11 Cara Mengembangkan Bisnis Online Shop Dengan Cepat

Bisnis online kini menjadi salah satu bidang usaha yang populer di Indonesia dan berkembang dengan pesat. Banyaknya online shop yang terus bermunculan membuat persaingan pada bisnis ini sangat keras. Akibatnya banyak sekali pedagang online yang mencari berbagai cara untuk mengembangkan bisnis online shop dengan cepat. Mereka berlomba-lomba mendapatkan hasil yang terbaik untuk memenangkan kompetisi.

Selain pedagang lama, banyak pedagang baru yang memulai usaha dengan mendirikan online shop. Rata-rata pemilik online shop yang tersebar diberbagai media sosial adalah pelaku usaha baru. Mudahnya membuka online shop membuat banyak orang memilih bisnis ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pasalnya, untuk merintis bisnis online shop hampir tidak perlu mengeluarkan modal banyak seperti halnya membuka usaha di dunia nyata.

Gambar 11 Cara Mengembangkan Bisnis Online Shop Dengan Cepat

Dengan memanfaatkan koneksi internet dan gadget yang dimiliki, seseorang dapat mendirikan online shop tanpa harus membeli stok dan menyewa toko untuk memajang barang dagangan kepada pembeli. Kemudahan inilah yang menyebabkan pertumbuhan bisnis online shop berkembang dengan sangat pesat. Siapa saja dapat dengan mudah mengembangkan bisnis online tanpa harus dibebani dengan biaya dan modal yang tinggi.

Cara Mengembangkan Bisnis Online Shop Dengan Cepat

Setiap orang yang melakukan perdagangan pasti menginginkan perkembangan serta keberhasilan pada bisnis yang ditekuninya, begitu juga bagi mereka yang menjalankan bisnis online shop. Berbagai upaya mereka lakukan untuk memperoleh hasil yang terbaik demi meraih keberhasilan, termasuk melakukan berbagai cara untuk mengembangkan bisnis online shop supaya cepat maju. Ada 11 cara yang patut dicoba untuk mengembangkan bisnis online shop dengan cepat adalah sebagai berikut ini.

Efektifkan Promosi Online

Salah satu kunci sukses dari berjualan adalah promosi. Saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa promosi adalah cara yang digunakan agar barang dagangan laku. Padahal anggapan itu salah. Tujuan utama dari promosi adalah supaya masyarakat mengetahui dan mengenal lebih jauh produk yang dijual, bukan untuk memaksa masyarakat agar membeli. Ketika mereka sudah teredukasi dengan produk yang dijual, tanpa dipaksa pun mereka akan dengan senang hati membelinya.

Dalam berjualan online, promosi yang dilakukan harus lebih gencar agar masyarakat mengenal produk dengan baik. Memanfaatkan semua media sosial yang ada merupakan sebuah keputusan tepat untuk menunjang promosi. Saat ini terdapat dua media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat yaitu facebook dan instagram. Jumlah pengguna media sosial ini semakin hari semakin meningkat. Manfaatkanlah potensi ini untuk menjaring pembeli lebih banyak melalui promosi yang efektif.

Buat Akun Khusus Toko

Ketika menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, buatlah akun khusus untuk online shop agar promosi menjadi fokus pada satu tujan sehingga lebih efektif. Saat ini, rata-rata pebisnis pemula yang merintis online shop menggunakan akun pribadinya untuk berjualan. Sehingga yang terjadi adalah posting yang ia unggah tercampur aduk antara urusan pribadi dan dagangan. Hal ini dapat membuat konsumen kurang nyaman ketika ingin menjadi pelanggan tetap.

Ada banyak manfaat yang bisa di dapat oleh pelaku bisnis online ketika memiliki akun khusus untuk online shop-nya. Pertama, akun tersebut akan terlihat profesional sehingga memudahkan orang mengetahui bahwa itu adalah online shop. Kedua, pelanggan akan mudah melihat barang dagangan yang dijual karena posting hanya fokus untuk berjualan. Ketiga, mudah menjaring pembeli baru dan membuat mereka percaya. Keempat, online shop akan mudah dihafal dan diingat oleh para pelanggan.

Gunakan Jasa Paid Promote/Endorsement

Untuk lebih memperluas jangkauan promosi, gunakanlah jasa promosi berbayar atau endorsement pada selebgram atau akun yang memiliki jumlah pengikut sangat banyak. Ini adalah salah satu cara cepat yang dapat ditempuh untuk menjaring pelanggan lebih banyak untuk mengikuti dan melihat-lihat online shop. Banyak online shop yang penjualannya meningkat drastis setelah menggunakan jasa ini. Cara ini dapat membantu online shop lebih dikenal masyarakat luas.

Atur Keuangan Dengan Baik

Selama ini banyak kasus yang dialami oleh para pelaku usaha bahwa banyak pendapatan yang diperoleh namun tidak dapat menikmati hasilnya. Hal ini dikarenakan pengaturan keuangan yang tidak benar sehingga mengakibatkan defisit. Untuk itu perlu dilakukan pengelolaan dan pengaturan keuangan dengan baik melalui berbagai cara seperti pencatatan serta pembukuan semua transaksi keluar masuknya barang dan uang. Dengan begini semua transaksi yang berlangsung selama berjalannya usaha dapat diketahui dan dikontrol dengan baik sehingga pendapatan dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis online shop tersebut.

Menyediakan Stok Barang Sendiri

Ketika memulai usaha online shop dengan menjadi dropshipper, cobalah berinisiatif untuk membeli stok barang dagangan sendiri. Jangan selamanya terjebak di zona aman dengan menjadi seorang dropshipper yang hanya mengandalkan barang dagangan dari orang lain. Cobalah untuk menyisihkan penghasilan untuk diasetkan ke dalam bentuk barang dagangan. Memiliki barang dagangan sendiri merupakan sebuah tahap perkembangan yang dicapai. Beranilah untuk mencoba dan jangan takut gagal. Hilangkan rasa takut tidak laku karena jika serius berjualan semua barang dagangan pasti bisa laku dan menghasilkan uang.

Baca Juga:
  1. 8 Tips Promosi Online Shop di Media Sosial Supaya Laku dan Laris 
  2. 10 Langkah Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online Shop Bagi Pemula 
  3. Tips Mendapatkan Banyak Pembeli dan Meningkatkan Penjualan Online Shop

Perbanyak Jumlah Kolesi Barang

Setelah mampu membeli stok barang dagangan sendiri, mulailah untuk mengembangkan bisnis online shop dengan memperbanyak koleksi barang dengan membeli berbagai macam model dan varian yang berbeda. Semakin banyak koleksi barang dagangan yang dimiliki, maka akan semakin baik untuk online shop tersebut karena dapat memberikan banyak pilihan kepada para pembeli. Ini juga membuat potensi barang untuk laku terjual juga semakin tinggi. Berkacalah pada online shop besar, mereka bisa sukses karena memiliki banyak stok dan model barang dagangan untuk dijual.

Jual Barang Dengan Harga Lebih Murah

Dalam dunia perdagangan,perang harga adalah sesuatu yang sangat erat kaitannya. Dalam persaingan harga, online shop yang mampu menyediakan harga barang lebih murah akan banyak diminati oleh pembeli. Rata-rata pembeli suka membandingkan harga barang yang sejenis dari toko ke toko untuk mendapatkan harga paling murah. Oleh karena itulah online shop yang memberikan barang dengan harga murah selalu mampu bersaing. Untuk mendapat barang dagangan murah baca artikel 5 Cara Mendapatkan Barang Dagangan Harga Murah.

Manfaatkan Marketplace

Setelah memiliki stok barang dagangan sendiri, cobalah merambah ke marketplace untuk memperluas jaringan. Ketika menjadi dropshipper, pedagang tidak bisa melakukan cara ini karena salah satu syarat untuk bisa berdagang di market place adalah memiliki stok barang dagangan. Ada banyak marketplace yang muncul dan berkembang di Indonesia mulai dari Lazada, Blibli, Bukalapak, Tokopedia sampai Shopee yang dapat dimanfaatkan untuk menjual barang dagangan. Menggunakan marketplace untuk berdagang dianggap lebih efektif karena orang yang berkunjung sudah pasti memiliki tujuan untuk berbelanja. Ini adalah sebuah langkah awal yang tepat untuk mengembangkan bisnis online shop agar lebih maju.

Layani Pembeli Dengan Baik

Salah satu kunci mendapat kepercayaan yang tinggi dari pembeli adalah cara pelayan yang baik. Seorang pedagang harus mengerti ciri melakukan pelayanan kepada pembeli dengan baik seperti ramah, menggunakan kata yang sopan, telaten menjawab pertanyaan, merespon dengan cepat dan tidak membeda-bedakan antara pembeli yang melakukan jumlah belanja yang banyak dan sedikit. Dengan memberi pelayanan terbaik, pembeli akan mendapat pengalaman baik dalam berbelanja sehingga mereka akan dengan mudah menceritakannya kepada orang sekitarnya. Promosi dari mulut kemulut yang dilakukan pembeli adalah senjata ampuh dalam menjaring pelanggan.

Buat Penawaran Menarik

Mengembangkan bisnis online shop tidak hanya melalui promosi saja, namun juga melalui penawaran yang menarik. Berikan penawaran harga terbaik secara berkala dalam waktu-waktu tertentu pada para pelanggan. Penawaran tersebut dapat berupa diskon, bonus atau cash back. Dengan memberlakukan harga spesial di beberapa kesempatan yang berbeda, pelanggan akan lebih senang dan dapat meningkatkan penjualan. Selain itu, adanya penawaran terbaik dari sebuah online shop dapat menjaring banyak pembeli baru untuk mencoba berbelanja.

Buka Toko Offline

Setelah melaukan berbagai macam pencapaian, rencanakanlah untuk mengembangkan bisnis online shop yang sudah berjalan dengan membuka toko fisik atau toko offline. Toko offline yang dibuat dapat menampung para pembeli yang sebelumnya kurang suka melakukan belanja dengan transaksi online. Selain itu, mendirikan toko offline dapat memberikan keleluasaan para pembeli agar bisa melihat-lihat barang secara nyata.

Penutup
Melakukan berbagai cara untuk mengembangkan bisnis online adalah hal yang wajib dilakukan bagi setiap pedagang. Asalkan cara-cara yang digunakan benar dan tidak merugikan pihak lain. 11 cara mengembangkan bisnis online shop dengan cepat yang sudah di paparkan diatas merupakan upaya yang bisa dilakukan pemilik toko online untuk memajukan usaha yang ia tekuni. Saat ini online shop adalah salah satu bidang usaha yang bisa digunakan sebagai sumber pendapatan utama bagi beberapa pelaku usaha. Maka dari itu banyak diantara mereka yang sudah berpikir jauh untuk sukses dengan berjualan secara online.

11 Cara Mengembangkan Bisnis Online Shop Dengan Cepat