Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Youtube Go Untuk HP Android

Sebagai sebuah platform media sharing, popularitas Youtube kini terus mengalami peningkatan yang cukup drastis. Media sosial yang berada dibawah naungan raksasa teknologi Google tersebut terus melakukan pembenahan untuk tampil lebih baik dimata para penggunanya. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah dengan mengeluarkan aplikasi Youtube Go yang dapat kita instal secara gratis di smartphone android melalui Playstore.

Youtube Go adalah aplikasi HP android yang merupakan anak dari aplikasi Youtube yang sebelumnya sudah kita kenal. Bukan tanpa sebuah alasan, Google sebagai pengembang sosial sharing video tersebut meluncurkan aplikasi Youtube Go dengan tujuan untuk memudahkan akses setiap penggunanya dari berbagai macam spesifikasi smartphone android yang beragam.


Aplikasi Youtube Go ini diklaim jauh lebih ringan dari aplikasi lama Youtube. Hal ini bisa dibuktikan dengan ukuran file aplikasi Youtube Go itu sendiri yang hanya sebesar 9,4 Mb saja. Nampaknya Google tidak mau kalah dengan para kompetitornya seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram dimana mereka sudah meluncurkan aplikasi versi Lite yang lebih ringan dan tidak memakan banyak tempat.
  

Kelebihan Memakai Aplikasi Youtube Go di Smartphone Android

Kehadiran Youtube Go sebagai aplikasi smartphone android memang membawa berbagai macam kelebihan yang dapat kita rasakan sebagai pengguna ponsel pintar. Terlebih dari sisi konsumsi paket data yang selama ini menjadi salah satu masalah besar bagi para pengguna Youtube. Lalu apa saja kelebihan yang bisa kita dapat jika menggunakan aplikasi Youtube Go?

1. Sangat Ringan

Hal pertama yang akan amat terasa ketika kita sudah instal aplikasi Youtube Go adalah ringan ketika digunakan. Aplikasi ini bahkan tidak membuat smartphone android dengan spesifikasi rendah bekerja keras. Youtube Go tetap bekerja dengan sangat baik tanpa memberatkan sebuah ponsel cerdas meskipun memiliki spesifikasi rendah saat digunakan untuk akses Youtube maupun memutar sebuah video.

2. Sedikit Memerlukan Penyimpanan

Dari sisi penyimpanan, aplikasi Youtube Go ini memakan ruang penyimpanan yang sangat sedikit sekali. Setelah di instal, Youtube Go hanya memerlukan kapasitas sebesar kurang lebih 66 Mb saja dari memori smartphone android anda. Berbeda dengan aplikasi Youtube versi biasa yang memakan ruang cukup besar hingga ratusan Mb sehingga bisa memenuhi direktori.

3. Irit Kuota

Youtube Go bisa dikatakan sebagai sebuah aplikasi pawangnya kuota streaming. Ya, aplikasi ini sangat irit sekali terhadap konsumsi paket data. Fitur Youtube Go memungkinkan penggunanya untuk menentukan sendiri besar kecilnya kuota yang akan digunakan untuk streaming melalui pilihan kulitas video yang akan diputar seperti kualitas standar, sedang atau tinggi.

4. Tanpa Iklan

Bagi anda yang sudah instal aplikasi Youtube Go di smartphone android, pasti akan merasa canggung karena tidak adanya iklan yang muncul saat memutar video. Ini adalah kelebihan Youtube Go yang sangat dirasakan oleh para penggunanya. Tidak adanya iklan akan membuat kita bisa lebih irit paket data internet dan lebih enak ketika menonton video karena tidak adanya gangguan.

5. Kompatibel OS rendah

Kelebihan lain dari aplikasi Youtube Go adalah kompatibel android dengan OS yang rendah. Hal ini memungkinkan para pengguna android versi jadul dapat lebih nyaman saat menyaksikan konten-konten Youtube. Bahkan mereka yang masih setia dengan smartphone android Jelly Bean pun bisa memasang aplikas Youtube Go di gadget mereka.

Kekurangan Memakai Aplikasi Youtube Go di Smartphone Android

Dengan berbagai macam kelebihan seperti yang sudah kita bahas diatas membuat Youtube Go banyak digunakan oleh para pecinta hape Android. Banyaknya kelebihan yang ditawarkan ternyata juga menyisakan beberapa kekurangan. Sebenarnya ini adalah hal wajar, karena sesempurna apapun aplikasi android pasti akan ada kekurangannya. Lalu apa saja kekurangan memakai aplikasi Youtube Go di smartphone android? Simak penjasannya berikut ini.

1. Tidak Bisa Berkomentar

Salah satu fitur yang hilang di aplikasi Youtube Go adalah fitur komentar. Jadi ketika anda membuka Youtube melalui aplikasi Youtube Go, saat setelah selesai memutar video, anda tidak bisa berkomentar atau menyampaikan opini yang anda miliki karena kolom komentar yang telah ditiadakan. Ini adalah kekurangan aplikasi Youtube Go yang harus anda maklumi.

Baca Juga:
  1. Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube 
  2. Keuntungan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business Untuk Bisnis Online Shop 
  3. 9 Manfaat Menggunakan Profil Bisnis Instagram

2. Sulit Share Video

Kekurangan lain dari aplikasi Youtube Go adalah tidak adanya tombol share atau berbagai. Jadi jika anda menemukan konten unggulan sedangkan anda sedang memutarnya di aplikasi Youtube Go, maka sudah bisa dipastikan anda akan kesulitan ketika akan membagikan konten tersebut ke sosial media lain. Anda harus mencari cara lain jika ingin share video meskipun sedikit agak ribet.

3. Tidak Bisa Klik Profil

Ini adalah salah satu kekurangan dari aplikasi Youtube Go yang cukup ribet. Ketika kita membuka sebuah video dan menontonnya, kemudian anda ingin mengunjungi profil atau akan melihat video lain dari chanel tersebut, anda tidak mengaksesnya melalui aplikasi ini. Jadi anda harus cari videonya satu-satu atau harus bolak-balik pencet tombol pencarian.

4. Sulit Berinteraksi

Nampaknya Youtube Go memang dirancang hanya untuk menonton video dengan konsumsi kuota yang sangat minim saja. Hal ini dapat terlihat dibeberapa fitur seperti komentar dan kotak masuk yang tidak dapat diakses. Ini adalah salah satu kekurangan aplikasi Youtube Go yang membuat banyak orang meninggalkannya. Namun jika hanya untuk memutar video saja nampaknya aplikasi ini sangat berguna.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Youtube Go untuk HP android. Intinya setiap aplikasi itu pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dua hal tersebut memang tidak bisa terlepas satu sama lain. Sebuah aplikasi akan sangat bermanfaat jika digunakan sesuai dengan fungsinya. Sama halnya dengan aplikasi Youtube Go, jika digunakan sebagai mana mestinya, yaitu supaya lebih irit kuota dan lebih ringan maka manfaatnya akan sangat terasa.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Youtube Go Untuk HP Android