10 Langkah Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis

Kesuksesan seorang pengusaha bisa datang dari berbagai faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan dalam berbisnis adalah pengelolaannya. Semakin baik pengelolaan sebuah bisnis, maka akan semakin jelas pula arah yang akan dituju. Selain itu, pengelolaan yang baik dapat mempermudah pemetaan perusahaan dan mempermudah evaluasi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mengelola bisnis merupakan proses pengaturan yang dilakukan secara menyeluruh oleh pemilik bisnis untuk mendapatkan dan mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Pengelolaan dalam bisnis meliputi pengelolaan sumber daya, pengelolaan keuangan, pengelolaan produksi hingga pengelolaan distribusi. Untuk mencapai sebuah tujuan, baik itu profit maupun tujuan lain yang sesuai dengan kemauan pemilik, diperlukan pengelolaan bisnis yang baik dan benar.

Gambar 10 Langkah Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis

10 Langkah Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis

Dengan membuat pengelolaan yang baik, pelaku usaha akan dapat mencapai kesuksesan. Ibarat sebuah rangka didalam tubuh manusia yang saling menguatkan antar bagian, pengelolaan bisnis yang benar dapat menguatkan suatu bisnis untuk tetap berdiri kokoh dari waktu ke waktu. Pengelolaan bisnis yang baik dapat dicapai dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut ini.

1. Berani Mengambil Resiko

Berani mengambil resiko adalah salah satu hal yang wajib dimiliki seorang pebisnis untuk memajukan usahanya. Pebisnis sukses biasanya berani mengambil resiko dan selalu mau mencoba sesuatu yang baru. Mencoba sesuatu yang baru dapat memberikan pengalaman yang tidak pernah didapatkan sebelumnya. Pebisnis tidak akan pernah mendapatkan sesuatu yang baru jika tidak pernah mencobanya.

2. Pantang Menyerah

Orang sukses adalah orang yang tidak pernah takut untuk menghadapi masalah, kegagalan, rintangan dan hambatan. Jika mengalami kegagalan, mereka tidak pernah mudah untuk menyerah dan putus asa, namun akan terus mencoba dan mencoba sampai mencapai keberhasilan. Motto kegagalan adalah awal dari kesuksesan sangat melekat didalam tubuh mereka. Kata menyerah dan putus asa sudah dibuang jauh-jauh dari dalam dirinya.

3. Kreatif dan Inovatif

Orang yang sukses dalam berbisnis biasanya orang yang kreatif dan inovatif. Mereka tidak pernah berpuas diri dengan apa yang sudah diraihnya serta tidak pernah bosan untuk melakukan terobosan-terobosan baru guna memajukan usaha yang ditekuninya. Usaha yang maju dan berkembang pesat biasanya mempunyai produk atau jasa yang kreatif dan inovatif untuk ditawarkan kepada konsumen.

4. Selalu Optimis

Pebisnis sukses selalu percaya bahwa keberhasilan itu akan datang. Mereka tidak pernah merasa takut untuk tidak berhasil. Selagi masih memiliki kemampuan, mereka akan tetap berpandangan positif terhadap apa yang ia kerjakan dan selalu optimis untuk mencapai tujuan. Untuk itu, jalani bisnis anda dengan penuh harap dan semangat. Yakinlah bahwa suatu saat, cepat atau lambat usaha anda akan tumbuh dan berkembang menjadi besar.

5. Totalitas

Totalitas berarti melakukan pekerjaan dengan tidak setengah-setengah. Orang yang sukses tidak pernah berbalik arah ketika sudah memutuskan sebuah jalan. Ketika sudah terjun pada suatu hal dan tujuan, mereka akan berusaha penuh untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Tetaplah berjuang dan bekerja keras untuk memajukan usaha. Keberhasilan akan menanti jika anda benar-benar berjuang secara total. Berpikirlah positif terhadap setiap usaha yang anda lakukan.

6. Berani

Salah satu bekal yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah keberanian. Berani disini bukan berarti anda harus nekat dan tidak takut terhadap apapun. Namun disini anda memposisikan diri untuk tidak takut untuk mengarungi kerasnya dunia bisnis yang penuh dengan persaingan. Layaknya anda mendaki sebuah gunung, anda harus bisa memutuskan jalan mana yang dapat mengantarkan anda menuju puncak dan melewatinya dengan penuh optimis serta kerja keras tanpa takut untuk menghadapi segala rintangan yang akan menghadang.

7. Keteguhan Hati

Setiap pengusaha yang sukses selalu mempunyai keteguhan hati terhadap usaha yang ditekuni. Percaya dirilah dengan bisnis yang sedang anda jalani. Pegang keyakinan yang kuat bahwa bisnis tersebut akan membawa anda menuju keberhasilan dan kemapanan. Dengan begitu anda kan senantiasa semangat untuk berusaha mengembangkan bisnis yang sedang ditekuni.
 

8. Ulet

Sikap ulet adalah salah satu karakteristik pengusaha yang sukses. Ia tidak kenal lelah dan pantang menyerah untuk terus maju. Pebisnis ulung tidak pernah  berdiam diri dan berhenti berjuang sebelum target dan tujuan yang sudah direncanakan belum tercapai. Untuk itu, teruslah berjuang hingga titik darah penghabisan. Jika gagal, bangkit dan berjuanglah kembali. Setiap orang sukses selalu mempunyai pengalaman gagal berkali-kali. Untuk itu jangan menjadikan kegagalan sebagai tembok yang dapat menghalangi keberhasilan anda.

9. Mampu Mengelola Resiko

Ketika anda sudah memutuskan untuk terjun didunia bisnis, maka sudah pasti banyak resiko yang menanti anda kedepannya. Resiko-resiko yang hadir kapan saja itulah yang harus anda kelola supaya tidak menghalangi jalan menuju keberhasilan. Setiap pebisnis sukses pasti selalu memiliki kemampuan untuk mengelola resiko dengan baik dari pengalaman yang pernah ia jalani sebelumnya.

10. Mampu Menghadapi Resiko

Resiko yang bisa datang kapan saja harus dihadapi dan bukan untuk dihindari. Salah satu kunci orang yang sukses adalah menjadikan resiko sebagai bahan belajar, bukan menghindarinya supaya tetap aman. Ada dua resiko yang akan anda hadapi nantinya, yaitu kegagalan atau keberhasilan. Keduanya dapat memberikan pengalaman yang berharga jika anda bisa menghadapinya dengan baik. Untuk itu, bersiaplah untuk menghadapi resiko terburuk dan temukan pemecahannya supaya dapat dijadikan batu loncatan menuju kesuksesan.


Penutup
Pelajarilah pengelolaan bisnis dengan baik supaya anda bisa bersiap dalam menghadapi segala tantangan yang ada di dunia bisnis. Seperti pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan”. Jika anda menyiapkan pengelolaan tantangan bisnis dengan baik, makan saat menghadapinya anda sudah bisa mengambil ancang-ancang supaya tidak mengalami kegagalan. Untuk meminimalisir resiko yang akan anda hadapi, cobalah untuk merenungkan beberapa hal berikut ini.
  • Usahakan bisnis yang anda kelola adalah bisnis yang sesuai dengan karakter dan kepribadian anda.
  • Usahakan anda memiliki kemampuan untuk mengelola usaha tersebut.
  • Rencanakan usaha yang akan anda tekuni secara jelas dan matang.
  • Persiapkan modal dengan baik. Usahakan untuk tidak menggunakan modal hasil pinjaman.
  • Ketahuilah pesaing yang akan anda hadapi. Kenali dan pelajari seperti apa kompetitor yang bersaing dengan anda.
  • Usahakan produk yang anda tawarkan kepada konsumen memiliki nilai lebih daripada produk usaha yang telah ada sebelumnya atau saat ini.
  • Ketahuilah siapa saja konsumen yang membeli produk atau menggunakan jasa anda. Tentukan target pasar secar spesifik dan benar
  • Temukan gambaran kunci sukses untuk usaha anda.
  • Susunlah konsep, arah dan tujuan usaha anda secara jelas dan terencana.

10 Langkah Meraih Sukses Dalam Mengelola Bisnis