Inilah Cara Mengganti Aplikasi Default Browser Android Pie Xiaomi

Berselancar di internet adalah aktivitas yang sangat asyik. Kenyamanan dalam berselancar di internet ini sangat ditentukan oleh aplikasi browser yang kita gunakan. Browser di smartphone Android itu sendiri ada banyak sekali jenisnya mulai dari Google Chrome, UC Web, Opera Mini, Mozilla Firefox, Dolphin Browser atau Browser default bawaan Android.

Setiap pengguna HP Android Xiaomi pasti memiliki browser favoritnya masing-masing. Ada yang suka dengan browser bawaan dan ada yang tidak. Bagi kamu yang tidak suka dengan default browser atau browser bawaan Android, kamu dapat mencoba mengganti atau mengubah browser tersebut dengan aplikasi lain yang tersedia di Play Store. Di Android Pie sendiri browser bawaan sudah dihilangkan dan diganti dengan Chrome.

Inilah Cara Mengganti Aplikasi Default Browser Android Pie Xiaomi

Karena terlalu asyik mencari dan mencoba aplikasi browser baru, terkadang tanpa sadar pengguna Android Xiaomi mengubah pengaturan default browser menjadi aplikasi browser yang tidak di inginkan. Akibatnya jika mau mengakses sebuah tautan atau link, maka secara otomatis sistem Android akan membuka aplikasi browser yang sudah di setting default.

Penyebab Aplikasi Default Browser Android Pie Xiaomi Berubah

Aplikaasi default browser Android yang berubah memang menimbulkan ketidak nyamanan ketika kita akan mengakses sebuah tautan. Pasti tautan tersebut akan dibuka melalui aplikasi browser yang tidak kita inginkan. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya beberapa aplikasi browser di HP Android Pie Xiaomi milik kita.

Berubahnya pengaturan aplikasi default browser di perangkat Android bisa saja terjadi karena unsur ketidak sengajaan dari pengguna itu sendiri. Terkadang ketika kita baru saja mengunduh sebuah aplikasi browser, maka saat pertama kali dibuka, aplikasi browser tersebut akan memunculkan notifikasi untuk menjadikannya sebagai default browser. Hal inilah yang menyebabkan kenapa aplikasi default browser Android bisa berubah.

Bagaimana Cara Mengganti Aplikasi Default Browser Android Pie Xiaomi?

Meski kasus berubahnya default browser Android yang berganti kebanyakan disebabkan oleh pengaturan yang berubah, namun ternyata masih banyak pengguna Android Pie Xiaomi yang belum paham cara mengembalikannya seperti semula. Lalu bagaimana solusinya? Coba perhatikan cara mengganti aplikasi default browser Android pie Xiaomi berikut ini.

1. Buka Menu Setelan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengubah aplikasi default browser di Android Pie adalah dengan membuka menu "Setelan". Bagi kamu yang belum tahu caranya, coba masuk ke menu utama lalu gulirkan ke bawah. Disitu akan ada ikon roda gerigi dengan tulisan "Setelan" dibawahnya. Jika sudah ketemu langsung klik saja.

2. Klik Menu Aplikasi & Notifikasi

Langkah kedua untuk mengubah aplikasi default browser di Android Pie setelah masuk menu "Setelan" adalah klik menu "Aplikasi & Notifikasi" yang berada di urutan ketiga pada HP Xiaomi kamu. Dibawahnya ada keterangan "Izin, aplikasi default". Biasanya ikon menu ini ditandai dengan titik titik kecil ditengah ikon dengan warna jingga.

3. Klik Sub-Menu Lanjutan

Jika sudah masuk ke menu "Aplikasi & Notifikasi", maka kamu akan disuguhkan oleh tampilan daftar berbagai macam aplikasi yang terpasang di HP Xiaomi milikmu. Karena tujuan kita ingin mengubah aplikasi default browser di Android Pie, gulirkan layar ke bagian paling bawah, lalu klik "Lanjutan". Disana akan terbuka sub-menu lanjutan lainnya.

Baca Juga:
  1. Ini 6 Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Dengan Benar
  2. Wi-Fi HP Android Pie Tiba-tiba Hidup Sendiri? Ini Penyebab dan Solusinya 
  3. Perhatikan! Inilah 8 Cara Agar Mata Tidak Minus Saat Main HP

4. Pilih Menu Aplikasi Default

Langkah keempat yang harus kamu lakukan untuk mengubah aplikasi default browser di Android Pie adalah dengan klik menu "Aplikasi default". Menu ini hanya akan muncul setelah kamu klik sub-menu "Lanjutan" seperti yang sudah dijelaskan pada poin 4. Selain "Aplikasi default" di menu lajutan juga tersedia menu izin aplikasi, notifikasi darurat dan akses aplikasi khusus.

5. Klik Menu Aplikasi Browser

Langkah kelima untuk mengubah aplikasi default browser di Android Pie di HP Xiaomi kamu adalah dengan membuka menu "Aplikasi Brower". Disinilah segala masalah bersumber. Ada pengaturan yang berubah hingga membuat default browser menjadi tidak sesuai keinginan kita. Sekarang kamu dapat mengubah default browser sesuai dengan keinginan.

6. Pilih Aplikasi Browser Favoritmu

Setelah melewati berbagai macam langkah untuk mengubah aplikasi default browser di Android Pie diatas, kini kamu sudah bisa bebas memilih satu dari sekian aplikasi browser yang terpasang di HP Xiaomi milikmu. Pilihlah satu browser yang biasanya sering kamu gunakan. Jika sudah, default browser, kamu dapat kembali ke menu utama.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai langkah-langkah untuk mengubah aplikasi default browser di Android Pie di HP Xiaomi. Jika suatu saat kamu ingin mengubah browser default ke browser lain lagi, maka tinggal ulangi saja langkah-langkah diatas mulai dari awal. Kamu dapat menambah koleksi aplikasi browser di permagkat Android Pie-mu dengan mengunduhnya di Play Store. Silahkan dicoba semoga berhasil.

Inilah Cara Mengganti Aplikasi Default Browser Android Pie Xiaomi