8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris

Banyak sekali sarana promosi yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk dari sebuah online shop supaya laku dan laris salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial. Peran media sosial bisa dikatakan sangat penting dalam dunia jual beli online karena menjadi salah satu wadah bertemunya penjual dan pembeli di era modern ini. Banyaknya masyarakat dari berbagai kalangan yang menggunakan media sosial menjadikannya sasaran empuk bagi para pemilik online online untuk menjual dagangannya. Media sosial dinilai menjadi salah satu tempat efektif untuk mempromosikan barang secara langsung kepada masyarakat.

Kekuatan media sosial didalam dunia jual beli online masih digolongkan sebagai sumber pendapatan besar bagi pedagang online. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pedagang online yang mampu meraih untung jutaan rupiah setiap bualannya. Banyak penulis buku yang mengulas tentang segudang rahasia berjualan online di media sosial mengindikaasikan bahwa media sosial memiliki daya pikat dan daya tarik cukup bersar dalam mensukseskan transaksi online.

Selain itu, penggunaan media sosial sebagai sarana promosi merupakan sebuah hal yang mudah dan murah. Hanya dengan membuat akun sebuah media sosial, siapa saja dapat mempromosikan barang dagangannya kepada masyarakat luas tanpa dipungut biaya apapun. Satu-satunya modal yang diperlukan hanyalah kuota atau paket data untuk bisa terhubung ke jaringan internet. Karena kemudahan dan kemurahan yang ditawarkan oleh media sosial itulah yang membuatnya menjadi tujuan utama para pedagang online untuk berpromosi.

Gambar Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris

8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris


Melakukan promosi toko online di  media sosial tidak bisa dilakukan secara asal-asalan saja. Ada beberapa strategi yang perlu dilakukan supaya promosi berjalan dengan baik, efektif, dan efisien. Apalagi jika online shop tersebut belum dikenal oleh masyarakat luas sehingga membutuhkan strategi khusus supaya dapat meningkatkan kepercayaan kepada calon konsumen. Untuk itu, simaklah  tips promosi online shop di media sosial supaya laku dan laris berikut ini.

1. Maksimalkan Media Sosial Yang Ada

Sebisa mungkin gunakanlah seluruh media sosial yang popuper dikalangan masyarakat seperti Twiter, Facebook dan Instagram. Ketiga media sosial tersebut banyak digunakan oleh mayoritas masyarakat indonesia dalam bersosial di dunia maya sehingga penggunanya dari waktu ke waktu selalu meningkat. Semakin banyak menebar jala, makan semakin banyak pula ikan yang didapat. Pepatah tersebut menjadi sangat relevan dengan promosi bisnis melalui media sosial yang artinya semakin  banyak media sosial yang kita gunakan sebagai sarana promosi maka semakin banyak pula peluang barang yang akan dibeli oleh konsumen.

Meskipun menggunakan banyak media sosial sebagai sarana promosi, namun bukan berarti masing-masing harus terpisah. Kaitkan dan hubungkan antara satu media sosial dan yang lainnya dalam berpromosi untuk memudahkan calon konsumen memperoleh informasi dalam mengenali produk yang ditawarkan. Selain itu keuntungan yang didapatkan dalam menggabungkan beberapa media sosial untuk promosi adalah dapat saling menutupi kekurangan dari setiap fitur yang ditawarkan oleh media sosial tersebut. Jadi gunakanlah media sosial yang ada sebanyak mungkin untuk mempromosikan online shop anda supaya lebih dikenal masyarakat.

2. Tentukan Target Pasar Secara Benar

Setelah memaksimalkan peran media sosial sebagai sarana promosi, anda harus menentukan target pasar yang anda tuju secara spesifik. Hal ini bertujuan supaya target promosi bisa lebih fokus dan tidak menyebar sehingga menyebabkan bias yang membuat promosi menjadi tidak efektif. Penentuan target pasar sangat penting karena berakibat langsung dengan laku atau tidaknya barang yang anda jual. Pilihlah target pasar sesuai dengan jenis dan karakteristik barang dagangan yang dijual.

Ambil sebagai contoh, misalnya sebuah online shop menjual baju muslimah dan hijab. Secara spesifik target pasar pada saat berpromosi di media sosial adalah akun sosmed para wanita muslimah mulai dari remaja, dewasa sampai lanjut usia. Bisakah anda membayangkan jika berjualan baju muslimah dimedia sosial yang berisi akun laki-laki, sudah pasti tidak ada satupun diantara mereka yang membeli barang tersebut untuk dirinya sendiri. Maka dari itu, lebih jelilah dalam menentukan target pasar. Bedakan mana target pasar yang potensial dan mana target pasar yang tidak potensial.

3. Pengaruhi Konsumen

Buatlah deskripsi promosi produk secara persuasif agar dapat menarik dan mempengaruhi konsumen supaya membeli barang yang anda jual. Sebisa mungkin jangan terang-terangan berpromosi secara langsung kepada calon konsumen anda. Buatlah deskripsi yang tidak kelihatan jika anda sedang promosi namun memiliki nilai pengaruh yang tinggi terhadap calon konsumen anda. Sebagai contoh andalah berikut ini.

“Kalo lagi jalan-jalan suka pake tas apa? Kalo aku suka pake sling bag yang simple, casual, ringkas, unyu-unyu dan gak banyak rumbai-rumbai. Hehehe. Karena kalo lagi jalan-jalan kan suasananya santai, jadi memang paling pas kalo pakaiannya sling bag atau ransel yang casual. Apalagi jaman kuliah biasanya kalo beli tas itu gak cukup satu, karena harus mix and match sama baju kan. Nah carinya selalu range harga under 100 ribuan. Jadi bisa hemat. Hehe. 100 ribu harus bisa dapet 2 atau bahkan 3 tas. Kayak yang paling bawah ini. Modelnya lucu-lucu yaa. Cakep banget kalo dipake buat jalan-jalan. Dan yang paling  penting bisa borong banyak model tanpa takut kantongnya bolong”

Paragraf diatas adalah salah satu contoh deskripsi yang diambil dari satu postingan owner online shop instagram @raktasku (https://www.instagram.com/raktasku) yang merupakan toko online khusus menjual tas wanita murah meriah dengan kisaran harga 30-40 ribuan bisa ecer atau grosir. Dari deskripsi diatas bisa kita analisa bahwa pemilik toko online @raktasku menceritakan pengalaman pribadinya namun kata-kata yang dipilih juga dapat memberikan pengaruh yang tinggi kepada siapa saja yang membaca supaya membeli produk yang ditawarkan.

Strategi-strategi seperti inilah yang harus diterapkan di dunia promosi modern. Sekarang konsumen sudah pandai dalam bertindak sehingga cara promosi model lama sudah tidak relevan lagi. Konsumen saat sudah ini tidak mudah terpengaruh lagi dengan promo-promo konvensional dan ajakan-ajakan membeli produk secara langsung. Oleh sebab itu pemasaran di dunia online harus menggunakan metode pendekatan modern yang menawarkan produk tidak secara langsung namun dapat mempengaruhi konsumennya. 

4. Berikan Informasi Secara Jelas

Pada saat promosi di media sosial, usahakan memberikan informasi terkait detail produk secara jelas. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam menilai produk yang anda tawarkan. Bayangkan jika anda datang ke sebuah toko namun ketika dimintai informasi tentang detail produk penjaganya hanya diam dan tidak mau menjelaskan. Seperti itulah kira-kira jika anda mempromosikan barang dari toko online anda namun tidak memberikan informasi yang jelas. 

Baca Juga:
  1. 10 Langkah Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis 
  2. 5 Tips Menarik Hati Konsumen Agar Menyukai Online Shop Kita 
  3. Tips Sukses Berjualan Online Supaya Cepat Laku dan Laris
 
Produk yang dijual akan kelihatan abu-abu dan tidak jelas dalam artian konsumen akan bingung terhadap produk yang ditawarkan. Untuk itu berusahalah memberikan detail informasi produk secara lengkap supaya konsumen mudah memahami produk yang dijual. Informasi produk yang jelas juga dapat membuat konsumen yang melihat promosi anda tertarik untuk sekedar melihat atau membacanya.

5. Manfaatkan Fitur Yang Ada

Setiap media sosial memiliki fitur yang sudah disediakan masing-masing. Fitur-fitur tersebut dapat di manfaatkan untuk melengkapi sarana promosi yang anda lakukan. Sebagai contoh adalah fitur galeri yang ada di instagram. Gambar yang tersusun secara thumbnail pada instagram dapat anda gunakan untuk memajang foto-foto barang dagangan. Dengan memasang foto di galeri instagram, secara tidak langsung anda sudah melakukan display seperti halnya barang-barang yang dipajang saat anda mengunjungi sebuah toko. Hal ini dapat memudahkan konsumen dalam melihat-lihat barang yang anda jual dengan leluasa.

6. Konsisten

Saat anda melakukan promosi menggunakan media sosial, jangan hanya melakukannya hanya sekali, dua kali, tiga kali saja. Tetapi lakukanlah secara terus menerus dan konsisten. Dengan membiasakan masyarakat melihat promosi anda, lama kelamaan mereka akan penasaran kemudian mulai tertarik dengan produk online shop yang anda tawarkan. Hal tersebut juga dapat memberikan kesempatan bagi produk anda supaya dikenal oleh masyarakat luas. Promosi yang dilakukan secara konsisten juga mengindikasikan bahwa online shop tersebut tetap eksis dari waktu ke waktu.

7. Tunjukkan Testimoni

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen yang baru mengenal produk anda adalah dengan cara mempublikasikan beberapa testimoni. Memajang testimoni konsumen yang sudah pernah bertransaksi dengan online shop anda itu baik jika dilakukan secara wajar. Yang penting jangan memajang testimoni secara berlebihan karena akan dianggap sebagai ajang pamer oleh calon konsumen anda. Sebelum mempublikasikan testimoni, sebaiknya anda meminta persetujuan terlebih dahulu dari konsumen terkait supaya tidak terjadi kesalah pahaman.

8. Beri Penawaran Menarik

Sesekali tawarkan diskon untuk sebuah produk dengan harga menarik. Ini akan memberikan rasa penasaran kepada konsumen untuk mencoba membeli produk yang anda jual. Banyak sekali toko online yang menjadikan diskon sebagai strategi dalam menarik hati konsumen supaya membeli produknya dan mengenal lebih dekat online shopnya. Sesekali memberikan diskon tidak akan membuat online shop anda rugi, justru sebaliknya, jika seorang konsumen pernah membeli barang di online shop anda, maka peluang untuk berbelanja di lain waktu sangat terbuka lebar. Terlebih jika pelayanan yang diberikan memuaskan, bisa jadi konsumen tersebut akan mengajak temannya yang lain untuk berbelanja di online shop anda.

Itulah 8 tips promosi online shop di media sosial supaya laku dan laris yang dapat anda coba sebagai referensi dalam promosi. Majunya teknologi dan berkembangnya dunia digital memang sangat menguntungkan bagi pebisnis yang bisa menangkap peluang. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi online shop. Dengan begitu peluang produk supaya lebih laku dan laris menjadi sangat besar. Jika anda merupakan salah satu pemilik toko online, tidak ada salahnya untuk coba menerapkan 8 tips promosi online shop di media sosial supaya laku dan laris diatas.

8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris