Salah Pola Asuh? Ini 10 Dampak Buruknya Pada Anak

Salah pola asuh terhadap anak adalah sebuah mimpi buruk bagi orang tua. Namun masih ada saja orang tua yang tidak memahami kualitas pola asuh yang mereka terapkan kepada anak. Beberapa orang tua mungkin sudah sadar dalam mempelajari pola asuh yang baik untuk anak, namun sebagian yang lain masih belum teredukasi dengan baik apakah pola asuh yang diterapkan baik atau tidak.

Salah Pola Asuh? Ini 10 Dampak Buruknya Pada Anak

Disisi lain, pola asuh memiliki peran yang sangat penting pada tumbuh kembang anak. Terlebih, pola asuh juga memiliki keterkaitan dengan pembentukan karakter kepribadian seseorang. Pada saat masih anak-anak, karakter seseorang dibentuk oleh cara asuh orang tua mereka yang akan berpengaruh terhadap karakter dia saat dewasa. Maka dari itulah setiap orang tua wajib menghindari yang namanya salah pola asuh sejak dini.

Dampak Buruk Salah Pola Asuh Bagi Perkembangan Anak

Salah pola asuh memang memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan sekarang anak. Dampak ini juga berlangsung dalam waktu yang lama bahkan hingga seorang anak tumbuh jadi orang dewasa. Inilah alasan mengapa belajar mengenai pola asuh anak sangat wajib dilakukan oleh orang tua. Jika terjadi salah pola asuh, maka akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan anak seperti penjelasan berikut ini.

Terlambat Berpikir Dewasa

Pertama, salah pola asuh akan memberikan dampak terhadap cara berpikir. Seorang anak akan terlambat berpikir dewasa jika pola asuhnya sejak kecil kurang tepat. Bagaimanapun juga, setiap anak akan tumbuh jadi orang dewasa. Tidak hanya fisiknya saja namun juga pola pikirnya. Maka dari itu dalam mengasuh anak harus mempertimbangkan penalaran dan keaktifan dalam berpikir.

Tidak Berani Mengambil Keputusan

Dampak kedua dari salah pola asuh yang diterapkan orang tua pada anak adalah tidak berani mengambil keputusan. Masalah ini biasanya terjadi ketika orang tua menerapkan pola asuh yang manja terhadap anak. Ia akan kurang terlatih dalam menentukan memilih karena terlalu sering mendapatkan apa yang ia mau. Akibatnya anak akan selalu takut untuk mengambil keputusan. Padahal ketika dewasa, akan ada banyak pilihan disetiap jalan hidupnya.

Kurang Pandai Dalam Bersosial

Dampak ketiga dari salah pola asuh adalah menyebabkan anak kurang pandai dalam bersosial. Masalah ini biasanya timbul dari cara asuh yang terlalu berlebihan dari orang tua. Seperti banyak dilarang keluar rumah, terlalu selektif dalam memilih teman, serta sering menakut-nakuti anak pada orang lain. Keadaan ini membuat anak cenderung menutup diri sehingga keterampilan bersosialnya kurang terasah. Padahal didalam kehidupan nyata, manusia mau tidak mau harus hidup bersosial.

Tidak Percaya Diri

Salah pola asuh juga dapat mengakibatkan anak menjadi tidak percaya diri. Terlebih jika orang tua sering mengekang segala keinginannya. Seorang anak butuh mengekspresikan dirinya dalam berbagai hal. Namun jika terlalu banyak dilarang akan membuat anak kurang percaya diri karena menganggap apa yang dilarang tersebut adalah hal yang tidak baik. Hal ini juga bisa menghambat anak dalam menemukan bakat dirinya.

Kaku dan Emosi Sulit Dikendalikan

Dalam penelitiannya, Nurul Mufidah dan Muhammad Rifqi mengungkapkan bahwa anak yang diasuh secara berlebihan bisa mengakibatkan kaku dan emosi yang sulit dikendalikan. Anak akan merasa terbebani dengan berbagai macam aturan yang bahkan dia sendiri belum memahaminya. Hal ini juga bisa menguras tenaga serta pikiran anak itu sendiri yang bukan tidak mungkin dapat berimbas pada kestabilan emosinya. Salah pola asuh seperti ini sangat wajib dihindari.

Rentan Terkena Depresi

Terakhir, dampak buruk dari salah pola asuh pada perkembangan anak adalah rentan terkena depresi. Hal ini biasanya sering terjadi pada anak yang terlalu diarahkan oleh orang tuanya. Ia harus menuruti segala omongan, aturan, bahkan pilihan yang tidak dibuat olehnya sendiri. Pada akhirnya anak tidak bisa mengekspresikan apa yang ia inginkan sama sekali. Saat hal ini terjadi berlarut-larut, maka anak dapat menjadi tertekan, terbebani bahkan hingga depresi.

Dampak Buruk Salah Asuh Pada Fisik

Selain berdampak pada perkembangan anak, salah pola asuh yang dilakukan oleh orang tua juga membuat dampak pada fisik anak itu sendiri. Seperti pisau bermata dua, kesalahan menerapkan cara asuh bisa menimbulkan dampak pada dua hal sekaligus. Berikut ini adalah dampak pada fisik anak jika orang tua salah pola asuh.

Rentan Terhadap Obesitas

Dampak fisik yang pertama akibat dari salah pola asuh adalah membuat anak jadi obesitas. Obesitas memang menjadi salah satu isu kesehatan pada anak di belahan bumi manapun. Namun terkadang banyak orang tua yang menganggap bahwa mengasuh anak hingga bertubuh gemuk adalah sebuah prestasi. Ini adalah cara berpikir salah yang harus diubah. Orang tua dan anak harus sama-sama diedukasi mengenai obesitas.

Baca Juga:

  1. 10 Langkah Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube
  2. 7 Program dan Acara TV Yang Tidak Baik Untuk Anak
  3. Ayah Ibu! Ini 8 Kalimat Yang Tidak Boleh Diucapkan Kepada Anak


Juga Bisa Menyebabkan Kurus

Tidak hanya obesitas saja, salah pola asuh ternyata juga bisa membuat anak memiliki fisik yang kurus. Biasanya hal ini sering terjadi pada orang tua yang terlalu membiarkan dan kurang perhatian dalam mengatur waktu pada anak. Akibatnya anak menjadi lupa waktu, kurang istirahat bahkan kurang mendapat asupan makanan. Kondisi yang seperti ini jelas sangat mempengaruhi fisik seorang anak.

Sering Sakit-sakitan

Terkadang, anak yang sering sakit tidak hanya disebabkan oleh penyakit saja. Namun salah pola asuh seperti kontrol yang kurang terhadap anak juga bisa membuatnya sering mengalami sakit-sakitan. Sebaiknya orang tua juga memperhatikan berbagai kebutuhan kesehatan anak seperti gizi, nutrisi, dan vitamin.

Penampilan Yang Tidak Menarik

Dampak buruk pada fisik dari salah pola asuh kepada anak adalah penampilan yang kurang menarik. Saat masih kecil, anak tidak paham tentang apa itu penampilan. Mereka cenderung menurut dengan apa yang dipakaikan orang tuanya. Jika sejak kecil seorang anak diajari bagaimana untuk bisa tampil baik, maka penampilannya anak menarik. Namun sebaliknya, jika tidak pernah diajari cara merawat diri, maka penampilan anak menjadi tidak menarik.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai dampak buruk salah pola asuh pada anak yang diterapkan oleh orang tua. Dengan menghindari cara mengasuh anak secara tidak benar, akan ada banyak orang tua dapat mampu menciptakan generasi-generasi yang lebih baik dari tahun ke tahunnya. Orang-orang yang berkarakter baik memang dibentuk sejak mereka masih kecil.

Salah Pola Asuh? Ini 10 Dampak Buruknya Pada Anak