Wi-Fi HP Android Pie Tiba-tiba Hidup Sendiri? Ini Penyebab dan Solusinya

Hampir semua merk smartphone seperti xiaomi, samsung, oppa, vivo, lenovo, asus, acer dan lain-lain dibekali koneksi Wi-Fi agar dapat terhubung ke jaringan internet. Biasanya, pengguna harus mengaktifkan atau menyalakan terlebih dahulu Wi-Fi di setting agar bisa digunakan. Lalu apa jadinya jika ada kasus dimana Wi-Fi HP android Pie tiba-biba hidup sendiri?

Ternyata banyak pengguna HP android Pie yang mengeluhkan masalah bahwa Wi-Fi mereka tiba-tiba hidup sendiri padahal belum diubah pengaturannya. Hal ini membuat beberapa pengguna jadi khawatir karena dianggap sebagai suatu ketidak normalan. Karena penasaran, tidak sedikit dari mereka yang berusaha mencari penyebab dan solusinya untuk mengatasi masalah ini.

Wi-Fi HP Android Pie Tiba-tiba Hidup Sendiri? Ini Penyebab dan Solusinya

Wi-Fi yang tiba-tiba hidup dengan sendirinya memang sangat mengganggu karena dapat membuat baterai bekerja lebih keras. Selain itu, terkadang koneksi data internet jadi terhambat karena Wi-Fi terus mencari jaringan di sekitar. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas. Memang sudah seharusnya Wi-Fi hanya aktif atau nyala ketika dibutuhkan saja.

Penyebab Wi-Fi di HP Android Pie Xiaomi Tiba-tiba Hidup Sendiri

Banyak pengguna ponsel Xiaomi yang mengeluh karena Wi-Fi di perangkat mereka terkadang hidup sendiri secara tiba-tiba. Tentu hal ini akan sangat mengganggu aktivitas komunikasi serta membuat bingung. Bahkan ada yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tidak normal terjadi di android Pie. Padahal semua anggapan tersebut tidaklah benar.

Sebenarnya penyebab Wi-Fi di HP android Pie Xiaomi tiba-tiba hidup sendiri ada pada pengaturan bawaan perangkat itu sendiri. Biasanya kasus ini banyak ditemukan pada ponsel Xiaomi dengan operating sistem android Pie. Ada sebuah fitur baru yang memungkinkan Wi-Fi hidup secara otomatis jika ia mendeteksi adanya jaringan hotspot terbuka disekitarnya.

Fitur inilah yang menyebabkan kenapa Wi-Fi di hp android Pie kamu khususnya Xiaomi tiba-tiba hidup sendiri tanpa diaktifkan. Jadi, fitur ini memang digunakan untuk membuat Wi-Fi hidup secara otomatis tanpa harus di aktifkan terlebih dahulu. Jika fitur "Aktifkan Wi-Fi secara otomatis" ini dinyalakan, maka secara tiba-tiba Wi-Fi pada HP Xiaomi kamu akan hidup jika:
  1. Ada jaringan hotspot yang terbuka.
  2. Berada didekat jaringan yang kamu kenal.
  3. Ada jaringan Wi-Fi berkualitas tinggi.
  4. Mendeteksi jaringan yang pernah terhubung sebelumnya.

Cara Mengatasi Wi-Fi di HP Android Pie Xiaomi Yang Tiba-tiba Hidup Sendiri

Jika kamu adalah salah satu pengguna HP Xiaomi yang mengalami masalah ini, jangan panik dan khawatir. Apalagi sampai ke tempat tukang servis. Sebenarnya ini adalah hal wajar terlebih perangkat kamu sudah memakai android versi 9 Pie. Memang sih hal ini terjadi karena pengaturan bawaan android Pie yang membuat fitur "Aktifkan Wi-Fi secara otomatis" menyala.

Cara mengatasi Wi-Fi di HP androdi Pie Xiaomi yang tiba-tiba hidup sendiri ini tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya diharuskan untuk mematikan fitur "aktifkan Wi-Fi secara otomatis" yang terdapat di pengaturan ponsel itu sendiri. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi Wi-Fi di HP Xiaomi yang tiba-tiba hidup sendiri.

1. Buka Pengaturan Ponsel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi Wi-Fi di HP Android Pie Xiaomi tiba-tiba hidup sendiri adalah membuka pengaturan ponsel terlebih dahulu. Silahkan masuk ke menu utama pada perangkat android Pie kamu lalu klik ikon roda gerigi dengan tulisan setelan dibawahnya. Sekarang kamu sudah masuk di menu pengaturan ponsel. Lihat gambar dibawah ini.
Cara Buka Pengaturan Ponsel

2. Buka Menu Jaringan & Internet

Langkah kedua untuk mengatasi Wi-Fi di HP Android Pie Xiaomi yang tiba-tiba hidup sendiri adalah masuk ke menu Jaringan & Internet. Biasanya di HP Xiaomi, menu Jaringan & Internet berada pada deretan paling atas dengan ikon sinyal berwarna biru. Silahkan klik, lalu kamu akan masuk ke pengaturan Jaringan & Internet perangkan android Pie. Lihat gambar dibawah ini.
Cara Buka Menu Jaringan & Internet

3. Pilih Menu Wi-Fi

Didalam menu Jaringan & Internet anda akan disuguhi banyak pilihan seperti Wi-Fi, jaringan seluler, penggunaan data, Hotspot & tathering, kartu sim dan juga menu lanjutan. Klik saja pilihan "Wi-Fi" yang ada di barisan paling atas. Klik pada tulisan atau simbol sinyal. Jangan klik tombol on/off disamping kanan karena akan membuat Wi-Fi hidup.Perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Membuka Pengaturan Wi-Fi

Baca Juga:
  1. Cara Mudah Mengatasi Halaman Login Wifi ID Tidak Muncul (Tanpa Setting) 
  2. Cara Membatasi Kecepatan Internet Hotspot & Tethering di HP Android Xiaomi 
  3. Cara Mudah Buka Situs Diblokir di HP Android Tanpa Aplikasi

4. Masuk Ke Menu Preferensi Wi-Fi

Didalam menu "Wi-Fi" yang baru saja kamu klik, kamu akan disuguhi dua pilihan yaitu Preferensi Wi-Fi dan Jaringan Tersimpan. Klik saja pilihan "Preferensi Wi-Fi" karena kita akan fokus untuk mengatasi Wi-Fi di HP Android Pie Xiaomi yang tiba-tiba hidup sendiri. Perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Masuk Ke Menu Preferensi Wi-Fi


5. Matikan Fitur "Aktifkan Wi-Fi Secara Otomatis"

Setelah klik Preferensi Wi-Fi, anda akan masuk di menu yang menjadi penyebab kenapa Wi-Fi di HP Android Pie Xiaomi tiba-tiba hidup sendiri. Disini silahkan kamu matikan pengaturan "Aktifkan Wi-Fi Secara Otomatis" dengan cara klik tombol on/off yang berada disebelah kanan. Warna hijau menunjukkan indikator hidup, sedangkan warna abu-abu menunjukkan indikator mati. Pastikan indikator sudah mati ya. Lihat gambar dibawah ini.
Cara Mematikan Pengaturan Aktifkan Wi-Fi Secara Otomatis

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Wi-Fi di HP Android Pie Xiaomi tiba-tiba hidup sendiri. Setelah menyimak penjelasan diatas silahkan kamu praktekkan. Jika kamu mengikuti langkah-langkahnya secara benar, maka kemungkinan besar akan berhasil dan membuat Wi-Fi yang tiba-tiba hidup seperti sebelumnya kini tidak terjadi lagi. Selamat mencoba.

Wi-Fi HP Android Pie Tiba-tiba Hidup Sendiri? Ini Penyebab dan Solusinya