Berhasil! Ini 6 Cara Mengatasi Charger HP Basah Terkena Air

Seberapa penting charger untuk ponselmu? Pasti semua orang yang menggunakan ponsel entah itu Android atau iPhone menjawab sangat penting. Memang benar sih, charger menjadi salah satu perangkat yang berfungsi untuk mengisi baterai HP ketika sudah habis. Setiap ponsel pasti dibekali sebuah charger saat pertama kali dibeli. Charger original ini sudah didesain dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan baterai setiap ponsel. Lalu bagaimana jika kami mengalami masalah charger HP basah terkena air?

Tentu setiap orang yang mengalami masalah pada charger ponselnya apalagi yang original akan merasa kesal. Karena charger HP original susah didapatkan dan harganya juga pasti jauh lebih mahal daripada charger biasa. Apalagi jika masalah tersebut adalah charger HP basah terkena air yang bisa membuatnya rusak sehingga tidak bisa lagi dipakai. Ketika mengalami ini, kamu pasti sangat panik hingga sulit untuk berpikir jernih. Yang pasti, untuk mengatasinya jangan sampai salah mengambil tindakan karena berakibat fatal.

Cara Mengatasi Charger HP Basah Terkena Air

Kebanyakan pengguna yang mengalami masalah charger HP basah terkena air pasti berfikir bahwa tidak akan bisa digunakan lagi atau rusak. Kalaupun masih bisa dipakai, pasti menimbulkan rasa was-was yang bisa menyebabkan hal-hal tidak diinginkan seperti konsleting atau kerusakan pada baterai. Namun semua pendapat tersebut tidaklah sepenuhnya benar karena pada dasarnya charger yang basah bisa dipakai kembali asalkan ditangani dengan benar.

Penyebab Charger Ponsel Basah Terkena Air

Setiap masalah yang terjadi pada gadget pasti ada penyebabnya entah itu disengaja atau tidak. Seperti halnya masalah charger HP basah terkena air yang pasti disebabkan oleh kecelakaan alias tidak disengaja. Beberapa kejadian penyebab basahnya charger tidak disadari oleh para pengguna karena tidak terjadi secara langsung. Buat kamu yang mengalami kejadian seperti bisa dibilang apes. Berikut ini adalah beberapa penyebab basahnya charger ponsel.
  • Charger tidak sengaja kehujanan.
  • Terkena tumpahan air saat sedang ditaruh.
  • Terkena tetesan air dari atap rumah yang bocor.
  • Tidak sengaja tercebur kedalam air.
  • Ruangan tempat menaruh charger terlalu lembab.
  • Tersiram air secara tidak sengaja.

Cara Mengatasi Charger HP Basah Terkena Air Secara Benar

Buat kamu yang sedang mengalami masalah charger HP basah terkena air jangan panik terlebih dahulu. Kepanikan hanya akan membuatmu tidak bisa berfikir jernih. Meski kelihatannya ini adalah hal buruk, namun charger tersebut masih bisa diselamatkan dan digunakan kembali seperti sedia kala asalkan penanganan yang kamu lakukan baik dan benar. Cobalah untuk melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini untuk menyelamatkan charger ponselmu yang basah.

Jangan di Colokkan ke Arus Listrik

Langkah pertama untuk mencegah kerusakan ketika charger HP basah terkena air adalah dengan menghindari kontak arus listrik. Jangan pernah mencoba untuk mencolokkan ke stok kontak jika belum sampai benar-benar kering. Air yang ada didalam charger dapat menyebabkan hubungan pendek arus listrik serta membahayakan keselamatanmu. Konsleting yang terjadi diantara komponen malah membuat charger rusak dan akhirnya tidak dapat digunakan sama sekali seperti semula.

Balut Dengan Kertas Tisu Kering

Kemudian kamu bisa membalut charger tersebut dengan beberapa lembar kertas tisu secara merata. Kertas tisu memiliki kemampuan menyerap cairan yang sangat baik sehingga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada charger HP basah terkena air agar bisa kering. Dengan sifatnya yang absorben, kertas tisu mampu menyerap air bahkan hingga sela-sela yang paling kecil. Caranya, silahkan cabut dulu kabel USB-nya. Lalu ambil beberapa lembar kertas tisu kemudian balutkan secara rata menyelimuti adaptor charger.

Jemur di Sinar Matahari Hingga Kering

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengeringkan charger HP basah terkena air adalah dengan menjemurnya di sinar terik matahari. Namun cara ini hanya bisa kamu lakukan ketika cuaca panas saja. Jika memanfaatkan sinar matahari, maka kamu harus melakukannya selama beberapa hari hingga benar-benar kering. Biasanya selama kurang lebih 3 hari. Lakukan penjemuran mulai pagi hingga sore. Sinar matahari memang terkenal cukup efektif digunakan untuk mengeringkan alat-alat elektronik yang basah.

Taruh Dibelakang Kulkas

Nampaknya semua orang sudah tahu bahwa benda basah seperti sepatu atau sandal yang ditaruh dibelakang kulkas dapat menjadi kering. Nah, cara ini juga bisa kamu terapkan untuk mengeringkan charger HP yang basah terkena air. Seperti yang kita tahu bahwa belakang kulkas terdapat pembuangan udara yang menghembuskan udara dengan suhu cukup panas yang bisa mengeringkan berbagai benda termasuk charger. Kamu bisa menaruh adaptor charger lalu selama beberapa jam. Jika belum kering, ulangi terus hingga kering.

Baca Juga:
  1. Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi
  2. Yuk Cari Tahu! 6 Penyebab Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas
  3. Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya

Keringkan Menggunakan Hair Dryer

Buat kamu yang punya pengering rambut atau hair dryer bisa memanfaatkannya untuk mengeringkan adaptor charger. Namun cara ini membutuhkan waktu yang lama karena casing charger tidak dapat dibongkar sehingga komponen bagian dalam tidak mendapatkan hembusan udara panas secara langsung. Apabila kamu telaten dan mau bersabar, sebenarnya dengan hair dryer ini bisa membuat charger HP yang basah terkena air mengering. Caranya arahkan hembusan ke adaptor selama 30 menit. Ulangi terus hingga adaptor charger mengering.

Masukkan Kedalam Beras (Paling Efektif)

Terakhir ada cara yang paling efektif untuk mengeringkan charger HP basah terkena air. Caranya adalah dengan mengubur adaptor charger kedalam beras selama semalam. Caranya adalah sediakan wadah kering agak besar lalu masukkan beras didalamnya. Kubur charger ditengah-tengah hingga tertutup semua. Kemudian tutup rapat dan diamkan semalaman. Kenapa beras bisa sangat efektif? Karena beras memiliki sifat adsorben yang artinya dapat menyerap kelembaban udara secara signifikan. Semua komponen elektronik yang berukuran kecil akan sangat efektif jika dikeringkan dengan beras.

Kesimpulan

Tidak semua masalah charger HP basah terkena air itu tidak bisa diatasi. Tidak pula langsung bisa dikatakan rusak dan tidak bisa dipakai kembali. Sebuah charger ponsel yang basah masih bisa berfungsi dan digunakan kembali asalkan sudah benar-benar kering. Ada cara khusus untuk mengeringkannya supaya cairan didalamnya segera hilang seperti halnya yang sudah dibahas diatas. Asalkan cara diatas kamu lakukan dengan benar, maka charger HP-mu akan normal kembali. Ingat! Jika belum benar-benar kering jangan pakai charger tersebut.

Berhasil! Ini 6 Cara Mengatasi Charger HP Basah Terkena Air