Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi

Xiaomi kini menjadi salah satu merk produk smartphone Android yang populer di Indonesia. Terkenal karena harganya yang miring dengan spesifikasi mumpuni, membuat banyak pengguna HP Android yang minim budget memilih produk Xiaomi. Namun sayang, banyak produk Xiaomi yang tidak dibekali fitur fast charging yang membuat pengisian baterai jadi tidak cepat.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mengisi baterai HP Android adalah salah satu kegiatan yang membosankan. Kita tidak dapat dengan leluasa menggunakan HP Android yang sedang di cas karena terbatasnya ruang gerak. Terlebih proses pengisian baterai yang cukup lama membuat kita harus menunggu hingga penuh agar bisa terlepas dari colokan listrik.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi

Hadirnya power bank memang disebut-sebut mempermudah pengguna HP Android dalam mengisi baterai. Namun tetap saja hal tersebut menjadi tidak nyaman karena harus membawa power bank yang berat kemana-mana. Mempercepat pengisian baterai adalah satu-satunya cara yang diharapkan banyak orang untuk menghemat waktu.

Lalu Bagaimana Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi?

Sebagai HP Android yang tidak memiliki fitir fast charging, namun proses pengisian baterai di HP Xiaomi dapat kita percepat. Namun maksudnya bukan berarti kecepatan pengisian baterainya sama seperti ponsel dengan fitur fast charging, namun lebih ke upaya untuk mempercepat pengisian baterai dari biasanya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Gunakan Adaptor Fast Charging

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android Xiaomi adalah dengan mengganti adaptor charger bawaan dengan adaptor fast charging. Cara ini memang sedikit beresiko karena harus meninggalkan charger ori. Namun disisi lain adaptor fast charger memamf didesain dengan komponen yang menghantarkan arus lebih besar sehingga proses pengisian jadi lebih cepat.

Jika ingin menggunakan cara ini untuk mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android Xiaomi, sebaiknya kamu pilih adaptor fast charging yang benar-benar berkualitas baik secara merk maupun komponen. Penggunaan charger yang abal-abal akan sangat beresiko terhadap keberlangsungan baterai ponsel kamu. Ingat, berhati-hatilah dalam memilih charger.

Jangan Dicas Sambil Dipakai

Satu kesalahan sepele namun sering dilakukan oleh banyak orang adalah memakai ponsel saat sedang dicas. Alih-alih ingin mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android Xiaomi, justru hal ini malah membuat baterai jadi bekerja sanagat keras. Akibatnya, proses charging jadi sangat lambat dan baterai jadi tak kunjung penuh.

Selain itu, memakai ponsel saat sedang dicas dapat membuat elemen baterai jadi cepat rusak. Jika sudah rusak, maka kinerja baterai akan turun drastis. Akibatknya baterai jadi cepat drop dan arusnya tidak stabil. Maka dari itu hindari pemakaian saat sedang dicas jika ingin mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android Xiaomi.

Matikan HP Android Secara Total

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android Xiaomi adalah dengan mematikannya terlebih dahulu sebelum disambungkan ke listrik. Cara ini akan sangat efektif untuk mempersingkat waktu charging. HP Android yang dalam keadaan mati, maka seluruh komponennya berhenti bekerja termasuk baterainya juga.

Kondisi ini dapat membuat baterai dalam keadaan terbaik untuk diisi. Itulah sebabnya kenapa HP Android yang dicas dalam keadaan mati akan lebih cepat terisi penuh. Banyak orang yang belum tahu bahwa trik ini ternyata dapat mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android Xiaomi milikmu.

Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat yang ada di HP Android ternyata berguna untuk mempercepat pengisian baterai. Hal ini dikarenakan mode pesawat membuat ponsel sedikit beristirahat dengan tidak terhubung ke jaringan apapun termasuk paket data. Dengan begini kinerja HP Xiaomi kamu jadi lebih ringan sehingga konsumsi baterai dapat ditekan. Cara ini cukup efektif dalam mempercepat pengisian baterai.

Baca Juga:
  1. Inilah Cara Mengganti Aplikasi Default Browser Android Pie Xiaomi
  2. Cara Membatasi Kecepatan Internet Hotspot & Tethering di HP Android Xiaomi 
  3. Ini 6 Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Dengan Benar

Jangan Menunggu Baterai Kosong

Jika ingin mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android, usahakan untuk tidak memulai ngecas saat kondisi baterai tersisa 0%. Selain membuat elemen baterai jadi cepat rusak, kondisi ini juga menyebabkan durasi pengisian baterai menjadi lebih lama. Batas ideal melakukan charging adalah ketika presentase baterai dikisaran angka 15-25%.

Jangan Percaya Aplikasi Fast Charging

Pernahkah kamu menemukan beberapa aplikasi di Play Store yang memiliki fungsi membantu HP Andorid untuk melakukan fast charging. Percaya atau tidak, aplikasi seperti ini tidak memiliki dampak apapun untuk meningkatkan kecepatan pengisian baterai. Justri aplikasi tambahan seperti dapat membuat durasi charging jadi tambah lama.

Kok bisa? Ya bisa karena aplikasi seperti ini malah menambah beban ponsel menjadi lebih berat. Pastinya kinerja HP Android kamu juga semakin meningkat. Akibatnya baterai malah harus bekerja keras sehingga charging jadi lama. Ingat, jangan terkecoh sama aplikasi yang katanya bisa mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android Xiaomi.

Jangan Cas di Power Bank atau USB Laptop

Alih-alih ingin mempercepat pengisian baterai HP Android Xiaomi, durasi charging HP kamu justru malah jadi lebih lama jika dicas melalui power bank atau USB laptop. Pengisian baterai melalui power bank atau USB Laptop membuat kamu ingin terus menggunakan ponsel sambil dicas. Inilah alasa kenapa harus menghindari pengisian baterai melaluo power bank atau USB laptop.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mempercepat pengisian baterai (charging) HP Android Xiaomi. Meskipun tidak dibekali dengan fitur fast charging, namun kamu dapat mengupayakan pengisian baterai agar bisa lebih cepat dari biasanya. Dengan mempercepat pengisian baterai, kamu dapat lebih menghemat waktu. Terlebih jika kamu memiliki jadwal aktivitas yang padat.

Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi