-->

Ini 7 Penyebab Kenapa Anak Suka Membangkang Pada Orang Tua

Setiap orang tua pasti ingin punya anak yang penurut. Namun tidak semua harapan orang tua tersebut selalu berjalan mulus. Faktanya, beberapa anak justru tumbuh dengan sikap pembangkang atau tidak mau patuh terhadap orang tua. Lalu sebenarnya apa saja penyebab kenapa anak suka membangkang pada orang tua? Mungkin pertanyaan tersebut banyak terbesit di pikiran para orang tua. Ini adalah hal wajar sebagai referensi pembelajaran terkait pola asuh agar tidak salah sehingga output yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan.

Memiliki anak yang suka membangkang pada orang tua cukup merepotkan. Orang tua juga tidak bisa sepenuhnya menyalahkan anak secara sepihak karena ada banyak faktor yang berkesinambungan hingga hal itu bisa terjadi. Umumnya, pola asuh yang salah dari orang tua menjadi penyebab utama kenapa anak suka membangkang. Jadi sebelum menyalahkan anak, sebaiknya orang tua introspeksi terhadap cara didik yang diterapkan selama ini dengan berkaca pada teori parenting yang bisa dipelajari dari buku atau artikel.

Anak Suka Membangkang Pada Orang Tua

Mempelajari ilmu parenting memang sangat penting bagi orang tua. Bahkan mereka harus mempelajarinya jauh sebelum memiliki anak sebagai bekal agar bisa mendidik anak dengan baik dan benar. Karena sikap, karakter dan perkembangan pola pikir anak sangat ditentukan oleh pola asuh orang tua. Jika ingin mendapatkan output yang bagus, maka orang tua juga harus memberikan input yang baik pula.

Lalu Apa Saja Penyebab Kenapa Anak Suka Membangkang Pada Orang Tua?

Berbicara mengenai penyebab kenapa anak suka membangkang pada orang tua memang tidak bisa terlepas dari proses cara mendidik orang tua selama ini. Ada banyak hal kompleks dalam sistem pola asuh anak yang dilakukan orang tua secara tidak sadar sehingga memberikan output yang tidak baik. Salah satu cara meminimalisirnya adalah dengan melakukan perbaikan terhadap pola asuh yang salah dan meninggalkannya demi kebaikan sang anak. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin bisa membuat anak jadi pembangkang.

Orang tua Terlalu Banyak Menyuruh Tapi Tidak Memberi Contoh

Peran orang tua yang otoriter menjadi salah satu penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua. Dalam mengasuh anak, orang tua yang suka menyuruh tanpa memberi contoh pasti akan kurang mendapat hormat dari anak. Mereka cenderung berpikiran bahwa jika orang tuanya saja tidak melakukan, lalu untuk apa ia menyuruhnya untuk melakukan. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk memberi contoh terlebih dahulu sebelum menyuruh pada anak.

Anak Tidak Diberi Kesempatan Untuk Menyampaikan Kemauan

Anak bukanlah robot. Bagaimapun juga, mereka pasti punya passion dan keinginan mereka sendiri untuk dilakukan. Maka dari itu, mereka sangat butuh diberi kesempatan agar bisa menyampaikan dan melakukan hal-hal yang sesuai dengan kemauannya selama itu bersifat positif. Selama ini banyak orang tua yang kurang memberi kesempatan pada anak untuk menyampaikan kemauan sehingga menjadi penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua.

Tidak Memberi Kesempatan Terhadap Hal Yang Disukainya

Sebenarnya setiap anak juga punya passion dalam bidang tertentu yang mungkin tidak pernah diduga oleh orang tua. Entah itu olahraga, teknologi, sains atau yang lainnya. Salah satu tugas orang tua adalah memberikan fasilitas pada anak untuk mengembangkan hal yang disukainya tersebut. Bukan justru malah tidak memberikan kesempatan sehingga anak merasa kebebasannya dalam berkembang dihalang-halangi oleh orang tuanya sendiri. Hal ini tentu dapat membuat anak menjadi pembangkang di kemudian hari.

Cara Komunikasi Yang Tidak Baik

Melakukan komunikasi dengan anak itu penting. Setiap keputusan yang terkait dengan anak sebaiknya dimusyawarahkan bersama termasuk dengan anak itu sendiri. Selain itu, sering-seringlah mengajak anak untuk negosiasi jika memang pilihan orang tua dan pilihannya berbeda. Cara komunikasi yang tidak baik hanya akan menjadi penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua. Oleh karena itu, selalu komunikasikan hal apa saja pada anak dan jangan memaksakan kehendak atau pilihan secara sepihak.

Suka Membandingkan Dengan Anak Lain

Salah satu kesalahan orang tua yang sering dilakukan namun tidak pernah disadari bahwa dapat menimbulkan dampak buruk adalah membandingkan dengan anak lain. Ini adalah perlakuan yang tidak dapat ditoleransi bagi anak. Maka dari itu, hal ini sering jadi penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua. Daripada membandingkan dengan anak lain, alangkah baiknya jika orang tua memberikan motivasi pada anak agar melakukan hal yang lebih baik lagi.

Baca juga:
  1. 7 Dampak Negatif Full Day School Pada Perkembangan Anak
  2. Awas! Ternyata Ini 9 Penyebab Anak Susah Diatur dan Nakal
  3. Salah Pola Asuh? Ini 10 Dampak Buruknya Pada Anak

Tidak Menghargai Usaha Anak

Beberapa orang tua masih belum sadar cara memberi apresiasi pada usaha anak meski itu hanya hal kecil. Setiap usaha yang tidak dihargai hanya akan menjadi penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua. sebagai orang tua, jika anak anda memiliki prestasi apapun itu entah diluar atau didalam sekolah, sebaiknya berikan apresiasi meskipun itu hanya hal kecil seperti memberikan ucapan selamat. Dengan begini maka anak akan merasa sangat dihargai atas apa yang telah ia perjuangkan.

Pola Asuh Yang Terlalu Kaku

Penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua yang terakhir adalah pola asuh yang terlalu kaku. Sebagai orang tua yang hidup di era modern, jangan membawa cara asuh lama seperti yang diterapakan oran tua anda beberapa puluh tahun lalu. Sebagai contoh soal pekerjaan, jangan terlalu menuntut anak menjadi PNS, Tentara, Polisi dan lain sebagainya. Karena di jaman yang canggih ini, untuk mendapatkan uang ada banyak sekali cara yang lebih modern dengan bekerja di bidang yang penuh passion.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kenapa anak suka membangkang kepada orang tua yang perlu anda ketahui. Jadi jangan pernah menyalahkan anak secara sepihak karena disini peran orang tua sangat menentukan. Lebih baik sama-sama introspeksi dan memperbaiki segala hal yang keliru menjadi lebih baik. Mengasuh anak memang tidak mudah, maka dari itu setiap orang tua diwajibkan belajar dan mencari bekal ilmu parenting agar bisa mendidik anak secara maksimal.

Ini 7 Penyebab Kenapa Anak Suka Membangkang Pada Orang Tua