-->

Bikin Bulky! Ini 9 Merk Pelet Pakan Ikan Mas Koki Terbaik

Salah satu faktor yang bisa membuat ikan mas koki tumbuh menjadi berkualitas adalah pakan. Memilih merk pelet pakan ikan mas koki terbaik memang bisa dibilang susah-susah gampang karena banyaknya pilihan. Mulai dari import hingga lokal, banyak produsen pakan ikan yang berlomba membuat pelet berkualitas. Karena memang pada dasarnya kualitas pakan yang bergizi baik dapat melahirkan ikan-ikan mas koki kualitas show juara.

Bagi kamu yang ingin melihat ikan mas koki peliharaanmu tumbuh dan berkembang dengan baik, maka kamu harus bisa menemukan merk pelet pakan ikan mas koki terbaik untuk ikanmu. Saat ini sudah banyak sekali pakan-pakan berkualitas yang dijual dipasaran yang bisa kamu beli secara online atau di toko-toko ikan hias terdekat. Mulai dari pakan lokal seperti MB Food hingga yang import seperti hikari, Mizuho, Hiroyuki dan lain sebagainya memiliki spesifikasi masing-masing dalam memenuhi gizi ikan mas koki.

Merk Pelet Pakan Ikan Mas Koki Terbaik

Umumnya, pelet pakan ikan mas koki terbaik mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi. Kandungan rata-rata protein yang baik untuk ikan mas koki adalah kisaran 40-48 persen. Sedangkan untuk kandungan lemak ada di kisaran angka 5-8 persen saja. Kandungan protein tinggi akan membuat tubuh ikan mas koki besar dan berisi. Sedangkan kandungan lemak yang ada di pakan dapat membantu mempercepat pertumbuhan jambul.

Merk Pelet Pakan Ikan Mas Koki Terbaik Untuk Pertumbuhan

Merk pelet pakan ikan mas koki terbaik pertama yang akan kita bahas adalah yang memiliki spesifikasi untuk mempercepat pertumbuhan ikan baik dari segi badan, perut, punuk, ataupun jambul. Kebanyakan pelet yang baik untuk pertumbuhan memiliki kandungan protein dan lemak tinggi serta gizi seimbang. Lalu apa saja merk pakan ikan mas koki yang baik untuk pertumbuhan? Berikut ini penjelasannya.

Saki Hikari Growth

Merk pelet pakan ikan mas koki terbaik yang pertama adalah Saki Hikari Growth. Seperti namanya, pelet ini memang di khususkan untuk mempercepat pertumbuhan ikan supaya besar dan berisi. Saki Hikari Growth memiliki kandungan lipid dan nutrisi lain yang diperlukan ikan untuk mengurangi penimbunan lemak. Analisi kandungnanya sebagai berikut ini: Crude Protein: min 40%, Crude Fat: min 6%, Crude Fiber: max 2%, Moisture: max 10%, Ash: Max 17%, Phosphorus: Min 1.7%.

Mizuho Growth

Merk pelet ikan mas koki yang juga banyak digunakan dikalangan breeder adalah Mizuho Growth. Pakan ini juga diracik khusus untuk mempercepat pertumbuhan ikan mas koki dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Selain itu, Mizuho Growth juga tidak terlalu banyak mempengaruhi air menjadi keruh. Berikut ini analisis kandungannya: Crude Protein (min) 44.0%, Crude Fat (min) 6.0%, Crude Fiber (max) 2.0%, Crude Ash (max) 17.0%, Phosphorus (min) 1.7%.

MB Food Growth & Color

Selanjutnya ada merk pelet pakan ikan mas koki terbaik buatan lokal yaitu MB Food. Pakan yang dibuat oleh salah satu pakar goldfish di Indonesia ini cukup populer dikalangan penghobi karena kualitasnya yang sangat baik. Selain dapat membuat badan ikan menjadi berisi, pelet ini juga memiliki kandungan nutrisi untuk mempercerah warna ikan. Tidak banyak informasi mengenai analisis kandungannya. Yang jelas MB Food mengandung 40% protein, Probiotik, Multivitamin, Spirulina dan Astaxantin.

Hikari Lionhead

Selanjutnya ada pelet ikan mas koki import asal jepang yaitu Hikari Lionhead. Seperti namanya, selain untuk mempercepat pertumbuhan ikan menjadi berisi, pelet ini juga mengandung lemak tinggi untuk mempercepat pertumbuhan jambul ikan. Pakan ini sangat cocok diberikan untuk jenis ikan mas koki lionhead atau oranda. Kandungannya sebagai berikut: Crude protein : Min 45%, Crude Fat : Min 6.%, Crude Fiber : Max 5.%, Moisture : Max 1.%, Ash : Max 14%, Phosphorus : Min 1.2%.

Hiroyuki

Merk pelet pakan ikan mas koki terbaik selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah hiroyuki. Popularitasnya dikalangan hobbies memang belum menonjol. Namun berdasarkan dari beberapa breeder yang pernah memakainya, pelet import dari jepang Hiroyuki ini memiliki kualitas yang baik untuk pertumbuhan. Berikut ini analisi kandugnannya: Protein 43%, Lemak 5%, Serat 3%, Abu 10%, Kadar air 11%.

Pelet Pakan Lele

Pelet ikan mas koki terbaik  yang terkahir adalah pelet pakan lele. Meski banyak yang menganggap remeh, siapa sangka jika pelet murah ini dapat mempercepat pertumbuhan ikan mas koki. Menurut beberapa sumber informasi, pelet pakan lele memiliki kandungan protein hingga 40%. Inikah yang membuat beberapa breeder memanfaatkannya untuk mempercepat pertumbuhan ikan. Namun pelet ini memiliki kelemahan yakni kurang bagus untuk warna ikan.

Merk Pelet Pakan Ikan Mas Koki Terbaik Untuk Warna

Setelah membahas berbagai merk pelet pakan ikan mas koki terbaik untuk pertumbuhan diatas, sekarang kita bahas pakan yang baik untuk warna ikan mas koki supaya lebih cerah dan pekat. Meski begitu, peran sinar matahari sangat diperlukan untuk warna ikan. Pakan yang berkualitas hanyalah penunjang agar warna lebih keluar. Apa saja pelet yang baik untuk warna ikan mas koki? Berikut ini penjelasannya. 

Baca Juga:
  1. Pasti Jernih! Ini 13 Susunan Media Filter Aquarium Terbaik
  2. Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan
  3. Ini Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Terkena Parasit atau Kutu

Saki Hikari Color

Merk pelet pakan ikan mas koki terbaik untuk warna yang pertama ada Saki Hikari Color. Sebenarnya ini adalah pelet yang dikhususkan untuk ikan koi. Namun juga sangat baik digunakan untuk ikan mas koki karena mengandung spirulina dan nutrisi lain yang dapat mencerahkan warna ikan mas koki. Pelet ini biasanya dijual dapan kemasan kiloan. Namun kini kamu bisa membeli kemasan repack yang harganya lebih terjangkau.

Hikari Fancy Extreme Color Enhancing

Hampir sama dengan merk Saki Hikari Color, namun Hikari Fancy Extreme Color Enhancing lebih dikhususkan untuk ikan mas koki. Banyak dari hobbies yang mengatakan bahwa merk pelet pakan ikan mas koki ini sangat baik untuk warna karena mengandung spirulina dan nutrisi lainnya. Pelet ini akan membuat warna merah, putih dan kuning menjadi lebih cerah. Sedangkan untuk warna hitam akan menjadi lebih pekat.

Mizuho Color

Selain untuk pertumbuhan seperti yang sudah disebutkan diatas, merk pelet pakan ikan mas koki Mizuho juga tersedia untuk yang color. Pelet ini memiliki kandungan spirulina dan nutrisi yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kualitas warna pada ikan. Sama seperti Saki Hikari, Mizuho sebenarnya juga untuk ikan koi. Namun kamu bisa menggunakan yang ukuran kecil untuk ikan mas koki. Pelet ini baik untuk menunjang kualitas warna ikan agar lebih keluar.

Kesimpulan

Dari sekian banyak merk pelet pakan ikan mas koki terbaik diatas, manakah yang paling bagus? Menurut penulis semuanya bangas apabila diberikan sesuai porsinya. Akan lebih bagus lagi jika di mix atau dipadukan antara pelet khusus pertumbuhan dan warna untuk diberikan sebagai pakan secara selang-seling. Sebagai contoh, apabila diberi pakan 8 kali sehari, maka yang 4 kali untuk pelet pertumbuhan sedangkan 4 kali untuk pelet warna. Selamat mencoba.

Bikin Bulky! Ini 9 Merk Pelet Pakan Ikan Mas Koki Terbaik