-->

Ini Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Terkena Parasit atau Kutu

Setiap makhluk hidup pasti bisa terkena parasit yang bisa mengganggu kesehatan. Begitu juga dengan ikan mas koki. Ikan buncit ini memang cukup rentan terhadap serangan parasit atau kutu yang menempel ditubuhnya. Untuk mengobati ikan mas koki terkena kutu atau parasit sebenarnya cukup mudah asalkan tahu teknik dan caranya. Jika diatasi dengan benar, maka hanya dalam waktu beberapa jam saja kutu tersebut akan mati dan rontok dari tubuh si buncit.

Penyebab ikan terkena kutu juga sangat beragam. Biasanya kutu tersebut terbawa dari ikan yang baru dibeli atau kualitas ikan dari peternak yang kurang terawat. Dari beberapa sumber referensi, kutu yang hinggap di tubuh ikan mas koki tersebut berasal dari telur katak atau kodok yang ada di dal kolam peternak. Umumnya jenis kolam empanglah yang sering menyebabkan ikan mas koki terkena parasit atau kutu.

Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Terkena Parasit atau Kutu


Apabila ada seekor ikan mas koki terkena parasit atau kutu didalam akuarium, maka kutu atau parasit tersebut dapat berkembang biak dan menular ke ikan lain yang sebelumnya sehat-sehat saja. Meski tidak begitu mematikan, namun parasit ini perlahan-lahan mengganggu pertumbuhan ikan serta menyerap nutrisi dalam tubuhnya. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan kematian pada ikan mas koki tersebut.

Dua Jenis Kutu atau Parasit Yang Menempel Pada Ikan Mas Koki

Umumnya ada dua jenis parasit atau kutu yang biasa menyerang ikan mas koki. Kedua parasit tersebut dikenal dengan nama kutu tempel/kutu kura dan juga kutu jarum. Keduanya memiliki wujud dan karakteristik yang berbeda dalam mengganggu kesehatan ikan mas koki. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya dari kedua kutu atau parasit tersebut.

Kutu Tempel (Kutu Kura-kura)

Parasit atau kutu pertama yang sering menempel pada ikan mas koki adalah kutu tempel. Kutu ini juga biasa disebut sebagai kutu kura karena bentuknya yang hampir mirip dengan kura-kura. Kutu ini biasanya menempel pada tubuh dan paling banyak menempel pada ekor ikan mas koki. Kutu ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan lebih mudah dibasmi daripada kutu jarum yang akan kita bahas di paragraf berikutnya.

Kutu Jarum

Kutu atau parasit kedua yang sering menyerang ikan mas koki adalah kutu jarum. Sesuai dengan namanya, kutu ini selalu menginfeksi tubuh ikan dengan cara menancapkan diri pada sela-sela sisik ikan sehingga bisa menimbulkan luka dan infeksi. Di area yang terinfeksi kutu ini biasanya akan muncul benjolan dengan bercak merah. Apabila terlalu banyak kutu yang menempel, maka ikan akan menjadi pasif dan kehilangan nafsu makan.

Cara Mudah dan Murah Mengatasi Ikan Mas Koki Terkena Kutu atau Parasit Dengan Abate

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ikan mas koki terkena parasit atau kutu adalah mengobatinya dengan abate. Ya betul, abate adalah obat pembasmi jentik nyamuk yang dengan mudah didapatkan di apotek terdekat. Dengan memasukkan dosis tertentu, abate sangat efektif dalam membunuh kutu jarus ataupun kutu tempel yang hinggap di tubuh ikan mas koki atau ikan hias jenis lainnya. Simak pembahasannya berikut ini.

Karantina

Langkah pertama yang kamu lakukan untuk mengatasi ikan mas koki terkena parasit atau kutu adalah dengan karantina. Memisahkan ikan yang terkena kutu sesegera mungkin dapat mencegah penularan dan penyebaran parasit tersebut ke ikan lain. Cukup sediakan wadah yang bisa menampung air sebanyak 8-10 liter kemudian masukkan ikan kedalamnya. Akan lebih bagus jika pakai air akuarium karena akan membuat ikan tidak perlu adaptasi lagi.

Obati Dengan Abate

Sediakan abate satu sachet. Kamu bisa membelinya di apotek yang ada disekitar tempat tinggalmu. Untuk harganya sendiri biasanya sekitar 4-7 ribu rupiah untuk ukuran 10 mg. Dengan penggunaan dosis yang tepat, abate dapat membantu ikan mas koki terkena parasit atau kutu supaya rontok dari tubuhnya. Biasanya proses ini akan memakan waktu cukup lama yakni sekitar 6 hingga 9 jam tergantung dari banyak atau tidaknya kutu yang menyerang ikan itu sendiri.

Baca juga:

  1. Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Diam Saja dan Tidak Mau Makan
  2. Warna Ikan Mas Koki Pudar di Akuarium? Ini Penyebab dan Solusinya
  3. Cara Merawat Ikan Mas Koki di Akuarium Agar Tidak Cepat Mati

Dosis Penggunaan Abate

Untuk dosis penggunaan abate sendiri adalah 10 mg untuk 100 liter air. Karena disini ada kontak langsung antara air dan ikan, maka kita akan pakai dosis setengahnya. Menurut penulis, dari beberapa kali percobaan, setengah dosis saja sudah efektif membunuh kutu yang ada di tubuh ikan mas koki. Apabila kamu menyediakan air sebanyak 10 liter, maka kamu cukup memberikan 0,5 mg abate. Caranya adalah larutkan 1 mg abate didalam satu gelas air, lalu tuangkan setengahnya ke wadah yang berisi ikan mas koki.

Bantu Pelepasan Kutu atau Parasit Secara Manual

Selama proses karantina di air yang sudah dicampur dengan bubuk abate, kamu juga bisa melakukan langkah lanjutan yakni dengan membantu melepaskan kutu secara manual. Kamu bisa menggunakan pinset kecil atau dengan kuku tangan. Lepaskan parasit satu persatu dari tubuh ikan lalu keluarkan dari air. Hal ini berfungsi untuk mempercepat penyembuhan sehingga ikan mas koki terkena parasit atau kutu bisa menjadi cepat pulih. 

Karantina Selama 6-9 Jam

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, sekarang puasakan dan biarkan ikan dalam air larutan abate selama 6 hingga 9 jam lamanya. Cepat atau tidaknya proses karantina ikan mas koki terkena parasit atau kutu tergantung dari masih atau tidaknya kutu yang menempel pada tubuh ikan. Apabila dalam waktu 6 jam sudah bersih dari parasit, maka kamu dapat mengangkatnya dan memindahkannya ke akuarium. 

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai langkah-langkah untuk mengatasi ikan mas koki terkena parasit atau kutu. Apabila jumlah ikan mas koki yang terjangkit sudah banyak, kamu harus membasmi semuanya termasuk yang ada di akuarium. Karena kutu tersebut bisa saja menempel pada kaca, filter, dekorasi, atau bagian lain yang ada didalam akuarium. Caranya hampir sama dengan langkah diatas, hanya saja dosisnya ditambah dan disesuaikan dengan ukuran serta volume air akuarium kamu.

Ini Cara Mengatasi Ikan Mas Koki Terkena Parasit atau Kutu