8 Penyebab WhatsApp Tidak Terkirim Atau Pending Padahal Sinyal Bagus

WhatsApp atau biasa disingkat WA kini mulai menjadi aplikasi chatting yang mulai menggeser keberadaan aplikasi olah pesan konvensional seperti SMS. Mudahnya berkirim pesan tanpa dibebankan biaya pulsa, membuat WhatsApp menjadi pilihan bagi banyak orang untuk berkomunikasi. Terlebih, aplikasi ini sangat ringan sehingga dapat dipasang disemua versi sistem operasi android.

Hadirnya WhatsApp atau WA ini mampu menekan pengeluaran belanja karena hanya mengunakan jaringan internet, jadi setiap pengiriman pesan tidak perlu mengeluarkan biaya pulsa seperti halnya pada SMS. Efektifitas dan efisiensi inilah yang sekarang dimanfaatkan banyak orang untuk berbagai kebutuhan komunikasi di bidang komersil seperti perkantoran, jasa hingga jual-beli.

8 Penyebab WhatsApp Tidak Terkirim Atau Pending Padahal Sinyal Bagus

Dibalik banyaknya keunggulan pada WhatsApp, ternyata ada beberapa gangguan yang sering dikeluhkan oleh para pengguna. Salah satu diantaranya adalah pesan WhatsApp atau WA tidak terkirim padahal sinyal bagus. Kondisi ini kadang membuat penggunanya kesulitan untuk mengatasi. Adanya masalah seperti ini tentu akan membuat komunikasi menjadi terganggu.

Kenapa Pesan WA (WhatsApp) Tidak Terkirim Atau Pending Padahal Jaringan Bagus?

Gangguan pada WhatsApp seperti tidak terkirimnya pesan meski jaringan sedang bagus memang membuat tidak nyaman. Selain mengganggu komunikasi, hal ini juga membuat para pengguna kebingungan. Padahal WhatsApp sendiri sudah menjadi aplikasi perpesanan utama bagi banyak orang untuk berbagai kebutuhan. Berikut ini adalah 8 penyebab WhatsApp tidak terkirim atau pending padahal sinyal bagus.

Kuota Paket Data Habis

Penyebab kenapa WhatsApp tidak terkirim padahal sinyal bagus bisa dikarenakan kuota paket data yang anda miliki sudah habis. Ketika paket data habis, semua koneksi internet akan menjadi tidak berfungsi. Begitu juga saat anda mengirim pesan melalui WhatsApp, maka akan terjadi pending terus-menerus. Solusinya adalah dengan melakukan cek paket data. Jika memang habis, segera isi ulang di gerai terdekat.

Kecepatan Internet Rendah

Kecepatan internet yang ada juga sangat berpengaruh pada kinerja WhtasApp yang anda gunakan, bahkan jaringan yang lemot juga dapat membuat aplikasi lain menjadi tidak berfungsi. Adanya sinyal bagus bukan berarti kecepatan internet tidak bisa turun. Justru sebaliknya, terkadang jaringan bagus kecepatan internetya malah rendah. Saat kecepatan internet rendah, wajar jika pesan WhatsApp jadi tidak terkirim atau pending.

Jaringan Internet Trouble

Selain kecepatan internet rendah, jaringan internet yang trouble juga sangat berpengaruh terhadap kinerja aplikasi WhtasApp di smartphone anda. Jaringan internet yang trouble memang sulit untuk di deteksi, jadi ketika kita mengirim pesan WhatsApp pasti tidak terkirim. Jadi, silahkan tunggu beberapa saat hingga jaringan kembali normal agar pesan yang pending dapat terkirim.

Sedang Mengirim/Upload File

Penyebab selanjutnya yang dapat membuat pesan tidak terkirim atau pending adalah adanya aktivitas lain yang sedang anda lakukan di WhatsApp pada waktu yang bersamaan seperti mengirim file atau dokumen. Aktivitas tersebut upload file tidak hanya pada chat saja, namun bisa juga pada status. Jadi, ketika anda membalas pesan sambil update status atau mengirim file kepada orang lain dalam satu waktu, maka kemungkinan besar pesan yang akan anda kirim akan pending.

Data Seluler Belum Aktif

Pengaturan yang ada pada ponsel anda juga berpengaruh terhadap pesan WhatsApp yang pending tersebut. Salah satunya adalah data seluler pada ponsel yang belum diaktifkan. Hal ini dapat membuat ponsel tidak dapat terhubung ke jaringan internet sehingga pesan tidak terkirim. Jadi, coba periksa setelan data seluler anda. Pastikan sudah aktif dan memilih kartu sim yang memiliki kuota data.

Masalah Chache

Chache adalah penyimpanan sementara. Meski berukuran kecil, namun sangat mempengaruhi kecepatan dari sebuah aplikasi. Jika pesan tidak terkirim atau pending, barangkali aplikasi WhatsApp anda mengalami masalah pada chache. Chace sendiri memiliki fungsi menyimpan sementara file yang sering diakses, sehingga suatu saat akan semakin banyak. Solusinya adalah dengan membersihkan chache pada aplikasi WhatsApp.

Belum Update Versi Baru

WhatsApp yang tidak terkirim atau pending juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang belum diperbarui. Pembaruan WhatsApp lama ke versi baru sangat penting karena aplikasi yang usang akan mempengaruhi performanya. Bahkan WhatsApp yang tidak di update akan tidak bisa digunakan sama sekali. Untuk itu, selalu cek pembaruan WhatsApp di playstore untuk mendapatkan update baru.

Server Sedang Down

Penyebab terakhir kenapa WhatsApp tidak terkirim atau pending adalah karena server yang sedang down. Bisa saja server yang menaungi aplikasi ini sedang melakukan pemeliharaan atau bisa juga terjadi masalah yang menyebabkan down. Server yang sedang down akan membuat WhatsApp tidak bisa digunakan meski pada jaringan yang bagus.

Server yang sedang down biasanya akan berdampak pada seluruh pengguna WhatsApp diseluruh dunia. Para pengguna WhatsApp termasuk anda memang tidak dapat berbuat apa-apa saat server sedang down. Tidak ada solusi, anda hanya perlu menunggu server segera diperbaiki agar dapat berfungsi normal kembali. Untuk mengetahui kondisi ini anda dapat bertukar pengalam dengan penguna lain di sosial media.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai pesan WhatsApp tidak terkirim atau pending padahal sinyal bagus. Bagi anda yang menjadikan alat komunikasi utama, terjadinya gangguan seperti ini memang cukup mengganggu. Dengan mengetahui penyebabnya seperti yang sudah dijelaskan diatas, paling tidak anda memiliki gambaran untuk memilih tindakan apa yang harus dilakukan tanpa harus kebingungan.

8 Penyebab WhatsApp Tidak Terkirim Atau Pending Padahal Sinyal Bagus