Yuk Cari Tahu! 6 Penyebab Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas

Adaptor atau biasa disebut sebagai kepala charger merupakan salah satu komponen utama HP yang berfungsi membantu baterai dalam mengisi daya. Adaptor charger memang memiliki peran penting dalam mengontrol arus listrik yang masuk dari stop kontak menuju HP. Dengan adanya adaptor atau kepala charger ini, arus listrik yang semua bertegangan tinggi diubah menjadi arus rendah yang bisa tersimpan didalam baterai HP.

Karena fungsinya yang selalu dibutuhkan terkadang timbul masalah pada adaptor charger salah satunya adalah menjadi cepat panas. Dalam kondisi tertentu memang kepala charger itu bisa menjadi sangat panas saat digunakan untuk mengisi daya HP. Hal ini bisa saja wajar terjadi, namun juga ada kondisi dimana adaptor charger menjadi cepat panas karena hal yang tidak normal.

6 Penyebab Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas

Sebagai pengguna HP, kamu harus berhati-hati dengan penggunaan adaptor charger yang cepat panas. Biasanya, panas berlebihan yang ditimbulkan oleh kepala charger dapat menjadi hal yang membahayakan pengguna HP itu sendiri. Pada beberapa kasus, adaptor charger yang cepat panas dapat membuat kerusakan pada elemen baterai bahkan menimbulkan ledakan.

Lalu Apa Saja Penyebab Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas?

Panas pada kepala charger adalah hal yang wajar, namun jika panas yang terjadi berlebihan serta terlalu cepat, maka hal itu patut dicurigai karena kemungkinan ada hal yang tidak normal. Agar tidak menimbulkan dampak yang membahayakan, yuk cari tahu apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan kepala adaptor charger HP jadi cepat panas. Perhatikan penjelasan berikut ini.

Adaptor Charger Tidak Ori

Penyebab kepala charger cepat panas pada umumnya terjadi karena adaptor yang dipakai bukan asli bawaan pabrik atau ori. Kepala charger yang tidak ori bisa menjadi cepat panas karena ketidak cocokan arus yang dikonversi oleh adaptor charger sehingga arus menjadi tidak stabil. Adaptor menjadi cepat panas karena harus bekerja keras mengkonversi arus listrik AC menjadi DC.

Memakai HP Saat di Charge

Penyebab lain yang dapat membuat kepala charger menjadi cepat panas adalah pemakaian HP saat sedang diisi daya. Adaptor charger akan bekerja dua kali lipat saat kamu ngecas HP sambil digunakan. Hal ini disebabkan oleh baterai yang juga terus bekerja keras menghidupkan HP yang kamu gunakan. Inilah sebab kenapa kita tidak boleh memakai HP saat sendang di charge. Selain merusak adaptor, hal ini juga dapat merusak baterai.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil juga turut jadi penyebab kenapa kepala adaptor charger HP cepat panas. Tidak hanya adaptor charger, seluruh alat elektronik juga akan bermasalah ketika ada ketidak stabilan tegangan listrik. Bahkan tegangan listrik yang tidak stabil ini juga bisa menyebabkan kerusakan. Begitu pula dengan adaptor charger kamu yang cepat panas ketika tegangan listrik tidak stabil sehingga membuatnya bekerja keras.

Arus Adaptor Tidak Sesuai

Arus adaptor charger yang tidak sesuai dengan kapasitas baterai ternyata juga jadi penyebab kenapa kepala charger HP jadi cepat panas. Disetiap adaptor charger pasti tertera ukuran tegangan yang dibutuhkan dan juga yang dihasilkan (input dan output). Terkadang arus yang dihasilkan antara adaptor dengan kebutuhan baterai HP berbeda sehingga membuat kepala charger menjadi cepat panas.

Baca Juga:
  1. Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charging) Hp Andoid Xiaomi
  2. Ini 6 Cara Ngecas HP Android Yang Baru Beli Dengan Benar 
  3. Charger Laptop Terkena Air dan Basah? Ini Ciri-ciri dan Cara Menanganinya

Durasi Pengisian Yang Terlalu Lama

Saat melakukan pengisian daya dalam jangka waktu yang terlalu lama, pasti kepala charger HP akan menjadi cepat panas. Ini adalah hal yang lumrah karena semakin lama durasi pengisian maka semakin lama pula adaptor charger tersebut bekerja. Lamanya durasi pengisian baterai ini juga dipengaruhi oleh seberapa rendah presentasi baterai HP kamu saat akan di charge. Untuk menghindarinya, isi baterai HP kamu saat masih 15-20%.

Charger Selalu Dicolokkan Listrik

Pernahkah kamu tidak mencabut kepala charger saat sudah selesai mengisi daya HP? Kebanyakan orang pasti pernah melakukan hal ini dengan alasan malas. Namun hal ini ternyata dapat menimbulkan masalah terhadap adaptor charger itu sendiri. Meninggalkan adaptor tetap dicolokkan listrik akan membuatnya teraliri listrik terus-menerus sehingga mengakibatkan kepala charger jadi cepat panas.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kepala adaptor charger HP cepat panas. Sebagai pengguna ponsel yang sering menggunakan adaptor untuk proses charging baterai, kamu harus mewaspadai apakah panas yang terjadi pada kepala charger tersebut termasuk wajar atau tidak. Untuk menghindarinya, lebih baik hindari beberapa penyebab yang sudah dijelaskan diatas.

Yuk Cari Tahu! 6 Penyebab Kepala Adaptor Charger HP Cepat Panas