Ini 6 Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Dengan Benar

Membeli HP baru sudah menjadi hal wajar bagi masyarakat kita. Hampir setiap hari toko handphone ramai dengan orang-orang yang ingin membelinya. Bagi mereka yang baru saja beli smartphone, pasti banyak yang belum tahu bahwa ada perlakuan khusus saat melakukan charging.

Hampir semua jenis HP android mulai dari xiaomi, asus, acer, oppo, vivo, samsung, lenovo dan lainnya memerlukan perlakuan khusus ketika pertama kali ngecas agar baterai bisa tahan lama. Beberapa jenis HP android memang sudah dibekali fast charging sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk ngecas sampai terisi penuh.

Ini 6 Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Dengan Benar

Akan tetapi masih banyak orang yang belum tahu bahwa ada cara khusus untuk ngecas HP android yang baru beli dengan baik dan benar. Tujuannya sudah pasti untuk menjaga performa dari baterai itu sendiri. Ngecas atau nge-charge hp android saat pertama kali tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Biasanya ini berlaku pada HP yang baru dibeli.

Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Agar Tahan Lama

Hal yang paling menentukan dari awet atau tidaknya baterai HP android adalah cara ngecasnya. Cara mengisi baterai yang baik dapat membuat umur baterai lebih tahan lama. Cara ngecas yang benar harus dilakukan sejak awal hp baru beli. Oleh karena itu, anda harus tahu bagaimana cara ngecas hp android yang baru beli secara benar seperti berikut ini. Simak ulasannya.

Gunakan Charger/Cas Asli

Saat beli HP baru coba cek isi kardusnya, disana pasti sudah dibekali charger dari pabriknya. Adanya charger asli bawaan pabrik menandakan bahwa anda tidak boleh ngecas hp pakai charger sembarangan. Charger bawaan sudah didesain khusus serta disesuaikan dengan baterainya.

Oleh karena itu, gunakan charger ori untuk ngecas hp yang baru anda beli. Jangan sekali-sekali mencoba ngecas pakai charger lain karena dapat merusak baterai. Pada dasarnya setiap adaptor charger memiliki desain yang berbeda sehingga arus listriknya belum tentu cocok dengan kebutuhan HP anda.

Cas Saat Indikator Baterai Rendah

Pernahkah anda memperhatikan jumlah baterai saat HP baru dibeli? Rata-rata indikator baterainya menunjukkan angka di kisaran 35-60 persen. Hal ini memang sengaja dilakukan oleh pabrik karena pada presentase tersebut baterai dalam keadaan optimal.

Jadi, jika HP yang baru anda beli indikator baterainya masih menunjukkan angka dikisaran presentase diatas, jangan buru-buru untuk ngecas. Gunakan dulu HP android anda hingga baterai menunjukkan indikator baterai rendah yaitu kisaran 10-15 persen. Pada saat inilah anda baru boleh ngecas hp baru tersebut.

Ngecas Dalam Keadaan Dimatikan

Satu hal penting yang harus anda ingat saat ngecas hp yang baru beli adalah di isi dalam keadaan mati. Dalam kondisi mati, semua fungsi pada HP android akan tidak aktif, jadi aktivitas baterai juga ikut berhenti bekerja pada saat ini. Hal ini akan memberikan kesempatan pada baterai untuk mengisi dirinya secara optimal.

Namun jangan sesekali anda ngecas HP yang baru dibeli tanpa dimatikan apalagi sambil digunakan. Tindakan ini akan dapat merusak sel-sel baterai sehingga membuatnya tidak bekerja secara maksimal. Ngecas HP sambil digunakan akan membuat baterai jadi tidak awet.

Jangan Ngecas Lewat Power Bank

Anda tidak dianjurkan ngecas hp yang baru dibeli menggunakan power bank. Meskipun power bank adalah alat yang sangat membantu untuk mengisi daya baterai, namun cara ini sebaiknya dihindari. Penggunaan power bank untuk ngecas hp baru dikhawatirkan akan merusak kinerja baterai HP itu sendiri.

Baca Juga:
  1. Cara Membatasi Kecepatan Internet Hotspot & Tethering di HP Android Xiaomi
  2. 8 Penyebab WhatsApp Tidak Terkirim Atau Pending Padahal Sinyal Bagus 
  3. Cara Mudah Buka Situs Diblokir di HP Android Tanpa Aplikasi

Power bank tidak memiliki sirkuit yang mengatur arus listrik yang mengalir ke ponsel sesuai dengan standar HP android anda. Daya yang disalurkan dari power bank tidak mungkin sama seperti daya yang dialirkan oleh charger bawaan ponsel. Jadi, lebih baik hindari ngecas hp baru dengan power bank.

Tidak Perlu Ngecas Hingga Berjam-jam

Salah satu mitos yang saat ini banyak beredar dikalangan para pecinta gadget terutama HP android adalah jika baru beli HP sebaiknya dicas selama 5-8 jam terlebih dahulu. Ini adalah pendapat yang menyesatkan yang bahkan tidak ada dasarnya. Dibuku panduan pun tidak pernah dicantumkan cara ngecas yang seperti ini.

Jangan lakukan hal ini saat ngecas hp baru karena cara charging yang benar adalah hingga angka maksimal indikator baterai yaitu 100%. Jadi pada saat ngecas jika indikator baterai pada HP sudah menunjukkan angka 100% segeralah cabut chargernya. Tidak

Jangan Terlalu Sering Dicabut

Saat ngecas usahakan daya yang tersambung tidak sering putus. Artinya anda jangan terlalu sering mencabut charger jika baterai belum terisi penuh. Kebanyakan orang melakukan hal yang salah yaitu dengan mencabut charger saat proses ngecas sedang berlangsung sedangkan baterai belum cukup terisi.

Jika ingin mencabut charger saat ngecas hp barus, usahakan isi baterai sudah memenuhi angka minimal yaitu 80%. Jadi jangan membiasakan mencabut charger secara tiba-tiba saat proses charging sedang berlangsung. Biasakan untuk ngecas HP baru hingga baterai benar-benar terisi.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara ngecas HP Android  yang baru beli dengan baik dan benar. Melakukan charging secara tepat dapat membuat kinerja baterai pada smartphone android anda selalu terjaga. Biasanya jika kita ngecas HP secara asal-asalan akan menurunkan performa sehingga baterai jadi cepat habis. Yang lebih parah, kesalahan ketika ngecas dapat membuatnya HP jadi meledak.

Ini 6 Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Dengan Benar