5 Tips Membuat Konsumen Tertarik Dengan Online Shop Kita

Perkembangan teknologi saat ini memang pesat sekali. Tak hanya komunikasi yang berbasis online, bisnis pun terutama penjualan kini juga beralih ke sistem online. Pembeli dan penjual tidak perlu saling bertatap muka seperti halnya transaksi konvensional di pasar-pasar tradisional. Mereka bisa berkomunikasi di tempat yang berbeda dengan berbekal gadget yang terhubung langsung dengan jaringan internet.

Gambar 5 Tips Menarik Hati Konsumen Agar Menyukai Online Shop Kita

5 Tips Membuat Konsumen Tertarik Dengan Online Shop Kita


Kemudahan ini tidak serta merta menjadikan transaksi berjalan mulus. Karena tidak adanya komunikasi non-verbal yang berlangsung, terkadang transaksi menggunakan basis online menyebabkan kesalahpahaman antara penjual dan pembeli. Diawali dari kesalahpahaman itulah sering kali terjadi masalah yang merugikan salah satu pihak. Untuk mengurangi resiko tersebut, berikut ini ada beberapa tips untuk pedagang online supaya bisa membuat jatuh hati para konsumen.

1. Respon Cepat

Ketika ada konsumen yang menghubungi anda, usahakan untuk meresponnya secara cepat. Karena respon cepat membuat konsumen merasa lebih dihargai. Konsumen biasanya lebih senang jika transaksi yang dilakukan tidak memakan waktu lama sehingga mereka merasa tidak menunggu lama dan membuang-bang waktu. Terkadang konsumen yang direspon lama akan mencap penjul sebagai PHP.

“Nah lalu bagaimana jika konsumen yang harus dilayani bernar-benar banyak? Bukankah memang membutuhkan waktu lama? Kan harus antri di respon satu-satu.”

Permasalahan diatas adalah salah satu contoh kendala yang akan dijumpai oleh pedagang online dengan jumlah konsumen yang sangat banyak. Namun itu semua bukakn berarti tidak ada ada solusinya. Ada beberapa cara untuk memecah kendala diatas seperti berikut ini.

Pertama, beri pengertian kepada konsumen anda jika memang yang dilayani jumlahnya banyak dan anda harus meresponnya satu-persatu. Paling tidak anda memberi pengertian bahwa ada sistem antri saat transaksi sedang dalam kedaan ramai. Terapkan sistem antri dengan membalas chat yang berada di bagian bawah terlebih dahulu. Jika diurut berdasarkan waktu, bagian paling bawah adalah chat yang terkirim terlebih dahulu.

Kedua, Tambah admin jika jumlah pelanggan sudah tidak memungkinkan untuk dilayani oleh satu orang saja. Semakin banyak jumlah admin akan semakin cepat memecah kepadatan chat yang terkirim. Dengan begini respon untuk setiap konsumen menjadi lebih cepat dan transaksi juga tidak membutuhkan waktu lama.

Ketiga, fokuskan pada satu titik saja. Maksunya gunakan satu media saja untuk melayani konsumen. Misalkan sebuah toko online membuat prosedur hanya meneria transaksi hanya melalui aplikasi Whatsapp saja. Dengan begini tidak ada lagi alasan konsumen untuk transaksi di media lain. Dengan begini transaksi tidak menyebar ke berbagai media yang dapat menyulitkan admin dalam bertransaksi. Jika transaksi difokuskan ke satu titik, maka akan memudahkan admin dalam merespon.

2. Mudahkan Proses Transaksi

Mudahnya transaksi adalah salah satu kunci suksesnya sebuah toko online. Jika transaki tidak berbelit-belit makan prosesnya akan cepat. Dengan ini konsumen tidak akan dipusingkan dengan proses transaksi sehingga jual-beli berlangsung secara mudah. Biasanya konsumen lebih memilih toko yang transaksinya singkat dan mudah dimengerti. Karena bagi konsumen, transaksi itu ibarat jalan. Jika jalannya mulus maka orang akan selalu menggunakan jalan tersebut.

Dalam bisnis online, proses transaksi tidak hanya jual-beli saja. Sistem pembayaran juga termasuk didalamnya. Untuk itu mudahkanlah konsumen anda ketika akan membayar. Jika menggunakan sistem transfer, anda tidak harus membuat akun rekening setiap bank yang ada. Cukup pilih satu bank yang jarang bermasalah sistem onlinenya dan bank kedua sebagai akun cadangan. Ini ditujukan agar proses transfer dari konsumen ke penjual tidak ada hambatan. Jika memungkinkan, Tambah proses pemayaran dengan Cash On Delivery (COD). Dengan sistem ini konsumen bisa membayar ditempat setelah barang diantarkan. Cara ini terbilang praktis dan banyak disukai.

3. Gunakan Bahasa Yang Baik dan Sopan

Selama bertransaksi, gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Gunakan bahasa seramah mungkin supaya konsumen merasa nyaman. Layani dengan sabar. Jangan mudah terpancing emosi jika ada pelanggan yang banyak tanya sapai ke datailnya. Setiap peanggan memiliki karakter yang berbeda-beda mulai dari yang “bodo amat yang penting beli” sampai yang “rintip menayakan detail dari A sampai Z”.

Jangan pernah membeda-bedakan konsumen hanya karena karakternya. Dimata penjual semua konsumen adalah sama. Mereka juga memiliki hak yang sama untuk bertransaksi dan penjual juga punya kewajiban untuk melayani. Intinya siapapun konsumen anda perlakukan dengan sama karena kenyamanan akan membuat mereka betah berbelanja ditempat anda. Apalagi jika transaksinya mudah dan pelayanan ramah, sudah dipastikan konsumen akan nyaman untuk berbelanja ditempat anda.

4. Terima Komplain, Kritik dan Saran

Jika ada konsumen yang komplain jangan langsung marah atau membenci konsumen tersebut. Terlebih lagi anda malah balik menyalahkan dan berkata yang tidak sepantasnya kepada konsumen. Sebaliknya, segeralah meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialaminya. Dengan demikian konsumen pasti memaklumi dan segera melupakan kejadian tersebut. Adanya komplain mengindikasikan bahwa ada yang salah dengan pelayanan anda. Berarti anda harus melakukan pembenahan internal untuk mengatasinya secepat mungkin.

Terimalah kritik dan saran dengan lapang dada karena itu adalah salah satu bahan yang dapat digunkan untuk evaluasi dan perbaikan kedepannya. Banyaknya kritik dan saran megindikasikan adanya banyak konsumen yang peduli dengan anda dan berharap toko tersebut menjadi lebih baik lagi. Sebisa mungkin tampung kritik dan saran dari konsumen sebanyak-banyaknya. Pelajari dan gunakan sebagai jembatan dalam memperbaiki semua sistem menjadi lebih baik lagi.

Komplain, kritik dan saran bukanlah masalah yang merusak citra anda jika penanganannya cepat dan tepat. Hindari pembiaran terhadap komplain yang disampaikan konsumen anda.  Sebaliknya, segera tangani dan temukan solusinya supaya tidak berkepanjangan. Dengan demikian konsumen dan anda pun juga akan sama-sama diuntungkan.

5. Pengiriman Yang Jelas Dan Cepat

Shipping atau ekspedisi menjadi satu dari sekian proses yang ada di toko online. Peranannya juga tak kalah peting. Semakin cepat barang sampai ke konsumen, semakin tinggi kepercayaan konsumen kepada toko tersebut. Untuk itu berikan rekomendasi kepada konsumen jasa ekspedisi manakah yang terbaik untuk pengiriman. Pelajarilah plus minus dari calon jasa ekspedisi yang akan anda gunakan untuk memgirimkan barang. Dengan demikian anda dapat memberikan rekomendasi jasa pengiriman yang terbaik untuk konsumen anda.

Rekomndasikan jasa pengiriman terbaik versi toko anda. Ini dapat menjadi alternatif pilihan bagi konsumen anda untuk mempertimbangkan penggunaan jasa ekspedisi. Namun jika konsumen anda lebih menghendaki jasa ekspedisi pilihannya, kirimkan barangnya sesuai pilihan yang telah dikehendakinya.

Tak kalah pentingnya yaitu bukti transaksi pengiriman. Sesegera mungkin kirimkan bukti transaksi pengiriman kepada konsumen sebagai bukti bahwa barangya sudah dikirim. Konsumen kurang menyukai keterlambatan bukti transaksi pengiriman karena tidak ada pegangan yang digunakan untuk mengecek pegiriman barangnya. Dengan cepatnya pemberian bukti pengiriman yang sah kepada konsumen, maka tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko anda akan semakin tinggi.

5 Tips Membuat Konsumen Tertarik Dengan Online Shop Kita