Keuntungan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business Untuk Bisnis Online Shop

Keberadaan aplikasi olah pesan sangat bermanfaat bagi para penjual online. Salah satu yang banyak digunakan untuk bisnis online selama ini adalah whatsapp. Aplikasi dengan logo gagang telepon ini sudah menjadi kebutuhan utama sejak lama untuk digunakan sebagai sarana komunikasi antara penjual dan pembeli dalam online shop. Whatsapp selalu menjadi pilihan utama sebagai alat transaksi karena banyaknya keuntungan yang didapat.

Karena banyaknya pengguna yang memanfaatkan whatsapp sebagai salah satu sarana penunjang bisnis, maka dari pihak developer memutuskan untuk mengembangkannya dengan meluncurkan aplikasi whatsapp khusus untuk bisnis yang diberi nama WhatsApp Business. Kehadiran aplikasi ini disambut hangat oleh para pelaku bisnis online karena membawa berbagai macam fitur yang sangat menarik.

Gambar Keuntungan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business Untuk Bisnis Online Shop

Aplikasi whatsapp business ini tentu sangat berbeda dengan whatsapp biasa. Seperti namanya, banyak fitur baru ditambahkan pada aplikasi ini untuk menunjang berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bisnis. Fitut-fitur tersebut tentu dirancang bukan tanpa alasan, pihak pengembang memang menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk transaksi dan komunikasi dalam setiap kegiatan bisnis.

Perbedaan Dasar Antara WhatsApp Business dan Whatsap Biasa/Original

Secara wujud fisik memang tidak ada perbedaan yang signifikan antaran whatsapp business dan biasa. Bahkan dari desain aplikasi bisa dikatakan hampir tidak ada perbedaan. Perbedaan itu hanya terlihat pada menu-menu tambahan yang hanya ada pada whtasapp business.  Perbedaan fisik yang paling jelas terlihat terletak pada logo aplikasi. Pada whatsapp business bagian tengah logonya tertera huruf B kapital dengan ukuran cukup besar

Selain itu, perbedaan lain yang dapat kita temui terletak pada nama akun. Jika pada whatsapp biasa kita dapat mengganti nama sesuai keinginan tanpa ada batasan, namun beda halnya dengan whatsapp business yang memberlakukan nama permanen sehingga kita hanya dapat memasukkan nama perusahaan satu kali saja. Ketika sudah memasukkan nama perusahaan, kita tidak akan bisa lagi mengubahnya di kemudian hari.

Manfaat dan Keuntungan Memakai WhatsApp Business Dalam Berjualan Online

Bagi para pelaku bisnis online yang sudah menggunakan aplikasi whtasapp business pasti merasakan banyak manfaat melalui fitur-fitur baru yang ditawarkan. Berbagai fasilitas tersebut memang membawa banyak keuntungan bagi penggunanya. Namun bagi anda yang belum sempat mencoba aplikasi ini pasti penasaran. Lalu apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan whatsapp business untuk berjualan online? Simak ulasannya berikut ini.

1. Bisa Pakai Nomor Telepon Perusahaan

Sebuah fitur menarik yang ditawarkan oleh whatsapp business adalah pengguna bisa memakai nomor telepon perusahaan yang notabene bukan nomer seluler untuk membuat akun bisnisnya. Fitur ini termasuk istimewa karena tidak akan kita jumpai di aplikasi whatsapp biasa atau original.

Dengan adanya fasilitas ini, pengguna dapat memisahkan antara nomor pribadi dan nomor perusahaan yang penggunaannya berbeda. Ini adalah salah satu fitur yang memungkinkan bisnis kita berjalan secara lebih profesional.

2. Bisa Migrasi Percakapan Antar Ponsel

Dengan menggunakan whatsapp business, kita akan mendapatkan sebuah fitur lain yang cukup menarik yaitu memungkinkan penggunanya bisa transfer atau berpindah chat dari satu perangkat menuju ke perangkat yang lainnya.

Keberadaan fitur ini sangat penting mengigat pemilik bisnis hanya menggunakan satu-satunya nomor seluler untuk akun whatsapp mereka. Dengan memungkinkannya migrasi percakapan membuat pengguna tidak akan khawatir riwayat percakapan yang sudah ada saat ini akan hilang jika berpindah perangkat pada suatu saat.

3. Bisa Mengirim Pesan Otomatis

Pengembang aplikasi sangat paham dengan kebutuhan penggunanya yang rata-rata adalah seorang pelaku bisnis online. Sebagai seorang pemilik online shop kita harus tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen meski hanya sekedar memberi jawaban kepada mereka yang ingin melakukan percakapan diluar jam kerja.

Whatsapp bisnis mengerti betapa pentingnya hal itu sehingga dihadirkanlah fitur auto response yang dapat meringankan beban para pelaku bisnis online. Dengan adanya fasilitas ini, kita dapat membuat dan menentukan sendiri pesan apa yang ingin disampaikan kepada para konsumen untuk memberitahu mereka bahwa kita sedang berada diluar jam kerja yang akan terkirim secara otomatis.

4. Memiliki dan Mendapat Data Analisis

Bisnis tidak hanya sekedar usaha dan hafalan semata. Namun kita juga perlu adanya data untuk menunjang kebutuhan pengambilan keputusan. Hasil analisis dari data dapat memberikan gambaran seperti apa progres bisnis yang sedang berjalan terhadap para pelanggan. Maka dai itu whatsapp business hadir dengan fitur data analisis yang menyediakan informasi kepada kita seperti jumlah pesan terkirim, diterima, dan dibaca.

5. Ada Profil Bisnis

Seperti nama yang diusungnya, whatsapp business jelas menyediakan fitur yang sangat menunjang profesionalitas perusahaan ataupun online shop yang sedang dijalankan. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat membuat dan menampilkan detail dari bisnis online yang dijalankan. Terlebih, keterangan akun bisnis akan tertera pada profil sehingga mudah dikenali oleh para konsumen. Berikut ini adalah fitur yang tertera pada akun profil bisnis di whatsapp business.

Baca Juga:
  1. 9 Manfaat Menggunakan Profil Bisnis Instagram
  2. 11 Cara Mengembangkan Bisnis Online Shop Dengan Cepat 
  3. 8 Tips Belajar Memulai Bisnis dan Merintis Usaha Dari Nol 

5.1 Alamat dan Peta

Kita dapat menampilkan alamat tempat berjalannya bisnis sekaligus peta  yang bisa diakses secara langsung melalui aplikasi google maps hanya dalam satu sentuhan. Dengan adanya fitur ini, pelanggan online shop dapat mengetahui lokasi penjual secara pasti. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan lokasi jika pemilik online shop memiliki toko offline untuk dikunjungi para konsumennya.

5.2 Kategori Binis

Pada profil bisnis yang tersedia di whatsapp business, kita dapat memilih kategori untuk disesuaikan dengan bisnis online yang dijalankan. Beberapa kategori yang dapat kita pilih pada profil bisnis adalah belanja & ritel, pelayanan profesional, hotel & penginapan, pengobatan & kesehatan, perjalanan & transportasi, restoran, non-profit, umum & pelayanan pemerintahan, grosir & supermarket, dan lain-lain.

5.3 Deskripsi Perusahaan

Pada fitur ini kita dapat menuliskan dan menampilkan berbagai macam informasi terkait bisnis online yang dijalankan. Dengan memanfaatkan fitur ini kita dapat memberikan informasi apa saja yang dibutuhkan kepada pelanggan sesuai dengan yang kita kehendaki.

5.4 Jam Buka

Fitur yang sangat menarik dari whatsap business adalah adanya fasilitas yang dapat menampilkan jam kerja perusahaan mulai jam buka hingga jam tutup. Lebih menariknya lagi, fitur ini tersedia untuk seluruh hari dalam satu minggu mulai hari senin hingga minggu. Kita dapat membedakan jam buka berdasarkan hari tertentu sehingga informasi jam kerja bisa tersampaikan kepada para konsumen secara lebih detail.

5.5 Tautan

Fitur terakhir yang dapat kita jumpai pada profil bisnis di whatsapp business adalah tautan yang dapat dihubungkan ke akun instagram atau website perusahaan. Dengan menggunakan fitur ini, seorang pelaku bisnis dapat memudahkan konsumen untuk mengakses akun instagram dan website perusahaan hanya dalam sekali sentuhan.

Penutup
Penggunaan whatsaap business memang mendatangkan banyak keuntungan bagi pelaku bisnis online. Jika sadar dengan berbagai manfaat yang didapat, seharusnya para pemilik online shop mulai menggunakan aplikasi ini untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Fitur-fiturnya sangat menunjang profesionalias sebuah usaha sehingga akan mendapat kepercayaan lebih dari para pelanggan. Terlebih aplikasi ini tersedia secara gratis, sudah tidak ada lagi keraguan untuk menggunakannya dalam berbisnis.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business Untuk Bisnis Online Shop