Cara Merawat Ikan Mas Koki di Akuarium Agar Tidak Cepat Mati

Mempunyai hewan peliharaan adalah hal yang sangat menyenangkan. Salah satu hewan peliharaan yang bisa dipilih adalah ikan mas koki. Ikan bertubuh gemuk ini biasanya dipelihara di akuarium atau kolam. Merawat ikan mas koki bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada beberapa cara untuk merawat ikan air tawar ini agar tidak cepat mati.

Beberapa penghobi ikan hias yang masih pemula biasanya menghindari mas koki sebagai peliharaan karena dianggap cepat mati. Tak lama setelah dibeli, biasanya ikan mas koki akan mati jika cara merawatnya tidak benar. Namun bukan berarti memelihara ikan yang berwarna khas jingga ini sulit. Hanya saja cara merawat ikan mas koki sedikit memerlukan ketelitian.

Cara Merawat Ikan Mas Koki di Akuarium Agar Tidak Cepat Mati

Ikan mas koki sendiri dipercaya dapat mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Jika dirawat dengan baik dan benar, mas koki dewasa bisa tumbuh besar menjadi ikan yang sangat cantik. Saking cantiknya, ikan ini ada kontesnya mulai tingkat lokal bahkan sampai internasional. Gaya renangnya yang meliuk-liuk membuat ikan mas koki memiliki daya tarik tersendiri.

Ikan Mas Koki Cepat Mati? Ini Cara Yang Benar Merawatnya

Ikan mas koki sebenarnya memiliki umur yang cukup panjang. Ikan ini bisa hidup hingga dua sampai tiga tahu bahkan lebih. Jika dipelihara dengan cara merawat yang kurang benar, dapat membuat ikan mas koki cepat mati. Meskipun dijadikan peliharaan di akuarium, coba lakukan beberapa cara merawat ikan mas koki ini agar tidak cepat mati.

Pilih Ukuran Akuarium Yang Benar

Tempat dimana ikan mas koki akan hidup ukurannya harus benar-benar diperhatikan. Tidak masalah memeliharanya di akuarium namun perhatikan ukurannya. Minimal akuarium tersebut memiliki panjang 80 cm, lebar 40 cm dan tinggi 30 cm. Ingat, ikan mas koki dapat tumbuh hingga 20 cm lebih. Maka dari itu sediakan tempat yang besar agar tidak mati.

Perhatikan Kualitas Air Yang Digunakan

Memperhatikan kualitas air yang akan digunakan untuk ikan mas koki sangat penting. Pada dasarnya tidak semua air itu baik untuk memelihara ikan termasuk mas koki. Air berkualitas baik memiliki kadar ph cukup dan amoniak rendah. Secara awam, air tanah sangat bagus untuk ikan koki. Namun jangan gunakan air PDAM atau sejenisnya.

Gunakan Sistem Filtrasi Yang Baik

Keberadaan sistem filtrasi pada akuarium ikan mas koki sangat penting. Filter itu sendiri memiliki fungsi sebagai penyaring sekaligus pengurai kotoran ikan. Didalam filter itu sendiri akan terjadi proses dimana amoniak diurai menjadi oksigen. Fiter yang baik untuk ikan mas koki biasanya terdiri dari kapas saringan, bioball dan zeolit.

Tambahkan Bakteri Starter Bila Perlu

Bagi yang masih awam, pasti bingung apa itu bakteri starter. Ini berfungsi sebagai pemicu bakteri baik yang bertugas mengurai amoniak dari dalam air yang sangat baik untuk ikan mas koki. Setiap kolam ikan pasti memiliki bakteri ini, penggunaan bakteri starter bertujuan untuk meningkatkan jumlah bakteri baik agar cepat berkembang.

Tambahkan Oksigen Yang Cukup

Salah satu alasan kenapa ikan mas koki cepat mati bukan karena salah merawat, namun lebih karena kadar oksigen dalam air yang sangat rendah. Ikan mas koki sangat membutuhkan air yang kaya akan oksigen. Oksigen terlarut dalam air dapat diciptakan dengan cara memberi aerator dengan pemecah gelembung kecil-kecil.

Beri Makan Yang Cukup

Ikan mas koki adalah ikan yang terkenal rakus. Ikan ini seakan tidak pernah kenyang meski sudah makan banyak. Disinilah letak kesalahan merawat ikan mas koki yang sering dilakukan. Banyak orang yang terlalu berlebihan memberi makan karena mengira ikan ini sedang lapar. Padahal itu salah. Memberi makan ikan mas koki cukup 3 kali sehari.

Baca Juga:
  1. 8 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer Di Indonesia 
  2. 8 Tips Untuk Menghadapi Tetangga Yang Suka Nyinyir  
  3. Kenapa Lulusan Kuliah Fresh Graduate Susah Dapat Kerja? Ini 8 Alasannya

Bersihkan Akuarium Secara Teratur

Salah satu syarat merawat ikan mas koki adalah membersihkan akuarium secara teratur. Ada banyak kotoran yang ada didalam akuarium termasuk kotoranikan itu sendiri. Terkadang ada juga alga atau lumut pada dinding akuarium yang membuat kotor. Maka dari itu, bersihkan akuarium secara teratur agar ikan mas koki tidak cepat mati.

Rutin Ganti Air Akuarium

Karena memiliki nafsu makan tinggi, ikan koki juga menghasilkan kotoran yang jumlahnya lebih banyak daripada ikan biasa. Tak heran jika ikan gemuk ini dijuluki sebagai "poop machine". Oleh karena itu, anda harus rajin mengganti air akuarium agar ikan mas koki tidak cepat mati. Kotoran yang banyak dapat menigkatkan amoniak yang bisa jadi racun.

Jangan Dicampur Ikan Jenis Lain

Kesalahan fatal namun tidak banyak yang tahu mengenai ikan mas koki adalah mencampurnya dengan ikan jenis lain dalam satu akuarium. Ikan mas koki adalah tipe ikan yang tenang, jadi ia hanya cocok dijadikan satu dengan jenisnya saja. Jika dijadikan satu dengan ikan lebih galak, maka mas koki akan cepat mati.

Perhatikan Suhu Air

Salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan ikan mas koki adalah suhu air. Jadi cobalah untuk memperhatikan suhu air dengan memasang thermometer di akuarium. Jika suhu air terlalu dingin, coba gunakan water heater khusus akuarium agar ikan mas koki tidak sakit. Ikan ini cenderung tidak aktif saat suhu air sedang turun.

Pilih Ikan Yang Sehat Saat Beli

Bagaimanapun juga, puncak dari cara merawat ikan mas koki agar tidak cepat mati adalah bibit ikan itu sendiri. Apapun cara yang digunakan untuk merawat, jika bibit ikan itu tidak baik maka akan cepat mati. Jadi usahakan memilih ikan yang sehat saat beli. Ikan mas koki yang sehat ditandai dengan nafsu makan yang rakus dan juga pergerakan yang sangat aktif.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara merawat ikan mas koki di akuarium agar tidak cepat mati. Sebenarnya memeliharan ikan mas koki itu mudah asalkan anda bisa merawat dengan baik. Merawat ikan mas koki itu sendiri menyangkut banyak hal mulai dari air, ukuran akuarium, filter, pakan hingga bibitnya. Jadi cobalah menggunakan penjelasan diatas sebagai referensi.

Cara Merawat Ikan Mas Koki di Akuarium Agar Tidak Cepat Mati