Tips Mendapatkan Banyak Pembeli dan Meningkatkan Penjualan Online Shop

Setiap pedagang selalu menginginkan barang dagangannya laku terjual dan laris. Segala upaya mereka lakukan agar bisa mendapatkan banyak pembeli dan meningkatkan penjualan. Berbagai macam trik dan strategi marketing pun dirancang supaya pemasaran bisa meluas dan menjangkau banyak kalangan. Mendapatkan banyak pelanggan untuk memperoleh omzet yang tinggi adalah kewajiban setiap pelaku usaha perdagangan supaya bisa mendapatkan keuntungan yang sudah ditargetkan.

Begitu pula dengan para pelaku bisnis online shop yang persaingannya semakin ketat akibat meningkatnya jumlah pedagang online dari hari  ke hari. Kondisi ini menyebabkan munculnya jenis-jenis cara promosi baru yang digunakan oleh pebisnis online dalam berjualan untuk menarik hati para pelanggan. Promosi dengan menggunakan kata-kata untuk menarik pelanggan adalah salah satu cara yang mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, para pelaku bisnis online menciptakan strategi-strategi baru yang dianggap lebih efektif.

Gambar Tips Mendapatkan Banyak Pembeli dan Meningkatkan Penjualan Online Shop

Tips Mendapatkan Banyak Pembeli dan Meningkatkan Penjualan Online Shop


Memiliki banyak pembeli adalah dambaan setiap pedagang online. Mereka selalu berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru dan berupaya untuk mempertahankan pelanggan lama. Oleh karena itu, segala macam terobosan baru  selalu dihadirkan untuk memanjakan para pelanggan. Berikut ini adalah beberapa terobosan selain promosi sebagai alternatif cara untuk mendapatkan banyak pembeli dan meningkatkan penjualan online shop.

Diskon

Sering kali kita mendengar kata diskon di berbagai kegiatan jual beli. Apalagi di tempat perbelanjaan modern, disana tulisan diskon sering sekali dipajang dengan ukuran sangat besar. Hal ini tentu memiliki maksud tujuan tertentu. Apalagi kalau bukan menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Strategi lama ini selalu eksis dari waktu ke waktu.

Diskon merupakan strategi marketing yang memberikan potongan harga tertentu pada satu atau beberapa barang yang dijual. Biasanya diskon dituliskan menggunakan presentase seperti 10%, 25%, 40% dan seterusnya. Maksudnya adalah harga asli barang akan dipotong dengan besarnya presentase dari diskon tersebut. Misalnya ada sepotong kemeja bertuliskan diskon 20%, jika harga aslinya adalah Rp. 100.000,- maka kita hanya membayar sebesar Rp. 80.000,- saja karena kita mendapat potongan  sebesar 20% dari harga awal.

Hampir semua pedagang pernah memakai trik ini pada saat berjualan untuk menarik minat pembeli agar mau bertransaksi. Selain itu, diskon barang dengan harga murah sering dilakukan oleh pelaku bisnis yang baru membuka toko untuk menarik minat pembeli baru dan meramaikan toko tersebut. Strategi marketing ini sering dilakukan dan dianggap efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko tersebut.

Cash Back

Akhir-akhir ini sering kita jumpai promo dengan istilah cash back. Jika diartikan dari segi bahasa, artinya kita mendapat uang kembali. Biasanya dalam sistem promo ini, pembeli yang berbelanja suatu barang akan mendapatkan uang kembali dalam jumlah tertentu namun besarannya tidak lebih tinggi dari harga barang tersebut. Trik marketing ini pada dasarnya hampir sama dengan diskon, namun lebih dimodifikasi sedikit untuk membuat kesan dan nuansa cara promo baru.

Promo cash back dapat dijumpai pada penjualan produk-produk seperti gadget, barang elektronik, kendaraan, apartemen dan masih banyak lagi. Dengan memberikan iming-iming uang kembali kepada konsumen, trik ini terbukti ampuh dalam meluluhkan hati pembeli agar mau membeli produk yang ditawarkan. Dalam berjualan online, trik ini bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Sudah banyak pedagang online yang menerapkan promo ini dan hasilnya juga memuaskan.

Giveaway

Bagi penggila sosial media terutama yang sering mengikuti suatu online shop atau laman sebuah produk pasti tidak asing lagi dengan istilah giveaway. Memang istilah ini memang tidak sepopuler diskon dan cash back karena memang yang menggunakan strategi marketing ini jumlahnya terbatas dan rentang waktunya jarang. Makanya masih banyak beberapa diantara kita yang masing asing mendengar kata ini.

Giveaway adalah sebuah kegiatan yang digelar oleh suatu pihak tertentu dengan melibatkan konsumen atau pembeli untuk berpartisipasi. Kegiatan ini biasanya memberikan sebuah hadiah gratis kepada para peserta yang berpartisipasi. Hadiah yang diberikan pun ada bermacam-macam tergantung dari pihak penyelenggara. Biasanya berupa produk sejenis, voucher belanja, atau uang tunai. Namun hadiah tersebut tidak diberikan secara cuma-cuma, namun ada syarat dan peraturan tertentu dalam permainan yang harus diikuti dan dilakukan oleh para pesertanya.

Kegiatan giveaway sering dilakukan oleh banyak online shop untuk memperluas jaringannya. Biasanya permainan giveaway di online shop dibuat dengan beberapa syarat dan peraturan yang mewajibkan para pesertanya untuk ikut mempromosikan produk yang dijual atau mengajak orang sebanyak-banyaknya agar mengunjungi laman online shop sehingga dapat mengenalkan kepada orang baru secara tidak langsung.

Semakin besar hadiah yang ditawarkan kepada para peserta, maka semakin banyak pula orang yang mau mengikuti kegiatan ini. Namun sayang, adanya kegiatan ini sering dimanfaatkan oleh segelintir orang hanya untuk mendapatan hadiahnya saja. Dalam artian ia hanya mengikuti kegiatannya namun tidak pernah berkontribusi apalagi membeli barang toko online yang mengadakan kegiatan tersebut. Hal ini perlu diwaspadai ketika online shop kita sedang mengadakan kegiatan giveaway kepada para pelanggan.

Gratis Ongkos Kirim

Pada saat shopee berdiri pada tahun 2015, marketplace tersebut membuat gebrakan baru di era e-commerce dengan penawaran gratis ongkos kirim terhadap para pembelinya. Meskipun ongkos kirim yang ditawarkan tidak sepenuhnya gratis, melainkan hanya subsidi untuk jumlah tertentu, namun inovasi ini dapat booming dan menjadi primadona masyarakat yang berbelanja online.
Semenjak terobosan baru tersebut banyak masyarakat yang mulai mencoba berbelanja online sehingga mengakibatkan jumlah transaksi online di indonesia mengalami peningkatan tajam. Selain itu, kepercayaan masyarakat terhadap online shop juga semakin tinggi. Memang jika dilihat dari pengalaman sebelumnya, hal yang memberatkan orang ketika berbelanja online adalah ongkos kirimnya.

Dari fakta diatas dapat disimpulkan bahwa penawaran gratis ongkos kirim sangat mempengaruhi masyarakat untuk berbelanja online. Oleh karena itu, membuat penawaran gratis ongkir pada toko online kita, merupakan salah satu strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Susunlah rencana agar bisa membuat penawaran gratis ongkir namun tidak mengurangi jumlah keuntungan itu sendiri.

Voucher Belanja

Ketika berbelanja di pasar modern seperti swalayan atau supermarket, kita sering mendapati promo voucher belanja yang diberikan oleh pihak pasar modern tersebut. Voucher belanja biasanya bisa didapatkan oleh pembeli dengan berbelanja berbagai macam barang pada toko yang sama dengan batas minimal pembelian tertentu. Meskipun voucher bisa digunakan untuk belanja gratis, namun tidak serta merta bisa digunakan untuk semua barang. Biasanya ada jumlah batas nominal tertentu untuk setiap voucher belanja.

Strategi ini bisa juga diterapkan kepada online shop yang sedang kita tekuni. Dengan membuat promo voucher belanja, kita dapat memancing lebih banyak pembeli untuk berbelanja dengan jumlah lebih banyak. Sudah banyak online shop yang sukses menerapkan strategi ini dan hasilnya mampu menjaring jumlah pembeli lebih banyak.

Bayar Ditempat

Salah satu yang membuat orang malas berbelanja online adalah sistem pembayaran yang harus trasfer. Bagi mereka yang tidak dapat melakuakn m-bangking, maka pembayaran harus dilakukan melalui ATM ataupun teller di bank. Bagi sebagian orang hal ini cukup rumit dan merepotkan. Oleh karena beberapa orang tidak mau berbelanja secara online.

Dari pengalaman buruk para pembeli online tersebut, kita dapat memanfaatkan situasi dengan memberikan fasilitas bayar ditempat. Sistem ini tidak mengharuskan pembeli untuk melakukan pembayaran dengan transfer namun tagihan bisa dibayarkan ketika barang sudah sampai ditangan. Fitur bayar ditempat seperti ini juga sudah diterapkan oleh marketplace seperti Lazada untuk mempermudah proses transaksi pembeli.

Paid Promote

Jasa paid promote adalah layanan promosi berbayar yang dilakukan oleh orang terkenal atau public figure yang mempunyai akun media sosial dengan jumlah pengikut sangat banyak. Salah satu medai sosial yang menjadi favorit untuk paid promote adalah instagram. Untuk menggunakan jasa ini, kita harus membayar orang yang mendiakan jasa paid promote. Tarif yang dipatok antara satu dan yang lainnya berbeda tergantung dari jumlah pengikut dan efektifitas promosi.

Kita dapat menggunakan jasa seperti ini untuk memperluas jaringan online shop supaya lebih dikenal. Beberapa orang yang sudah berpengalaman mencoba jasa ini, hasilnya bisa dibilang cukup bagus untuk mengenalkan online shop kepada orang-orang baru. Online shop yang sudah dikenal banyak orang maka penjualannya akan mengalami peningkatan karena kepercayaan konsumen yang tinggi.

Endorsement

Sering kita mendengar istilah endorse di beberapa kesempatan transaksi jual beli. Endorsement adalah promosi yang dilakuakan oleh orang terkenal yang memiliki banyak pengikut di sosial media dengan cara kita memberikan sebuah produk atau barang yang dijual kepada orang tersebut untuk dipakai dan di promosikan. Bedanya dengan paid promote, kita tidak mengeluarkan uang untuk membayar jasanya, namun memberikan barang kita untuk diperagakan.

Penutup
Itulah tips-tips yang dapat di terapkan kedalam online shop untuk mendapatkan banyak pembeli dan meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan trik dan strategi khusus, kita dapat memenangkan persaingan ditengah ketatnya kompetisi bisnis online saat ini. Semakin banyak cara yang kita gunakan, maka semakin besar pula kesempatan untuk menang. Yang terpenting dalam melakukan bisnis jual beli online adalah menarik pembeli baru sebanyak-banyaknya agar keberadaan online shop tetap terjaga. Jangan pernah takut untuk memerikan sesuatu yang baru karena salah satu ciri pebisnis sukses adalah mempu berinovasi dan melalukan terobosan.

Tips Mendapatkan Banyak Pembeli dan Meningkatkan Penjualan Online Shop