7 Tips Memilih Akun Untuk Paid Promote atau Endorse di Instagram

Paid promote atau endorse merupakan salah satu cara promosi berbayar secara kerja sama dengan sebuah akun influencer di instagram yang memiliki jumlah pengikut yang banyak. Cara promosi paid promote atau endorse biasanya sering dilakukan oleh para pebisnis online untuk memperluas jangkauan penjualan mereka. Setiap akun instagram yang menerima jasa paid promote atau endorse biasanya memasang tarif yang beragam untuk sekali post yaitu berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tarif paid promote atau endorse di instagram ini bergantung pada jumlah follower dan juga seberapa besar pengaruh influencer tersebut kepada pemirsanya. Seorang influencer yang sudah terbukti efektif dalam memperngaruhi konsumen, biasanya akan memasang tarif paid promote atau endorse jauh lebih tinggi. Namun tidak semua jasa paid promote atau endorse ini efektif, ada juga yang memang tidak sesuai dengan harapan kliennya.

7 Tips Memilih Akun Untuk Paid Promote atau Endorse di Instagram

Memilih akun instagram untuk paid promote atau endorse yang tepat memang susah-susah gamapang. Tidak semua influencer yang membuka jasa ini memiliki efektifitas tinggi meskipun pengikutnya berjumlah sangat banyak sekali. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas sebuah jasa paid promote atau endorse, beberapa diantaranya adalah interakasi, impresi, dan reputasi akun itu sendiri.

Kiat Memilih Akun Paid Promote atau Endorse Yang Tepat di Instagram

Agar paid promote atau endorse yang dilakukan bisa lebih efektif dalam menjangkau pengguna instagram lain, kamu harus memperhatikan betul-betul kriteria influencer yang menyediakan jasa terebut. Memilih jasa paid promote dan endorse yang asal-asalan hanya akan membuat kamu menjadi. Sudah bayar mahal namun hasil yang didapat tidak sesuai dengan harapan. Perhatikan 7 tips memilih akun padi promote atau endorse yang tepat di instagram berikut ini.

Sesuai Dengan Target Pasar

Memilih jasa paid promote atau endorse di instagram yang paling penting adalah sesuai dengan target pasar kamu. Sebagai contoh jika kamu berjualan aneka macam hijab. Maka kamu harus memilih akun paid promote atau endorse yang memiliki jumlah follower wanita terbanyak. Hijab adalah produk untuk wanita. Maka target pasar kamu adalah semua wanita dari berbagai kalangan dan umur. Dengan menyesuaikan target pasar, maka paid promote atau endorse yang kamu lakukan akan jadi efektif.

Akun Sangat Aktif Posting

Jasa paid promote atau endorse di instagram yang juga perlu diperhatikan adalah keaktifan mereka dalam melakukan posting. Semakin aktif sebuah akun maka impresinya juga semakin tinggi sehingga akan dengan mudah menjangkau lebih banyak. Perhatikan juga bagaimana aktivitas akun tersebut dalam posting. Meskipuj memiliki banyk follower namun jika kurang aktif posting maka jangkauan penayangannya akan relatif rendah.

Pilih Akun Dengan Jumlah Follower Banyak

Salah satu syarat yang harus terpenuhi untuk memilih jasa paid promote yang tepat adalah memiliki jumlah follower yang sangat banyak. Semakin banyak follower akun yang menawarkan jasa paid promote atau endorse, maka semakin banyak pula jangkauan yang bisa dicapai. Biasanya jumlah follower juga mempengaruhi harga jasa. Semakin banyak follower maka bayaran yang diminta akan semakin tinggi. Namun biasanya sebanding dengan hasil yang dicapai.

Memiliki Interaksi Yang Baik Dengan Follower

Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan saat memilih akun untuk paid promote atau endorse di instagram adalah interakasi akun tersebut dengan para pengikutnya. Sebaiknya pilihlah influencer yang memiliki interaksi baik. Hal ini biasanya ditandai dengan banyaknya like atau komentar pada setiap posting di feed. Interaksi seperti ini menunjukkan banyaknya follower yang aktif serta peduli dengan apa yang di post oleh si influencer tersebut.

Baca Jaga:
  1. 9 Manfaat Menggunakan Profil Bisnis Instagram
  2. Simak! 7 Tips Membuat Akun Online Shop Di Instagram
  3. 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Promosi Di Instagram

Pastikan Harganya Masuk Akal

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat memilih akun untuk paid promote atau endorse di instagram adalah harga dari penyedia jasa itu sendiri. Pastikan harga yang ditawarkan sangat masuk akal. Artinya harga yang di patok harus sesuai dengan jumlah follower, interaksi, dan jangkauan rata-rata dari setiap post. Jangan sampai kamu terkecoh dengan jasa paid promote atau endorse yang harganya murah namun followernya bukan organik sehingga tidak efektif sama sekali.

Mampu Mempengaruhi Konsumen

Saat memilih akun untuk paid promote atau endorse, biasanya calon pengguna jasa hanya memperhatikan harga dan jumlah follower saja. Padahal ada nilai lain yang juga perlu diperhatikan salah satunya adalah kemampuan influencer tersebut dalam mempengaruhi calon konsumen. Salah satu indikatornya terletak pada komunikasi seperti cara menawarkan atau cara mendemonstrasikan produk yang di promosikan. Hal ini sangat penting diperhatikan agar paid promote atau endorse yang kamu lakukan tersampaikan dengan baik.

Jangka Waktu Tayang Yang Lama

Sebelum memutuskan memulai kerja sama paid promote atau endorse dengan sebuah akun instagram, sebaiknya buatlah kesepakatan terkait jangka waktu posting. Ada beberapa jasa paid promote atau endorse yang hanya menghendaki waktu tayang pada feed untuk jangka waktu tertentu bisa beberapa bulan, setahun, atau selamanya. Usahakan untuk memilih jasa paid promote atau endorse di instagram dengan jangka waktu tayang selama mungkin karena akan lebih efektif.

Penutup

Itulah beberapa tips dalam memilih akun untuk paid promote atau endorse yang tepat di instagram. Mencari mitra promosi seperti ini memang tidak boleh sembarangan agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal. Perhatikan beberapa hal diatas sebelum memutuskan untuk memakai jasa paid promote atau endorse. Jasa paid promote atau endorse yang memenuhi kriteria diatas sangat tepat untuk dipilih. Namun jangan lupa perhatikan juga konten yang akan dimuat untuk menunjang efektifitas ya.

7 Tips Memilih Akun Untuk Paid Promote atau Endorse di Instagram