5 Cara Mendapatkan Barang Dagangan Harga Murah (Kulakan)

Kulakan adalah aktivitas yang dilakukan oleh penjual dalam membeli barang dagangan dari tengkulak dengan jumlah tertentu untuk dijual kembali. Biasanya tengkulak yang dituju oleh para penjual dalam mencari barang dagangan adalah supliyer atau distributor besar yang menyediakan barang dengan jumlah banyak. Berbagai macam cara dilakukan oleh para penjual demi mendapatkan barang dagangan harga murah untuk dijual kembali. Ini merupakan salah satu strategi pedagang dalam bisnis jual beli untuk meraup keuntungan.

Mencari keuntungan sebanyak-banyaknya adalah hak setiap pedagang asalkan tidak berlebihan dan menggunakan kecurangan sehingga merugikan konsumen. Salah satu strategi yang digunakan oleh pedagang adalah dengan menekan modal sehingga pengeluaran hanya sedikit. Salah satu cara untuk menekan pengeluaran tersebut adalah mencari barang dagangan kepada supliyer atau distributor dengan harga yang lebih murah. Jika suatu barang memiliki harga beli yang murah, maka pada saat dijual, pedagang dapat memainkan harga atau menjualnya dengan harga rendah tanpa mengalami kerugian.

Mendapatkan Barang Dagangan Harga Murah

Cara Mendapatkan Barang Dagangan Harga Murah (Kulakan)


Banyak sekali keuntungan yang didapat oleh pedagang jika bisa mendapatkan barang dagangan dengan harga beli murah untuk dijual kembali. Hal inilah yang menyebabkan bisnis jual beli selalu identik dengan persaingan harga karena para pelaku usaha berlomba-lomba mencari tengkulak yang menyediakan dagangan murah demi mendapatkan harga jual kembali terbaik untuk konsumen. Berikut ini adalah keuntungan dari barang dagangan dengan harga beli murah:
  • Mendapatkan keuntungan lebih tinggi
  • Dapat bermain harga dengan para pesainggnya tanpa takut mengalami kerugian
  • Harga jual kembali akan lebih rendah
  • Banyak konsmen yang berminat
  • Dapat menjual barang dengan sistem grosir
  • Mengalahkan kompetitor bisnis dengan harga jual yang lebih murah
  • Barang akan cepat laku dan laris

Dengan banyaknya keuntungan yang didapat seperti diatas, memang tidak mengherankan jika banyak pedagang yang berlomba-lomba mencari supliyer dan distributor dengan harga beli yang masih murah. Saat belanja kulakan, pedagang harus jeli dan menerapkan beberapa strategi supaya mendapat harga terbaik. Berikut ini adalah 5 cara mendapatkan barang dagangan harga murah untuk dijual lagi.

1. Beli Secara Grosir

Salah satu cara pasti untuk mendapatkan barang dengan harga beli murah adalah berbelanja secara grosir kepada supliyer atau distributor. Membeli secara grosir berarti membeli barang dagangan dengan jumlah yang banyak. Biasanya jika membeli dengan jumlah besar, pembeli akan mendapatkan harga khusus yang lebih murah dari tengkulak. Semua supliyer dan distributor biasanya membedakan harga antara pembelian ecer dengan pembelian grosir. Tentu harga grosir akan jauh lebih murah ketimbang harga eceran.

Selain itu, banyak supliyer atau distributor mengadakan beberapa penawaran yang menyediakan harga murah degan cara pembelian secara seri. Penawaran ini biasanya digunakan untuk menjual produk-produk seperti tas, baju, celana, jilbab dan lain-lain. Membeli secara seri berarti anda membeli satu seri barang yang terdiri dari beberapa warna yang berbeda atau motif yang berbeda tergantung pada supliyer/distributor tersebut.

Jika menginginkan barang dagangan dengan harga beli yang murah, belilah secara grosir untuk dijual kembali secara ecer. Memang hal ini memiliki kelemahan yaitu banyaknya modal yang harus dikeluarkan, namun jika kita melihat pedagang-pedagang besar yang bisa menjual barang dengan harga murah itu karena mereka membeli dagangan secara grosir.

2. Cari Supliyer/Distributor Tangan Pertama

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mendapatkan  barang dagangan dengan harga beli murah adalah mencari supliyer/distibutor first hand atau tangan pertama. Mencari supliyer/distributor tangan pertama memang merupakan salah satu cara terbaik dalam mendapatkan dagangan murah. Barang yang mereka  jual bisa murah karena belum melewati banyak tangan sehingga harga jualnya masih rendah.

Hal inilah yang biasanya sering dilakukan oleh para pedagang besar untuk menyiasati harga jual kepada konsumen supaya tetap rendah. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa konsumen lebih menyukai harga murah dan selalu mencari harga terbaik. Untuk itu, sebisa mungkin ambilah barang dagangan dari supliyer/distributor tangan pertama dengan harga yang masih rendah.

3. Membeli Langsung Dari Pabrik

Cara mendapatkan barang dagangan dengan harga murah yang ketiga adalah dengan membelinya langsung dari pabriknya. Harga beli dari pabrik sudah pasti sangat murah karena tidak ada perantara tangan kedua dan seterusnya yang mencari keuntungan sehingga menyebabkan naiknya harga barang. Anda juga dapat bernegosiasi langsung dengan pemilik atau pihak marketingnya untuk mendapatkan harga terbaik.
Namun, membeli barang dagangan langsung dari pabrik memiliki kelemahan. Salah satunya adalah jumlah pembelian yang dilakukan harus dengan skala besar. Jarang sekali pabrik yang menggunakan transaksi kecil dalam pengambilan barang. Tentu ini menjadi satu kelemahan bagi penjual yang sedang merintis bisnis jual beli karena modal yang dikeluarkan sangat besar. Tapi bagaimanapun juga, ini adalah satu-satunya cara yang tepat untuk mendapatkan barang dagangan murah. Untuk itu anda harus berani spekulasi agar mendapatkan harga terbaik tersebut.

4. Mencari Produk Diskon

Cara alternatif lain untuk mendapatkan barang dagangan harga murah adalah dengan membeli produk diskon. Produk yang sedang ada penawaran diskon harganya akan lebih murah ketimbang harga yang beredar dipasaran. Hal ini dapat anda manfaatkan sebagai salah  satu cara mendapatkan barang dagangan dengan harga beli yang rendah. Namun sayangnya produk dengan harga diskon hanya ada pada waktu tertentu saja. Tenggang waktu yang diberikanpun juga ada batasnya sehingga tidak dapat digunakan secara berkelanjutan.

Selain itu, barang yang dijual dalam masa diskon jumlahnya juga tidak banyak sehingga anda tidak dapat melakukan pembelian secara besar-besaran. Namun cara ini cocok untuk anda yang sedang merintis bisnis jual beli  karena skala penjualan yang masih belum terlalu besar. Strategi ini dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mendongkrak penjualan dengan menawarkan produk murah kepada konsumen sehingga mudah dikenal masyarakat.

5. Barang Cuci Gudang

Ketika ada supliyer atau distributor yang sedang cuci gudang anda dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk mengambil alih barang dagangan. Biasanya barang yang dijual pada saat cuci gudang harganya sangat jauh berada dibawah harga pasaran. Hal ini disebabkan karena penjualnya memburu target supaya barang cepat habis dan berganti barang yang baru. Inilah yang menyebabkan mereka menurunkan harga jual jauh dibawah harga pasar sehingga banyak pembeli yang berminat.

Namun anda harus berhati-hati dan lebih selektif ketika membeli barang cuci gudang. Sisa stok lama biasanya menyisakan beberapa kerusakan dan cacat pada barang. Inilah yang harus anda waspadai ketika membeli barang cuci gudang apalagi pembelian yang anda lakukan jumlahnya besar. Supaya tidak terjadi kerugian, selektiflah dalam meilih stok barang lama meskipun harganya sangat murah.

5 Cara Mendapatkan Barang Dagangan Harga Murah (Kulakan)