Mudah! Inilah 8 Cara Meyakinkan Pembeli Online Agar Mau Beli

Dijaman yang serba canggih seperti saat ini, berbelanja sudah tidak lagi dilakukan secara konvensional dengan datang ke tempat belanja, namun dapat dilakukan dengan menggunakan sistem online yang memanfaatkan jaringan internet dan gadget. Perpindahan cara transaksi ini juga sangat dipengaruhi oleh para pedagang yang menjual barangnya secara online. Tak heran jika pembeli online terus meningkat jumlahnya seiring dengan populernya online shop.

Bagi mereka yang menjalankan bisnis online, sangat diuntungkan dengan kondisi seperti ini. Akan tetapi, kemudahan transaksi online masih menyisakan persoalan bagi mereka salah satunya adalah sulitnya meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja di online shop miliknya. Ini adalah masalah klasik yang sering dijumpai oleh para pedagang online sejak lama.

Gambar Mudah! Inilah 8 Cara Meyakinkan Pembeli Online Agar Mau Beli

Ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa meyakinkan pembeli online agar mau beli itu cukup sulit. Isu yang paling sering muncul ke permukaan adalah banyaknya penipuan dengan berkedok pedagang online. Banyaknya kasus penipuan di internet cukup membuat resah para pembeli online maupun para pedagang online yang benar-benar berjualan. Hingga pada akhirnya membuat citra buruk transaksi jual beli online.

Cara Meyakinkan Pembeli Online Agar Mau Berbelanja di Online Shop Kita

Banyaknya orang yang tidak percaya terhadap transaksi online harus mampu diatasi oleh para pedagang online. Jika dibiarkan, ketidakpercayaan tersebut dapat menjadi masalah yang membuat pembeli mengurungkan niatnya untuk berbelanja. Sebagai pedagang online, kita harus mampu meyakinkan konsumen agar mau beli. Berikut ini adalah 8 cara yang bisa anda lakukan untuk meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja di online shop kita.

Lengkapi Profil Akun Online Shop

Pembeli online biasanya akan lebih percaya terhadap online shop yang jelas asal-usulnya. Online shop yang dapat dipercaya selalu melengkapi profil akun mereka mulai dari nama, alamat, nomor rekening, produk yang dijual dan lain sebagainya. Melengkapi profil akun online shop dapat meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja di online shop kita. Sebisa mungkin berikan informasi yang benar sesuai dengan kenyataannya.

Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Selama ini testimoni atau ulasan dari pelanggan sering digunakan oleh para pelaku bisnis online untuk meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja. Seperti yang kita tahu bahwa hampir setiap online shop yang ada di media sosial selalu mengunggah gambar-gambar tangkapan layar percakapan dan komentar dari para konsumennya yang bernada positif. Cara ini sangat efektif dalam meraih kepercayaan pembeli karena dianggap sebagai bukti yang valid.

Berjualan Secara Jujur

Sebagai seorang penjual online, berusahalah untuk selalu bersikap jujur kepada seluruh konsumen yang berbelanja. Junjung tinggi kejujuran kapanpun dan kepada siapapun. Sangat penting bagi kita untuk berjualan dengan apa adanya tanpa memberi informasi yang tidak benar. Para pembeli akan sangat menyukai online shop yang jujur. Ini adalah bagian dari strategi membangun kepercayaan supaya lebih mudah untuk meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja.

Jangan Gunakan Akun Pribadi

Sebuah kesalahan yang umum dilakukan oleh para penjual online yang masih pemula adalah menggunakan akun media sosial pribadi untuk berjualan. Padahal cara ini sangat membatasi mereka dalam berjualan online serta tidak dapat menjangkau pasar lebih luas. Menggunakan akun pribadi untuk berjualan online sangat tidak dianjurkan karena tidak terlihat profesional. Inilah sebab kenapa sulit untuk meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja kepada mereka.

Baca Juga:
  1. 7 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Kita
  2. 5 Cara Mempengaruhi Pembeli Agar Berbelanja Lebih Banyak 
  3. Tips Mendapatkan Banyak Pembeli dan Meningkatkan Penjualan Online Shop

Perbanyak Barang Dagangan

Memiliki banyak produk berarti memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Ini hanya dikhususkan untuk mereka yang menjalankan bisnis ritel di online shop. Banyaknya barang dagangan yang dijual membuat konsumen berfikir bahwa akun tersebut benar-benar berjualan. Pedagang yang memajang banyak produk pada akun online shop biasanya akan lebih mudah meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja.

Mudahkan Proses Transaksi

Dalam upaya meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja di online shop kita, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah memudahkan proses transaksi. Seperti yang kita tahu bahwa kemudahan transaksi adalah faktor yang selalu dipertimbangkan oleh para konsumen. Transaksi yang mudah meliputi banyak hal seperti memberi beberapa pilihan rekening, menyediakan beberapa cara pembayaran seperti COD serta proses pembelian yang tidak ribet.

Memberi Pelayanan Terbaik

Tidak bisa dipungkiri bahwa pelayanan menjadi satu daya tarik tersendiri bagi sebuah online shop. Mereka yang mampu memberi pelayanan terbaik untuk para konsumennya selalu mendapat respon positif dari para pelanggannya. Pelayan terbaik meliputi banyak hal seperti respon cepat, mudah dipahami, tidak berbelit, ramah dan lain-lain. Tak heran jika pelayanan yang baik selalu mampu meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja.

Gunakan Sistem Rekber

Ketakutan yang paling menghantui para pembeli online adalah ketika mereka sudah mentransfer sejumlah uang, namun barang yang dibeli tidak kunjung dikirim. Untuk mengatasi masalah semacam ini, terciptalah sistem rekening bersama atau disingkat rekber. Artinya, Transaksi antara penjual dan pembeli melibatkan pihak ketiga.

Cara ini agak sulit diterapkan jika tidak ada jasa rekber yang benar-benar profesional. Biasanya sistem rekber seperti ini sudah tersedia di berbagai marketplace. Dengan menggunakan rekber, pembeli tidak perlu khawatir akan penipuan. Penjual yang menggunakan sistem ini lebih mudah meyakinkan pembeli online agar mau berbelanja.

Penutup
8 cara meyakinkan pembeli online seperti yang sudah disebutkan diatas dapat dijadikan solusi agar konsumen mau berbelanja di online shop kita. Mengedukasi konsumen supaya tidak takut berbelanja online memang sudah menjadi tugas para pelaku bisnis online. Dalam meyakinkan pembeli online, kita harus tetap menjaga kejujuran dalam berdagang. Selalu berikan pengalaman baik bagi setiap konsumen agar mereka tidak takut belanja secara online.

Mudah! Inilah 8 Cara Meyakinkan Pembeli Online Agar Mau Beli