8 Tips Belajar Memulai Bisnis dan Merintis Usaha Dari Nol

Memiliki sebuah bisnis yang berpenghasilan tinggi merupakan impian setiap orang. Bisnis yang dimiliki oleh para pengusaha bisa berasal dari usaha yang diturunkan oleh orang tua atau memulainya sendiri dari nol. Orang yang diwarisi usaha secara turun-temurun tidak harus bersusah payah mulai dari nol karena sudah mapan dan memiliki reputasi yang bagus dimata para konsumen. Ia tinggal belajar untuk mengelola dan mengembangkan supaya terus berjalan dan menghasilkan.

Berbeda dengan mereka yang diwarisi bisnis, orang yang merintis bisnis dari nol perjuangannya lebih berat dan sulit karena harus mengawali dengan segala keterbatasan dan berjalan dengan banyak cobaan. Namun gambaran ini bukanlah sebuah momok menakutkan bagi mereka yang akan memulai usaha bisnisnya. Meskipun dimulai dari nol, sebuah bisnis bisa besar dan maju jika pemiliknya mau untuk terus belajar dan belajar.

Berbisnis adalah salah satu pilihan hidup yang bisa membawa siapa saja meraih kesuksesan. Semakin sempitnya lapangan kerja membuat banyak orang memilih bisnis untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan utama. Selain dapat digunakan sebagi pegangan hidup, mendirikan sebuah usaha juga dapat menciptakan lapangan kerja yang bermanfaat bagi banyak orang.

Gambar 8 Tips Belajar Memulai Bisnis dan Merintis Usaha Dari Nol

8 Tips Belajar Memulai Bisnis dan Merintis Usaha Dari Nol


Memulai sebuah usaha bukanlah perkara mudah bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman bisnis apapun. Hal pertama yang paling membuat mereka bingung adalah langkah apa yang harus dilakukan untuk memulainya. Terkadang, perencanaan sudah dibuat matang, namun tidak tahu harus berbuat apa dan dimulai dari mana. Oleh karena itu, sebelum memulai, pebisnis pemula harus banyak belajardan mencari pengalaman. Simak tips yang dapat dijadikan bekal belajar untuk memulai bisnis dan merintis usaha dari nol ini.

Banyak Menimba Ilmu

Setiap orang wajib menimba ilmu sebagi bekal hidup. Begitu pula dengan para calon pengusaha agara dapat mengarungi kerasnya kehidupan di dunia usaha. Mempelajari dan menguasai ilmu bisnis adalah hal mutlak yang dilakukan oleh pemula sebelum mendirikan usaha. Dengan berbekal ilmu, ia akan memiliki kemampuan untuk menjalankan proses usaha.

Ada banyak cara yang dapat digunakan oleh para pemula untuk memperoleh ilmu bisnis salah satunya adalah dengan mengenyam pendidikan formal seperti kuliah dan kursus. Akan tetapi, sebagian orang tidak mau melakukan ini karena faktor waktu, biaya dan umur. Sebenarnya, mencari ilmu bisnis diluar pendidikan formal itu sangat mungkin dilakukan. Kita bisa belajar kepada orang-orang yang sudah memiliki usaha dengan berbagi cerita dan pengalaman.

Untuk itu, sering-seringlah bergaul dengan para pelaku usaha jika ingin mendapatkan banyak ilmu secara cuma-cuma. Datang dan kunjungi dimanapun mereka berada untuk berbagi ilmu dan mempererat silaturahmi. Dengan banyak mengobrol, kita dapat menggali lebih jauh tentang sisi lain dunia usaha yang tidak pernah kita alami dan ketahui sebelumnya.

Belajar Dari Perjalanan Pebisnis Sukses

Setiap pebisnis sukses pasti pernah mengarungi jalan yang panjang. Lika-liku kehidupan bisnis telah dilaluinya dari waktu ke waktu. Banyaknya asam garam yang pernah dirasakan membuatnya kaya akan pengalaman. Hal inilah yang bisa kita ambil dari mereka untuk belajar dan meningkatkan kemampuan dalam berbisnis.

Banyak-banyaklah mengenal orang-orang yang sukses dalam berbisnis karena mereka dapat menginspirasi dan meningkatkan motivasi kita untuk mengarungi terjalnya dunia usaha. Mempelajari dan mengetahui perjalannya dalam berbisnis dapat menjadikan kita mawas diri dalam mengambil setiap langkah dan keputusan. Banyak hal yang dapat kita pelajari dari kisah perjalanan pebisnis sukses. Cobalah untuk sering bersilaturahmi ketempat pebisnis yang sudah berhasil untuk berbagi pengalaman. Selain itu, kesuksesan orang lain dapat kita pelajari dengan banyak-banyak membaca buku tentang mereka.

Mempelajari Sikap Orang Sukses

Setelah mampu mempelajari berbagai kisah dan pengalaman orang-orang sukses, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempelajari sikap dan etika mereka dalam berbisnis. Rata-rata orang sukses pasti memiliki sifat, sikap, etika dan pemikiran yang berbeda dengan orang biasa. Oleh karena itu kita wajib mempelajarinya dan kemudian menerapkannya.

Jika ingin sukses, maka kita juga harus memiliki sikap yang dapat membuat orang menuju kesuksesan. Beberapa contoh sikap orang sukses yang umum adalah disiplin, pekerja keras, ulet, berani mencoba, berpikir kreatif dan masih banyak lagi tergantung orangnya. Maka dari itu, ketika kita belajar kepada orang yang sudah sukses jangan hanya mengambil ilmunya saja, namun tirukan dan gunakanlah sikap sukses mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Amati Dan Pelajari Bisnis Mapan

Sebagai pebisnis pemula, biasanya terheran-heran ketika melihat sebuah usaha yang besar, maju, dan mapan. Satu pertanyaan yang sering terbesit dalam benak adalah “kok bisa sepertiitu ya, apakah aku juga bisa?”. Kebanyakan pemula akan pesimis ketika menyaksikan bisnis yang lebih sukses darinya, padahal itu dapat kita jadikan sebagi sumber inspirasi dan pelecut semangat.
Ketika mendapati sebuah usaha yang maju dan besar, berhentilah terheran-heran dan mulailah berfikirlah bahwa kita pun juga bisa melakukan hal seperti itu. Siapa saja bisa sukses dan berhasil jika memang sungguh-sungguh melakukannya. Mulailah mengamati dan menganalisa bisnis besar yang sudah ada, kita dapat mengambil nilai-nilai dan faktor-faktor apa saja yang ada didalamnya sehingga bisa kita jadikan sebagai referensi dan role model dalam melakukan usaha.

Belajar Melihat Dan Menganalisis Peluang

Peluang adalah sebuah celah dan kondisi potensial jika digunkan untuk melakukan bisnis. Mencari peluang merupakan hal yang harus dilakukan oleh para pebisnis sebelum memulai usaha. Perencaaan bisnis biasanya juga dibuat berdasarkan peluang yang ditemukan dilapangan dan memanfaatkannya untuk mencari keuntungan. Oleh sebab itulah setiap pebisnis selalu dituntut agar bisa membaca dan mendapat peluang.

Bagi pebisnis pemula, menganalisis peluang masih menjadi sebuah kesulitan. Untuk itu perlu adanya proses pembelajaran supaya bisa mencari  dan menemukan peluang. Menganalisis peluang bisa dilakukan dengan melihat kondisi yang ada disekitar. Cobalah untuk meningkatkan kemampuan menganalisis usaha dengan mengamati gejolak pada lingkungan yang masih berkaitan dengan dunia usaha. Selain itu belajarlah untuk berpikir maju kedepan dan memperkirakan seperti apa potensi yang ada dimasa yang akan datang.

Mempelajari Pengelolaan Bisnis Yang Baik

Bisnis yang sehat adalah bisnis yang mempunyai keseimbangan dari berbagai macam aspek baik itu sumber daya maupun finansial. Keseimbangan tersebut dapat diperoleh dari proses pengelolaan yang baik. Berbisnis tidak hanya sekedar mendapatkan keuntungan saja, namun juga memakai berbagai macam pengaturan disegala sektor untuk menjaga eksistensti bisnis itu sendiri. Struktur usaha yang baik juga meudahkan dalam evaluasi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Untuk menjadi pebisnis, seseorang harus mempunyai kemampuan pengelolaan dan pengaturan usaha dari berbagai aspek. Mempelajari pengelolaan bisnis dengan baik wajib kita pelajari sedini mungkin sebelum mendirikan sebuah usaha. Hal ini bertujuan supaya ketika bisnis yang dirintis mulai berkembang, maka kita sudah memiliki ancang-ancang agar prosesnya bisa berjalan tanpa ada hambatan.

Belajar Trik Dan Strategi Promosi

Salah satu yang menjadi bagian terpenting dari usaha adalah promosi. Promosi adalah proses memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen supaya mereka mau membelinya. Sifat promosi dalam usaha amat sangat penting karena dapat berpengaruh secara langsung pada pemerolehan keuntungan.

Sebagai pemula, hendaknya mempelajari dan menguasai terlebih dahulu trik dan strategi promosi guna mendukung berjalannya usaha yang dibangun. Semakin hari, semakin banyak trik dan strategi promosi yang inovatif bermunculan. Kita harus terus update supaya tidak tertinggal dan memiliki cara promosi yang valid. Sering-seringlah mengamati pasar supaya kita mengetahui cara pemasaran dari para kompetitor bisnis.

Belajar Berpikir Kreatif Dan Inovatif

Kunci sukses kebanyakan pengusaha adalah mampu untuk berpikir kreatif dan inovatif. Jika kita lihat secara jeli, semakin hari semakin banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba menciptakan produk baru untuk menarik minat konsumen. Produk yang diciptakan pun bukan lah yang biasa-biasa saja, namun sudah diberikan nilai tambah untuk memberikan nuansa baru.

Berpikir kreatif dan inovatif dalam berbisnis tidak hanya berlaku bagi para pengusaha lama, namun bagi pemula juga sangat diperlukan. Fungsinya adalah agar dapat bersaing dan mampu memenangkan persaingan degan para pebisnis lama yang sudah mapan. Ini terbukti dari banyaknya fakta yang menunjukkan banyaknya pebisnis lama yang gulung tikar akibat adanya inovasi produk baru dari pebisnis baru.

Penutup
Itulah beberapa ulasan tips belajar memulai bisnis dan merintis usaha dari nol. Memulai usaha memang bukan hal yang mudah. Namun jika dilakukan dengan tepat dan terencana, bukan sebuah hal yang mustahil bahwa bisnis yang dirintis bisa berjaya pada suatu saat. Yang penting, sebagai pemula kita harus terus berani mencoba dan bekerja keras. Ingat! Salah satu sikap yang dimiliki oleh pengusaha sukses adalah pantang menyerah.

8 Tips Belajar Memulai Bisnis dan Merintis Usaha Dari Nol