Penyebab dan Cara Mengatasi HP Sering Restart Berulang-ulang

Meski dianggap sebagai gadget yang canggih, namun smartphone tetap memiliki keterbatasan sehingga bisa mengalami suatu masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah HP sering restart berulang-ulang. Semua ponsel entah itu merk Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Lenovo, Acer, Xiaomi, Huawei, Realme, OnePlus dan sebagainya pasti bisa mengalami masalah seperti ini. Jika sudah mengalami hal seperti ini biasanya ponsel akan jadi tidak nyaman saat digunakan.

Jika kamu saat ini sedang mengalami masalah HP sering restart berulang-ulang, maka sebaiknya segera lakukan langkah antisipasi karena berbagai macam kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Kondisi ini sebenarnya bisa dianggap sebagai pertanda adanya kerusakan yang cukup serius entah itu dari segi software ataupun hardware. Bisa saja parah ataupun ringan tergantung dari kondisi kerusakannya. Yang jelas masalah restart secara tiba-tiba bisa dialami oleh setiap HP Android.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Sering Restart Berulang-ulang

Penyebab HP Android Restart Terus-menerus

Setiap masalah pada smartphone pasti disebabkan oleh suatu faktor tertentu. Begitu juga dengan masalah HP Android yang sering restart berulang-ulang. Agar mudah dalam mencari solusi, maka kamu harus mengetahui apa saja penyebab dari masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan sebuah ponsel Android mengalami masalah restart yang berulang.

1. Terdapat Bug Pada Sitem Android

Penyebab yang pertama kenapa HP sering restart berulang-ulang adalah adanya bug pada sistem. Buat kamu yang masih asing dengan kata "Bug", adalah kondisi dimana suatu perangkat mengalami cacat pada sistem atau program akibat proses pembuatan yang kurang sempurna. Akibatnya ketika dijalankam program tersebut akan sering mengalami masalah. Pada sistem Android sendiri ketika ada bug ponsel akan lebih sering restart sendiri.

2. File Sistem Yang Mengalamai Crash

Jika diatas ada bug yang bisa membuat HP sering restart berulang-ulang, maka poin kedua ini masalahnya bisa saja diakibatkan oleh crash pada file sistem. Bukan hanya pada sistem Android saja, namun juga bisa meliputi aplikasi yang terpasang, game, pengaturan dan sejenisnya. Adanya crash pada file sistem akan membuat perangkat tidak bisa bekerja dengan baik yang akan menimbulkan lag atau macet. Jika sudah begini, sistem akan secara otomatis memulai ulang.

3. Kapasitas RAM Pada HP Tidak Memadai

Kapasitas RAM akan sangat mempengaruhi kinerja ponsel. Sebagai hardware yang berfungsi sebagai penampung file sistem sementara, keberadaan RAM memang berpengaruh secara langsung terhadap kinerja ponsel. Semakin tidak sesuai antara kapasitas RAM dengan spesifikasi aplikasi yang dijalankan, maka akan membuat HP sering restart berulang-ulang. Hal ini disebabkan oleh kapasitas RAM yang penuh sehingga ponsel merasa harus dikosongkan lagi.

4. Memori Internal Yang Hampir Penuh

Jika RAM berfungsi sebagai penampungan file sistem sementara, maka memori internal memiliki fungsi sebagai penyimpanan file utamanya. Maka dari itu peran memori internal juga menentukan kinerja ponsel. Terlebih lagi setiap ponsel memiliki kapasitas memori internal yang berbeda. Semakin kecil kapasitas yang ditawarkan maka akan semakin cepat penuh oleh file-file seiring dengan waktu penggunaan.

5. Ponsel Yang Mengalami Overheat

Overheat adalah suatu kondisi panas berlebihan yang dialami oleh perangkat keras ponsel. Overheat biasanya disebabkan oleh penggunaan ponsel yang berlebihan atau menjalankan aplikasi yang berat diluar kemampuan spesifikasi smartphone itu sendiri. Apabila mengalami overheat maka HP akan melakukan restart sendiri. Hal ini biasanya bersifat otomatis dan dilakukan oleh ponsel untuk mendinginkan diri.

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart Berulang-ulang

Dengan banyaknya penyebab masalah restart pada ponsel seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka kamu harus mencari tahu secara pasti terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya lebih mudah dalam mencari solusinya. Jika sudah tahu apa penyebabnya maka kamu bisa menentukan langkah untuk mengatasi masalah HP sering restart berulang-ulang seperti berikut ini.

1. Mematikan Ponsel Sementara Waktu

Langkah pertama yang bisa kamu lalukan adalah dengan mematikan ponsel sementara waktu. Hal ini bisa kamu terapkan jika masalah HP sering restart berulang-ulang tersebut karena faktor overheat. Ketika ponsel digunakan secara berlebihan atau dipakai untuk membuka aplikasi/game yang berat maka kenaikan suhu pada hardware secara drastis bisa saja terjadi. Ketika sudah mencapai batas suhu diluar toleransi maka ponsel akan "mendinginkan" dirinya sendiri.

2. Update Sistem Android ke Versi Baru

Terkadang sistem Android yang usang juga bisa membuat HP sering restart berulang-ulang karena masalah software. Jika ini masalahnya maka kamu dapat melakukan update sistem Android ke versi yang lebih baru. Di beberapa ponsel memang sistem update seperti ini akan berjalan secara otomatis. Maka dari itu sebaiknya jangan terlalu sering menunda update karena berpengaruh buruk pada sistem operasi smartphone itu sendiri.

3. Melakukan Reset Setelan Pabrik

Biasanya, langkah ini sangat efektif untuk ponsel yang usia pemakaiannya sudah lama. Melakukan reset setelan pabrik akan mengembalikan seluruh software dan setelan ke posisi semula seperti saat pertama kali dibeli. Akibatnya, beberapa masalah seperti crash sistem atau pengaturan yang membuat ponsel berat akan menjadi default kembali. Caranya, silahkan masuk ke Setelan. Kemudian pilih menu Sistem. Setelah itu buka Lanjutan dan pilih Opsi setel ulang. Terakhir pilih “Reset ke Setelan Pabrik” dan tunggu prosesnya.

4. Melakukan Wipe Cache Partition

Cache adalah file-file singgahan pada ponsel yang berfungsi untuk mengingat apa saja yang pernah dilakukan ponsel seperti setelan, file yang pernah diakses, kata sandi dan sebagainya untuk disimpan didalam memori. Jika terlalu banyak menumpuk, file cache bisa membuat HP sering restart berulang-ulang. Maka dari itu Cache perlu dibersihkan. Caranya adalah dengan wipe cache partition.

Pastikan baterai diatas 70% lalu matikan ponsel. Disini kita akan mulai proses wipe cache. Pertama tekan tombol Power + Volume up + Volume down selama beberapa detik. Kemudian masuk ke Recovery Mode. Pilih Wipe Cache Partition. Gunakan tombol volume untuk naik turun dan tombol power untuk memilih. Setelah itu tunggu prosesnya hingga selesai karena biasanya memakan waktu yang cukup lama.

5. Mengurangi Apliasi Latar Belakang

Selanjutnya, kamu bisa mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mencegah HP sering restart berulang-ulang. Aplikasi latar belakang biasanya lebih banyak memakan memori RAM karena terus berjalan selama ponsel aktif. Hal ini tentu sangat membebani terlebih jika kita tidak selalu memakai aplikasi tersebut. Maka dari itu sebaiknya matikan saja aplikasi latar belakang yang tidak perlu. Caranya cukup mudah. Silahkan masuk ke menu setelan. Kemudian buka menu Aplikasi & Notifikasi. Pilih aplikasinya lalu klik Paksa Berhenti.

Baca Juga:
  1. Inilah Kelebihan dan Kekurangan USB Type C Pada HP Android
  2. Berhasil! Ini 6 Cara Mengatasi Charger HP Basah Terkena Air
  3. Ampuh! Ini 7 Cara Agar Baterai HP Cepat Penuh Saat di Cas

6. Mengurangi File Yang Tersimpan di Memori

Cobalah untuk memeriksa ulang bagaimana kapasitas memori internal ponsel. Jika sudah hampir penuh sebaiknya mulai lakukan pembersihan file supaya ruang penyimpanan jadi lebih lega. Kamu bisa mengurangi file yang tersimpan di memori internal dengan memindahkan ke PC, memori eksternal, upload di drive online, atau menghapusnya. Selain itu bersihkan juga file sampah yang juga bisa memenuhi memori. Kamu bisa memakai aplikasi pihak ketika seperti Clean master atau iClean untuk membersihkannya.

7. Copot Pemasangan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Jika ponselmu dirasa sudah berat karena banyaknya aplikasi yang terpasang sehingga menyebabkan masalah HP sering restart berulang-ulang. Maka sebaiknya copot beberapa aplikasi yang tidak perlu. Beberapa aplikasi yang jarang sekali kamu gunakan bisa dikategorikan sebagai aplikasi yang tidak perlu. Sebaiknya di copot saja agar memori internal dan RAM lebih lega. Terlebih rata-rata aplikasi Android berukuran besar sehingga memakan cukup banyak ruang.

8. Konsultasi ke Tukang Service

Terakhir, silahkan konsultasi ke tukang service apabila masalah HP sering restart berulang-ulang tak kunjung membaik. Terkadang membawa masalah ke orang yang ahli menjadi pilihan terbaik ketika kita tidam bisa mengatasinya sendiri. Dengan bantuan tukang service maka masalah yang ada pada smartphone milikmu akan segera ditangani. Dengan begini kamu bisa terhindar dari berbagai kemungkinan terburuk yang dapat menyebabkan kerugian.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi HP sering restart berulang-ulang. Proses restart yang tidak wajar di HP Android memang patut dicurigai karena menandakan akan adanya masalah entah itu pada hardware ataupun software. Yang jelas jika segera ditangani maka dapat terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Apabila ponsel kamu restart sendiri secara tiba-tiba, cobalah untuk menetapkan tips yang dibahas diatas.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Sering Restart Berulang-ulang