas dan tidak buram, maka foto tersebut sudah dapat digunakan untuk verifikasi daftar gratis ongkir di Shopee.

Upload Foto dan Cheklist S&K

Setelah memastikan foto yang anda unggah nampak jelas terlihat nomor KTP dan datanya, jangan lupa untuk memencet tanda centang sebagai pernyataan persetujuan bahwa anda daftar program gratis ongkir di Shopee dan mau mematuhi segala Syarat dan ketentuannya. Setelah itu tap tombol kirim yang ada pada bagian bawah laman. Selamat, pendaftaran anda sudah terkirim.

Tunggu Proses Verifikasi

Jika pendaftaran sudah terkirim, maka anda akan mendapat pemberitahuan bahwa pengajuan pendaftaran anda akan diproses selama kurang lebih satu kali hari kerja. Tunggu sampai notifikasi berikutnya anda terima selang beberapa jam kemudian. Selamat! Daftar gratis ongkir di Shope anda sudah berhasil.

Daftar Gratis Ongkir Shopee Selalu Gagal? Ini Cara Mudah Untuk Mengatasi