10 Langkah Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube

Banyak orang mengklaim bahwa usia anak-anak adalah usia emas dimana mereka dapat menyerap banyak pengetahuan serta merekamnya di otak. Lalu bagaimana jadinya jika usia anak-anak dihabiskan untuk menonton Youtube? Apakah Youtube itu Sendiri dapat menyebabkan kecanduan pada anak? Pertanyaan tersebut pasti sering terbesit dipikiran orang tua.

Kemajuan teknologi membawa banyak perubahan besar hingga memudahkan kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah munculnya media hiburan baru seperti Youtube. Platform sosial sharing video ini kini menjadi alternatif tontonan dengan berbagai konten yang tersedia. Akan tetapi, terkenalnya Youtube dikalangan anak-anak justru membuat orang tua menjadi khawatir

5 Langkah Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube

Alih-alih memberikan tontonan yang edukatif, anak-anak justru malah kecanduan nonton Youtube hingga mereka lupa waktu. Selain menghabiskan paket data internet, kerugian yang lebih ekstrim lagi adalah terganggunya indra penglihatan pada anak. Terlebih tontonan yang mereka saksikan hanya sebatas hiburan tanpa ada tambahan nilai edukatif.

Ciri-ciri Anak Kecanduan Nonton Youtube

Para orang tua wajib menyadari apakah putra putri mereka sudah kecanduan nonton Youtube atau belum. Hal ini sangat penting sebagai upaya pencegahan agar anak tidak kecanduan lebih parah lagi. Fungsi pengawasan orang tua terhadap tontonan anak sangatlah penting. Untuk mengetahui apakah anak anda sudah kecanduan Youtube, coba perhatikan ciri-ciri berikut ini.

  1. Selalu ingin nonton Youtube.
  2. Merengek jika tidak diperbolehkan nonton Youtube.
  3. Selalu ingin nonton Youtube sehingga tidak fokus melakukan aktivitas.
  4. Mencuri-curi kesempatan meminjam ponsel orang tua.
  5. Tidak peduli seberapa lama mereka nonton.
  6. Menangis/mengamuk ketika tidak di ijinkan nonton.
  7. Menirukan figur yang mereka tonton di Youtube.
  8. Hafal beberapa adegan dari sebuah video.
  9. Mengetahui apa saja yang trending di Youtube.
  10. Tidak suka diganggu ketika sedang nonton.

Apakah ciri-ciri diatas ada pada anak anda? Jika iya, mungkin itu bisa menjadi pertanda bahwa anak sudah mulai kecanduan nonton Youtube. Jangan biarkan hal ini terjadi kepada anak anda. Sebelum terlanjur parah, alangkah lebih baik jika dilakukan langkah pencegahan.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube?

Jika anak masih menunjukkan beberapa ciri kecanduan nonton Youtube seperti yang sudah dijelaskan diatas, anda bisa lakukan pencegahan. Namun jika anak sudah kecanduan segera lakukan tindakan penyembuhan. Apakah anak yang sudah kecanduan nonton youtube bisa sembuh?

Asalkan yakin, pasti bisa sembuh. Peran orang tua terhadap pendampingan anak sangat dibutuhkan. Jangan terlalu berambisi untuk memarahi mereka karena itu buka sebuah solusi yang tepat. Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan nonton Youtube? Simak penjalasan berikut ini.

Mengajari Dengan Memberi Contoh

Untuk bisa mengatasi anak yang kecanduan nonton Youtube, anda harus memulainya dari diri sendiri. Sebagai contoh, jangan menggunakan gadget terlalu sering saat bersama anak. Hal ini dapat membuat mereka berfikir bahwa apa yang dilakuka orang tua juga boleh mereka lakukan.

Anda harus memberi contoh baik kepada anak. Seorang anak tidak akan mudah untuk diatur. Bukannya nurut, tapi mereka justru akan melawan. Untuk itu, cobalah memberi contoh baik terhadap pemakaian gadeget untuk membantu mengatasi anak yang kecanduan nonton Youtube.

Membuat Kesepakatan Bersama

Cobalah untuk berbicara kepada anak anda. Kedekatan orang tua sangat berpengaruh terhadap kesuksesan mengatasi anak kecanduan nonton Youtube. Ajak anak membuat peraturan untuk dirinya sendiri mengenai waktu, konten, jadwal dan durasi penggunaan gadget.

Selalu ajak anak untuk melakukan evaluasi terhadap jumlah waktu mereka nonton Youtube. Kemudian ajak mereka untuk bernegosiasi mengenai waktu penggunaan gadget. Terangkan kepada mereka apa saja manfaat membuat kesepakatan bersama tersebut.

Berikan Pengertian Pada Anak

Jangan memarahi anak dengan mengumbar berbagai dampak buruk kecanduan nonton Youtube pada mereka. Namun ajak mereka untuk berbicara dan memberikan pengertian pada anak memakai bahasa yang sederhana. Berikan sedikit gambaran kenapa nonton Youtube terlalu lama itu tidak baik.

Gunakanlah nada halus saat menjelaskan, anak akan lebih mendengarkan ketimbang kita gunakan nada tinggi. Memberikan pengertian terhadap dampak kecanduan nonton Youtube harus dilakukan secara sabar. Tujuan memberikan pengertian ini adalah suapaya anak lebih teredukasi.

Alihkan Perhatian Mereka

Cara paling mudah untuk mengatasi anak yang kecanduan nonton Youtube adalah dengan mengalihkan perhatian mereka. Alasan kenapa anak memilih untuk nonton Youtube adalah karena mereka selalu merasa bosan. Untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, coba arahkan untuk beraktivitas positif.

Anda dapat mengajak mereka untuk melakukan hal-hal lain yang tak kalah menyenangkan seperti membaca buku cerita, mewarnai gambar, membuat kreasi dan lain sebagainya. Kegiatan seperti ini cukup efektif untuk mengurangi kecanduan anak nonton Youtube.

Ajak Beraktivitas Bersama

Terkadang orang tua sengaja membuat anak keasyikan sendiri dengan memberikan gadget sementara orang tua melakukan aktivitas. Cara ini tidak sepenuhnya salah, namun jika terlalu sering maka dapat membuat anak jadi kecanduan nonton Youtube.

Baca Juga:
  1. Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube
  2. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Youtube Go Untuk HP Android 
  3. 7 Dampak Negatif Full Day School Pada Perkembangan Anak

Jika anda sedang beraktivitas, justru ajak mereka untuk ikut melakukan aktivitas tersebut. Selain membangun rasa kasih sayang, kegiatan semacam ini akan membuat anak merasa lebih dekat dan diperhatikan oleh orang tuanya. Coba ajak anak anda beraktivitas agar sembuh dari kecanduan nonton Youtube.

Membuat Jadwal Penggunaan Gadget

Satu langkah tegas yang bisa anda terapkan untuk mengatasi anak yang kecanduan nonton Youtube adalah dengan membuat jadwal penggunaan gadget. Jika perlu, buat kesepakatan dengan anak untuk membuat sanksi jika ada pelanggaran terkait jadwal tersebut.

Metode ini juga dapat membuat anak lebih memahami apa itu kedisiplinan dan apa itu aturan. Anak juga akan belajar arti konsekuensi jika ia tidak konsisten. Ini sedikit tegas, namun dapat membantu anak sembuh dari kecanduan nonton Youtube.

Kurangi Fasilitas

Cara lain yang mungkin akan sangat berdampak adalah dengan mengurangi fasilitas. Salah satu penyebab kenapa anak bisa kecanduan nonton Youtube adalah adanya fasilitas seperti ponsel, jaringan internet dan juga kebebasan yang diberikan oleh orang tuan itu sendiri.

Cobalah untuk sedikit mengurangi fasilitas tersebut seperti tidak memberikan ponsel pribadi, membatasi koneksi internet (jika ada wifi, matikan di jam tertentu) serta awasi mereka. Langkah ini harus dilakukan demi sembuhnya anak dari kecanduan nonton Youtube.

Buat Panduan Menonton Youtube

Terkahir, anda dapat membuat sebuah panduan untuk mengurangi resiko anak kecanduan nonton Youtube. Berikan poin-poin penting kepada anak apa saja yang boleh mereka tonton di Youtube dan seberapa lama durasi menonton mereka.

Jangan membiasakan anak terlalu bebas mengakses Youtube. Bagaimanapun juga fungsi pengawasan orang tua harus tetap berjalan agar anak terhindar kecanduan nonton Youtube. Dengan adanya panduan yang anda buat, seorang anak akan belajar lebih bijaksana dalam memilih tontonan Youtube.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan nonton youtube. Separah apapun seorang anak kecanduan nonton Youtube pasti tetap bisa disembuhkan asal orang tua mau berusaha. Sebenarnya dampak negatif ini bukan hanya pada konten Youtube itu sendiri, tapi juga pada kesehatan mata. Oleh karena itu terus lakukan pendampingan pada anak anda saat mereka nonton Youtube.

10 Langkah Mengatasi Anak Yang Kecanduan Nonton Youtube