Inilah Fungsi Lubang Kecil di Atas dan Bawah HP Xiaomi

Salah satu merk HP Andorid asal China yang saat ini sedang naik daun di Indonesia adalah Xiaomi. Produk-produk Xiaomi menjadi populer karena dikenal sebagai ponsel dengan spesifikasi yang mumpuni namun harganya sangat terjangkau. Sebagai merk baru, Xiaomi ternyata mampu bersaing mengalahkan brand-brand ternama yang sudah mendahuluinya.

Selain spesifikasi yang mumpuni, HP Xiaomi juga terkenal akan fitur-fitur tambahan yang futuristik. Tidak heran jika saat ini masih banyak pengguna Xiaomi yang belum tahu betul bagian-bagian terpenting yang ada pada perangkat tersebut. Beberapa diantaranya adalah adanya lubang-lubang kecil diatas dan dibawah HP Xiaomi itu sendiri.

Inilah Fungsi Lubang Kecil di Atas dan Bawah HP Xiaomi

Bagi para pengguna HP Xiaomi yang belum paham, pasti timbul pertanyaan-pertanyaan terkait komponennya. Salah satunya adalah apa fungsi dari lubang kecil yang ada diatas dan dibawah HP Xiaomi tersebut. Meski beberapa pengguna bersikap apatis atau bodo amat, namun ada saja pengguna yang penasaran akan hal tersebut.

Yuk Cari Tahu Apa Fungsi Lubang Kecil Diatas dan Dibawah HP Xiaomi

Beberapa diantara kamu yang jeli terhadap HP Xiaomi yang kamu miliki pasti akan menemukan beberapa lubang kecil dibagian atas dan bawah. Lubang tersebut memang berukuran sangat kecil dan berwarna hitam. Bahkan ukurannya hanya bisa dimasuki oleh sebuah jarum. Lalu sudahkah kamu tahu apa saja fungsi lubang kecil di HP Xiaomi tersebut? Jika belum, simak penjelasan berikut ini.

Lubang Kecil Diatas HP Xiaomi Berwarna Hitam

Cobalah untuk mengecek bagian atas HP Xiaomi milikmu, disana akan ada satu lubang yang sangat kecil. Ukuran lubang ini kurang lebih sebesar ujung bolpoin. Lalu tahukah kamu apa fungsi dari lubang kecil ini? Ternyata lubang kecil diatas HP Xiaomi ini berguna untuk "Reset" jika suatu ketika ponsel ini macet. Caranya hanya tinggal colok lubang tersebut dengan sim card ejector bawaannya.

Lubang Disampingnya Yang Berukuran Lebih Besar

Satu lagi lubang yang ada diatas HP Xiaomi ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan lubang kecil pada pembahasan diatas. Sebenarnya ini bukanlah lubang yang bolong melainkan sebuah lubang yang tertutup oleh lapisan berwarna hitam. Lalu apakah fungsi lubang tersebut? Jawabannya adalah infrared.

Infrared pada HP  Xiaomi berguna pada saat kamu menjalankan aplikasi Mi Remote dimana aplikasi ini berfungsi untuk mengontrol beberapa perangkat elektronik seperti televisi, air conditioner, kipas angin, DVD, proyektor dan lain sebagainya. Melalui infrared di lubang kecil inilah semua perangkat tersebut bisa dikontrol.

Lubang Kecil Dibawah Dekat Dengan Port Charger

Setelah membahas lubang-lubang kecil yang ada diatas HP Xiaomi, kini kita beralih ke lubang kecil dibagian bawah. Disana ada satu lubang yang ukurannya paling kecil. Ukurannya kira-kira sama dengan ujung bolpoin. Ternyata ini adalah lubang microfon HP Xiaomi. Microfon sendiri berfungsi sebagai perangkat untuk menerima suara.

Baca juga:
  1. Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi
  2. Inilah Cara Mengganti Aplikasi Default Browser Android Pie Xiaomi 
  3. Cara Membatasi Kecepatan Internet Hotspot & Tethering di HP Android Xiaomi

Dengan microfon, semua suara dapat ditangkap kemudian diubah menjadi bentuk digital yang dapat dikirim dan diterima. Jadi ketika kamu merekam suara, merekam video, telepon, video call dan lain-lain, suara yang bisa didengar kamu dan lawan bicaramu berasal dari microfon tersebut.

Lubang Berukuran Sedang Dibawah HP Xiaomi

Selain lubang microfon seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada lubang lain dibawah HP Xiaomi yang ukurannya sedikit lebih besar. Lubang ini adalah jack audio dimana kamu dapat menghubungkan headset, earphone atau headphone untuk mendengarkan musik maupun file audio lainnya. Lubang ini ukurannya hampir sebesar port charger ponsel.

Beberapa Lubang Kecil-kecil Dibawah Yang Berjajar

Selain lubang-lubang kecil yang sudah disebutkan diatas, terakhir ada lagi lubang yang terdiri dari beberapa lubang yang berjajar dibagian bawah HP Xiaomi milikmu. Lubang kecil-kecil ini adalah lubang speaker yang berfungsi sebagai output audio ponselmu. Coba putar musik lalu dekatkan lubang ini pada telingamu, pasti akan terdengar sangat keras.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai fungsi beberapa lubang kecil yang ada dibagian atas dan bawah HP Xiaomi. Sekarang kamu sudah tidak penasaran lagi kak? Memang sih tujuan dibuatnya sebuah komponen pada suatu perangkat memiliki fungsi tertentu. Sama halnya dengan lubang-lubang kecil yang terdapat pada HP Xiaomi tersebut.

Inilah Fungsi Lubang Kecil di Atas dan Bawah HP Xiaomi