Cara Membatasi Kecepatan Internet Hotspot & Tethering di HP Android Xiaomi

Hotspot & tethering adalah salah satu fitur yang ada di HP Android Xiaomi yang memungkinkan pemilik ponsel bisa berbagi jaringan internet melalui Wifi. Fitur hotspot & tethering ternyata juga tersedia di hampir semua jenis HP android seperti Oppo, Vivo, Samsung, Lenovoo, Asus, Acer, Evercoss, dan lain-lain. Selain berbagi jaringan internet dengan sesama ponsel, fasilitas ini juga dapat membuat laptop atau komputer menjadi terhubung ke internet melalui pancaran sinyal Wifi.

Disisi lain, fitur hotspot & tethering dapat membuat konsumsi paket data internet menjadi boros jika sering berbagai Wifi dengan orang lain. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengantisipasi banyaknya pemakaian kuota internet adalah dengan membatasi kecepatan hotspot & tethering serendah mungkin. Membatasi kecepatan internet ternyata juga dapat membuat bandwidth menjadi terkontrol. Terlebih jika kecepatan internet rendah, maka konsumsi bandwidth juga akan semakin rendah.

Cara Membatasi Kecepatan Internet Hotspot & Tethering di HP Android Xiaomi

Akan tetapi, membatasi kecepatan internet hotspot & tethering di HP android Xiaomi memang tidak mudah. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya fasilitas pembatasan kecepatan dari sistem operasi bawaannya. Dengan kondisi seperti ini, pengguna xiaomi menjadi kesulitan ketika akan membatasi kecepatan internet pada hotspot & tethering yang akan dibagikan ke pengguna lain. Namun jangan khawatir, para pengguna xiaomi tetap dapat membatasi kecepatan dengan bantuan aplikasi.

Lalu, Bagaimana Cara Membatasi Kecepatan Hotspot & Tethering Xiaomi?

Untuk mengakali tidak adanya fitur bawaan yang bisa digunakan untuk membatasi kecepatan pada hotspot & tethering di HP Xiaomi, kita dapat memanfaatkan platform pihak ketiga, dalam hal ini adalah aplikasi. Ada beberapa developer aplikasi Android yang sengaja membuat program untuk bekerja membatasi kecepatan internet pada smartphone. Dengan bantuan inilah kita bisa membatasi kecepatan internet hotspot & tethering di HP android Xiaomi. Seperti apa caranya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Gunakan Aplikasi Android BradyBound

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk mengatasi kelemahan HP xiaomi yang tidak dilengkapi oleh fitur untuk membatasi kecepatan internet hotspot & tethering, maka kita harus memakai aplikasi. Disini, kita akan menggunakan aplikasi yang namanya BradyBound. Aplikasi ini dapat bekerja dalam jaringan 3G atau jaringan 4G LTE. Aplikasi ini sangat sederhana sekali tidak ada banyak tampilan dan user interface yang membingungkan. Hanya ada pengaturan kecepatan internet saja.

Aplikasi BradyBound ini bisa dengan mudah kita dapatkan dengan cara download di playstore. Ukuran dari aplikasi yang bertugas membatasi kecepatan jaringan internet ini amat sangat kecil yang hanya sebesar 24 kb saja. Akan tetapi, dibalik fungsinya yang sangat bermanfaat, ada satu kelemahan yang membuat beberapa orang ragu, yaitu dengan adanya akses root. Ya benar sekali, anda diwajibkan untuk membuka akses root pada ponsel android supaya aplikasi ini bisa bekerja.

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, perlunya akses root yang diminta aplikasi tersebut perlu anda gunakan sebagai pertimbangan. Jika ragu dan tidak mau melakukan root pada ponsel android milik anda, sebaiknya jangan dilanjutkan. Sebenarnya tidak apa-apa melakukan root pada HP android, asal tidak digunakan mencoba hal yang tidak-tidak, maka semuanya akan aman.

2. Download Aplikasi BradyBound

Langkah selanjutnya untuk bisa membatasi kecepatan hotspot & tethering di HP android Xiaomi setelah anda mempertimbangkan berbagai hal di atas adalah mengunduh aplikasi BradyBound. Buka aplikasi playstore di ponsel anda, lalu ketikkan di kolom pencarian dengan kata kunci "BradyBound" tanpa tanda kutip. Jika sudah ketemu langsung download dan install. Ukuran aplikasi ini tidak besar, jadi untuk proses download hingga terpasang prosesnya tidak lama.

3. Buka dan Setting Aplikasi BradyBound

Langkah selanjutnya, buka aplikasi BradyBound yang sudah terpasang di HP android anda. Setelah terbuka, maka anda akan dimintai perizinan akses root agar aplikasi ini bisa bekerja secara maksinal. Jika sudah lolos akses root, maka anda akan disuguhi tampilan dengan keterangan "Download Speed Limit". Disinilah anda bisa mengatur dan menyesuaikan batas kecepatan internet hotspot & tethering.

Baca Juga:
  1. 7 Tanda Laptop Anda Minta Di Install Ulang, Apa Saja?
  2. 7 Faktor Penyebab Printer Canon IP2770 Cepat Rusak dan Tidak Awet 
  3. Cara Mudah Mengatasi Halaman Login Wifi ID Tidak Muncul (Tanpa Setting)

Anda bisa mengatur batas kecepatan kekiri untuk menurunkan dan kekanan untuk menaikkan. disamping kanan akan ada keterangan kecepatan dalam satuan kilo bytes per second atau KB/s. Silahkan atur dan sesuaikan angkanya sesuai dengan keinginan.  Jika sudah, silahkan tap tombol "Set Limit" dibagian kiri bawah. Setelah itu lakukan reebot atau menghidupkan ulang HP android anda.

Catatan Penting: Aplikasi BradyBound ini tidak hanya membatasi kecepatan hotspot & tethering saja, tetapi juga melakukan pembatasan terhadap seluruh kecepatan internet di HP Xiaomi anda. Jadi, aplikasi ini membatasi kecepatan data seluler keseluruh akses ponsel anda termasuk aplikasi-aplikasi yang terpasang.

4. Hidupkan Hotspot & Tethering

Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah menghidupkan hotspot & tethering di HP Xiami anda. Hidup hotspot & tethering seperti biasanya. Selamat, anda sudah berhasil membatasi kecepatan internet pada hotspot & tethering di HP android Xiaomi. Dengan begini, kecepatan internet pengguna yang terhubung ke sinyal Wifi anda tidak akan melebihi batas yang sudah anda ataur. Membatasi kecepatan seperti ini akan membuat loading lebih lama namun sangat irit kuota.

NB: Untuk mematikan pembatasan kecepatan yang dilakukan oleh aplikasi BradyBound ini bisa anda lakukan dengan cara membuka aplikasinya, lalu tap tombol "Clear" yang ada dibagian kanan bawah atau ubah pengaturan pembatasan kecepatan ke arah kanan hingga sampai ujung lalu klik "Set Limit". Setelah itu lakukan reebot atau menghidupkan ulang HP xiaomi anda.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara membatasi kecepatan internet hotspot & tethering di HP android Xiaomi milik anda. Jika anda lakukan sesuai prosedur, maka cara ini akan berhasil. Selain untuk membatasi kecepatan hotspot & tethering, trik ini juga bisa digunakan untuk membatasi kecepatan internet pada ponsel. Jadi akan sangat cocok bagi anda yang memiliki anak kecil supaya tidak boros paket data internet saat menonton video di Youtube. Jika anda punya cara lain untuk membatasi kecepatan hotspot & tethering, silahkan tulis di kolom komentar.

Cara Membatasi Kecepatan Internet Hotspot & Tethering di HP Android Xiaomi