7 Faktor Penyebab Printer Canon IP2770 Cepat Rusak dan Tidak Awet

Banyak orang bertanya kenapa printer canon ip2770 tidak awet alias cepat rusak? Jawabannya adalah tentu saja karena harganya yang sangat murah. Untuk ukuran printer, canon ip2770 dijual pada kisaran harga 600 sampai 700 ribuan saja dipasaran. Dengan harga segitu, pantas saja jika printer ini tidak tahan lama dan sering bermasalah.

Semakin murah harga sebuah printer maka komponen yang digunakan juga pasti kualitasnya semakin rendah. Lihat saja pada printer canon ip2770 beberapa komponennya seperti catridge, rumah catridge, sensor kertas, penggulung dan lain-lain sering mengalami kerusakan. Jadi jika printer canon ip2770 cepat rusak atau tidak awet, harus dimaklumi mengingat sebagian komponen kualitasnya rendah.

7 Faktor Penyebab Printer Canon IP2770 Cepat Rusak dan Tidak Awet

Kondisi ini sering membuat para pengguna printer canon ip2770 mengeluh. Akibatnya kepercayaan konsumen terhadap alat cetak satu ini menurun meski harganya murah. Sebagian besar pengguna lama sudah tidak lagi mau membeli printer canon ip2770 setelah mengalami sendiri bagaimana printer ini sering rusak. Karena dianggap tidak awet, kini keberadaannya mulai terpinggirkan.

Printer Canon IP2770 Sering Rusak? Ini Dia 7 Faktor Penyebabnya

Bagi anda yang sudah lama menggunakan printer canon ip2770, pasti sudah hafal dengan berbagai gangguan yang terjadi akibat kerusakan-kerusakan pada komponennya. Jika anda adalah salah satu diantara pengguna canon ip2770, coba simak beberapa faktor penyebab kenapa printer tersebut cepat rusak dan tidak awet supaya anda dapat meminimalisirnya.

Telat Mengisi Tinta Printer

Penyebab printer canon ip2770 cepat rusak dan tidak awet yang pertama adalah karena telat mengisi tinta. Jika kondisi ini sering terjadi, maka dapat membuat catridge menjadi kering sehingga dapat mengganggu kinerja mulut semprot. Inilah yang biasanya menyebabkan hasil cetak menjadi buram atau garis-garis. Tinta pada catridge sangat diperlukan untuk menjaga bagian dalamnya tetap basah.

Penggunaan Sistem Infus Pada Printer Yang Tidak Tepat

Tahukah anda bahwa printer canon ip2770 sebenarnya diciptakan tanpa penggunaan sistem infus atau CISS. Namun pada sebagian besar toko komputer justru memodifikasinya dengan menambahkan sistem infus sendiri. Jelas ini sudah menyalahi kodrat dari printer itu sendiri. Penggunaan sistem infus yang tidak tepat justru malah membuat canon ip2770 jadi cepat rusak dan tidak awet terutama pada bagian catridge karena bisa mengalami banjir tinta.

Terlalu Banyak Mencetak Dalam Satu Waktu

Printer canon ip2770 memang didesain sebagai home printer yang artinya hanya digunakan untuk printer rumahan. Banyak orang yang salah dengan menggunakan printer ini untuk komersil seperti percetakan yang mencetak banyak dokumen sekaligus dalam satu waktu. Terlalu banyak mencetak dokumen sekaligus akan membuat printer canon ip2770 cepat rusak dan tidak awet.

Printer Jarang Sekali Dipakai

Penyebab printer canon ip2770 cepat rusak dan tidak awet yang selama ini sering diabaikan oleh orang-orang yaitu jarang sekali di pakai. Alih-alih ingin membuat printer jadi tahan lama, justru sebaliknya, hal ini akan merusak printer anda. Banyak orang beranggapan bahwa barang yang jarang dipakai akan awet. Namun hal ini tidak berlaku pada printer. Jika jarang anda jarang memakainya, maka printer akan menjadi cepat rusak.

Printer Tidak Dirawat Dengan Baik

Semua barang elektronik pasti membutuhkan perawatan, begitu juga dengan printer canon ip2770 milik anda. Perawatan kecil seperti pembersihan debu dan menggulung kabel ketika tidak terpakai juga penting agar printer anda tidak cepat rusak. Selain itu, memperhatikan tegangan listrik juga penting untuk keberlangsungan printer. Menjalankan printer pada tegangan yang tidak stabil dapat membuatnya jadi tidak awet.

Jarang Melakukan Pembersihan Mekanis

Selain melakukan pembersihan fisik, anda juga dituntut untuk rajin melakukan pembersihan secara mekanis. Pembersihan mekanis sendiri maksudnya adalah membuat printer membersihkan dirinya sendiri melalui software driver yang ada. Jarang melakukan pembersihan mekanis dapat membuat kepala semprot cetak menjadi terhambat sehingga mengganggu kinerjanya.

Membiarkan Printer Menyala Saat Tidak Dipakai

Poin terakhir ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Membiarkan printer menyala saat sedang tidak dipakai akan meningkatkan resiko printer canon ip2770 menjadi tidak awet. Saat printer masih menyala meski tidak dipakai, memang komponennya tidak bekerja, namun masih terus standby. Lama kelamaan hal ini dapat membuat printer cepat rusak.

Baca Juga:
  1. Printer Tidak Terdeteksi di Windows 10? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
  2. Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya 
  3. 8 Penyebab WhatsApp Tidak Terkirim Atau Pending Padahal Sinyal Bagus

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai 7 faktor penyebab printer canon ip2770 cepat rusak dan tidak awet. Memahami beberapa penyebab diatas memang sangat penting terutama bagi anda yang memiliki printer canon ip2770 sendiri di rumah sebagai pedoman untuk menjaga printer agar tidak cepat rusak dan memperpanjang umurnya. Dari penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulan untuk merawat printer canon ip2770 sebagai berikut.

  1. Jangan pernah telat mengisi tinta baik itu pada infus maupun pada catridge. Usahakan untuk selalu mengecek isi tinta printer lalu mengisinya saat akan habis. Jangan membiarkannya sampai kering karena dapat menyebabkan penyumbatan pada catridge.
  2. Alangkah lebih baik jika tidak menggunakan sistem infus atau CISS. Untuk pengisian tinta, anda dapat melakukannya secara manual dengan menyuntiknya langsung ke lubang catridge. Printer canon ip2770 sendiri diciptakan tanpa sistem infus.
  3. Gunakanlah printer untuk mencetak dengan jumlah yang wajar. Jangan sampai memaksa printer bekerja keras dengan mencetak dalam jumlah besar sekaligus. Jika memang terpaksa mencetak dengan jumlah cukup banyak, sesekali istirahatkan printer  selama 1 jam sebelum digunakan kembali.
  4. Gunakanlah printer canon ip2770 secara berkala meskipun tidak ada dokumen yang perlu dicetak. Membiarkan printer lama tidak dipakai akan membuat komponennya menjadi cepat rusak sama halnya seperti alat-alat elektronik lainnya.
  5. Luangkan waktu untuk merawat printer anda paling tidak seminggu sekali. Lakukan pembersihan debu dan partikel lain yang dapat menyebabkan kerusakan. Sesekali cek tegangan listrik yang terhubung pada printer. Pastikan arusnya tetap terus stabil.
  6. Sebelum mencetak, biasakan untuk melakukan pembersihan mekanis dengan cara membuka setting printer, lalu pilih tab perawatan (maintenance) pada pojok kanan, kemudian pilihan pembersihan (cleaning) atau pemberisihan tingkat dalam (deep cleaning). Lalu biarkan printer bekerja membersihkan dirinya sendiri.Jangan lupa untuk mematikan printer bila sendang tidak digunakan. Hal ini sangat penting untuk mengistirahatkan komponen-komponen yang ada didalamnya. Jika perlu, cabut kabel power yang terhubung ke arus listrik. Hal ini dapat mengistiratkan printer secara total sehingga masa hidupnya menjadi lebih lama.

Lakukanlah 7 cara merawat printer canon ip2770 secara konsisten untuk menambah jangka waktu hidup printer menjadi lebih panjang. Dengan mempelajari hal-hal seperti yang sudah dijelaskan diatas diharapakan anda dapat terhindar dari faktor-faktor penyebab printer canon ip2770 cepat rusak dan tidak awet. Selamat mencoba. Semoga berhasil dan membuat printer canon ip2770 anda jadi lebih tahan lama.

7 Faktor Penyebab Printer Canon IP2770 Cepat Rusak dan Tidak Awet