9 Manfaat Menggunakan Profil Bisnis Instagram

Instagram adalah salah satu sosial media yang semakin populer di kalangan masyarakat. Akibatnya jumlah pengguna instagram semakin meningkat dari hari ke hari. Peluang ini memberikan keuntungan bagi pebisnis online untuk memanfaatkannya sebagai sarana promosi. Instagram memiliki banyak kelebihan dan keunggulan sebagai sarana bisnis berkat fitur-fiturnya. Meski tanpa menggunakan iklan berbayar, pedagang online tetap bisa memaksimalkan pemasaran produk menggunakan berbagai fasilitas yang ada.

Potensi media sosial dengan warna logo pelangi ini sangat tinggi jika digunakan sebagai salah satu alat untuk promosi di era digital seperti ini. Dengan tampilannya yang begitu visual, sangat cocok dan lebih efektif jika digunakan untuk media iklan karena dapat digunakan sebagai penampil gambar promosi yang sudah dirancang sedemikian rupa guna menarik hati siapa saja yang melihatnya. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa instagram mampu mendongkrak penjualan menjadi semakin tinggi.

Gambar 9 Manfaat Menggunakan Profil Bisnis Instagram

9 Manfaat Menggunakan Profil Bisnis Instagram


Banyak pebisnis yang mulai meilirik instagram karena dianggap menarik sebagai salah satu sarana dan fasilitas guna menunjang berbagai kegiatan bisnis. Bahkan beberapa diantara mereka sudah menggunakan instagram dalam kegiatan berbisnis. Terlebih lagi, instagram menyediakan fitur yang dapat mengubah akun personal ke akun bisnis yang seakan sejalan dengan apa yang dibutuhkan pebisnis. Menggunakan akun bisnis instagram memiliki banyak manfaat antara lain sebagai berikut.

Lebih Profesional

Penggunaan akun sosial media khususnya instagram untuk kegiatan bisnis harus terlihat berbeda dengan penggunaan akun untuk kegiatan personal. Hal ini ditujukan supaya profesionalisme dari sebuah bisnis terlihat menonjol dan dominan. Dengan akun yang bersifat lebih profesioanal, maka kepercayaan masyarakat terhadap akun tersebut semakin meningkat.

Ketika akun instagram personal diubah kedalam profil bisnis, maka aku tersebut akan terlihat lebih profesional. Langkah ini wajib dilakukan oleh semua pebisnis yang menggunakan akun instagram sebagai salah satu alat dalam kegiatan bisnisnya jika ingin menjaring lebih banyak konsumen. Biasanya, kepercayaan masyarakat akan mulai terbangun ketika pertama kali melihat tampilan yang kompeten.

Jangkauan Lebih luas

Namanya saja profil bisnis, pasti fitur ini sudah dioptimasi oleh penggagasnya untuk memudahkan dan mendukung siapa saja dalam melakukan kegiatan bisnis secara online. Termasuk jangkauan yang ditawarkan juga lebih luas dibanding akun yang bersifat personal apalagi akun dengan mode privat. Dengan luasnya jangkauan yang didapat tersebut, maka kesempatan untuk dikenal oleh banyak orang juga semakin tinggi.

Semakin banyak yang mengenal sebuah akun, maka akun tersebut juga berpotensi untuk diikuti banyak orang. Sehingga ketika mengirimkan sebuah konten, akan banyak orang yang melihat berinteraksi. Sebaliknya jika hanya ada sedikit orang yang mengikuti sebuah akun, kemudian ketika mengirimkan sebuah konten lalu tidak ada yang menanggapinya, maka ini akan sama halnya dengan orang yang berbicara sendiri.

Ada Informasi Kategori Bisnis

Kategori bisnis dari sebuah akun akan menjadi informasi penting bagi orang yang melihatnya. Untuk itu, perlu adanya informasi kategori bisnis sebagai pedoman calon konsumen untuk mengenal tentang identitas dari sebuah bisnis. Pada akun bisnis instagram, fitur ini sudah disediakan ketika pada saat pertama kali mendaftar atau menggunakannya. Ada beberapa kategori bisnis yang dapat kita pilih sebagai data pendukung seperti agen perjalanan, belanja & ritel, desain & fashion, hotel & penginapan, keuangan dan lain sebagainya. Berkat fitur ini, orang akan lebih mudah mengenali jenis usaha apa yang tersedia pada akun tersebut.

Ada Tombol Kontak

Semua perusahaan harus mencantumkan kontak pada semua media yang mereka gunakan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Kontak yang tersedia dapat memudahkan konsumen untuk menghubungi sewaktu-waktu jika diperlukan. Tanpa adanya kontak, perusahaan akan sulit terhubung dengan calon konsumennya.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh akun bisnis instagram adalah adanya fasilitas kontak telepon yang tercantum pada akun berupa sebuah tombol pada akun yang dapat menghubungkan orang dengan perusahaan hanya degan satu kali sentuhan. Fitur ini tidak akan bisa ditemui pada akun yang bersifat personal.

Ada Tombol Email

Surat elektronik atau biasa disebut dengan Email menjadi sebuah alat komunikasi penting dalam bisnis yang bersifat formal. Selain mengirim surat dalam bentuk teks, email juga dapat melampirkan berbagai macam bentuk file seperti dokumen, gambar, video, suara dan lain-lain untuk dikirim dalam satu kali sentuhan.
Ketika menggunakan akun bisnis instagram, tombol email yang dapat diarahkan langsung ke email perusahaan sudah tersedia guna menunjang komunikasi. Kontak email bersifat penting ketika ada orang yang ingin menghubungi perusahaan dalam sebuah jaringan online. Selain itu, email juga kerap digunakan oleh kepada perusahaan orang untuk melakukan penawaran dan permintaan transaksi.

Ada Tombol Petunjuk Arah

Salah satu informasi yang dibutuhkan oleh konsumen terhadap sebuah perusahaan adalah tempat dan lokasinya. Sebuah tempat usaha atau perusahaan yang mencantumkan lokasi akan memudahkan calon konsumen saat mencari keberadaan mereka.

Pada tombol petunjuk arah yang ada di akun bisnis instagram sudah terhubung secara langsung dengan google maps sehingga lokasi dapat dilihat pada peta yang ada di aplikasi tersebut. Setiap orang dapat dengan mudah melacak dan mencari lokasi melalui sitem navigasi pada gadget-nya. Fitur ini akan memudahkan orang yang akan mencari tempat usaha anda.

Memiliki Data Statistik

Setelah mengubah akun personal ke akun bisnis pada instagram, secara langsung akan muncul fasilitas tambahan yaitu wawasan dimana pada fitur tersebut terdapat berbagai macam data dari orang yang melihat seperti interaksi, penayangan, rata-rata umur, lokasi terbanyak dan jenis kelamin. Setiap data sudah dirinci dan dikelompokkan berdasarkan pada angka tertentu.

Dengan memiliki data tersebut, akan memudahkan dalam menganalisa siapa saja orang yang berpotensi melihat konten yang dikirim. Hal ini dapat digunakan sebagai strategi dalam mengirimkan konten yang tepat agar lebih efektif. Fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk merumuskan konten apa saja yang relevan dan dapat menarik lebih banyak pengikut.

Memberi Akses ke Akun Lain

Setiap pebisnis yang menggunakan akun bisnis instagram akan memudahkan akun lain untuk mengakses karena sifatnya yang terbuka. Hal ini dapat membuat interaksi dari orang-orang luar lebih gampang sehingga jumlah penayangan akan semakin meningkat yang dapat membuat jangkauan lebih luas dan lebih banyak. Semkin terbuka maka semakin banyak yang bisa mengakses sehingga semakin banyak pula yang mengetahui.

Bisa Kembali ke Akun Personal

Akun profil bisnis pada instagram sifatnya tidak permanen. Meskipun sudah dirubah ke akun bisnis, namun itu hanya bersifat sementara. Akun tersebut dapat dirubah lagi ke akun personal jika sewaktu-waktu pengguna menghendakinya. Namun sebagai catatan, jika sebuah akun yang sudah dirubah ke profil bisnis ketika ditengah jalan dirubah lagi ke akun personal, makan semua statistik wawasan akan hilang. Ini berarti semua data seperti interaksi, penayangan, rata-rata umur, lokasi terbanyak dan jenis kelamin yang sudah diperoleh sebelumnya akan hilang dan terhapus.

Penutup
Dengan melihat banyaknya keunggulan dan kelebihan dari menggunakan akun bisnis instagram diatas sangat berguna sekali dalam menunjang kegiatan bisnis. Untuk itu, bagi anda yang masih menggunakan aku personal, tidak ada salahnya mengubah akun tersebut ke profil bisnis mengingat manfaat yang ditawarkan sangat menggiurkan. Di era yang serba modern seperti saat ini, para pebisnis dituntut untuk lebih kreatif dalam mendekatkan diri kepada konsumennya salah satu caranya adalah dengan media sosial seperti instagram.

9 Manfaat Menggunakan Profil Bisnis Instagram